Tinggal beberapa hari lagi, kita akan segera beranjak meninggalkan tahun yang dipenuhi dengan ketidakpastian ini dan memulai lembaran baru di tahun 2021.
Untuk menyambut tahun kerbau ini, saya akan memandu Anda untuk membuat strategi pemasaran yang akan menunjukkan langkah demi langkah cara membuat strategi pemasaran dengan tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat.
Daftar Isi
1. Bangun Rencana Pemasaran
Apakah Anda tahu perbedaan dari strategi pemasaran dan rencana pemasaran? strategi pemasaran akan memberikan gambaran umum di balik alasan mengapa tim pemasaran Anda membutuhkan sumber daya tertentu, mengambil tindakan tertentu, dan menetapkan sasaran tertentu sepanjang tahun.
Sedangkan, rencana pemasaran adalah tindakan spesifik yang akan Anda ambil untuk mencapai strategi itu.
Untuk membuat rencana pemasaran, Anda dapat menggunakan template yang membantu Anda membangun rencana pemasaran untuk mengidentifikasi anggaran Anda pada tahun mendatang, inisiatif yang perlu ditangani organisasi pemasaran Anda, dan saluran pemasaran yang akan Anda gunakan untuk menerapkan inisiatif tersebut.
Dan itu akan mengikat semuanya kembali ke ringkasan bisnis, untuk membuat Anda tetap selaras dengan tujuan perusahaan yang menyeluruh.
2. Ciptakan persona pembeli
Jika Anda tidak dapat menentukan siapa audiens Anda dalam satu kalimat, sekaranglah kesempatan untuk melakukannya. Sebuah persona pembeli adalah contoh dari pelanggan ideal Anda.
Persona pembeli memiliki informasi demografis dan psikografis penting termasuk usia, jabatan, pendapatan, lokasi, minat, dan tantangan.
3. Identifikasi tujuan
Sasaran strategi pemasaran Anda harus sesuai dengan sasaran bisnis Anda. Misalnya, jika salah satu tujuan bisnis Anda adalah memiliki 300 orang menghadiri konferensi tahunan Anda dalam tiga bulan, tujuan Anda sebagai pemasar harus sejalan dengan peningkatan RSVP online sebesar 10% pada akhir bulan.
Sasaran pemasaran lainnya mungkin untuk meningkatkan kesadaran merek atau menghasilkan prospek berkualitas tinggi. Anda mungkin juga ingin menumbuhkan atau mempertahankan kepemimpinan pemikiran dalam industri Anda atau meningkatkan nilai pelanggan.
Apa pun tujuan Anda, identifikasi apa itu dan bagaimana organisasi pemasaran Anda dapat bekerja untuk mencapainya di tahun depan.
4. Pilih alat yang sesuai
Setelah tujuan Anda diidentifikasi, pastikan Anda memiliki alat yang tepat untuk mengukur keberhasilan tujuan tersebut. Perangkat lunak online seperti penjadwal media sosial memberi Anda analitik untuk membantu Anda melacak apa yang disukai dan tidak disukai audiens Anda.
Atau, Anda dapat mempertimbangkan Google Analytics untuk mengukur performa blog dan halaman web. Berikut adalah beberapa contoh alat yang mungkin dibutuhkan:
Trello
Trello menjaga tim pemasaran Anda tetap pada jalurnya dan secara terbuka berkomunikasi tentang proyek yang mereka kerjakan. Buat papan untuk kampanye individu, kalender editorial, atau tujuan triwulanan.
Alur kerja internal dan kemampuan otomatisasi menjaga komunikasi tetap efisien, dan kesederhanaan membuat tim pemasaran Anda tetap fokus pada pekerjaan yang penting.
Monday.com
Segala sesuatu di Monday.com dimulai dengan papan atau tabel yang digerakkan secara visual. Buat dan sesuaikan alur kerja untuk tim Anda dan pertahankan grup, item, sub-item, dan pembaruan disinkronkan secara real time.
Anda juga dapat mengubah data yang diambil dari tampilan timeline dan melacak proyek Anda di Monday.com dan memastikan tenggat waktu telah dipenuhi.
SEMRush
SEO terus menjadi faktor besar dalam peringkat sukses situs web Anda. SEMrush memungkinkan Anda menjalankan audit SEO teknis, melacak peringkat harian, menganalisis strategi SEO pesaing Anda, meneliti jutaan kata kunci dan bahkan mencari ide untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik.
BuzzSumo
BuzzSumo memungkinkan Anda menganalisis data untuk meningkatkan dan memimpin strategi pemasaran Anda, sambil menjelajahi konten berkinerja tinggi di industri Anda untuk meningkatkan keterlibatan.
Gunakan platform ini untuk mengidentifikasi influencer yang dapat membantu merek Anda menjangkau, dan pantau komentar dan tren untuk memanfaatkan setiap kesempatan.
5. Perhitungkan sumber daya yang ada
Tentukan apa yang sudah Anda miliki yang dapat membantu Anda membuat strategi. Untuk menyederhanakan proses ini, pikirkan aset Anda dalam tiga kategori, sebagai berikut:
Media Berbayar
Ingatlah bahwa media berbayar berarti saluran apa pun tempat Anda membelanjakan uang untuk menarik audiens target Anda. Twitter, Facebook, dan LinkedIn menawarkan opsi media berbayar yang meningkatkan eksposur Anda.
Media yang Dimiliki
Media Milik adalah salah satu media yang Anda buat, misalnya postingan blog, ebook, gambar, dan infografis yang dibuat oleh tim pemasaran Anda adalah contoh media yang dimiliki.
Media yang diterima
Media yang diterima adalah cara lain untuk mengatakan konten buatan pengguna. Berbagi di media sosial, tweet tentang bisnis Anda, dan foto yang diposting di Instagram yang menyebutkan perusahaan Anda adalah contoh media yang diterima.
Jika Anda memiliki sumber daya yang tidak sesuai dengan tujuan Anda, perbaiki. Ini adalah waktu yang tepat untuk membersihkan rumah atau mengidentifikasi celah pada material Anda.
6. Mengaudit dan merencanakan kampanye media
Sekarang, Anda harus memutuskan konten mana yang akan membantu Anda. Fokus pada media milik Anda dan tujuan pemasaran. Misalnya, apakah memperbarui CTA di akhir posting blog Anda membantu Anda meningkatkan RSVP untuk acara Anda?
Selanjutnya, lihat persona pembeli Anda. Katakanlah Anda bekerja untuk perusahaan perangkat lunak pengeditan video. Jika salah satu tantangan persona Anda adalah menambahkan efek suara yang bersih ke video mereka tetapi Anda tidak memiliki konten yang mencerminkan hal itu, buatlah video demo 15 detik untuk Instagram untuk menunjukkan betapa hebatnya produk Anda dalam memecahkan tantangan itu.
Terakhir, buat rencana pembuatan konten. Rencana tersebut harus mencakup judul, tujuan, format, dan saluran untuk setiap konten. Pastikan untuk memasukkan tantangan mana yang dipecahkannya untuk persona pembeli Anda.
7. Membuahkan hasil
Pada titik ini, riset dan perencanaan pasar Anda akan membantu Anda memvisualisasikan bagaimana strategi Anda akan dieksekusi (dan oleh tim mana).
Langkah terakhir adalah menyatukan semuanya, memasukkan tindakan ke dalam perencanaan Anda. Buat dokumen yang memetakan langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk menjalankan kampanye Anda.
Dengan kata lain, tentukan strategi Anda. Pikirkan jangka panjang saat membuat dokumen ini. Dokumen strategi standar adalah 12 bulan. Garis waktu terstruktur ini harus menjadi pangkalan untuk upaya pemasaran strategi Anda.
Untuk memberi contoh, mari kita lihat perusahaan perangkat lunak video. Mungkin di bulan Januari, Anda akan meluncurkan pembaruan perangkat lunak yang meningkatkan proses ekspor bagi pengguna.
Pada bulan April, Anda ingin menerbitkan e-Book yang menjelaskan persyaratan pengeditan untuk persona pembeli Anda, dan pada bulan September, Anda berencana untuk meluncurkan integrasi dengan perangkat lunak lain.
Ingat, strategi digital haruslah unik untuk bisnis Anda, jadi dokumennya juga harus demikian. Selama strateginya mencakup semua informasi yang diperlukan, Anda akan siap untuk mengubah merek perusahaan Anda dari oke menjadi luar biasa.
Penutup
Pada akhirnya, membuat strategi pemasaran yang lengkap bukanlah sesuatu yang bisa terjadi dalam semalam. Butuh waktu, kerja keras, dan dedikasi untuk memastikan Anda menjangkau audiens ideal Anda, kapan pun dan di mana pun mereka ingin dijangkau.
Tetap berpegang pada itu dan gunakan beberapa sumber daya yang telah saya sertakan dalam artikel kali ini, dan seiring waktu, penelitian dan feedback bagi pelanggan akan membantu Anda menyempurnakan strategi Anda untuk memastikan Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda di saluran pemasaran yang menjadi perhatian audiens.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.