Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Mengaplikasikan Trik “Marie Kondo” untuk Menciptakan Strategi Digital Marketing...

Mengaplikasikan Trik “Marie Kondo” untuk Menciptakan Strategi Digital Marketing yang Baik

-

Selama berkecimpung di dunia bisnis digital, Anda tentu pernah mendapat nasehat bijak untuk melakukan review serta meng-update strategi marketing online yang digunakan saat ini.

Mengevaluasi  strategi marketing online bisnis Anda memang penting, sebab, dari kedua aktivitas itulah Anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari progress bisnis.

Sama halnya dengan memperbaharui strategi bisnis. Mengingat trend, minat dan kebutuhan pasar selalu berubah secara dinamis, maka penting bagi bisnis Anda untuk terus melakukan penyesuaian strategi marketing yang baik.

Sayangnya, berteori memang selalu lebih mudah daripada mempraktekkannya secara langsung. Tak sedikit pebisnis yang kebingungan ketika mencoba mereview, mengevaluasi, apalagi memperbaharui strategi marketing online yang mereka gunakan selama ini.

Pada cukup banyak kasus, para pebisnis merasa kewalahan karena ternyata, selama ini mereka menggunakan terlalu banyak strategi maupun tools aplikasi digital marketing. Orang-orang selalu tergiur untuk menjalankan bisnis semudah serta seuntung mungkin, sehingga mereka pun mencoba mengaplikasikan banyak strategi marketing yang baik sekaligus dalam satu waktu.

Hingga akhirnya, kekacauan pun muncul ketika tiba waktunya melakukan evaluasi dan perbaharuan sistem. Terlalu banyak menggunakan strategi dan aplikasi digital marketing hanya akan membuat Anda pusing serta sulit mengidentifikasi kelemahan dari setiap strategi digital yang berjalan.

Jika Anda saat ini juga merasa kelelahan atau merasa strategi dan aplikasi digital marketing yang diaplikasikan tidak efektif, mari ambil jeda sejenak untuk bernapas terlebih dahulu. Kemudian, ayo coba  aplikasikan trik bersih-bersih khas Marie Kondo untuk membangun ulang strategi marketing yang baik.

Seperti apa trik dari Marie Kondo tersebut? Yuk simak artikel berikut ini sampai tuntas untuk mengetahui jawabannya!

Siapa Itu Marie Kondo? Mengenal Pencetus Metode Bersih-Bersih Paling Unik

marie-kondo

Sebelum melanjutkan ke bagian strategi, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan Marie Kondo dan metode unik bersih-bersih yang ia cetuskan.

Marie Kondo, atau dikenal juga dengan nama Konmari, adalah seorang penulis, penyiar TV, dan konsultan tata ruang dari Jepang. Namanya sangat terkenal hingga seluruh dunia semenjak menemukan metode bersih-bersih ruang paling unik, ampuh sekaligus bermanfaat dari segi kesehatan manusia.

Metode tersebut ia tuangkan dalam bukunya yang berjudul “The Life-Changing Magic of Tidying Up” yang sudah menjadi best-seller di lebih dari 30 negara. Lebih jauh lagi, metode bersih-bersih ala Konmari tersebut diadaptasi dalam serial “Tidying Up with Marie Kondo” oleh layanan streaming populer dunia, Netflix.

Kesuksesan Marie Kondo itu juga membawanya masuk ke dalam daftar “100 Tokoh Paling Berpengaruh” versi majalah Time.

Strategi Bersih-Bersih ala Marie Kondo

Bersih-bersih ala Marie Kondo bukan hanya sekadar bersih-bersih. Kondo telah sukses membuktikan manfaat dari aktivitas bersih-bersih untuk kesehatan, dan tak sedikit orang yang mempraktekkan trik ini mengaku dirinya lebih bahagia pasca mengikuti trik beres-beres Kondo.

Kondo juga berhasil menemukan cara paling solutif untuk orang-orang yang sering kebingungan memulai bersih-bersih. Faktanya, memang banyak orang mudah bingung harus mulai dari mana untuk membereskan suatu kekacauan. Terutama jika kekacauan tersebut mencakup areal yang luas.

Beberapa poin penting dari strategi bersih-bersih apik dan efektif ala Marie Kondo adalah:

Pilah Kembali Mana yang Penting dan Tidak

Kekacauan terjadi karena ada terlalu banyak elemen yang penting dan tidak. Biasanya, elemen-elemen tersebut saling “membaur” menjadi satu atau tercecer di banyak tempat dan membuat berantakan. Namun tak jarang juga kita bingung harus menyingkirkan atau menyimpan elemen yang mana, bukan?

Saran dari Kondo adalah, tentukan dahulu elemen-elemen mana yang menurut Anda berharga untuk disimpan. Selebihnya, Anda akan mendapati elemen-elemen yang tidak berharga dan bisa dibuang.

Pisahkan Setiap Benda

Kondo menyarankan untuk memisahkan atau mengelompokkan setiap elemen penting ke dalam wadah-wadah tertentu. Anda bisa menggunakan folder, boxs, kardus atau medium lainnya. Penyortiran dan pengelompokkan ini akan memudahkan Anda untuk menemukan kembali elemen yang ingin digunakan.

Pilih yang Terbaik

Saat menyortir elemen-lemen yang punya model, isi, atau bentuk serupa (seperti foto, video, dan lain-lain), pilihlah elemen dengan isi atau kualitas terbaik dan yang paling Anda suka. Selebihnya, hapus atau buang elemen yang lain.

Tata Berdasarkan Jenis

Anda bisa menata file berdasarkan ukuran, tipe format, warna, kegunaan, abjad (nama file) dan lain-lain. Tujuannya adalah agar file yang tertata menjadi lebih enak dilihat.

Artikel terkait  Bagaimana Mencapai Target dengan Maksimal? Siklus PDCA dalam Aktivitas Penjualan

3 Cara Membersihkan Strategi Marketing yang Kacau dengan Trik Marie Kondo

marketing

Marie Kondo dan teknik bersih-bersihnya telah populer selama bertahun-tahun. Terlebih ketika Kondo memiliki panggung liveshow-nya sendiri, yang menjadikan lebih banyak orang tertarik untuk bersih-bersih dan menjalani hidup dengan lebih sedikit barang.

Setelah melihat bagaimana strategi bersih-bersih ala Kondo pada bagian sebelumnya, kita bisa menarik kesimpulan bahwa aktivitas berberes tersebut bisa lebih mudah dan bermanfaat jika dilakukan mengikuti struktur tertentu.

Uniknya, trik bersih-bersih Marie Kondo nyatanya bisa diaplikasikan pada banyak aspek. Tak terbatas pada ruangan atau rumah saja, Anda bisa menerapkan trik yang sama pada bisnis untuk menciptakan strategi marketing yang baik. Trik Marie Kondo akan membantu Anda untuk lebih mudah menentukan strategi marketing yang baik, serta tools yang benar-benar diperlukan dalam bisnis.

Untuk lebih lengkapnya, sekarang mari kita lihat bagaimana cara terbaik mengaplikasikan strategi bersih-bersih ala Marie Kondo guna membenahi strategi marketing bisnis Anda yang kacau dan terasa semrawut.

Hanya ada 3 cara sederhana untuk memulai bersih-bersih strategi marketing ini. Setelah bersih-bersih, Anda sudah bisa mulai berbisnis kembali dengan strategi marketing yang baik.

1. Kumpulkan Semua Strategi Marketing yang Anda Gunakan

Langkah pertama menyusun kembali strategi marketing yang baik adalah dengan mengumpulkan kembali semua strategi marketing yang Anda aplikasikan. Tujuan dari aktivitas ini adalah untuk memperoleh gambaran utuh dari strategi dan sumber daya marketing Anda punya.

Selain itu, Anda dapat lebih mudah untuk melihat kembali strategi-strategi yang selama ini tidak optimal atau malah gagal diaplikasikan (layak dihapus).

Tulis semua hal yang termasuk ke dalam strategi dan sumber daya marketing bisnis Anda selama ini. Usahakan untuk menuliskan semua rincian dengan detil. Jangan hanya sebatas menuliskan nama-nama kelompok besar seperti “sosial media marketing”, “content marketing”, atau lainnya. Cobalah untuk merinci elemen-elemen yang dimiliki oleh setiap kelompok tersebut. Lakukan seperti saat Anda membuat mind-map.

Contoh:

  • Iklan online: Google Ads (untuk SEO), Facebook Ads (meningkatkan awareness), Kampanye Twitter Ads (meningkatkan engagement).
  • Konten marketing: konten website, newsletter, e-book, podcast, video YouTube dan Tiktok, dan seterusnya.

2. Tentukan Strategi yang Berharga dan Layak Dipertahankan

Cara kedua menciptakan strategi marketing yang baik adalah dengan menentukan strategi mana saja yang masih berharga serta layak dipertahankan. Setelah memiliki peta gambaran strategi marketing bisnis, kini Anda bisa lebih mudah memilah poin-poin strategi untuk dipertahankan dan dibuang.

Menurut Marie Kondo, Anda bisa mulai dari memilah file atau elemen yang mudah disortir terlebih dahulu. Biasanya, elemen-elemen tersebut sudah jarang digunakan, sudah jelas rusak, atau semata-mata tidak memiliki keterkaitan psikologis khusus dengan Anda selaku pemilik.

Jika dikaitkan dalam penyusunan strategi bisnis, di tahap ini Anda bisa menyortir strategi marketing yang bagus dan tidak berdasarkan laporan performa masing-masing strategi. Semisal dari kelompok strategi konten marketing, Anda mendapati bahwa traffic konten website dan blog sudah tidak seramai konten video YouTube dan TikTok. Jadi, Anda bisa mengeliminasi konten blog dari daftar.

Atau semisal Anda merasa strategi kampanye Twitter berperan penting dalam strategi marketing digital bisnis. Otomatis, Anda dapat dengan mudah memutuskan untuk mempertahankan strategi tersebut.

Begitu semua elemen yang mudah dipilah selesai dibereskan, barulah Anda menyentuh ranah hal-hal yang lebih sulit untuk diseleksi. Sekarang tibalah waktunya untuk Anda jujur ke diri sendiri. Anda bisa mencoba dengan menjawab pertanyaan sederhana berikut:

  • Apakah ada strategi marketing yang faktanya gagal, tapi Anda masih mempertahankannya untuk alasan-alasan tertentu?
  • Adakah strategi bisnis yang belum bisa terealisasikan dari daftar keinginan Anda?
  • Adakah strategi marketing yang Anda investasikan tapi tidak menghasilkan ROI sesuai target?

Untuk contoh kasus poin pertanyaan nomor 3 dapat digambarkan secara mudah seperti ini: Anda terus membayar untuk pemasangan iklan online selama berbulan-bulan demi menaikkan jumlah traffic. Sayangnya, hasil yang didapat tetap tidak sesuai ekspektasi.

Di sinilah Anda perlu bersikap jujur dan mengevaluasi kembali, apakah Anda masih butuh mempertahankan semua strategi yang gagal? Tanyakan kepada diri Anda lagi, untuk apa Anda mempertahankan usaha-usaha yang nyatanya sudah gagal?

Tahapan ini bisa terasa sangat sulit bagi sebagian orang, terlebih dikarenakan adanya faktor psikologis seperti harapan, ekspektasi atau iming-iming yang menjadikan Anda selalu bersabar menanti hasil yang entah kapan akan datang. Pilihlah strategi marketing yang menurut data laporan bisnis terbukti menghasilkan, lalu kesampingkanlah yang gagal.

Sebisa mungkin cobalah melepaskan diri Anda dari bayang-bayang harapan bahwa strategi atau iklan yang gagal masih bisa mendatangkan hasil di kemudian hari. Jika perlu, Anda bisa meminta pertolongan atau mendiskusikan permasalahan ini dengan tim kerja demi memperoleh lebih banyak pandangan dan gagasan.

Artikel terkait  Rekomendasi 15 ASO Tools yang Wajib Dipakai Saat Ini | Update ASO Trends 2021

3. Ubah Mindset Anda Sendiri

Terakhir, Anda perlu mengubah mindset atau pola pikir sendiri supaya bisa betul-betul mendapatkan terobosan strategi marketing yang baik. Inti dari metode bersih-bersih ala Marie Kondo tak lain adalah mengubah mindset Anda dengan menyingkirkan barang yang tak berguna dan menyimpan sisanya yang memiliki kenangan baik dalam hidup Anda.

Jika dikorelasikan ke dunia marketing, kita bisa memodifikasi poin utama dari metode Marie Kondo menjadi: mengubah mindset Anda dengan menyingkirkan strategi gagal dan mempertahankan strategi yang memudahkan serta menguntungkan bisnis.

Sebagai contoh, jika optimalisasi website dengan trik SEO memudahkan bisnis Anda untuk mendulang keuntungan, maka tentu saja Anda harus mempertahankan strategi tersebut. Akan tetapi, kalau strategi pemasaran iklan YouTube yang selama ini Anda coba terbukti lebih banyak menghabiskan modal ketimbang mendatangkan hasil, maka sudahilah cara tersebut sampai di sini saja.

Cara sederhana namun efektif, bukan? Dengan mengaplikasikan cara berberes dari Marie Kondo ini, Anda bisa lebih mudah mengevaluasi dan memperbaharui strategi marketing bisnis, meskipun Anda menggunakan lebih dari 1 strategi.

Sekali lagi, kuncinya adalah menghentikan strategi yang tidak berhasil, kemudian mempertahankan dan mengoptimalkan strategi yang terbukti mendatangkan keuntungan. Tertarik untuk mencoba bersih-bersih strategi marketing sekarang?

Demikianlah pembahasan lengkap artikel edisi kali ini seputar mengaplikasikan metode bersih-bersih khas Marie Kondo untuk menciptakan strategi marketing yang baik. Semoga pembahasan ini mampu menjadi inspirasi Anda dalam membenahi strategi bisnis dan menjadikan usaha lebih berkembang kelak!

Tapi kalau Anda masih bingung, memiliki pertanyaan seputar bisnis online, atau ingin mengonsultasikan aneka kebutuhan bisnis online seperti aplikasi dan website bisnis, maka jangan ragu untuk menghubungi jasa APPKEY sekarang di https://appshop.co.id/ dan https://appkey.co.id/

Tim APPKEY selalu siap sedia membantu memberikan jalan keluar terbaik untuk mengatasi aneka permasalahan bisnis digital Anda. Mulai dari konsultasi gratis bersama tenaga ahli, pengembangan aplikasi android dan iOS untuk bisnis sesuai kebutuhan Anda, hingga bantuan perilisan aplikasi di Google Play dan AppStore. Plus, Anda bisa mendapatkan bantuan pemeliharaan software secara berkala pasca perilisan seperti perbaikan error dan update.

Semua jawaban atas kebutuhan bisnis digital Anda tersaji lengkap dalam 1 paket lengkap khusus di sini! Jadi tunggu apa lagi, segera hubungi APPKEY dan langsung dapatkan aneka penawaran menarik lainnya yang telah menanti Anda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya