Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Tips Strategi Marketing Online : Memasarkan Usaha Jasa Anda...

Tips Strategi Marketing Online : Memasarkan Usaha Jasa Anda Supaya Laris!

-

Menjual sebuah jasa tentunya akan membutuhkan pemasaran yang berbeda dari bisnis yang lainnya. Karena menjual sebuah jasa merupakan menjual sesuatu yang notabene barang atau hasil produknya tidak bisa dimiliki oleh konsumen.

Strategi marketing online dalam usaha jasa lebih sedikit menantang daripada memasarkan sebuah usaha barang. Yuk simak artikel dibawah ini untuk mengetahui tips-tips menawarkan usaha jasa Anda!

Alasan Usaha Jasa Memerlukan Pemasaran yang Berbeda

Secara sekilas kita memang tahu, bahwa usaha jasa tentunya juga memerlukan sebuah pemasaran. Dan pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha jasa pastinya berbeda dengan usaha yang menawarkan sebuah barang.

Tetapi pada faktanya masih banyak para pelaku usaha tidak melakukan usaha promosi untuk usaha jasa mereka. Sehingga menyebabkan usaha mereka menjadi sepi peminat, bahkan bisa menyebabkan kebangkrutan.

Padahal usaha jasa sendiri merupakan usaha yang minim modal dan bahkan bisa dilakukan tanpa modal sekalipun. Tetapi karena lemahnya promosi, usaha jasa mereka jadi sepi peminat. Berikut adalah tips-tips yang Anda perlukan untuk strategi marketing online supaya meningkatkan profit Anda.

1. Optimalkan Pelayanan

strategi-marketing-online

Tips yang pertama merupakan mengoptimalkan pelayanan yang usaha jasa Anda tawarkan. Bagaimana tidak, tentunya untuk usaha jasa pastinya yang dilihat adalah hasil akhir dan pelayanan para pelaku usahanya seperti apa.

Jangan sampai Anda memasang muka yang masam di hadapan customer Anda, atau Anda malah bermalas-malasan untuk melakukan usaha Anda. Ingatlah bahwa konsumen adalah Raja! Jadi Anda harus memberikan pelayanan Anda yang terbaik.

Dalam usaha mengoptimalkan usaha jasa, Anda bisa melakukan peningkatan skill yang dimiliki dengan cara menghadiri workshop atau kursus atau apapun itu. Lalu Anda bisa melakukan peningkatan service Anda kepada para pelanggan dengan melakukan Service Excellent.

Disini Anda bisa melakukan menawarkan apa yang kompetitor Anda tidak tawarkan. Misalnya Anda membuka jasa barber, Anda bisa tawarkan promosi “Cuci rambut gratis”, tentunya hal tersebut akan menarik para calon konsumer untuk datang ke dalam usaha jasa Anda.

Tentunya hal tersebut harus memperhatikan skill apa yang Anda miliki, jangan sampai Anda menawarkan tambahan jasa cuci rambut tetapi tidak bisa mencuci rambut. Bukannya menambah kepuasan pelayanan Anda, yang ada malah menimbulkan kesan negatif terhadap usaha jasa Anda.

2. Bangun Kepercayaan

Untuk membangun kepercayaan antara Anda dengan konsumen Anda adalah yang sangat krusial. Apalah arti sebuah bisnis atau usaha jika tidak ada kepercayaan di dalamnya, yang ada hanya mendatangkan resiko negatif dalam berbisnis.

Selain itu kepercayaan juga benar-benar penting, karena dalam usaha jasa, hasil yang diberikan beberapa tidak bisa di retur (dikembalikan). Misalnya Anda membuka jasa potong rambut, jika pelanggan Anda tidak suka dengan hasilnya. Anda tidak bisa mengembalikan rambut mereka yang sudah dipotong bukan?

Jika Anda melakukan kesalahan dalam usaha jasa, mungkin pelanggan Anda akan mulai kehilangan kepercayaan dari usaha Anda. Dan mereka pastinya akan mulai mencari usaha jasa sejenis tetapi dari kompetitor Anda. Dan hal tersebut akan berdampak buruk untuk Anda pastinya.

Tetapi jika Anda berhasil menjalin kepercayaan konsumen, usaha Anda pastinya akan mendapatkan nilai positif. Bayangkan jika 1 orang yang percaya terhadap usaha jasa Anda, lalu mereka menawarkan usaha Anda ke teman, saudara atau pacar mereka (mungkin). Tentunya itu akan berdampak sangat baik, dan bayangkan jika Anda memiliki 10 pelanggan yang percaya terhadap usaha Anda, tentunya akan berkali-kali lipat keuntungan yang akan didapatkan.

Artikel terkait  Cara Perhitungan Penghasilan Bonus Grabbike Terbaru

3. Penentuan Harga yang Tepat

Menentukan harga merupakan hal yang bisa menjadi sengit jika Anda salah menentukan harga. Anda bisa mengetahui harga yang tepat dengan melakukan survey pasar dan kompetitor Anda terlebih dahulu, hal tersebut merupakan strategi marketing online yang bisa Anda lakukan.

Pertama Anda ketahui dulu pasar Anda seperti apa dan dimana, misalkan Anda memasarkan jasa untuk target orang yang berusia 20-an, tentunya Anda tidak bisa memasangkan tarif yang tinggi-tinggi. Tetapi, jika Anda menargetkan pasar untuk kelas orang yang berpenghasilan tinggi, Anda bisa menarifkan harga yang tinggi (tentunya diimbangi dengan kualitas jasa yang ditawarkan).

Selanjutnya Anda mengamati kompetitor Anda, perhatikan konsumen mereka dan harga yang ditarifkan kepada konsumennya. Anda bisa memulai untuk membuka di harga yang sama, tetapi Anda bisa menawarkan jasa yang lebih baik. Atau bahkan memberikan diskon kepada cutomers Anda yang loyal.

Jangan sampai Anda salah memasang harga untuk jenis usaha Anda, walau kompetitor Anda menawarkan jasa yang sama. Anda tetap harus memperhatikan perbandingan kualitas yang Anda tawarkan.

Misalnya Anda dan si B sama-sama menawarkan jasa salon, salon Anda menggunakan produk yang mahal untuk melakukan jasa Anda, sedangkan salon B menggunakan produk yang lebih murah dengan Anda. Anda bisa menaruh harga yang lebih tinggi sedikit daripada salon kompetitor. Tetapi, sekali lagi tentunya Anda harus cerdik dan lihai untuk menjelaskan apa kelebihan jasa Anda, jangan sampai konsumen malah kabur karena harga yang terlalu tinggi tanpa ada penjelasan logis bagi mereka.

4. Promosi Media Sosial

Hal ini merupakan kunci penting dalam strategi marketing online, Anda harus melakukan promosi di media sosial yang sedang ramai. Misalnya Anda membuka jasa hair stylist, Anda bisa memasarkan hasil jasa Anda berupa video dan foto pada platform instagram atau Tiktok (Tiktok merupakan platform yang biasa digunakan para pengusaha saat ini untuk melakukan promosi usaha).

Dengan rajin memposting sebuah testimoni atau hasil jasa yang Anda tawarkan, Anda akan mendapatkan kepercayaan dan meningkatkan kepercayaan bagi pelanggan Anda yang sudah ada. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa kepercayaan merupakan hal yang penting untuk dibangun dalam usaha atau bisnis.

Promosi sendiri ajang strategi marketing online yang tidak boleh Anda lewatkan. Misalnya saja, Anda membuka usaha grooming hewan peliharaan. Anda bisa menyelipkan promosi “Petshop kami juga menawarkanproduk shampoo untuk anabul Anda, tentunya aman dan berkualitas tetapi harganya terjangkau”. Darisana Anda bisa mendapatkan tambahan profit untuk usaha Anda, dan sembari menjualkan sebuah produk, Anda bisa menyelipkan kualitas dari jasa yang ditawarkan sehingga calon konsumen Anda makin percaya.

Untuk promosi sendiri, mungkin dibenak Anda “Oh bayar”, “Oh mahal”. Tidak seperti itu, Anda bisa melakukan promosi usaha Anda secara mandiri. Hanya dengan rajin memposting di sosial media Anda, dan tunggulah pelanggan Anda datang.

Kalau Anda masih bingung bagaimana cara melakukan promosi video, Anda bisa cek di sini bagaimana rekomendasi promosi video marketing yang bisa Anda lakukan.

Artikel terkait  10 Strategi Promosi untuk Meningkatkan Laba Penjualan

5. Bergabung dengan Komunitas

Selanjutnya merupakan strategi marketing online maupun konvensional, yaitu bergabung dengan komunitas yang terkait dengan usaha jasa Anda. Misalnya Anda memiliki jasa grooming hewan peliharaan, tentunya Anda harus mencoba bergabung ke dalam komunitas pecinta hewan. Saat mereka mendiskusikan bagaimana keluhan mereka terhadap hewan mereka, Anda bisa menawarkan jasa Anda ke dalam diskusi mereka.

Atau jika Anda memiliki usaha jasa meningkatkan followers instagram, maka masuklah ke dalam komunitas yang menyukai platform instagram. Jadi disaat mereka sedang berdiskusi tentang postingan mereka, Anda bisa menawarkan jasa Anda secara pelan-pelan di kolom section diskusi mereka.

Tentunya hal ini bukan merupakan hal yang curang, hal ini adalah sebuah hal yang wajar dilakukan dalam strategi marketing online. Tujuan dari usaha yaitu mencari pelanggan, jadi Anda tidak boleh malu untuk menawarkan usaha jasa Anda.

Penutup

Baik usaha jasa atau barang, goals utamanya adalah menjamin kepuasan pelanggan dan kualitas produk Anda. Dengan melakukan tips-tips diatas dan melakukan strategi marketing online, Anda bisa improve mulai dari service hingga kualitas usaha Anda.

Kuncinya yaitu tetap semangat dan tekun dalam menjalani usaha Anda, bagaimanapun juga dalam usaha apapun itu pastinya ada sebuah kendalanya tersendiri. Sekarang tergnantung dari Anda, apakah Anda hanya tetap berdiam diri, atau mulai mencoba tips-tips diatas? Tentunya keputusan tersebut hanya ada di tangan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menjadi refrensi untuk strategi marketing online Anda dalam memasarkan usaha jasa Anda. Dan jangan lupa untuk download MARKEY | Media Bisnis Online di Google Play Anda, karena masih banyak info dan tips-tips, serta ide-ide yang menarik dan unik seputar bisnis dan pemasaran lainnya untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

11 Aplikasi Desain Jersey Terbaik Untuk Android

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya