Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy 6 Sinyal Olshop Anda Perlu Diupdate dengan Strategi Marketing...

6 Sinyal Olshop Anda Perlu Diupdate dengan Strategi Marketing Terbaru

-

Hampir semua pengusaha kekinian tentunya menyadari bahwa menggunakan strategi bisnis online merupakan sebuah keharusan agar usaha Anda dapat bertahan dengan baik.

Namun Anda harus jeli, karena hasil dari teknik marketing online bisa memberikan ‘ciri-ciri khusus’ yang menandakan bahwa bisnis sudah ada dalam zona kuning menuju merah – namun sialnya, Anda justru tidak menyadarinya!

Untuk Anda yang saat ini mengalami kebuntuan dalam menjalankan strategi marketing online di platform internet (seperti media sosial), maka selamat! Anda sudah menemukan artikel yang tepat sebagai solusi atas permasalahan Anda.

Yuk langsung simak pembahasan di bawah ini seputar ciri-ciri bisnis online yang sudah ‘macet’ dan perlu segera diganti dengan strategi bisnis terbaru.

Kami juga menyediakan tips strategi marketing online terbaik yang bisa Anda coba praktekkan. Selamat membaca!

Akun Medsos Bisnis Anda Sepi? Itu Pertanda Bisnis Anda Macet

online-marketing-2

Di zaman modern kekinian, siapa yang tidak menggunakan media sosial dalam aktivitas sehari-harinya? Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa semuanya mempunyai akun media sosial. Tujuan setiap orang mempunyai akun media sosial berbeda-beda. Ada yang menggunakan media sosial untuk keperluan pribadi, ada juga yang memakai media sosial untuk berdagang.

Meskipun berbeda tujuan, aturan penggunaan media sosial pada dasarnya sama saja. Jika Anda tidak cakap dalam memakai media sosial – terlebih jika itu adalah akun media sosial bisnis, maka akun media sosial Anda tidak akan dikenal atau mampu menjangkau banyak orang.

Contohnya saat Anda memposting beragam konten, jumlah likes dan comments yang didapat sangat minim, bahkan nyaris tidak ada interaksi dari followers sama sekali. Atau, jumlah followers di akun Anda tidak pernah bertambah sedikitpun untuk kurun waktu yang lama.

Jika masalah-masalah di atas terjadi pada akun media sosial bisnis Anda, alasannya hanya ada satu: Anda perlu strategi bisnis terbaru sesegera mungkin.

Faktanya, tidak banyak pebisnis yang menyadari bahwa mereka sudah mendekati titik buntu. Strategi-strategi marketing online yang mereka aplikasikan ternyata sudah usang dan tidak efektif menarik minat masyarakat lagi.

Namun alih-alih memikirkan inovasi teknik marketing online, sering kali para pebisnis justru tetap mengikuti strategi lama mereka. Lebih parahnya, mereka mengerahkan segenap usaha yang lebih keras karena berpikir bahwa usaha yang telah dikeluarkan masih kurang cukup.

Simpan tenaga Anda terlebih dahulu. Yang Anda perlukan di sini adalah inovasi baru yang segar, bukan memaksakan trik lama dengan usaha yang lebih banyak.

Bahkan sesungguhnya sudah ada banyak ciri-ciri khusus yang menjadi semacam ‘alarm’ bahwa Anda telah salah jalan. Pun ciri-ciri ini bisa Anda baca dari kondisi media sosial bisnis Anda, lho. Apa sajakah ciri-ciri tersebut? Ini jawabannya:

Artikel terkait  Panduan Lengkap Tentang Digital Marketing | Manfaatkan Sosial Media Anda Untuk Menarik Pelanggan

1. Rendahnya Interaksi Followers

Ciri pertama yang menjadi pertanda bahwa bisnis Anda berjalan dengan tidak efektif adalah sedikitnya jumlah interaksi dari followers dengan akun media sosial bisnis. Ciri ini pun menjadi unsur yang paling mudah untuk diamati.

Jika Anda sudah rajin mengepost konten, namun jumlah likes, share dan komentar (engagement) dari followers Anda tidak pernah banyak – atau malah tidak ada interaksi sama sekali – maka Anda sudah bisa curiga mungkin ada yang salah dengan strategi marketing online yang diterapkan selama ini. Hal yang sama juga berlaku pada jumlah followers akun bisnis Anda yang bisa jadi tidak pernah bertambah untuk kurun waktu lama. Jika sudah begini, cobalah untuk  melakukan evaluasi.

2. Pengumuman/Informasi Anda Tidak Direspon

Anda punya produk baru yang akan diluncurkan? Tentunya banyak brand online senang memberikan semacam pengumuman ‘coming soon’ terkait produk baru yang hendak dirilis. Mungkin Anda juga melakukan cara yang sama.

Namun setelah pamflet pengumuman produk baru diposting, kenapa tidak ada respon atau antusiasme signifikan dari warganet, ya?

Ketidaktertarikan warganet terhadap konten Anda juga menjadi sinyal darurat bahwa ada yang salah dengan strategi marketing online yang Anda buat dan terapkan selama ini.

Faktornya pun bisa sangat beragam,  bisa jadi Anda salah membuat time schedule perilisan informasi yang bertabrakan dengan perilisan info menarik lainnya yang lebih menyita perhatian. Atau, tampilan konten Anda kurang bagus dan memikat. Bisa juga konten promosi Anda dirasa membosankan oleh netizen.

3. Anda Sendiri Masih Sering Bingung Hendak Memposting Apa

apa-itu-sosial-media

Pernah merasa bingung sendiri hendak memposting konten apa? Atau merasa bahwa aktivitas membuat dan memposting konten rasanya seperti tugas kejar tayang yang Anda sendiri tidak yakin atas kualitasnya?

Jika jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas adalah “iya”, maka Anda sedang menghadapi masalah serius. Kemungkinannya adalah Anda tidak mempunyai time-planning atau time-schedule bisnis sama sekali atau Anda sudah merasa di titik buntu. Sebab, seorang pebisnis yang usahanya lancar dan berkembang baik akan selalu memiliki time-schedule dengan rincian rencana lengkap hendak membuat serta memposting konten apa saja di setiap harinya secara teratur.

4. Nilai CTR (Click-Through-Rate) yang Rendah

Ciri terakhir dari lesunya bisnis Anda adalah nilai CTR (click-through-rate) platform  bisnis Anda yang rendah, baik untuk aplikasi bisnis sendiri, website atau media sosial.

Jangan senang dulu jika ada banyak orang yang melakukan engagement pada postingan media sosial bisnis Anda. Jika nilai CTR di baliknya tetap rendah atau bahkan tidak ada, maka hal jumlah engagement yang tinggi sama saja sebuah kesia-siaan.

Apa itu CTR? CTR adalah sebuah cara seorang user mencapai website Anda melalui tautan yang disebarkan di media sosial.

Semakin banyak user yang berpindah menuju website pasca melihat konten Anda dapat dipastikan bahwa mereka sungguh-sungguh tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan (menjadi calon konsumen potensial).

Tingginya nilai CTR pun menandakan besarnya peluang bisnis yang perusahaan Anda miliki.

Demikian pula sebaliknya.  Nilai CTR yang rendah menandakan bahwa followers atau  orang-orang yang berinteraksi dengan konten bisnis media sosial Anda masih belum sepenuhnya tertarik dengan produk.

Bisa jadi mereka hanya sekadar memberikan likes dan lanjut men-scroll timeline. Bisa jadi masalahnya terletak pada strategi marketing online pembuatan konten yang belum optimal, sehingga gagal menggugah emosi dan perhatian user.

Artikel terkait  Kenali Aspek Pemasaran Digital Untuk Strategi Bisnis Anda!

5. Segera Perbaharui Olshop Anda dengan 4 Strategi Marketing Online Ini

Tibalah kita pada pembahasan yang Anda sudah nanti-nantikan: bagaimana cara merumuskan strategi marketing online yang baik? Sebenarnya, memperbaharui strategi marketing online bukanlah persoalan yang sulit. Anda hanya perlu untuk membuka pandangan seluas-luasnya, mengumpulkan banyak data, dan mempelajari hal-hal baru serta relevan di sekitar Anda saja.

Namun untuk lebih mempermudah pelaksanaan pembuatan strategi marketing online terbaru, Anda bisa mencoba mempraktekkan cara-cara ini:

6. Mulai Lagi dengan Evaluasi dan Menentukan Tujuan

Sebagai langkah pertama, cobalah untuk mengevaluasi kembali sudah sejauh apa perjalanan dari usaha Anda. Cari tahu betul-betul apa saja hal yang sudah Anda berhasil capai dan yang belum.

Cocokkan kembali hasil bisnis dengan business plan serta goal yang dibuat: sudahkah Anda memenuhi goal yang dibuat sendiri sewaktu merintis usaha?

Dari sini Anda bisa menentukan ulang tujuan Anda berbisnis. Apakah bisnis Anda semata-mata beroperasi untuk menjual produk? Atau ada value (nilai) lain yang bisa Anda tawarkan sebagai bentuk kontribusi ke masyarakat?

Menetapkan tujuan akan mempermudah usaha Anda untuk merancang strategi marketing online terbaru. Ingatlah untuk mengimbangi proses pengaplikasikan strategi dengan evaluasi secara berkala agar bisnis tetap terarah.

Pakai Time-Schedule

Jangan lupa untuk memakai time-schedule yang diperbaharui secara berkala. Time-schedule adalah susunan kalender waktu yang berisi jadwal rencana-rencana aktivitas yang akan Anda lakukan dalam bisnis.

Di sinilah Anda menyusun jadwal-jadwal momen dalam bisnis, seperti tanggal perilisan produk baru, tanggal hari diskon dan promo, dan juga Anda bisa menyusun rencana postingan konten ke depannya selama sebulan secara berkala.

Membuat semacam jadwal kalender konten akan mempermudah Anda untuk bekerja membuat postingan promosi di akun-akun media sosial bisnis.

Semisal hari Senin memposting infografis di Instagram, Selasa memposting konten promosi di Twitter, Rabu memposting video YouTube, dan seterusnya. Jangan lupa untuk selalu memperbaharui kalender jadwal rencana ini secara berkala, semisal setiap bulan.

Bekerja dengan Tim

kerja tim

Mengelola bisnis online tetap bisa menjadi pekerjaan yang merepotkan jika dilakukan sendiri. Terlebih jika Anda punya banyak platform bisnis yang harus diurus. Jadi, sebaiknya Anda bekerja dalam tim untuk mempermudah tugas.

Anda juga bisa melakukan rotasi atau shift tim kerja agar semua orang pernah mencicipi tugas mengelola semua media sosial perusahaan.

Sering-seringlah berdiskusi dengan tim jika mereka merasakan pertumbuhan media sosial bisnis yang “stuck” atau mentok di situ-situ saja. Kemudian cobalah untuk melakukan evaluasi bersama dan dengarkan saran-saran dari anggota tim lainnya.

Artikel terkait  Apa Itu Digital Marketing? Mengenal Perencanaan Strategi dan Metodenya serta Perbedaannya dengan Web Marketing

Inovasi pada Konten

Apa hal-hal yang sedang viral dan menjadi perbincangan masyarakat saat ini? Sering kali, para pebisnis online memanfaatkan konten-konten yang sedang viral di kalangan masyarakat sebagai ide konten promosi mereka.

Semisal mereka membuat video promosi memakai lagu-lagu unik khas TikTok, slogan dengan kata-kata dan tagline yang viral, atau bekerja sama dengan orang-orang yang sedang naik daun untuk membuat iklan.

Tak jarang juga Anda melihat iklan-iklan milik kompetitor yang “nyeleneh” tapi efektif memancing rasa penasaran masyarakat. Jadi, cobalah untuk melihat dan mencari inspirasi konten iklan di sekitar Anda.

Pelajari bagaimana para kompetitor membuat iklan promosi mereka. Dengarkan dan cari tahu juga hal-hal apa yang diinginkan, dibutuhkan dan sedang menjadi trend di masyarakat. Selalu memperbaharui konten dengan menyesuaikannya pada kebutuhan masyarakat saat ini adalah suatu langkah strategi marketing yang baik dan tidak akan membosankan.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang teknik marketing online terbaru yang bisa Anda coba praktekkan. Semoga artikel di atas mampu memberi inspirasi di tengah-tengah kebuntuan menjalankan strategi marketing online, ya!

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internal : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Dalam dunia bisnis, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus mengetahui dan mengerti mengenai strategi pemasaran. Dengan demikian, setiap pihak...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya