Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy 5 Keuntungan Stiker Produk Marketing : Promosi Unik Murah...

5 Keuntungan Stiker Produk Marketing : Promosi Unik Murah Meriah

-

Mungkin Anda sudah cukup familiar dengan stiker produk. Tapi tahukah Anda bahwa stiker produk adalah contoh promosi yang menarik, murah sekaligus ampuh mempromosikan dagangan ke konsumen?

Tempelan stiker pada produk memang dipandang sepele bagi sebagian orang. Namun jangan salah. Ada lho trik marketing khusus yang memanfaatkan stiker produk ini: “stiker marketing”. Jika dilakukan dengan benar, stiker marketing bisa menjadi strategi promosi unik terbaru bisnis Anda.

Kira-kira seperti apa keuntungan dan cara mempraktekkan stiker marketing? Berikut jawaban selengkapnya untuk Anda.

Stiker Produk Adalah

Apa itu stiker? Benda kecil berbahan baku kertas ini cukup sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Stiker bisa tertempel di mana saja, mulai dari produk, buku, gadget, sepeda motor, sampai tempat-tempat umum (publik).

Stiker adalah label kustom yang bisa dicetak di atas beragam material: kertas, plastik, dan lain-lain. Ciri stiker yang paling mencolok adalah adanya areal yang lengket berisi lem di salah satu sisi. Dengan begini, kita bisa menempel stiker pada berbagai tempat sesuai keperluan.

Jadi Anda pasti sudah bisa memperkirakan apa itu stiker produk. Betul, stiker produk adalah label yang sengaja ditempel pada sebuah produk. Coba Anda perhatikan benda-benda yang pernah Anda beli. Hampir semua jenis barang  skincare, bungkus makanan, buku, perabot rumah tangga pasti dilengkapi stiker produk.

Stiker pada produk mempunyai peranan yang amat penting dalam dunia bisnis. Tanpanya, produk Anda tidak akan mempunyai ciri khas yang membedakannya dari barang-barang lain. Selain itu stiker label product juga bisa mempromosikan bisnis Anda dengan cara yang unik.

5 Keuntungan Stiker Marketing untuk Bisnis

sticker-product

Faktanya tidak semua pebisnis menyadari pentingnya pemberian stiker pada sebuah produk. Bahkan ada juga orang yang merasa taktik marketing stiker tidak cocok untuk menjangkau tipe konsumen dewasa baginya, stiker adalah sebuah “mainan” untuk anak kecil.

Eits, jangan salah! Nyatanya masih banyak orang dewasa yang gembira ketika menerima bonus stiker gratis saat berbelanja. Stiker produk juga bisa lho membantu mereka mengenali produk Anda dengan lebih baik.

Selengkapnya inilah 5 keuntungan promosi unik marketing stiker untuk bisnis:

1. Promosi Unik Murah Meriah

Ingin memperluas promosi Anda namun tetap low budget? Stiker marketing bisa jadi solusinya!

Pembuatan sebuah stiker tergolong sangat murah. Bahkan ada jasa cetak stiker yang menyediakan print stiker di bawah Rp1.000 rupiah per lembar. Hasil cetakan stiker pun bisa tetap dijamin bagus, glossy dan jelas gambarnya.

Biasanya pemilik bisnis akan mencetak ratusan atau ribuan stiker product sekaligus untuk mendapat potongan harga lebih banyak.

Artikel terkait  Aplikasi Scan Barcode Untuk Produk Online Shop

2. Alat Promosi “Mobile”

Tidak seperti sarana promosi lainnya yang pasif (misalnya baliho, banner iklan website, atau postingan sosmed), stiker bisa bergerak dengan bebas alias mobile. Tempelkan saja stiker pada produk atau paket konsumen. Stiker akan otomatis menjadi “iklan berjalan” saat item-item tadi didistribusikan.

Semisal konsumen A membeli produk Anda yang dilengkapi stiker. Kemudian produk tersebut tak sengaja dilihat oleh anggota keluarga atau teman-temannya. Melalui stiker yang tertempel, para kerabat konsumen A bisa mengetahui apa nama produk Anda, khasiatnya, sampai nama perusahaan Anda pun bisa diketahui.

Anda juga bisa menghadiahkan stiker brand pada konsumen atas transaksinya. Ketika stiker tadi ditempel ke benda-benda pribadi konsumen yang dibawa berkeliling, secara tak langsung stiker Anda sudah mengiklankan brand bisnis ke orang-orang baru.

3. Hadiah yang Menghibur

Bisnis memang sifatnya serius dan terfokus, namun faktanya Anda tidak perlu terus-menerus bersikap kaku dan profesional dalam mengembangkan bisnis.

Kadang kala Anda butuh keberanian tersendiri untuk menjadikan bisnis menyenangkan. “Refreshing” seperti ini bisa berdampak baik untuk mengurangi stres dan tekanan bisnis pada diri Anda, sekaligus mempererat hubungan emosional dengan konsumen.

Oleh sebab itulah sejumlah bisnis dengan sengaja memberikan hadiah bonus berupa stiker spesial bagi konsumen mereka. Lewat stiker tersebut, perusahaan bisa mengirimkan berbagai pesan penting, simpati dan apresiasi pada pembeli di samping sekadar mencantumkan nama brand.

4. Membantu Branding Bisnis

Satu fakta menarik lainnya: dewasa ini, masyarakat sudah pintar dalam memilah iklan. Hampir 80% orang langsung “skip” atau melompati konten iklan karena dirasa mengganggu.

Temuan ini serta-merta menjadi tantangan baru bagi semua bisnis. Bagaimana caranya mempromosikan bisnis dengan baik kepada konsumen tanpa promosi terang-terangan? Benar, jawabannya adalah dengan menggunakan trik stiker marketing.

Ketika seseorang memandang sebuah stiker, mereka cenderung tidak menyadari bahwa ada maksud promosi di baliknya. Itulah kekuatan utama stiker: melakukan promosi secara tersembunyi. Menurut studi psikologi, orang-orang cenderung menilai stiker sebagai hadiah bonus atau label identitas produk.

Itulah mengapa stiker produk sesungguhnya ampuh digunakan untuk promosi. Apalagi jika Anda sanggup membuat stiker brand yang lucu, unik dan berkarakter kuat. Dijamin deh orang-orang akan tertarik untuk memasang stiker Anda!

5. Tahan Lama

Terakhir, stiker yang ditempel ke produk mempunyai kekuatan tahan lama yang menjanjikan. Sebuah stiker berkualitas baik tidak akan cepat rusak  bahkan ketika dibiarkan tertempel selama bertahun-tahun atau terkena air.

Anda juga bisa sengaja mengkustom stiker label produk supaya tahan air (waterproof), glossy dan mempunyai daya perekat yang kuat. Jadi Anda tidak perlu khawatir pesan promosi yang dimuat stiker tidak sampai ke tangan konsumen dengan baik.

Artikel terkait  Mudah Bekerja dan Berbisnis Online Lewat Cisco Webex | 100% Aman, Cepat dan Praktis

Pedoman Melakukan Stiker Marketing yang Benar untuk Pemula

Sekarang tibalah kita pada bagian yang paling dinanti-nantikan: tutorial membuat stiker yang baik untuk bahan promosi. Kita sudah tahu bahwa stiker adalah contoh promosi yang menarik. Untuk membuat stiker promosi berkualitas, Anda bisa mengikuti langkah-langkah simpel di bawah:

1. Pilih Jenis Stiker

Stiker hadir dalam berbagai bentuk. Ada baiknya untuk membuat stiker yang tepat sesuai kebutuhan atau karakteristik usaha (tidak mencontek milik brand lain).

Sejatinya tidak ada aturan khusus dalam membuat sebuah stiker. Anda bebas pilih sendiri mau stiker dalam bentuk apa, warna, ukuran dan seterusnya. Namun sebagai pedoman awal, berikut ini adalah beberapa jenis stiker yang populer digunakan dalam bisnis:

  • Stiker Vinyl : berbahan dasar vinyl, lentur, kuat, tidak meninggalkan bekas tertempel atau gampang robek. Cocok untuk penempelan di luar ruangan.
  • Stiker HVS : terbuat dari kertas HVS, paling banyak digunakan masyarakat, mempunyai daya rekat bagus (kuat), bisa ditempelkan pada label kemasan makanan atau minuman. Sayangnya stiker ini mudah pudar seiring berjalannya waktu – apalagi jika ditempel di luar ruangan.
  • Stiker Kromo : dibuat dari bahan kertas tapi daya tahannya lebih bagus dari HVS. Akan tetapi stiker ini meninggalkan bekas saat dicabut.
  • Stiker One Way (1 arah): disebut stiker 1 arah karena ketika ditempel, Anda tidak bisa melihat di balik sisi yang satu lagi (tidak tembus pandang). Stiker ini bisa ditempel pada permukaan kaca atau cermin saja.
  • Stiker Scotchlite: stiker yang bisa tampak bercahaya (glowing) karena punya kemampuan memantulkan sinar.
  • Stiker Foil: stiker yang dibuat dari aluminium foil, berwarna emas atau perak, sering digunakan karena memberi kesan elegan.

Sedangkan untuk ukuran dan bentuk, stiker brand produk bisa dikemas dalam beberapa pola aturan standar berikut:

  • Label kemasan produk: 1,5 cm atau 1,5 x 15 cm (diameter) untuk bentuk persegi panjang dan lingkaran. Ukuran 7 cm atau 7 x 7 cm untuk bentuk segi empat sama sisi.
  • Stiker cutting: tidak punya ukuran pasti karena menyesuaikan dengan pola desain stiker. Ada stiker cutting ideal berukuran 4 x 6 cm atau 9 x 13 cm.
  • Label ATK, inventaris, buku bisnis milik perusahaan: berbentuk persegi panjang dengan ukuran 1,8 x 5 cm atau 3,7 x 7,5 cm.

2. Susun Strategi Pemakaian Stiker

Setelah punya stiker, sekarang waktunya menyusun strategi pemakaiannya. Stiker bisa membantu toko Anda tampil “mencolok” mengalahkan bisnis-bisnis lain.

Semisal Anda menempelkan stiker beli 1 gratis 1 pada pamflet promosi. Orang-orang yang melihat pasti akan langsung tertarik berbelanja di toko Anda. Di sini stiker berguna untuk mengiklankan diskon yang sedang berlangsung.

Atau Anda menempelkan stiker Wi-Fi gratis pada toko. Stiker tersebut bisa menjadi pajangan yang menarik minat orang-orang yang lewat untuk mampir berkunjung. Orang-orang yang tadinya tidak berminat datang sekarang akan tertarik karena ada penawaran Wi-Fi gratis tadi. Anda pun tidak perlu repot koar-koar memberitahu masyarakat bahwa Anda memberikan Wi-Fi gratis.

3. Sesuaikan dengan Konsumen Target

Apapun bentuk promosinya, Anda wajib menyesuaikannya dengan calon konsumen target. Supaya tidak rugi sudah membuat banyak stiker, cari tahu dulu apakah calon konsumen sasaran menyukai stiker yang Anda buat. Faktanya, setiap orang pasti menyukai bentuk stiker yang berbeda.

Semisal konsumen wanita yang lebih suka stiker-stiker lucu, menggemaskan dan memiliki warna-warni cantik. Sedangkan konsumen pria lebih memilih stiker-stiker keren, berwarna gelap yang mencerminkan karakter manly. Kalau konsumen anak-anak, mereka lebih suka stiker bergambar kartun yang lucu.

Strategi iklan Anda akan berjalan dengan lebih mulus jika mampu menyesuaikan bentuk stiker dengan calon penerimanya.

4. Buat Stiker Custom Sendiri

Setiap bisnis mempunyai ciri khas, icon dan profilnya masing-masing. Bahkan dua bisnis yang menjual produk serupa pun pasti memiliki branding yang berbeda.

Oleh sebab itulah Anda wajib membuat stiker label produk custom sendiri. Jangan mencontek stiker milik orang lain karena akan dianggap plagiat, tidak mencerminkan toko sendiri, dan secara tidak langsung membantu promosi perusahaan lain.

Saat ini pun sudah ada banyak sekali jasa pembuatan stiker kustom bisnis dengan harga murah. Anda tidak perlu cemas kalau tidak tahu cara desain stiker yang baik.

Artikel terkait  Mengintip Kesuksesan Sociolla Indonesia: Beauty Olshop Terbesar No. 1

5. Distribusikan Stiker dengan Cermat

Walaupun Anda berjualan secara online, Anda tetap perlu memikirkan lokasi serta cara distribusi stiker dengan cermat. Beberapa trik pemberian stiker untuk bisnis online misalnya:

  • Tempelkan stiker pada kemasan produk yang dibeli sebagai label informasi produk.
  • Tempelkan stiker pada paket untuk memperjelas bahwa pesanan tersebut asli datang dari toko Anda.
  • Beri stiker bonus sebagai hadiah bonus (freebies) atas transaksi.
  • Buat stiker digital yang bisa ditempel pada pamflet promosi online yang disebarkan, Instagram Stories, Reels, video Tiktok atau YouTube dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali seputar contoh promosi yang menarik: Stiker Marketing. Sekali lagi, tidak ada salahnya melakukan stiker marketing meskipun Anda sudah melakukan beragam jenis promosi lainnya. Stiker produk bisa menjadi “iklan berjalan” yang memperkenalkan brand Anda ke lebih banyak orang di luar sana.

Ingin tahu lebih banyak contoh promosi yang menarik untuk dicoba? Yuk temukan semua inspirasi, tips dan review bisnis online sukses lainnya hanya di MARKEY. Follow websitenya di https://markey.id/ atau download appnya di Google Play dan Apple Store, ya.

Sampai bertemu lagi di pembahasan seru berikutnya, stay safe!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya