Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Musim Libur Naikkan Peluang Iklan Bisnis Online? | Tips...

Musim Libur Naikkan Peluang Iklan Bisnis Online? | Tips Sukses Seasonal Marketing #1

-

Pernahkah Anda menyadari bahwa banyak mall dan toko selalu memberikan diskon atau penawaran khusus besar-besaran saat musim liburan tiba? Tahukah Anda bahwa hal tersebut bukanlah kebetulan semata saja, melainkan sebuah strategi spesial dari pelaku bisnis untuk menaikkan penjualannya. Taktik ini dikenal dengan nama seasonal marketing strategy.

Seasonal marketing strategi adalah istilah yang sudah lama diperkenalkan dalam dunia ekonomi dan bisnis. Namun tentunya istilah seasonal marketing strategi adalah hal yang cukup asing di telinga masyarakat awam. Padahal kenyataannya, banyak dari kita selaku masyarakat yang sudah sering mengikuti tren dari seasonal marketing strategy.

Sebut saja saat momen hari raya besar seperti Ramadhan dan Natal serta Tahun Baru. Biasanya, menjelang momen-momen libur panjang ini, ada banyak sekali peritel yang memberikan diskon besar-besaran atau merilis produk dan jasa layanan khusus (limited edition) untuk “merayakan” momen liburan yang akan datang.

Namun tak hanya di Indonesia saja, momen belanja khusus saat menjelang libur hari raya ini juga terjadi di luar negeri dan diaplikasikan oleh perusahaan ritel online raksasa dunia: Amazon. Benarkah seasonal marketing strategy adalah solusi terbaik untuk meningkatkan penjualan? Bagaimana pula cara-cara mengaplikasikan trik marketing yang satu ini?

Yuk cari tahu jawabannya pada artikel Markey edisi kali ini tentang Seasonal Marketing dan Advertisng Strategy. Selamat membaca!

Seasoal Advertising Adalah “Jalan Pintas” Menuju Penjualan 2x Lipat

markeyTren belanja besar-besaran saat musim libur nasional tiba merupakan kebiasaan yang berlangsung tak hanya di Indonesia saja, melainkan seluruh dunia. Bahkan perusahaan ternama kelas dunia seperti Amazon pun tak ketinggalan dalam memberikan aneka iklan dan diskon khusus untuk pembelanjaan di masa liburan.

Uniknya, di tahun 2020 yang mana merupakan masa sulit bagi seluruh dunia akibat Covid-19, semakin menambah besar peluang para peritel untuk memaksimalkan usahanya menggunakan trik seasonal advertising.

Amazon pun turut diketahui mengalokasikan sejumlah dana modal perusahaan mereka untuk memasang iklan penawaran khusus selama musim liburan di tahun ini.

Perusahaan dan peritel lain pun tentunya mengikuti trik ini, namun sejumlah pengamat ekonomi dan bisnis menyatakan bahwa perusahaan-perusahaan yang lebih kecil mungkin akan tetap membatasi jumlah alokasi dana yang mereka keluarkan untuk melakukan seasonal advertising.

Sesungguhnya, apa itu seasonal advertising?

Seasonal advertising adalah salah satu bagian dari seasonal marketing strategy. Pada dasarnya, seasonal advertising adalah sistem pemasaran atau pemasangan iklan khusus dari perusahaan pada musim liburan.

Hal ini pun sesuai dengan definisi harfiah dari seasonal advertising. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, seasonal advertising adalah iklan yang dipasang saat musim libur.

Iklan jenis apa yang bisa Anda pasang pada musim liburan? Jawabannya bisa bermacam-macam. Namun biasanya, iklan yang dipasang oleh perusahaan untuk seasonal advertising adalah iklan-iklan yang menawarkan diskon produk atau jasa khusus, serta produk-produk limited edition.

Perusahaan minuman kopi Starbucks terkenal getol atau rajin dalam mengaplikasikan metode seasonal advertising. Begitu menjelang hari raya seperti Natal dan libur musim panas, pihak Starbucks sering merilis merchandise dan tumbler minuman edisi khusus dan menawarkan harga diskon spesial.

Tampaknya, trik seasonal advertising adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan pejualan di perusahaan ritel. Perusahaan di bidang olahraga seperti Paytm Mall dan ShopClues turut mempraktekkan strategi ini agar bisa berkompetisi dengan Amazon.

erlebih di saat pandemi Covid-19 ini, banyak pertumbuhan perusahaan bisa mencapai minus dibandingkan saat momen biasa, sehingga penjualan diharapkan dapat terdongkrak naik dengan adanya strategy seasonal advertising. Sebab, pemberian harga dan produk khusus saat musim liburan masih tergolong efektif untuk menjaring minat belanja masyarakat.

Namun tentunya Anda harus menyusun strategi yang tepat dan pas agar usaha promosi berdasarkan seasonal advertising tidak berakhir sia-sia. Terutama di masa pandemi saat ini, yang mana kondisi dan situasi perekonomian sedang mengalami kelesuan dan resesi.

Untuk mengantisipasi kekecewaan dan hal-hal yang tidak diinginkan secara tak terduga, ada baiknya untuk Anda menjalankan trik seasonal advertising dengan goal atau target yang tidak muluk-muluk.

Tetap syukuri apabila perusahaan Anda sukses memperoleh penjualan dari pemasaran seasonal walau hanya sekian persen. Hal ini sudah tergolong sangat baik dibandingkan dengan perusahaan lain yang laju pertumbuhannya justru minus akibat pandemi.

Jika Anda sudah memantapkan diri untuk mengambil momen liburan akhir tahun 2020 sebagai waktu terbaik menjalankan seasonal advertising, maka mari siapkan segala sesuatunya mulai dari sekarang. Ada beberapa hal yang pastinya harus Anda cermati, teliti dan persiapkan sebelum akhirnya terjun berpraktek mencoba trik seasonal advertising. Apa sajakah persiapannya? Mari lanjutkan scroll ke bagian berikutnya untuk mengetahui jawabannya!

Tepat Menjalankan Seasonal Advertising: Tips dan Trik Jitu

Anda sudah melihat bagaimana banyak perusahaan ternama di seluruh dunia memandang dan menyepakati bahwa seasonal advertising adalah peluang sekaligus strategi terbaik untuk bangkit meraih pemasukan penjualan.

Jika Anda menyebarkan iklan pada hari biasa dan masyarakat masih belum tertarik untuk belanja, maka tidak demikian halnya dengan seasonal advertising. Seasonal advertising adalah “senjata” yang ampuh mengubah masyarakat menjadi calon pembeli serius.

Sudah sangat terpatri dalam benak masyarakat bahwa seasonal advertising adalah hal yang datang satu kali dalam setahun.

Alhasil, momen untuk mendapatkan barang limited edition atau produk idaman dengan harga khusus tidak akan datang dua kali. Inilah yang menjadikan konsumen untuk segera membeli produk yang Anda tawarkan.

Beruntungnya kita karena mempunyai banyak sekali momen liburan yang bisa dimanfaatkan untuk mengaplikasikan trik seasonal advertising ini.

Beberapa momentum liburan yang kerap dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memberikan diskon khusus antara lain Natal, Valentine, Lebaran, Imlek, libur musim panas, libur tahun baru, dan libur panjang sekolah. Sebentar lagi pun kita akan menghadapi libur Natal dan akhir tahun 2020, jadi mari kita manfaatkan peluang ini untuk menjual aneka produk dan mendapatkan keuntungan 2x lipat!

Anda masih tidak tahu bagaimana cara mengaplikasikan trik seasonal advertising? Tidak perlu cemas, berikut ini kami sudah siapkan tips sukses menjalankan seasonal advertising:

Menumbuhkan Aspek Emosional Khusus

Hal pertama yang harus Anda ingat saat mencoba mengaplikasikan strategi social advertising adalah hari raya selalu mempunyai aspek emosional khusus di dalamnya. Jadi Anda tidak boleh membuat iklan diskon khusus yang bersifat ikut-ikutan dengan perusahaan lain saja. Sebaiknya, buatlah iklan yang berbeda dan mampu menumbuhkan aspek emosional khusus dalam benak konsumen.

Ambil contoh iklan-iklan produk yang banyak bersebaran di lini masa media sosial saat musim libur lebaran 2020, di mana masyarakat tidak bisa mudik karena Corona.

Berangkat dari fenomena sosial ini, perusahaan Anda bisa membuat iklan yang menunjukkan kepedulian atas “duka” tidak bisa merayakan libur lebaran di kampung dengan keluarga besar. Anda bisa mengatakan rasa kepedulian dan mengapresiasi keputusan masyarakat untuk mengikuti karantina wilayah demi menekan persebaran Covid-19.

Terakhir, barulah Anda memberikan penawaran produk atau jasa untuk mewarnai momen liburan masyarakat walaupun sedang menjalani karantina wilayah.

Menawarkan Promosi Bundling

Tips kedua adalah menawarkan produk bundling pada iklan seasonal yang dipasarkan. Anda bisa mencantumkan paket-paket produk best seller dengan produk tambahan dan dalam harga yang jauh lebih murah.

Strategi ini selalu berhasil, sebab konsumen senang bisa membeli produk best seller dengan harga murah plus mendapatkan produk-produk tambahan lain yang mungkin belum pernah mereka coba sebelumnya.

Launching Produk Spesial

Merilis produk spesial yang limited edition? Kenapa tidak! Momen seasonal advertising adalah waktu yang pas untuk merilis produk-produk limited edition. Konsumen pun akan tertarik untuk mencoba produk Anda mengingat hanya pada momen inilah mereka dapat mencicipi atau mencoba produk khusus musim liburan spesial dari perusahaan Anda.

Diskon Besar-Besaran

seasonal-marketingStrategi pemasaran seasonal advertising yang paling mudah adalah pemberian diskon. Namun berbeda dengan diskon pada hari biasanya, seasonal advertising Anda ada baiknya memberikan diskon besar-besaran dan beraneka tipenya.

Jadi, Anda bisa memberikan kombinasi diskon buy 1 get 1, flash sale, diskon voucher dan masih banyak lagi secara serentak untuk semua konsumen selama masa liburan. Dijamin, pembelian di toko Anda akan serta merta membludak dan meningkat tajam karena siapa, sih, yang ingin melewatkan diskon besar-besaran?

Demikianlah pembahasan kali ini tentang seasonal marketing strategy. Tertarik untuk mencoba mengaplikasikan trik seasonal marketing strategy?

Semoga artikel ini mampu menambah wawasan dan pemahaman Anda terkait dunia bisnis dan marketing. Temukan artikel lain yang menarik dan informatif seputar dunia bisnis hanya dari Markey! Sampai jumpa.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya