Siapapun bisa mendapatkan ide inovatif untuk sebuah bisnis. Selain ide yang cemerlang, agar sukses, pengusaha juga perlu meyakinkan dan mengajak orang untuk bersemangat dengan visinya.
Coba pikirkan tentang orang-orang paling sukses di industri yang sedang Anda jalani. Saya ambil contoh, Mark Zukerberg, Ia adalah pendiri Facebook dan kini masuk kedalam daftar 10 orang terkaya di Dunia.
Zukerberg mampu meyakinkan teman-teman kuliahnya yakni Chris Hughes, Eduardo Saverin dan Dustin Moskovitz untuk ikut membangun facebook bersama, hingga akhirnya mereka meluncurkan www.thefacebook.com pada bulan Februari 2004 dari kamar asramanya di Harvard.
Kesuksesan Facebook tersebut terus berlanjut hingga mampu mengakuisisi sosial media lainnya seperti Instagram dan WhatsApp.
Pengusaha sukses tidak melakukan pekerjaan sendirian, mereka membangun tim yang bekerja keras karena mereka percaya pada apa yang mereka lakukan.
Sebagai pengusaha dan pemimpin, seseorang membutuhkan tenaga kerja.
Dan orang-orang inilah yang menjaga bisnis Anda, dalam hal menjaga kepuasan pelanggan Anda dengan produk dan layanan.
Dengan kata lain, orang-orang karismatik dapat mengumpulkan kelompok. Tapi ini bukan hanya tentang membangun tim yang luar biasa.
Tetapi juga termasuk mendapatkan investor, membangun basis pelanggan, dan membangun kepercayaan dengan publik, yang tidak hanya terjadi karena Anda memiliki cerita yang meyakinkan.
Karisma, atau kemampuan untuk menggabungkan kepercayaan diri Anda dengan kehangatan, itulah yang menarik orang ke dalam ide hebat Anda dan membuat mereka tetap di sana.
Mungkin agak sedikit berlawanan dengan intuisi untuk lebih fokus pada orang daripada angka, tetapi jika Anda mencari pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang, membangun hubungan yang otentik adalah cara terbaik untuk membangun bisnis.
Kabar baiknya, para peneliti percaya bahwa karisma 50% melekat dan 50% lagi dapat dipelajari. Jadi apabila karakter ini tidak datang secara alami kepada Anda, Anda dapat mempelajarinya.
Contohnya saja Steve Jobs, pendiri Apple pada tahun 1976 ini bukanlah orang yang terlahir dengan karakter yang berkarisma.
Jobs awalnya adalah seorang yang pemalu dan canggung. Namun, pada akhirnya Jobs dikenal sebagai orang yang sangat berkarisma berkat latihan dan pengalamannya selama bertahun-tahun. Anda pun juga bisa melakukannya.
Daftar Isi
Beberapa Cara Paling Efektif untuk Menumbuhkan Karisma
Berikut adalah beberapa cara paling efektif untuk menumbuhkan karisma sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis Anda sepanjang waktu.
1. Peliharalah Hubungan Anda
Langkah pertama untuk menumbuhkan karisma adalah memiliki kepedulian dan ketulusan pada orang lain. Orang bisa melihat melalui pesona hampa, tetapi mereka bisa merasakan saat digunakan.
Jadi, alih-alih basa-basi, fokuslah membangun hubungan nyata dengan orang yang Anda kenal dan orang yang Anda temui. Kemungkinannya, Anda sudah peduli dengan orang-orang dalam hidup Anda sehingga Anda hanya perlu dorongan ekstra untuk menunjukkannya.
Apakah ada cara termudah untuk melakukannya? Tentu saja ada, yakni mendengarkan. Ajukan pertanyaan, dan perhatikan apa yang ada di bawah permukaan.
Ingat detail kecil, seperti ulang tahun rekan kerja Anda atau pesanan kopi favorit klien Anda. Kita semua ingin berada di sekitar orang-orang yang menantang kita, mendorong kita, dan membantu kita menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri.
Ketika Anda memperhatikan apa yang membuat orang lain tergerak karena Anda benar-benar peduli, Anda dapat menarik mereka ke dalam aktivitas yang terkait dengan minat mereka, di mana mereka akan menjadi yang paling efektif dan berkontribusi paling otentik.
2. Memproyeksikan Kepercayaan
Sebuah artikel yang dirilis pada tahun 2017 oleh The Guardian mengungkapkan bahwa, kaum karismatik dapat menginfeksi orang lain dengan antusiasme mereka sendiri. Mereka meyakinkan kita, tidak hanya pada kepercayaan diri mereka sendiri, tapi juga membuat kita merasa lebih percaya diri.
Sebagai seorang pengusaha, karisma adalah formula kemenangan untuk merek pribadi Anda. Jika Anda menunjukkan kepercayaan diri, angel investor, calon klien, dan pers akan melihat potensi Anda dan lebih terlibat untuk berinvestasi.
Ingatlah bahwa kepercayaan diri tidak berarti kesempurnaan. Anda tidak harus memiliki semuanya bersama-sama. Kuncinya bukanlah memproyeksikan kebohongan bahwa Anda tidak akan membuat kesalahan, tetapi bahwa Anda akan menemukan cara yang mampu menavigasi kesalahan tersebut karena Anda berinvestasi dalam visi Anda dan orang-orang yang berkontribusi padanya.
3. Temukan Sweet Spot
Karisma yang terlalu sedikit dapat memengaruhi pertumbuhan Anda sebagai seorang pengusaha, begitu pula sebaliknya. Sebuah studi dari Universitas Ghent menemukan bahwa ada sweet spot dalam hal menumbuhkan karisma terhadap kepemimpinan.
Peneliti menemukan bahwa ketika karisma dalam diri seorang pemimpin meningkat, begitu pula persepsi karyawan tentang keefektifan mereka. Para pemimpin dengan skor karisma rendah dan terlalu tinggi dipandang kurang efektif dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat karisma yang “sedang”.
Mengapa? Orang-orang memandang pemimpin mereka paling efektif ketika mereka dapat beradaptasi dengan tantangan. Jika karisma Anda terlalu rendah, Anda mungkin tidak terlalu strategis dan agresif.
Di sisi lain, jika Anda terlalu berkarisma dan fokus pada orang lain, orang mungkin menganggap Anda kurang dalam keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang Anda lakukan.
Jadi, meskipun menginvestasikan waktu serta energi dalam kepercayaan diri dan keterampilan orang lain dapat membantu bisnis Anda, hal itu tidak boleh mengorbankan pekerjaan Anda yang sebenarnya.
Kesimpulan
Apakah orang-orang karismatik adalah orang yang seperti Mark Zukerberg dan Steve Jobs? Atau orang karismatik menurut definisi Anda adalah orang dengan setelan jas, berkendara dengan mobil mewah, mengenakan perhiasan mahal, dan memiliki rumah yang indah?
Tentu definisi “berkarisma” akan berbeda jika ditanyakan dengan setiap individu yang berbeda.
Namun yang pasti adalah, orang yang karismatik selalu dapat menguasai orang lain. Mereka berhasil mendapatkan bantuan dari tempat yang tidak terduga, dengan beberapa orang bahkan berusaha keras untuk membantu mereka.
Seorang pengusaha harus memiliki sifat karismatik ini dalam kepribadiannya. Orang yang karismatik tidak selalu berarti orang yang berkuasa. Seseorang dapat memiliki kepribadian yang menawan dengan bersikap baik dan hangat.
Namun terkadang, Anda mungkin menemukan bahwa Anda tidak diberkati dengan karakteristik ini. Lalu apa yang harus dilakukan? Pertama, Anda bisa menumbuhkan karisma dan karakter ini adalah hasil dari pelatihan yang terus menerus dan keras.
Tapi, pertanyaan kuncinya adalah mengapa kita harus melakukan semua upaya ini? Sebagai seorang pengusaha dan pemimpin, seseorang membutuhkan tenaga kerja. Dan orang-orang ini yang akan menjaga bisnis Anda, dalam hal menjaga pelanggan Anda tetap puas dan senang dengan produk dan layanan.
Anda juga harus karismatik, serta kreatif dan inovatif, untuk menciptakan sesuatu yang baru atau mengembangkan sesuatu dengan cara yang lebih baik dari sebelumnya.
Orang-orang karismatik memberikan getaran positif kepada orang-orang di sekitar mereka dan orang lain cenderung bekerja dan mengikuti instruksi dari orang yang berkarisma karena memberikan dampak yang positif bagi diri mereka sendiri.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.