Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Sulit Untuk Meminta Referensi Kepada Pelanggan? Berikut Beberapa Langkah...

Sulit Untuk Meminta Referensi Kepada Pelanggan? Berikut Beberapa Langkah Mudah yang Bisa Anda Coba!

-

Menguasai retensi pelanggan menjadi kunci sehatnya bisnis Anda, tetapi akuisisi pelanggan baru juga menjadi sebagian besar dari teka-teki tersebut.

Kolega Anda di bagian penjualan bekerja keras mencari prospek untuk menghasilkan sebuah bisnis baru, Anda memiliki kesempatan untuk meminta referensi pelanggan.

Wharton School of Business berpendapat bahwa pelanggan yang dirujuk akan jauh lebih mudah untuk diperoleh dan cenderung memiliki potensi retensi dan loyalitas yang lebih tinggi.

Faktnya, pelanggan yang dirujuk memiliki nilai umur sebesar 16% lebih tinggi dibandingkan dengan pelanggan yang tidak dirujuk. Terlebih, pelanggan yang dirujuk akan lebih bebas memperoleh bisnis Anda.

Namun bagaimana caranya meminta bantuan kepada pelanggan Anda? bagaimana Anda mendorong mereka untuk memanfaatkan jaringan yang dimiliki untuk membantu Anda tanpa memaksa? Anda perlu mengidentifikasi peluang rujukan potensial dengan meminta umpan balik pelanggan, begini caranya:

Cara menggunakan umpan balik pelanggan untuk mengidentifikasi peluang rujukan

kepuasan-pelanggan-1

Dengan mengetahui kepuasan pelanggan akan meningkatkan kemungkinan Anda memenangkan referensi. Berikut tipsnya:

1. Identifikasi peluang Anda

Mengidentifikasi calon pendukung pelanggan tampak seperti tantangan besar, namun survei NPS dapat membantu Anda menentukan calon pendukung dan mengubah umpan saluran balik pelanggan menjadi mesin pertumbuhan rujukan.

Perlu diketahui, NPS adalah metrik loyalitas yang digunakan di berbagai industri guna mengukur kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan Anda. Caranya yaitu dengan mengirimkan survei pertanyaan tunggal kepada pelanggan Anda.

2. Tindak lanjuti promotor Anda

Kenyataannya, mengirimkan survei NPS saja tidak cukup. Anda perlu menindaklanjuti dengan calon pendukung dan menjaga agar momentum tersebut terus berlanjut. Gunakanlah data tersebut dengan sebaik mungkin.

Anda harus melakukan mobilisasi promotor Anda dengan terlibat langsung dengan mereka, karena promotor adalah pendukung Anda. Mereka adalah orang-orang yang meluangkan waktunya untuk memilih tanggapan NPS.

Setelah mengidentifikasi promotor, rumuskan rencana untuk menindaklanjuti dan memudahkan mereka untuk merujuk perusahaan atau produk Anda ke jaringan profesional mereka.

Jika di perusahaan Anda memiliki karyawan yang khusus menangani pengembangan bisnis baru atau pemasaran pelanggan, Anda dapat meminta bantuan kepada mereka untuk menghubungi secara pribadi dan melihat apakah promotor tertarik untuk merujuk Anda atau tidak. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memudahkan promotor Anda untuk merujuk layanan Anda ke jaringan profesional mereka.

Artikel terkait  Contoh Kegagalan Pemasaran Email karena Kehilangan Minat Pelanggan

3. Gunakan umpan balik promotor untuk referensi dan testimonial di situs web Anda

Jika mereka memiliki bukti sosial atas keahlian Anda, mereka akan cenderung percaya kepada Anda. Testimoni dan studi kasus menjadi aset yang paling kuat.

Lalu bagaimana caranya mendapatkan testimoni untuk perusahaan Anda? yaitu dengan cara meminta umpan balik pelanggan dan mengubahnya menjadi sama persis seperti yang Anda terima untuk menjadi testimoni di situs web Anda.

Terdapat dua cara untuk melakukannya, pertama dengan melakukan analisis ke semua komentar yang Anda peroleh dari survei NPS. Kemudian dengan secara pribadi mengirimkan email kepada setiap responden untuk meminta izin menggunakan komentar mereka sebagai testimoni. Cara kedua, mengirimkan survei singkat yang meminta umpan balik dari promotor.

Bagaimana meminta referensi kepada pelanggan?

kepuasan-pelanggan-2

1. Jangan berharap langsung

Referensi bisa menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk menumbuhkan bisnis. Tetapi jangan sampai Anda berharap mendapatkan hasil secara langsung, perlu beberapa waktu untuk mendapatkan hasilnya.

2. Bangun nilai dulu

Jangan meminta referensi pelanggan setelah Anda menutup kesepakatan. Tunggulah sampai Anda memberikan layanan yang tak tertandingi kepada pelanggan Anda. Nilai yang telah Anda buktikan tentu akan membuat mereka ingin membagikan kepada jaringannya tentang Anda.

Bagikan konten perusahaan yang sekiranya relevan dengan mereka dan beri tahu juga mereka saat perusahaan Anda merilis produk atau fitur baru yang akan menguntungkan Anda. Ini menjadi cara Anda dalam membangun loyalitas merek setelah penjualan dan memberikan kepuasan kepada pelanggan.

3. Tanyakan apa yang disukai

Tanyakan faktor apa yang membuat kepuasan pelanggan meningkat. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan Anda dirujuk kepada orang yang memiliki hubungan kerja yang dekat dengan pelanggan.

4. Jangan perlakukan rujukan dengan kaku

Buatlah percakapan Anda terasa lebih nyaman. Gunakanlah nada yang terdengar lebih ramah. Manfaatkan hubungan yang Anda miliki dengan perujuk dan bersikaplah seolah-olah Anda sudah berada di lingkaran dalam mereka.

Jika diperlukan, Anda bisa bertanya kepada perujuk apakah rujukan mereka memiliki minat atau hobi.

5. Tawarkan insentif untuk referensi

Dengan menawarkan layanan pelanggan yang hebat akan meningkatkan kepuasan pelanggan, terkadang masih belum cukup untuk mendapatkan referensi tersebut. Inilah saatnya memberikan insentif kepada pelanggan Anda seperti menawarkan diskon ataupun kupon berhadiah.

Contohnya berikan pengumuman bahwa 10 orang pertama yang menanggapi dengan referensi akan menerima hadiah dari Anda.

6. Jelaskan secara spesifik dengan permintaan Anda

Jika bertanya kepuasan pelanggan seberapa besar belum cukup, Anda bisa menghubungi permintaan Anda.

Setelah memastikan kepuasan pelanggan baik dan tidak ada lagi yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pengalaman mereka sebagai pelanggan, Anda bisa bertanya kepda mereka apakah mereka memiliki teman yang membutuhkan Anda.

7. Kembangkan pola pikir rujukan

Tak hanya mendapatkan referensi, Anda juga harus memberikan referensi. Inilah yang disebut dengan pola pikir rujukan.

Bantulah kontak dan kenalan Anda mengembangkan bisnis mereka dengan cara menghubungkan mereka dengan orang-orang yang ada di jaringan Anda.

Artikel terkait  Peringkat Pencarian Tidak Naik? Cara Meningkatkan Ukuran SEO

8. Tetap terhubung dengan pelanggan

kepuasan-pelanggan-3

Jika Anda telah meminta referensi kepada pelanggan dan mereka tidak bersedia, tetaplah menjaga hubungan dekat dengan pelanggan Anda. Dengan begitu jika suatu saat Anda meminta mereka untuk merujuk Anda, permintaan tersebut tidak akan tampak tiba-tiba.

Berikut beberapa cara agar Anda tetap terhubung dengan cara yang normal dan tetap membuka pintu rujukan di masa mendatang :

  • Anda dapat menyiapkan Google Alerts untuk nama atau bisnis mreka sehingga nantinya Anda dapat mengirimkan email berisi ucapan selamat dengan cepat jika mereka menerima sebuah penghargaan.
  • Terhubung di LinkedIn dengan mereka juga tidak ada salahnya. Ikuti juga pembaruan yang dilakukan. Dengan begitu Anda dapat menyukai dan mengomentari pembaruan status, perubahan pekerjaan, dan postingan blog mereka.
  • Tak hanya LinkedIn, di Twitter juga bisa mendapatkan pembaruan tentang mereka dan mengikuti percakapan yang relevan bagi Anda.
  • Bila perlu Anda berlangganan ke blog pribadi atau perusahaan mereka. Kirimkan email ketika salah satu blog tersebut ditulis dengan baik.
  • Jika mereka dekat dengan Anda, ajaklah mereka untuk bertemu sekadar meminum kopi bersama.

9. Bagikan pekerjaan mereka

Bagikan pekerjaan, bisnis, atau ide mereka secara proaktif dalam jaringan Anda, sehingga Anda mereferensikannya mereka secara teratur.

Jika Anda melakukan langkah tersebut secara teratur, Anda tidak harus meminta referensi ketika saatnya tiba, karena Anda juga sudah memberikan pujian kepada mereka sebelumnya. Mereka akan merasa sungkan jika tidak memberikan referensi kepada Anda.

10.Fokus pada hubungan terkuat Anda

Anda harus memfokuskan upaya untuk menghasilkan referensi pada hubungan pelanggan terkuat Anda. Pelanggan yang pernah bekerja dengan Anda sebelumnya mungkin dapat membantu Anda dalam memberikan ulasan pelanggan yang positif, memberikan Anda nilai tinggi dalam survei umpan balik, atau dengan menunjukkan bahwa mereka senang dengan pekerjaan Anda dan suka bekerja dengan Anda.

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Pemasaran Internal : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Dalam dunia bisnis, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus mengetahui dan mengerti mengenai strategi pemasaran. Dengan demikian, setiap pihak...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya