Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Kumpulan 30 Cara Mempertahankan Usaha dalam Menghadapi Persaingan 2021

Kumpulan 30 Cara Mempertahankan Usaha dalam Menghadapi Persaingan 2021

-

Usaha merintis online shop (olshop) sukses adalah perjalanan yang panjang. Setelah sukses membuka bisnis online, sekarang tantangan Anda adalah mencari cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan.

Banyak pebisnis berpengalaman meyakini bahwa mempertahankan bisnis jauh lebih sulit ketimbang mendirikannya. Beragamnya ide-ide olshop inovatif di masyarakat menjadikan tingkat persaingan lebih tinggi. Akibatnya, kita bisa semakin susah mempertahankan bisnis sendiri.

Terlebih lagi di masa pandemi tahun 2021, lebih banyak orang mencoba trik jualan online untuk pemula demi menyambung hidup. Otomatis Anda harus lebih kreatif mencari cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan.

Namun Anda tidak perlu khawatir atau bingung, sebab artikel kali ini punya jawabannya! Mari langsung simak dan praktekkan rangkuman 30 ide olshop terbaik guna mempertahankan bisnis di tahun 2021 berikut ini.

30 Ide Olshop Inovatif 2021 | Tips Baru Jualan Online untuk Pemula

ide-bisnis

Jualan online untuk pemula bisa menjadi sulit jika dilakukan tanpa pedoman. Akan tetapi Anda beruntung karena sudah berada di laman yang tepat.

Tips jualan online untuk pemula dari MARKEY kali ini akan membahas 30 cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan ketat 2021. Yuk siapkan catatan Anda dan langsung kita simak poin ide-ide olshop kreatifnya berikut ini:

1. Berjualan di Banyak Tempat

Berjualan di banyak platform/tempat adalah cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan yang pertama. Menjual produk di berbagai platform online bisa menjadi langkah mudah sekaligus efektif dalam meningkatkan omset bisnis.

Adapun platform yang dimaksud di sini adalah e-commerce, website/aplikasi toko online milik sendiri, ataupun sosial media bisnis yang sedang ngetrend, seperti Facebook Marketplace, Instagram Bisnis, dan lain-lain.

2. Perbarui Deskripsi Produk

Banyak pebisnis masih malas memperbarui deskripsi produk di toko online. Padahal, rajin mengupdate deskripsi, hashtag dan kata kunci yang dipakai bisa mengoptimalkan performa online shop Anda. Konsumen bisa gampang menemukan barang di toko Anda sekaligus lebih tertarik membeli karena deskripsi terupdate menambah efek “kekinian” bagi produk.

3. Perbarui Halaman Olshop Anda

Tidak hanya deskripsi produk saja, halaman olshop pun perlu untuk diperbarui keterangannya. Ada kalanya terjadi perubahan informasi penting terkait bisnis, entah itu nomor telepon customer service, alamat kantor, bahkan nama bisnis kita sendiri.

Pastinya perubahan tersebut bisa membingungkan konsumen. Namun dengan rajin mengupdate informasi bisnis, mereka tidak akan mengalami kesulitan ketika hendak mengontak Anda.

Artikel terkait  4 Elemen Mail Magazine yang Baik | Pemasaran Email Gaya Baru

4. Tambahkan Rating ke Halaman Produk Anda

Review positif produk selalu ampuh menarik konsumen baru untuk membeli barang tersebut. Jadi jangan ragu lagi untuk menambahkan rating positif atau testimoni pembeli sebelumnya ke halaman katalog produk.

5. Pastikan Proses Checkout Gampang

9 dari 10 konsumen memilih batal belanja online karena prosedur checkout/pembayaran yang bertele-tele. Selalu pastikan proses checkout belanjaan di toko online Anda terfasilitasi dengan praktis dan tetap aman.

6. Gunakan Video untuk Perkenalan Brand

Masyarakat 2021 lebih senang menyimak konten video ketimbang teks. Video-video marketing terbukti bisa menjangkau perhatian konsumen lebih efektif. Oleh karena itu, cobalah untuk memperbanyak penggunaan video untuk promosi produk ataupun perkenalan perusahaan/brand.

7. Kirimkan Email Marketing secara Teratur

Email marketing masih ampuh untuk mempertahankan loyalitas konsumen terhadap barang/jasa Anda. Anda masih bisa memanfaatkannya untuk memberitahukan konsumen terkait update produk/jasa baru yang sesuai kebutuhan mereka, penawaran diskon menarik, atau bahkan memberi hadiah gratis sebagai bentuk apresiasi secara berkala.

8. Melakukan Upsell dan Cross-Sell

Tingkatkan juga omset bisnis Anda dengan melakukan strategi upsell dan cross-sell. Upsell adalah strategi menawarkan produk berkualitas maksimal dengan tambahan harga dari produk biasa. Sedangkan cross-sell adalah taktik menawarkan item tambahan untuk melengkapi produk utama, dan dengan harga lebih murah daripada membeli kedua item terpisah.

9. Tambahkan Laman “FAQ”

FAQ (Frequently Asked Question) adalah halaman khusus yang memuat pertanyaan yang sering diajukan konsumen lengkap dengan jawabannya. Laman FAQ terbukti bisa mengefisiensikan kerja customer service, menambah pelayanan konsumen dan mengoptimalkan SEO bisnis di Google.

10. Beriklan di Sosmed

Kadangkala, memposting konten-konten iklan secara manual di sosmed saja tidak cukup. Sesekali Anda perlu untuk beriklan juga di sosmed. Iklan akan tersebar lebih luas menjangkau masyarakat yang belum mengenal produk Anda.

Artikel terkait  Mau Jadi “Beauty Vlogger” yang Sukses Dapat Banyak Endorse? Coba 6 Cara Simpel Ini Yuk!

11. Berinteraksi dengan Konsumen di Sosmed

social-media-marketing-1

Perkuat hubungan Anda dengan pembeli menggunakan sosial media. Anda bisa mengadakan sesi tanya jawab sederhana; mengajak bermain fitur polling untuk mengetahui minat mereka terhadap produk; ataupun rajin membalas DM dan komentar masyarakat di postingan sosmed.

Brand yang rajin berinteraksi dengan audiens mempunyai posisi yang lebih kuat di hati masyarakat. Efeknya, toko Anda akan selalu diutamakan oleh konsumen.

12. Lakukan Flash Sale

Dalam dunia bisnis online, flash sale adalah momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh konsumen. Pasalnya, mereka bisa mendapat produk limited edition dengan harga super miring.

Jadi, tariklah minat masyarakat dengan mengadakan flash sale yang menarik dalam waktu singkat. Dijamin deh, produk Anda akan langsung ludes karena konsumen tidak akan mau menyia-nyiakan diskon menggiurkan!

13. Terapkan Strategi Bundle

Bundle adalah strategi menjual produk best-seller dengan produk biasa dalam 1 kemasan seperti parsel. Produk bundle diminati konsumen karena harganya lebih murah daripada membeli 2 produk secara terpisah, sekaligus memungkinkan mereka mendapat barang lebih banyak.

14. Beri Gratis Ongkir

Jangan sampai bisnis Anda kalah saing hanya karena belum menyediakan promo gratis ongkir. Faktanya, tidak ada satupun orang yang mau membayar ongkos tambahan untuk pengiriman pesanan. Secara psikologis, pembeli lebih senang membeli produk seharga 120 ribu tanpa ongkir, ketimbang belanja 100 ribu dan bayar ongkir 20 ribu.

15. Posting Konten BTS (Behind The Scene)

Mau postingan sosial media bisnis Anda ditonton lebih banyak audiens? Coba sesekali posting konten behind the scene (di balik layar). Konten ini menunjukkan bagaimana proses Anda membuat atau mengemas produk sebelum dikirim.

Konten BTS bisa menumbuhkan rasa percaya dan ketertarikan masyarakat terhadap kualitas produk Anda, menjadi sarana promosi tak langsung, sekaligus sekadar menghibur mereka di sosmed.

16. Tingkatkan Pelayanan Pengiriman Anda

Sebisa mungkin selalu tingkatkan pelayanan pengiriman produk toko Anda. Hampir 80% keluhan konsumen olshop diakibatkan oleh proses pengiriman yang lama.

Pastikan Anda bekerja sama dengan ekspedisi berkualitas baik dan cepat dalam mengirim produk. Tidak ada salahnya juga untuk menyediakan pengiriman instan satu hari dengan ojek online untuk pesanan dalam kota.

17. Adakan Giveaway

Siapa yang tidak mau mendapat hadiah menarik gratis? Promosi lewat giveaway sedang ngetrend di tahun 2021 karena menyediakan banyak hadiah secara cuma-cuma. Anda bisa mengadakan giveaway sendiri dengan tujuan promosi atau menambah followers.

Agar tidak salah langkah saat membuat giveaway, baca dulu pedoman giveaway dari MARKEY, ya!

18. Mulai Berjualan di Toko Lokal

Meskipun saat ini banyak orang senang belanja online, nyatanya masih ada juga kelompok konsumen yang lebih mengutamakan membeli langsung ke toko. Biasanya mereka adalah konsumen dewasa/orang tua yang tak begitu familiar dengan teknologi, atau konsumen yang membutuhkan produk dengan segera.

Jangan lupakan mereka sebagai bagian dari target konsumen Anda! Oleh sebab itu, tidak ada salahnya ikut menitipkan produk di toko-toko tradisional lokal daerah Anda.

19.  Amati Trend Twitter

Twitter bukan sosial media biasa. Ada banyak trending topik dan isu viral lahir dari sosmed satu ini. Anda bisa memanfaatkan kolom trending topik Twitter sebagai media untuk menggali ide-ide olshop terbaru.

20. Minta Testimoni Konsumen

Promosi terbaik jatuh pada testimoni/review konsumen sebelumnya. Calon konsumen baru lebih mudah percaya dengan testimoni pembeli sebelum mereka, karena pembeli cenderung mengungkapkan review baik-buruk produk dengan jujur.

Oleh karena itu, cobalah untuk selalu minta testimoni dari konsumen Anda. Tampilkanlah review yang baik sebagai bahan promosi. Sedangkan kritik konsumen bisa digunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan.

21. Gencarkan Jualan saat Momen Liburan

Angka penjualan selalu tinggi ketika momen liburan tiba. Yuk segera persiapkan strategi jualan untuk menyambut beragam libur dan hari raya pada akhir tahun 2021 nanti! Simak strateginya di sini.

22. Perbarui Kemasan Produk

Trend di masyarakat selalu berubah dengan cepat. Anda tidak boleh ketinggalan dengan mencoba memperbarui kemasan produk sesuai trend kekinian.

Kemasan yang diupdate bisa menambah nilai positif baru, memaksimalkan daya pikat, memperbaiki kesalahan pada kemasan lama, hingga memberi efek segar dalam benak konsumen. Akibatnya konsumen akan tertarik untuk mencoba produk.

23. Beri Konsumen Hadiah Sederhana

Salah satu cara mudah mempertahankan konsumen adalah dengan memberikan mereka hadiah kecil-kecilan (freebies). Hadiah gratis adalah simbol ungkapan rasa terima kasih Anda kepada kesetiaan mereka sekaligus memperkuat loyalitas mereka berbelanja di tempat Anda.

24. Memposting Konten TikTok Kreatif

TikTok adalah sosmed terpopuler di tahun 2021. Jangan sia-siakan kesempatan untuk memperkenalkan produk Anda melalui konten TikTok kreatif kekinian. Pelajari tips-trik lengkapnya dari MARKEY di sini.

Artikel terkait  Cara Memasarkan Produk Online dengan Membuat Branding Online yang Bagus dan Tepat

25. Rajin Asah Skill

kompetisi-bisnis

Pebisnis profesional tidak pernah puas dalam belajar. Mereka akan terus mencari cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan terkini dengan rajin mengikuti kelas-kelas update skill marketing atau membaca buku-buku terbaru.

26. Follow Pengikut Akun Pesaing

Siapa bilang Anda tidak boleh mengikuti followers akun bisnis pesaing?

Memfollow orang-orang yang mengikuti akun bisnis kompetitor adalah taktik strategis untuk menambah jumlah calon pembeli potensial Anda. Apalagi kalau kompetitor menjual produk serupa dengan Anda – inilah kesempatan untuk menawarkan kelebihan produk kepada mereka.

27. Gunakan Template untuk Postingan Sosmed Bisnis

Jangan lupa untuk memakai beragam template menarik untuk mempercantik sosial media bisnis Anda. Template juga bermanfaat dalam memberi kesan karakteristik khas brand pada setiap postingan sosmed Anda.

28. Tambah Relasi Anda

Perluas relasi Anda di dunia bisnis dengan rajin mengikuti webinar online seputar marketing. Siapa tahu Anda bisa berkenalan atau berkolaborasi dengan para pebisnis profesional.

29. Berkolaborasi dengan Brand/Influencer

Perkuat daya pikat produk Anda di masyarakat melalui kolaborasi dengan brand, influencer atau artis ternama. Promosi lewat artis terbukti ampuh menarik perhatian masyarakat secara efektif. Pastinya tak sedikit juga orang tertarik membeli produk yang diiklankan oleh sang idola.

30. Adakan Kelas Online Gratis

Cara mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan yang terakhir adalah dengan mengadakan kelas online gratis. Mengapa? Menurut penelitian, selama masa pandemi masyarakat aktif mencari aktivitas bermanfaat yang bisa menambah wawasan mereka. Hal ini dilakukan karena mereka bosan berdiam di rumah setiap hari.

Selain berbagi pengetahuan sederhana seputar dunia bisnis, Anda bisa memanfaatkan sesi kelas seminar online untuk mempromosikan keunggulan brand bisnis milik sendiri.

Demikianlah pembahasan artikel tips jualan online untuk pemula kali ini. Yuk jangan ketinggalan update tips jualan online untuk pemula lainnya dari MARKEY! Langsung dapatkan update artikel informatif harian seputar dunia bisnis online dengan memfollow website MARKEY atau download aplikasinya di Google Play.

Sampai bertemu lagi pada seri belajar bisnis online berikutnya, sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya