Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy 7 Tips Memanfaatkan Pengalaman Konsumen untuk Memaksimalkan Strategi Marketing...

7 Tips Memanfaatkan Pengalaman Konsumen untuk Memaksimalkan Strategi Marketing dan Omset

-

Tahukah Anda bahwa sebagian besar contoh bisnis di era digital masa kini memanfaatkan pengalaman konsumen untuk mendapatkan keuntungan?

Mungkin Anda pernah melihat orang-orang yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk berlangganan layanan bisnis hiburan film seperti Netflix atau Viu. Contoh lainnya, Anda pasti sudah familiar melihat kebiasaan orang berbelanja online di marketplace semacam Shopee dan Tokopedia.

Salah satu alasan mengapa banyak orang mau berlangganan layanan bisnis hiburan atau jadi ketagihan belanja online adalah karena pengalaman yang mereka dapatkan. Ketika Anda menggunakan layanan bisnis hiburan film atau berbelanja praktis di marketplace, Anda otomatis mendapatkan sensasi pengalaman baru yang menyenangkan dan khas.

Nah, sensasi pengalaman yang khas ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan promosi sekaligus jumlah omset bisnis Anda, lho! Seperti apa caranya?

Mengenal Experiential Marketing: Strategi Marketing dengan Pengalaman Khas Konsumen

Dunia bisnis online memang mempunyai banyak strategi marketing yang bisa dimanfaatkan dalam bisnis. Salah satu trik marketing yang sedang ramai digunakan saat ini adalah experiential marketing. Apa itu?

Sederhananya, experiential marketing adalah sebuah trik promosi yang mengandalkan pengalaman khas dari bisnis online Anda ke konsumen. Experiential marketing adalah istilah yang diambil dari bahasa Inggris “Experience” yang berarti “Pengalaman”.

Melalui pengalaman dan sensasi yang ditawarkan oleh layanan bisnis Anda, diharapkan konsumen akan terus bertahan menjadi pelanggan tetap Anda.

Experiential marketing banyak digunakan oleh bisnis-bisnis hiburan masa kini. Contohnya seperti yang sudah Anda lihat sebelumnya: layanan nonton film dari rumah seperti Netflix, Viu, Disney Hotstar+, dan sebagainya. Aneka contoh bisnis di era digital ini sukes membawa pengalaman menonton bioskop ke rumah. Hasilnya, masyarakat merasa nyaman menikmati momen nonton film terbaru tanpa perlu repot bepergian.

Mengapa Memanfaatkan Pengalaman Konsumen untuk Marketing?

experiental-marketing-1

Ide memberikan pengalaman tak terlupakan kepada konsumen adalah target bagi banyak bisnis. Sebab, telah terbukti tidak ada cara ampuh lainnya untuk mempertahankan loyalitas konsumen selain menggunakan pengalaman dan kesan yang positif.

Experiential marketing adalah salah satu cara supaya nama bisnis Anda bisa terus membekas dan hidup di hati masyarakat. Metode beriklan dengan pengalaman ini pun jauh lebih efektif dan manjur ketimbang sekadar mempromosikan pamflet atau foto produk secara online.

Salah satu contoh iklan yang memanfaatkan experiential marketing adalah penawaran coba gratis layanan premium (free-trial). Semisal bisnis Anda memberikan layanan fitur premium gratis untuk masyarakat dalam periode waktu tertentu, seperti seminggu atau sebulan.

Masa coba gratis ini diharapkan mampu memberikan pengalaman khas dan berkesan dalam hati masyarakat. Nantinya, masyarakat yang sudah pernah mencicipi pengalaman layanan premium bisnis Anda akan serta-merta menjadi pelanggan tetap. Mereka rela berlangganan setiap bulan karena ingin selalu bisa menggunakan layanan premium bisnis Anda.

Artikel terkait  Cara Iklan di Instagram Gratis Setiap Bulan

4 Contoh Bisnis di Era Digital yang Sukses Menggunakan Strategi Pengalaman Konsumen

Tidak hanya menawarkan uji coba fitur premium gratis, ada lebih banyak contoh bisnis di era digital yang bisa dipadukan dengan strategi pengalaman konsumen ini.

Untuk menambah pengetahuan dan gambaran Anda, berikut ini kami hadirkan 4 contoh bisnis di era digital yang bisa dipromosikan dengan memberikan pengalaman khas ke konsumen.

1. Layanan Jasa Melalui Seminar Online

Pernahkah Anda menghadiri sebuah seminar online gratis? Semenjak pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, masyarakat mulai mengganti cara berkomunikasi dan berkumpul mereka dari tatap muka ke online. Seminar-seminar yang dulunya berlangsung secara langsung pun kini bisa diadakan secara online.

Anda bisa mempromosikan bisnis jasa Anda melalui sesi seminar online gratis. Saat ini banyak sekali perusahaan jasa yang dengan senang hati mengadakan seminar online gratis sembari mempromosikan layanan mereka ke masyarakat.

Salah satu contoh perusahaan yang berpromosi dengan trik ini adalah perusahaan jasa konsultasi CV online “MauKerja.ID”. mereka rutin mengadakan seminar online terkait tips wawancara dan melamar kerja. Melalui pengalaman bedah CV dan diskusi tips melamar kerja gratis ini, MauKerja.ID sukses memberikan pengalaman tak terlupakan ke masyarakat. Selain itu, mereka juga turut menjual voucher layanan konsultasi CV di setiap sesi seminar yang sukses meraup untung.

2. Mengadakan Pameran tentang Produk

Perusahaan game ternama dunia, Play Station, pernah mengadakan pameran khusus tentang produk-produk mereka. Tujuannya tak lain untuk mempromosikan produk mereka ke konsumen sekaligus memberikan pengalaman berkesan tersendiri.

Melalui pameran ini, pihak Play Station mengizinkan setiap pengunjung mencoba memainkan alat-alat permainan yang ada secara cuma-cuma. Hasilnya, promosi berlangsung secara lebih efektif karena pihak Play Station tidak perlu repot menjelaskan keunggulan dan manfaat produk mereka. Tingkat penjualan produk juga terbukti meningkat karena ada banyak orang yang ketagihan memainkan perangkat permainan Play Station.

Serupa tapi tak sama, perusahaan smartphone terkenal Apple juga sering sengaja menghadirkan iPhone ataupun iPad versi terbaru yang bisa dicoba gunakan gratis di konter toko mereka. Masyarakat yang tertarik boleh mencoba memakai gadget-gadget tersebut dan mendapatkan sensasi pengalaman baru yang khas. Alhasil, masyarakat bisa berakhir menjadi pembeli meski awalnya mereka hanya iseng-iseng mencoba produk.

3. Promosi Coba Langsung Produk secara Online

Pernahkah Anda mencoba fitur “coba langsung” ketika hendak membeli sebuah produk make-up online? Fitur “coba langsung” ini juga mampu memberikan pengalaman baru yang berkesan bagi calon pembeli, lho.

Dibandingkan kedua jenis contoh layanan sebelumnya, taktik promosi unik dengan fitur “coba langsung” ini memang masih jarang dilakukan di Indonesia. Hal ini dikarenakan untuk mewujudkannya, perusahaan Anda harus sudah bisa menggunakan teknologi canggih terbaru virtual reality atau augmented reality (VR/AR).

Namun sudah ada beberapa bisnis online yang menghadirkan penawaran unik ini. Seperti perusahaan kosmetik Wardah dan Maybelline. Selain itu, perusahaan kacamata Indonesia “KCMTKU” juga berpromosi dengan fitur coba langsung untuk memberikan pengalaman baru kepada konsumen.

Di sini, calon konsumen KCMTKU bisa mencoba berbagai model kacamata terbaru dengan menggunakan kamera smartphonenya saja. Setelah asyik mencoba-coba, para calon pembeli bisa lebih mudah memutuskan untuk membeli produk.

4. Berpromosi Bersama Konsumen

Ingin memberi pengalaman unik kepada konsumen secara gratis? Cobalah untuk melakukan trik UGC alias user generated content. UGC adalah konten-konten unggahan yang dibuat oleh pengguna layanan ataupun produk Anda. Contoh UGC bisa beraneka macam, seperti video review singkat produk Anda, unggahan foto mereka ketika memakai produk Anda, dan sebagainya.

Lalu apa yang Anda lakukan dengan UGC ini? Anda hanya perlu memposting ulang konten-konten yang diposting oleh masyarakat itu tadi. Tindakan sekecil ini bisa memberikan pengalaman berkesan tak terlupakan bagi konsumen.

Konsumen yang postingannya diposting ulang oleh akun bisnis Anda akan merasa sangat senang sekaligus dihargai. Mereka akan merasa turut menjadi bagian dari bisnis Anda dan menjadi betah berbelanja di tempat Anda.

Banyak sekali perusahaan lokal Indonesia maupun luar negeri yang melakukan trik promosi ini. Beberapa contoh di antaranya adalah Starbucks Indonesia dan Penerbit Mizan Fantasi. Kedua perusahaan ini sering memposting ulang konten-konten dari konsumen, ataupun foto berisikan momen saat konsumen menggunakan produk.

Artikel terkait  Terbukti, Inilah 5 Ciri Aplikasi Bisnis Online yang Selalu Sukses Mendulang Rejeki!

7 Tips Mudah Membuat Strategi Promosi yang Berkesan ke Konsumen

experiental-marketing-2

Anda telah melihat seperti konsep strategi promosi dengan memanfaatkan pengalaman konsumen dan berbagai contohnya. Sekarang mari kita lihat 7 tips mudah untuk membuat strategi promosi yang berkesan ke konsumen. Yuk dicatat dan dipraktekkan!

1. Orisinil, Asli, Bukan Rekayasa

Tips pertama, pastikan konten iklan Anda bersifat orisinal, asli dan bukan rekayasa. Hal ini penting karena salah satu tujuan dari promosi experiential marketing ini adalah untuk membangun kedekatan dan loyalitas konsumen.

Sebuah iklan yang jujur juga lebih mudah untuk mendongkrak reputasi bisnis. Selain itu, masyarakat juga bisa lebih mudah diyakinkan terhadap kualitas produk maupun jasa bisnis Anda.

Jadi, cobalah untuk selalu membuat iklan yang orisinal dan asli. Daripada berbohong dan melebih-lebihkan hal yang tidak ada, lebih baik pamerkan keunggulan dan keunikan dari produk atau jasa bisnis Anda. Tonjolkan apa yang bisnis Anda punya tapi tidak dimiliki oleh bisnis lain.

2. Tujuan Iklan yang Jelas

Buatlah tujuan iklan yang jelas. Iklan dengan tujuan jelas dapat mempermudah Anda memahami hal-hal yang ingin dicapai melalui promosi. Jadinya, Anda bisa lebih fokus dan gampang memilih tipe pelayanan terbaik untuk dipromosikan ke konsumen.

Ada cukup banyak contoh tujuan yang bisa dicapai oleh sebuah perusahaan saat beriklan. Semisal untuk mengenalkan produk-produk baru mereka, seperti yang dilakukan oleh perusahaan Apple. Apple sengaja menyediakan layanan coba gratis iPhone dan iPad jenis terbaru di konter mereka.

Tujuan lainnya, semisal untuk memperluas pengetahuan masyarakat terkait eksistensi bisnis Anda. Semisal perusahaan MauKerja.ID yang sengaja mengadakan beragam seminar online agar semakin banyak masyarakat Indonesia mengenal nama bisnis mereka.

Artikel terkait  Segmentasi Pasar Adalah : Pengertian, Tujuan dan Contohnya

3. Mempunyai Cerita yang Menyentuh

Kalau Anda ingin menciptakan kesan dan pengalaman yang membekas di benak konsumen, maka jangan ragu untuk “bercerita” kepada mereka. Dalam dunia bisnis digital, taktik menceritakan kisah perjalanan bisnis selalu ampuh dalam memikat simpati konsumen.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa masyarakat senang mendengarkan cerita, apalagi jika cerita tersebut cukup mengharukan dan mampu memicu emosi yang mendalam. Melalui sesi bercerita, Anda bisa menunjukkan simpati terhadap beragam kesulitan yang dihadapi konsumen.  Kemudian, jangan lupa menawarkan solusi melalui produk ataupun jasa layanan Anda.

4. Dapat Dievaluasi dan Diukur

Pastikan Anda juga membuat strategi iklan yang bisa dievaluasi dan diukur. Mengadakan pengukuran dan evaluasi berkala ini penting untuk mengetahui apakah iklan Anda sukses atau tidak. Hasil evaluasi juga bisa memudahkan Anda untuk meneliti apa saja yang sekiranya perlu ditingkatkan dalam iklan.

Tidak perlu repot-repot memikirkan cara untuk mengevaluasi sebuah iklan. Contoh sederhananya, Anda bisa menghitung berapa jumlah likes, share dan komentar yang didapat oleh postingan iklan Anda di media sosial.

5. Jangan Malu Meminta Kritik dan Saran

Tidak ada salahnya untuk meminta feedback atau timbal balik, masukan dan saran dari konsumen. Kabar gembiranya, Anda juga bisa mengumpulkan kritik dan saran dari konsumen melalui experiential marketing.

Contohnya semisal dengan memberikan kuesioner online kepada peserta seminar online yang Anda adakan. Anda bisa meminta peserta memberikan masukan dan saran terhadap pelayanan maupun produk. Contoh lainnya, Anda bisa memanfaatkan beragam fitur polling atau pesan instan di Instagram Stories untuk mengumpulkan masukan konsumen.

6. Rajin Berkabar ke Konsumen (Follow Up)

Meskipun momen seminar online atau pameran produk Anda sudah berakhir, bukan berarti komunikasi Anda dengan konsumen berakhir, ya! Walaupun produk Anda sudah banyak laku terjual selama sesi pameran, coba gratis ataupun seminar, Anda tetap harus rajin melakukan follow up.

Follow up adalah kegiatan menghubungi konsumen secara berkala. Anda bisa tetap berkomunikasi sembari menawarkan produk atau diskon terbaru ke konsumen melalui e-mail atau chat. Rajin berkabar ke konsumen seperti ini bisa menjadikan nama bisnis Anda selalu melekat di benak konsumen, atau membuat konsumen lama tertarik membeli produk lagi.

7. Menciptakan Partisipasi yang Lebih Luas

Tips terakhir, cobalah untuk selalu membuat iklan yang bisa melibatkan partisipasi banyak orang. Experiential marketing tak hanya sekadar memberikan pengalaman yang unik bagi konsumen, tetapi juga menjadi wadah untuk Anda berkomunikasi dengan masyarakat.

Agar hasil promosi yang didapat bisa lebih maksimal, cobalah untuk memperkaya konten iklan Anda dengan strategi seperti UGC. Trik ini bisa menciptakan lebih banyak partisipasi masyarakat sekaligus memperkuat reputasi bisnis Anda di masyarakat.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar strategi pemasaran dengan memaksimalkan pengalaman khas ke konsumen. Sampai jumpa lagi di pembahasan menarik lainnya dari Markey, ya, sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya