Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Era Digital : Cara Meningkatkan Kualitas Promosi di Era...

Era Digital : Cara Meningkatkan Kualitas Promosi di Era Ini!

-

Sementara sebagian besar marketing tahu bahwa menyusun kampanye berkualitas tinggi harus menjadi prioritas utama, banyak yang berjuang untuk menemukan titik manis antara nilai dan efisiensi.

Ini sangat sulit bagi merek yang ingin beradaptasi dengan era digital, intinya adalah menciptakan kemampuan merek Anda untuk tetap terhubung dengan pelanggan di setiap titik kontak digital. Untuk lebih jelasnya, yuk simak sampai akhir artikel ini!

Strategi Promosi : Cara Mempromosikan Bisnis Anda

era-digital

Tidak heran jika strategi promosi merupakan salah satu proses terpenting dalam trik marketing penjualan. Faktanya, ini mendukung strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan kepuasan pelayanan bisnis Anda, menciptakan minat, dan membantu Anda terlibat dengan pelanggan.

Jika Anda menginginkan lebih banyak lalu lintas dan konversi, maka mengembangkan strategi promosi sangat penting. Anda akan mengetahui cara mempromosikan bisnis Anda dan cara membangun strategi promosi dengan taktik promosi yang dapat ditindaklanjuti. Kemudian, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang promosi konten, periklanan digital, pemasaran seluler, dan hubungan masyarakat.

Promosi bisnis adalah komunikasi pemasaran pertama dengan pelanggan. Ada terlalu banyak perusahaan yang membicarakan produk dan layanan mereka. Jadi, Anda harus membuat peta jalan yang dibuat dengan baik agar promosi Anda menjangkau audiens yang tepat dan mengubahnya menjadi pelanggan Anda.

Apa Itu Strategi Promosi?

Strategi promosi adalah rencana yang dapat ditindaklanjuti untuk memengaruhi orang tentang bisnis Anda, menghasilkan lebih banyak prospek dan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Ini memvisualisasikan bagaimana melakukan strategi pemasaran dan komunikasi Anda, siapa yang harus ditargetkan sebagai audiens Anda, dan di mana dan kapan harus melaksanakan rencana promosi.

Banyak pemasar membelanjakan lebih banyak untuk promosi bisnis setiap tahun, tetapi mereka menerima lebih sedikit. Ada terlalu banyak pilihan cara pemasaran, jadi Anda harus memastikan bahwa pesan Anda benar-benar menjangkau orang-orang yang ingin Anda dekati saat Anda mempromosikan bisnis Anda.

Terlebih lagi, sangat sulit untuk mengubah orang menjadi pelanggan tanpa melakukan promosi pemasaran untuk menciptakan hubungan emosional dan membangkitkan minat serta tuntutan terhadap penawaran Anda.

Apalagi saat ini kita sedang berada dalam era digital, tentunya pesaing Anda berlomba-lomba menggencarkan promosi mereka (baik secara konvensional atau digital).

Peran Promosi

Promosi bisnis adalah salah satu dari dari kunci pemasaran. Ini adalah tentang bagian dari komunikasi pemasaran yang menjangkau pasar sasaran Anda untuk mendapatkan kesadaran dan mendorong percakapan dengan prospek dan pelanggan.

Promosi membantu Anda menarik perhatian target Anda, menciptakan minat pada produk dan layanan Anda, menghasilkan permintaan, dan mendorong mereka untuk membeli dari Anda. Berikut ini adalah empat peran utama promosi:

  1. Bangun kesadaran– Membuat audiens target Anda sadar akan produk dan layanan Anda. Anda harus mengidentifikasi audiens target Anda, pesan pemasaran promosi Anda, dan strategi penjangkauan Anda.
  2. Kembangkan minat– Dapatkan minat mereka dalam bisnis Anda. Ini membutuhkan strategi pemasaran konten yang dirancang dengan baik untuk memberikan informasi yang cukup untuk pemeliharaan prospek, dan menunjukkan keunikan untuk membedakan dari pesaing.
  3. Hasilkan permintaan– Membuat produk dan layanan Anda diinginkan. Anda dapat berbagi fitur dan manfaat yang hebat, dan menciptakan hubungan emosional dengan prospek Anda.
  4. Ajak prospek untuk mengambil tindakan– Menempatkan ajakan bertindak untuk target Anda agar mudah terlibat dan menemukan langkah selanjutnya. Di mana saja Anda dapat memposisikan untuk mendorong konversi, seperti situs web Anda, iklan digital, dan media sosial.

Seperti yang Anda lihat, ini mengikuti konsep pemasaran AIDA (promosi dapat berkontribusi pada semua proses pembelian konsumen). Selain itu, ini akan membantu Anda untuk membangun hubungan yang lebih kuat dan memupuk pelanggan tetap untuk tinggal lebih lama dengan Anda.

Artikel terkait  Tips Menjadi Content Creator yang Ramai Peminat

Jenis Promosi

Ada banyak pendekatan pemasaran promosi di mana Anda dapat menarik prospek dan pelanggan Anda dan menarik orang ke dalam proses AIDA. Dari promosi tradisional seperti penjualan tatap muka hingga iklan digital dan program loyalitas pelanggan. Jenis promosi yang sering kita jumpai, diantaranya :

  1. Penjualan pribadi (tatap muka)– Tenaga penjualan dari perusahaan memberi Anda presentasi penjualan secara langsung untuk mempresentasikan penawaran mereka. Berbeda dengan pendekatan lain, lebih mudah untuk membangun hubungan dengan Anda.
    yaitu) Rapat penjualan, pengambilan sampel, pemasaran jarak jauh, dll.
  2. Iklan tradisional – Anda dapat menggunakan iklan berbayar apa pun untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan mendorong keterlibatan dan penjualan jangka pendek. Ini adalah pemasaran satu-ke-satu, dan biayanya didasarkan pada penawaran.
    yaitu) Iklan cetak, baliho, TV, radio, dll.
  3. Pemasaran langsung – Ini adalah komunikasi langsung dengan audiens yang sangat tertarget melalui saluran pemasaran. Ini memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan umpan balik cepat dan mempertahankan hubungan pelanggan.
    yaitu) Email, surat langsung, iklan digital, dll.
  4. Promosi penjualan – Melakukan kampanye pemasaran jangka pendek untuk mendapatkan perhatian dan mendorong konversi atau pembelian. Anda bisa mendapatkan tanggapan langsung dan interaktif, tetapi itu tidak baik untuk mengembangkan hubungan jangka panjang.
    yaitu) Kontes, kupon, penjualan kilat, undian, dll.
  5. Hubungan masyarakat – Untuk membangun citra perusahaan yang baik dan menumbuhkan hubungan pelanggan yang lebih kuat, Anda dapat memberikan informasi yang tepat dan menangani suara positif dan negatif dari konsumen.
    yaitu) Artikel surat kabar/majalah, seminar, pidato, dll.
  6. Promosi B2B – perusahaan B2B menawarkan materi dan layanan yang dibutuhkan bisnis lain untuk bekerja dan mendapatkan keuntungan. Ini berfokus pada bagaimana orang akan mendapat manfaat dari menggunakan penawaran Anda.
    yaitu) Pameran dagang, studi kasus, kursus online, dll.
  7. Pemasaran dari mulut ke mulut – Ini adalah proses memotivasi orang untuk berbagi informasi tentang produk dan layanan Anda dengan orang lain. Karena orang lebih mempercayai kata-kata dari orang dekat daripada dari perusahaan, itu akan membawa prospek yang berkualitas.
    yaitu) Program rujukan, ulasan pelanggan, pemasaran influencer, dll.
  8. Program loyalitas pelanggan – Program loyalitas pelanggan mendorong pelanggan Anda saat ini untuk sering melakukan pembelian dan mempertahankannya, yang memberi Anda keuntungan besar dalam jangka panjang.
    yaitu) Program hadiah, insentif rujukan, dll.

Kualitas Promosi Begitu Penting dalam Era Digital

Kualitas promosi bisnis adalah salah satu proses terpenting dalam pemasaran, ini berfokus pada bagaimana menarik audiens yang tepat ke bisnis Anda, memperkenalkan produk dan layanan Anda secara efektif, dan meyakinkan orang untuk membelinya.

Ini memungkinkan Anda untuk menciptakan kesadaran merek Anda yang kuat, menghasilkan prospek, dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Selain itu, mengembangkan kualitas promosi dapat membantu Anda memangkas biaya promosi yang tidak perlu.

Ini karena Anda akan menargetkan audiens yang tepat daripada memasarkan siapa pun di luar sana, dan mereka akan mulai lebih mengenali bisnis Anda dan memilih Anda daripada kompetitor. Dan dengan menciptakan citra perusahaan yang baik dalam promosi, Anda juga dapat membangun reputasi yang lebih baik yang akan membawa lebih banyak manfaat bagi bisnis Anda.

Manfaat dari Strategi Meningkatkan Kualitas Promosi dalam Era Digital

Strategi promosi akan menjadi kompas untuk promosi Anda, dan itu akan berdampak besar pada proses pengambilan keputusan konsumen. Berikut adalah manfaat utama dari strategi promosi yang bisa Anda dapatkan :

  • Targetkan audiens yang tepat.
  • Dapatkan kesadaran merek.
  • Menarik prospek dan pelanggan.
  • Publikasi promosi pada waktu yang terbaik.
  • Meningkatkan lalu lintas pelanggan yang berkualitas.
  • Tunjukkan diferensiasi dari pesaing.
  • Tawarkan nilai lebih kepada pelanggan Anda.
  • Terlibat dengan audiens target Anda lebih intens.
  • Mendorong pengambilan keputusan pelanggan.
  • Temukan kemitraan potensial.
  • Buat hubungan pelanggan.
  • Bangun reputasi bisnis Anda.
  • Meningkatkan peluang dari mulut ke mulut.
  • Tetap terdepan dalam persaingan di pangsa pasar.
  • Meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Dengan demikian, potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan dari strategi promosi sangat besar dan Anda tidak ingin melewatkannya! Itulah mengapa Anda perlu menyusun strategi promosi yang dirancang dengan baik dan memastikan kesuksesan Anda.

Tinjauan Strategi Promosi

Berikut adalah nilai dari setiap langkah dan cara terbaik untuk menetapkan strategi promosi untuk bisnis Anda. Jadi, siapkan diri Anda untuk mulai mempelajari cara mempromosikan bisnis dan Anda akan menemukan semua cara yang mungkin untuk mempromosikan bisnis Anda.

Artikel terkait  Inilah Strategi Marketing Klinik Online Terbaik untuk Memaksimalkan Omset

“Sukses besar tanpa strategi tidak mungkin dalam bisnis kecuali Anda sangat beruntung”. Hal tersebut harus memiliki strategi yang solid untuk membantu Anda menemukan jalur yang efektif untuk tujuan bisnis dan melihat di mana Anda bisa melakukan promosi dan apa yang harus Anda lakukan selanjutnya.

Sangat penting untuk tidak hanya menjalankan dan meningkatkan rencana bisnis, tetapi akan menjadi sangat penting ketika Anda menghadapi kesulitan dan hambatan dalam menjalankan prosesnya.

Memahami tren ini dan menyesuaikannya dengan pendekatan Anda dapat membantu Anda mengalahkan persaingan dan tetap selangkah lebih maju. Dengan hadirnya teknologi yang membawa kita ke dalam era digital yang sangat canggih ini. Kita dapat mengkombinasikan banyak tren ke dalam sarana peningkatan kualitas promosi bisnis Anda.

Berikut merupakan contoh tren yang sudah ada dalam promosi era digital :

  1. Kecerdasan Buatan (AI / Artificial Intelligent)– Dalam pemasaran era digital, Kecerdasan Buatan (AI) memungkinkan Anda untuk memprediksi perilaku pelanggan, membuat konten, mempersonalisasi pengalaman pelanggan, mengelola promosi, dan mengoptimalkan kinerja Anda. Ini memudahkan Anda untuk mengambil data pemasaran apa pun, menganalisisnya dan belajar darinya, serta memberikan solusi dan hasil yang lebih baik lagi kedepannya.
  2. Chatbot – Chatbot adalah jenis AI di bidang percakapan yang berinteraksi dengan orang-orang melalui antarmuka teks atau suara. Menggunakan chatbots dalam pemasaran Anda memungkinkan Anda untuk menawarkan layanan pelanggan 24/7/365 (setiap saat) dan meningkatkan kepuasan pelanggan Anda dalam berbelanja. Terlebih lagi, ini menghemat waktu dan uang Anda.
  3. Pemasaran email pengalaman pelanggan– Pemasaran email masih merupakan cara teratas untuk mengarahkan lalu lintas yang berkualitas dan menghasilkan prospek. Terutama, membuat email yang dipersonalisasi menjadi taktik yang harus dimiliki untuk mendapatkan pengakuan dan keterlibatan yang lebih baik. Pastikan untuk fokus memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan mengembangkan hubungan.
  4. Micro-influencer– Cara ini mungkin sudah terkesan basi, tetapi influencer marketing akan mendominasi 2022 dan semakin berkembang lagi kedepannya. Di antara gerakan tersebut, Anda perlu memberikan perhatian khusus pada Micro-influencer. Mereka menggunakan media sosial dan memiliki dampak yang lebih besar daripada influencer top. Orang-orang percaya bahwa mikro-influencer menggunakan produk atau layanan dalam posting mereka tanpa memiliki sponsor dengan merek (mereka tidak memposting untuk iklan). Jika Anda menggunakan aplikasi TikTok, Anda akan banyak menemukan micro-influencer yang sedang melakukan promosi produk. Dan hal tersebut akan sangat menghemat budget Anda untuk melakukan pemasaran.
  5. Iklan Messenger dan Iklan Dalam Aplikasi– Karena lebih dari setengah lalu lintas online berasal dari perangkat seluler, iklan seluler akan tetap menjadi yang teratas dalam komunikasi pemasaran. Ada banyak jenis iklan seluler, tetapi khususnya, iklan messenger dan iklan dalam aplikasi sedang meningkat. Mereka menampilkan iklan yang memiliki visibilitas lebih dan berinteraksi lebih baik dengan pengguna.
  6. Konten video– Konten video memiliki rasio klik-tayang tertinggi dari semua format digital. Seperti yang Anda ketahui, tahun lalu mendominasi iklan digital seperti YouTube dan video pendek di media sosial lainnya, dan semakin banyak perusahaan berinvestasi di dalamnya untuk mempromosikan bisnis mereka.
  7. Kupon seluler– Karena penukaran kupon telah meningkat dan sebagian besar dapat dilakukan di perangkat seluler, Anda tidak dapat mengabaikannya. Mereka memiliki dampak besar pada proses keputusan pembelian konsumen dan meningkatkan penjualan. Selain itu, Anda dapat memperoleh data pelanggan dengan mudah dan menggunakannya untuk pendekatan lebih lanjut.

Sudah semua dijelaskan cara untuk meningkatkan kualitas promosi bisnis Anda dalam Era digital, ada banyak jenis tren yang sudah ada dan Anda bisa mempadu-padankan banyak tren tersebut (atau Anda bisa menggunakan semuanya lebih bagus).

Dan jangan lupa untuk download MARKEY | Media Bisnis Online di Google Play Anda serta nyalakan notifikasi update artikel dalam web kami, karena masih ada ulasan, tips, serta artikel bermanfaat lainnya untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

11 Aplikasi Desain Jersey Terbaik Untuk Android

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya