Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy 6 Cara Membujuk Pengguna untuk Meningkatkan Konversi

6 Cara Membujuk Pengguna untuk Meningkatkan Konversi

-

Sekalipun banyak pengguna mengunjungi SEO bukan berarti tingkat konversi meningkat. Konversi sendiri merupakan sebuah istilah dalam digital marketing yang berarti pencapaian sebuah tujuan dari kampanye pemasaran.

Alat dan kemampuan yang mereka berikan selalu berubah untuk kampanye pemasaran yang sukses. Salah satunya yang sudah sering dilakukan saat ini adalah email marketing.

Email marketing merupakan salah satu cara yang dinilai efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan Anda dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia Anda. Bisa saja ini akan menjadi email marketing trends 2020. Karena dinilai lebih efektif dan juga tidak terlalu ribet.

Manfaat Email Marketing Trends 2020

manfaat-email-makerting

Saat ini banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan email marketing trends 2020. Seiring kemajuan teknologi, mau tidak mau kita dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. Semua hal dari berbagai aspek mulai berbasis digital. Bahkan sampai pemasaran pun begitu.

Tak hanya sekedar inovasi tanpa manfaat, dengan adanya email marketing trends 2020, cara ini bisa memberikan feedback pada Anda yaitu dengan memberikan peluang pembeli yang lebih besar dibandingkan dengan cara konvensional.

Setelah Anda mencapai tujuan Anda dalam pemasaran, selanjutnya adalah bagaimana cara Anda agar pengguna meningkatkan konversi mereka pada situs web Anda. Hal ini menjadi penting karena konversi berpengaruh untuk meningkatkan lalu lintas web Anda.

6 Cara Membujuk Pengguna

cara-membujuk-pengguna

Terdapat 6 cara yang meyakinkan pengguna untuk meningkatkan konversi, antara lain :

Reciprocity

Merupakan proses pertukaran keuntungan yang cocok dengan orang lain. Atau istilahnya Anda harus memberikan pengait, sama seperti memancing ikan. Anda harus memberikan mereka sesuatu untuk mendapatkan perhatian mereka.

Prinsip ini umum dilakukan dalam bidang pemasaran digital. Contohnya, memberikan konten yang bermanfaat untuk mendapatkan alamat email pengguna.

Untuk mendapatkan manfaat sesuai dengan prinsip pengembalian, Anda harus siap untuk memberikan sesuatu.

Namanya juga prinsip timbal balik, mereka memberikan sesuatu ya kita juga harus memberikan sesuatu kepada mereka. Atau lebih simpelnya saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Banyak pengguna yang tidak akan mendaftarkan informasi mereka di bulletin karena mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Jika Anda mampu menyajikan sebuah konten yang sangat informatif dan bisa bermanfaat bagi pengguna, maka sebagai hasilnya banyak pengguna yang dengan senang hati memberikan informasi mereka.

Jumlah pendaftaran alamat email meningkat dibandingkan dengan konten yang kurang memberikan feedback bagi pengguna.

Cara ini juga bisa digunakan dalam SEO, dan dimungkinkan untuk mendapatkan banyak backlink. Jika jumlah backlink meningkat, besar kemungkinan terjadi peningkatan peringkat, lalu lintas, dan konversi untuk seluruh situs web Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan uji coba gratis. Kenapa? Karena ini merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan sesuatu dari pengguna dengan memberikan arahan kepada mereka.

Di sisi lain ini juga merupakan cara utama yang dilakukan oleh industri perangkat lunak untuk menggiring pelanggan ke saluran pemasaran.

Kelangkaan

Jika setelah melakukan email marketing trends 2020 pembeli Anda menaik, jangan senang dulu, dikhawatirkan peningkatan tersebut hanya terjadi beberapa saat. Anda bisa mencoba cara ini, kelangkaan.

Ya, kelangkaan juga bisa menjadi cara yang baik untuk meyakinkan pengguna. Dengan melakukan cara ini akan meningkatkan jumlah klik pada situs web Anda dan mengarahkan pengguna ke konversi yang ada di situs web Anda. Berikut beberapa contoh kelangkaan :

Artikel terkait  6 Strategi Pemasaran yang Baik dan Efektif Untuk Usaha

Produksi Terbatas dan Edisi Produk Terbatas

Tentu Anda sering melihat iklan tulisan di atas. Banyak perusahaan yang memasang iklan seperti itu agar bisa menarik banyak pembeli yang akan membali produk mereka. Saat kita melihat tulisan seperti itu, kita cenderung penasaran dan melihat barang atau produk tersebut.

Kupon dan Periode Penjualan

Periode penjualanan seperti Black Friday dengan cepat mengubah banyak orang menjadi tertarik untuk membeli produk tersebut.

Pada saat itu mungkin mereka sedang tidak benar-benar membutuhkan produk tersebut, tetapi mungkin mereka memutuskan untuk membelinya karena takut terjadi penyesalan di kemudian hari karena tidak membeli produk tersebut.

Contohnya Amazon, perusahaan teknologi multinasional menggunakan prinsip ini dengan “penawaran kilat”. Mereka menawarkan ketentuan pembelian dalam waktu sangat singkat dan menghasilkan lebih banyak penjualanan.

Otoritas

Dengan menggunakan simbol otoritas, seperti penghargaan, riwayat pekerjaan, sertifikasi industri, dan keahlian, akan membantu pengguna mengambil tindakan yang kita inginkan di situs web Anda.

Memang tidak mudah, namun ada beberapa teknik untuk memposisikan diri Anda sebagai entitas yang berwenang.

Buat Perusahaan yang Menonjol

Pastikan situs Anda telah masuk nominasi atau memenangkan penghargaan. Buatlah citra atau image perusahaan Anda baik di mata banyak orang. Sehingga banyak orang yang percaya kepada perusahaan Anda.

Buat Keahlian Staf Anda Menonjol

Terutama bagi perusahaan yang menjual jasa, hal ini dirasa sangat penting. Tunjukkan kemampuan tim Anda dan bangunlah citra perusahaan yang baik. Kenapa hal ini menjadi penting? Karena secara tidak langsung, terutama di insutri jasa tentu saja akan langsung berinteraksi dengan para staf mereka.

Jika staf perusahaan dinilai baik dan mempunyai kemampuan yang mumpuni daalam bidangnya maka otomatis nama perusahaan juga akan baik.

Tampilkan Sertifikasi Industri Anda kepada Pengunjung Situs Web Anda

Ini merupakan hal dasar dari banyak situs, tetapi kepentingannya tidak boleh diangap remeh. Ini juga termasuk salah satu hal yang dilihat oleh para pengunjung di situs web Anda.

Berpartisipasi dalam Acara Industri sebagai Sponsor

Ini merupakan cara yang dilakukan untuk mendapatkan otoritas melalui asosiasi dan koneksi. Biasanya jika perusahaan kita menjadi sponsor di satu acara tertentu, maka otomatis perusahaan kita akan disorot.

Lebih bagus jika memiliki kesempatan untuk tampil di acara-acara besar akan lebih efektif dalam menunjukkan otoritas.

Buat dan Bagikan Konten Berkualitas Tinggi

Tunjukkan keahlian Anda dalam membuat konten berkualitas dan tentunya informatif. Sumber konten yang baik adalah memposisikan merk Anda sebagai otoritas dalam industri.

Komitmen & Konsistensi

Setelah pengguna membuat komitmen, pendapat dan tindakan mereka akan konsisten dengan komitmen tersebut. Pada prinsipnya, Anda akan jatuh ke dalam perasaan terikat oleh komitmen Anda.

Artikel terkait  Pemasaran Tidak Langsung : Kelebihan dan Kekurangannya

Menetapkan cara untuk membuat pengguna berkomitmen akan memberikan peluang besar kepada mereka untuk mengambil tindakan dan terus berjalan. Contohnya :

Izinkan Pengguna Memesan Sendiri

Meskipun bukan metode yang wajib digunakan di semua industri, namun ada beberapa industri yang harus ada pemesanan wajib.

Dengan mengizinkan pengguna mmebuat reservasi sendiri, mereka akan diminta untuk berkomitmen, yang akan meningkatkan peluang mereka untuk lolos.

Perkenalkan Fungsi Obrolan Langsung

Memberikan kesempatan kepada pengguna untuk mengobrol langsung membuat pengguna lebih mengenal perusahaan Anda seperti apa dan dengan begitu pengguna cenderung untuk berkomitmen.

Cara ini belum banyak diadopsi oleh banyak insudtri. Namun ini merupakan cara yang relatif mudah untuk mendapatkan komitmen dan konsistensi.

Desain Busa Terus Menerus

Kontinuitas dalam desain menggunakan prinsip komitmen dengan membiarkan pengguna mengisi setiap formulir, memberi mereka rasa kemajuan dengan bisa melangkah ke tahap selanjutnya. Dengan begitu, mereka akan termotivasi untuk menyelesikan langkah-langkah yang tersisa.

Menyukai

Banyak orang yang lebih senang mendengarkan tuntutan orang baik. Orang-orang cenderung percaya kepada rekan sejawat atau para selebriti, yang mungkin menjadi salah satu alasan pemasaran influencer telah aktif dalam beberapa tahun terakhir.

Menjadi orang yang disukai mungkin akan terasa sedikit susah bagi suatu merk. Namun, ada beberapa metode untuk mndapatkan prinsip ini :

Menciptakan Kepribadian

Bangun karakter yang Anda inginkan dan tentunya yang sesuai dengan konten yang Anda buat. Strategi konten dengan menggunakan karakter akan menarik bagi audiens target dan akan membuat mereka lebih tertarik pada konten.

Memahami kesulitan pelanggan melalui penciptaan karakter akan memberi Anda kesempatan untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan merk Anda untuk memberikan solusi bagi mereka.

Partisipasi Dalam Amal

Bergabunglah dengan badan amal untuk membantu mengatasi masalah yang pelanggan Anda pedulikan.

Meskipun ada ambiguitas dalam prinsip ini, melalui langkah-langkah di atas akan memberikan kesempatan pada merk Anda untuk disukai oleh pelanggan potensial. Tentunya hal tersebut akan berdampak positif terhadap situs web Anda.

Bukti Sosial

Manusia cenderung akan melakukan apa yang dilakukan oleh teman atau kolega mereka dan apa yang mereka sarankan. Jelas bahwa prinsip persuasi ini sangat kuat, karena kebanyakan orang di masyarakat dipengaruhi oleh saran dan keputusan orang-orang di sekitar kita.

Artikel terkait  Standar Influencer Marketing Terbaru dan Pekerjaan Sampingan Menggunakan Media Sosial

Kesimpulan

Keenam cara yang sudah dijelaskan di atas bisa digunakan untuk semua jenis konten dan akan berkontribusi pada peningkatan tingkat koneversi. Mungkin kita sering melihat hal-hal di atas namun kita belum paham kenapa mereka melakukan hal tersebut.

Terlihat sepele memang, namun ternyata hal tersebut bisa berpengaruh bagi mereka untuk meningkatkan konversi situs web Anda.

Juga dalam hal pemasaran, email marketing trends 2020 akan memberikan feedback yang besar kepada Anda. Jangan hanya bertumpu pada satu cara pemasaran saja, Anda bersaing dengan banyak perusahaan yang berlomba-lomba meningkatkan jumlah penjualanan.

Jika Anda tidak melek terhadap teknologi, dikhawatirkan perusahaan atau bisnis online yang Anda miliki akan tenggelam dengan sendirinya.

Tidak ada salahnya mencoba hal baru, apalagi dalam dunia pemasaran. Email marketing akan menjadi trend pemasaran di tahun 2020.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya