Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Ecommerce Sepi? Segera Lakukan 9 Ecommerce Tracking Ini!

Ecommerce Sepi? Segera Lakukan 9 Ecommerce Tracking Ini!

-

Ecommerce tracking merupakan cara pintar jualan online untuk mempertahankan bisnis. Tracking ecommerce wajib dipraktekkan karena bisa membantu Anda lebih mudah menguasai konsumen.

Tahukah Anda, saat ini diperkirakan ada lebih dari 20 juta ecommerce yang beroperasi di seluruh dunia? Angka tersebut jelas tidak sedikit dan akan terus bertambah setiap tahun. Dengan kata lain, tingkat persaingan toko online semakin ketat seiring berjalannya waktu.

Oleh sebab itulah olshop Anda harus rajin dipantau performanya dengan ecommerce tracking. Jangan sampai toko Anda menurun kualitasnya sedikitpun, karena kompetitor bisa menyalip Anda kapan saja.

Anda beruntung karena artikel tips jualan online laris bagi pemula kali ini menyediakan ulasan lengkap cara pintar jualan online dengan tracking atau evaluasi ecommerce. Yuk langsung lanjutkan membaca sampai tuntas!

Artikel terkait  10 Pelayanan Customer Service Olshop untuk Maksimalkan Omset

Apa Itu Ecommerce Tracking?

ecommerce

Ecommerce tracking adalah beragam upaya untuk melacak dan menilai perkembangan sebuah toko online (ecommerce). Tujuannya tak lain untuk mengetahui sudah seberapa jauh, tepat atau optimal kinerja sebuah olshop.

Tracking baru bisa dilakukan setelah olshop Anda selesai didirikan, atau sudah beroperasi dalam kurun waktu tertentu. Setelah Anda selesai mempersiapkan berbagai tips jualan online laris bagi pemula, kini tiba waktunya untuk evaluasi dan tracking prosesnya.

Tracking atau evaluasi bisa memberitahu Anda banyak hal yang belum diketahui dari toko sendiri. Misalnya tingkat keamanan olshop Anda, pembaharuan aplikasi atau website yang perlu dilakukan, kendala konsumen saat berbelanja, dan sebagainya.

Melakukan tracking online saat ini juga gampang. Anda bisa memanfaatkan berbagai alat bantu (tools) gratis maupun berbayar untuk tracking performa olshop. Contohnya Google Analytics Ecommerce Tracking.

Google Analytics Ecommerce Tracking adalah tools Google yang terkenal untuk melacak kinerja olshop. Fitur-fiturnya cukup lengkap, bisa mengelola data dengan akurat, plus bisa dipakai secara gratis. Gunakan Google Analytics Ecommerce Tracking disertai pedoman memulai tracking yang benar pada bagian akhir artikel ini, ya!

5 Keuntungan Melakukan Ecommerce Tracking

Ada banyak sekali keuntungan jika melakukan evaluasi tracking pada ecommerce secara berkala. Salah satunya yakni sebagai cara olshop laris manis yang mudah dan ampuh.

Selengkapnya, inilah manfaat melakukan tracking pada ecommerce:

Meningkatkan Kualitas Kinerja Olshop Anda

ecommerce-2

Mungkin saat ini Anda merasa toko online Anda sudah baik. Tapi sebaiknya janganlah cepat berpuas diri. Sebab di luar sana masih banyak kompetitor yang siap menyalip reputasi bisnis Anda.

Faktanya, semua konsumen ingin berbelanja di toko yang praktis, aman dan berkualitas baik. Oleh sebab itu banyak pebisnis berlomba-lomba menghadirkan inovasi pelayanan terbaik mereka. Tujuannya cuma satu: merebut hati konsumen.

Ecommerce yang berjalan baik nyatanya sering terbukti tidak efektif di beberapa sisi. Ada juga toko-toko online yang terlihat stabil tapi masih punya banyak error kecil di bagian dalamnya. Semua “kerusakan” tersebut baru bisa Anda bongkar dengan melakukan test atau tracking evaluasi.

Cepat Memperbaiki Masalah

Keuntungan kedua, Anda tidak perlu repot menghadapi protes konsumen karena ecommerce tiba-tiba error. Pebisnis yang selalu mengecek kinerja tokonya akan mengetahui lebih awal tanda-tanda kerusakan atau celah yang perlu diperbaiki segera.

Alhasil, konsumen tidak akan mengalami kendala apapun saat bertransaksi di toko Anda. Reputasi bisnis pun akan selalu terjaga di mata masyarakat.

Menambah Keamanan Olshop

Salah satu masalah serius yang dihadapi ecommerce adalah rentan disusupi hackers, virus atau malware berbahaya. Lebih mengerikannya lagi, kita tidak pernah tahu kapan ecommerce kita diserang oleh oknum-oknum hacker tadi.

Satu-satunya cara untuk membongkar penyusup atau pencuri data adalah dengan melakukan tracking scan. Sistem scan akan mendeteksi kejanggalan-kejanggalan yang ada di dalam aplikasi ataupun website olshop. Jadi Anda bisa langsung menghapusnya.

Mempercepat Loading Sistem

Kebanyakan orang langsung meninggalkan sebuah toko online yang terlalu lama loading informasi. Pemanfaatan teknologi canggih masa kini berdampak pada lahirnya gaya hidup masyarakat yang serba instan. Mereka menginginkan segala sesuatunya dengan cepat, termasuk saat berbelanja online.

Jika ecommerce Anda mempunyai kecepatan loading yang buruk, maka konsumen tidak akan ragu untuk berpaling ke toko lain. Namun Anda kini bisa mencegah hal tersebut terjadi dengan melakukan tracking ecommerce.

Tracking kecepatan loading ecommerce Anda untuk mengetahui seberapa cepat kemampuan loadingnya. Jangan ragu untuk melakukan pengoptimalan apabila diperlukan.

Menambah Omset Bisnis

Keuntungan terakhir dari tracking adalah mendatangkan omset berlimpah pada Anda. Semua keuntungan di atas akan mendorong konsumen lebih betah berbelanja di olshop Anda ketimbang yang lain. Alhasil, pemasukan pun akan bertambah drastis.

Jadi dapat disimpulkan bahwa tracking olshop adalah cara olshop laris manis yang manjur.

9 Strategi Ecommerce Tracking yang Benar untuk Pemula

Meski penting, banyak orang masih lupa melakukan tracking ini pada olshop masing-masing. Ada juga yang belum tahu bagaimana cara melakukan tracking olshop yang benar.

Agar tidak salah langkah dan mendapat hasil yang maksimal, berikut adalah pedoman 9 cara tracking pada olshop yang benar:

Gunakan Alat Bantu

Tracking lebih mudah dijalankan dengan alat-alat bantu khusus. Misalnya seperti Google Analytics Ecommerce Tracking. Selain praktis, Google Analytics Ecommerce Tracking juga menyediakan hasil analisis yang lebih akurat, valid dan tepat.

Jangan sekali-kali melakukan tracking tanpa alat bantu karena rumit serta hasilnya bisa tidak jelas.

Cek Gambar Utama di Olshop

Kebanyakan olshop memakai gambar utama untuk menarik pembeli. Tak dapat dipungkiri, pemakaian gambar merupakan salah satu cara pintar jualan online. Soalnya pembeli lebih cepat tertarik pada gambar (elemen visual) ketimbang teks.

Ketika melakukan testing, cek posisi gambar utama yang Anda pakai di olshop:

  • Apakah gambar tersebut sudah mampu menarik perhatian?
  • Apakah gambar menghalangi konten?
  • Bisakah gambar diklik?
  • Apakah gambar mampu tampil baik dalam berbagai ukuran layar (smartphone, laptop/PC, dan lain-lain)?

Cek Produk Unggulan (Featured Product)

Cara olshop laris yang banyak dilakukan adalah memajang produk-produk unggulan/rekomendasi di ecommerce. Produk unggulan ini sangat ampuh untuk mendorong rasa penasaran konsumen dan membelinya.

Namun, bagian produk unggulan/rekomendasi yang muncul di ecommerce juga perlu dicek keefektivannya secara berkala. Ini karena produk-produk yang menjadi best-seller bergerak mengikuti trend. Bisa saja produk A saat ini best-seller, lalu bulan depan produk B yang banyak diminati.

Karenanya, Anda wajib memastikan produk apa saja yang sedang diminati masyarakat saat ini untuk memaksimalkan penjualan.

Mengetes Keamanan

Sistem keamanan olshop Anda juga wajib dicek berkala. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengecekan keamanan olshop bisa mencegah kehadiran hacker, virus ataupun malware berbahaya ke olshop.

Olshop yang terbukti rentan dan mudah dibobol pasti akan ditinggalkan oleh konsumennya. Siapa yang berani berbelanja di toko yang rawan “kemalingan”? Apalagi jika data-data yang dicuri hacker umumnya bersifat sensitif seperti nomor PIN kartu kredit, data diri, saldo, dan seterusnya.

Selalu jaga keamanan dan kenyamanan konsumen di toko Anda dengan memastikan sistem ecommerce aman anti bobol, ya.

Cek Deskripsi Produk

Konsumen selalu membaca deskripsi produk ketika mereka menemukan barang yang dicari di ecommerce. Deskripsi bermanfaat untuk memberi tahu konsumen tentang info produk, spesifikasi, harga, keunggulan sampai cara order pesanan.

Deskripsi produk tidak bisa ditulis secara sembarangan karena bisa membantu konsumen menentukan hendak membeli produk atau tidak. Masih banyak pebisnis mengira caption/deskripsi yang mereka gunakan sudah baik dan memikat. Padahal kenyataannya belum tentu.

Lebih baik cek kembali apakah deskripsi produk yang Anda pasang di ecommerce sudah memikat atau belum. Apabila deskripsi belum optimal, Anda masih bisa mempelajari strategi copywriting jitu termudah di sini.

Test SEO

Banyak ecommerce menggunakan tips dan trik SEO terbaru untuk memaksimalkan ranking atau posisi brand mereka di penelusuran Google. Apakah Anda juga sudah mempraktekkan SEO selama ini?

Sayangnya, mempraktekkan SEO saja tidak cukup. Anda wajib mengetes efektivitas SEO yang sudah dijalankan sebelumnya. Beberapa komponen SEO yang bisa Anda tes misalnya penggunaan judul, kata kunci pada fitur-fitur di ecommerce, meta deskripsi, cookies, optimalisasi website konten, dan lain-lain.

Anda juga bisa melakukan uji evaluasi SEO off-page dan on-page.

Respon Ecommerce pada Smartphone

Studi menunjukkan bahwa jumlah pengguna ecommerce via smartphone mencapai hampir 73% di tahun 2021. Smartphone menjadi pilihan terbaik untuk berbelanja online karena praktis dan simpel ketimbang harus loading lewat komputer/PC.

Jadi Anda wajib mengetes apakah ecommerce Anda bisa bekerja dengan baik pada smartphone. Sia-sia saja Anda membangun ecommerce dengan segudang fitur atau keunggulan jika tidak bisa berjalan baik pada smartphone.

Membuat ecommerce yang mobile friendly adalah sebuah tantangan tersendiri, mengingat setiap jenis smartphone mempunyai bentuk dan ukuran layar yang berbeda-beda. Pastikan ecommerce bisa beroperasi dengan lancar dari berbagai smartphone dan tetap memiliki tampilan yang proporsional.

Tautan Ke Sosmed

Banyak ecommerce saling tertaut ke sosmed. Sering kali strategi ini membantu konsumen agar lebih mudah berkunjung ke olshop pasca melihat iklan produk di sosmed. Cara tersebut cukup membantu dalam menjaring konsumen, mengingat jumlah pengguna sosmed saat ini lumayan signifikan.

Supaya traffic pengunjung ke olshopmu dari sosmed terkumpul sepenuhnya, cobalah cek link-link sosmed yang terhubung ke ecommerce Anda. Apakah link tersebut bisa berfungsi dengan baik membuka ecommerce Anda atau perlu diupdate?

Fitur Keranjang Belanja

Masalah pada keranjang belanja cukup sering menghantui ecommerce sampai hari ini. Keranjang belanja yang rusak jelas akan menyulitkan pembeli men-check out produk.

Fitur keranjang belanja yang baik wajib memenuhi sejumlah syarat, misalnya:

  • Bisa menampung banyak produk sekaligus.
  • Disertai notifikasi untuk mengingatkan konsumen check out produk.
  • Praktis dan simpel digunakan.
  • Bisa dipakai untuk mengedit jumlah produk, pilih variasi, atau menghapus belanjaan sesimpel mungkin.
  • Terhubung dengan sistem checkout yang gampang.
  • Bisa digunakan langsung dengan voucher diskon untuk memaksimalkan kepuasan belanja.

Tes Halaman Checkout

Pengecekan terakhir dilakukan pada halaman checkout ecommerce. Halaman checkout memegang peranan utama dalam transaksi online. Banyak konsumen batal belanja karena proses checkout yang berbelit-belit. Akhirnya mereka membiarkan produk tersimpan begitu saja di keranjang belanja.

Poin utama yang harus dimiliki sebuah halaman checkout adalah sederhana. Jangan buat halaman checkout yang rumit, banyak step atau prosedur, serta susah dinavigasi.

Anda bisa melakukan uji coba pemakaian halaman checkout website atau aplikasi ecommerce untuk mengetahui seberapa efisien kinerjanya menurut konsumen.

Demikianlah pembahasan tips jualan online laris bagi pemula kali ini dengan tracking ecommerce! Sekali lagi, tracking sepatutnya dilakukan ketika Anda sudah menjalankan olshop dalam kurun waktu tertentu.

Selain itu, jangan sering-sering melakukan tracking. Melakukan tracking dengan jarak terlalu singkat atau dini juga tidak akan menghasilkan laporan yang baik. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk berdoa agar jualan online Anda laris manis!

Yuk temukan lebih banyak lagi tips jualan online laris bagi pemula di MARKEY. Follow websitenya di https://markey.id/ atau download versi aplikasinya di Google Play dan Apple Store, ya. Bersama MARKEY, siapapun bisa tahu cara pintar jualan online.

Sampai bertemu lagi di artikel menarik lainnya, sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

7 Dasar Belajar Komputer dengan Cepat Untuk Pemula

Apakah Anda ingin belajar komputer? Rasanya agak ketinggalan jika kita belum menguasai komputer di era modern yang serba digital...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya