Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Memanfaatkan Digital Branding dalam Marketing

Memanfaatkan Digital Branding dalam Marketing

-

Suka atau tidak suka, Internet tidak hanya menjadi alat yang berguna bagi bisnis dan individu, tetapi juga kebutuhan hidup sehari-hari. Banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu selama hari kerja mereka secara online daripada offline dan Internet adalah tempat tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai hal.

Untuk bisnis yang memanfaatkan Internet untuk mengembangkan merek digital, ini adalah hal yang luar biasa, tetapi banyak perusahaan yang belum mampu untuk memanfaatkannya. Pentingnya branding digital selalu tinggi karena hidup kita semakin terkait dengan komputer dan dunia digital. Pada artikel kali saya akan membahas mengenai branding digital pada pada bisnis marketing online.

Artikel terkait  Apa Itu Metode Pengaturan Kata Kunci yang Efisien?

Apa Itu Digital Branding?

apa-itu-digital-branding

Mungkin ketika Anda baru pertama kali mendengar istilah ‘Digital Branding’ bisa sedikit membingungkan. Oleh karena itu, mari kita lihat bagaimana Wikipedia mendefinisikannya.

Branding digital adalah teknik manajemen merek yang menggunakan kombinasi branding internet dan pemasaran digital untuk mengembangkan merek di berbagai tempat digital, termasuk hubungan berbasis internet, aplikasi berbasis perangkat, atau konten media.

Branding digital bertujuan untuk memanfaatkan aset digital (situs web, saluran sosial, dlL) untuk terhubung dan menciptakan kesan pada orang-orang. Baik itu pelanggan, mitra strategis, atau karyawan, pencitraan merek digital adalah semua perasaan yang Anda dapatkan dari profil digital bisnis. Mari selami lebih dalam detail tentang apa yang masuk ke dalam pencitraan merek digital.

Bagaimana Strategi Bisnis dan Digital Branding Dihubungkan?

‘Strategi Pemasaran’ adalah kerangka kerja perencanaan yang diikuti oleh banyak bisnis. Ini menghubungkan strategi bisnis dengan rencana merek tahunan. Dalam contoh praktik terbaik, strategi komunikasi merek akan menjadi bagian dari rencana merek tahunan dan kembali ke strategi bisnis.

Langkah-langkah dalam perencanaan pemasaran ini biasanya akan dikunjungi secara berulang. Sekarang mari kita lihat masing-masing langkah ini lebih detail.

Tempat Bermain (Segmen Pasar)

Pertanyaan pertama pada dasarnya adalah tentang di pasar mana (dan segmen) bisnis ingin bersaing. Saat melihat opsi, kita harus memikirkan faktor-faktor seperti:

  • Target pasar seberapa besar mereka, seberapa cepat mereka tumbuh, apakah ini didefinisikan dan dipahami dengan jelas?
  • Kebutuhan dan keinginan pelanggan bagaimana pasar sasaran tersegmentasi?
  • Diferensiasi sejauh mana bisnis perlu membedakan produk atau layanan bermerek mereka untuk menarik pelanggan target dan / atau segmen konsumen?

Cara untuk Menang

Pertanyaan kedua adalah tentang keunggulan kompetitif. Misalnya, apakah bisnis tersebut memiliki:

  • Proposisi merek yang membedakan bisnis di mata konsumen sasaran, misalnya mengapa konsumen semakin memilih untuk membeli dari Amazon daripada pengecer jalanan?
  • Kemampuan yang ada (aset, orang, sumber daya) yang memungkinkannya menyampaikan proposisi nilai merek dan mengkomunikasikan pemosisiannya?

Positioning adalah apa yang Anda lakukan di benak konsumen sasaran Anda, bukan apa yang Anda lakukan pada suatu produk atau layanan. Emosi telah terbukti menjadi pendorong pertama pengambilan keputusan di jalur konsumen untuk membeli. Contoh pemosisian emosional termasuk Coca-Cola, yang ada untuk menginspirasi saat-saat bahagia dan Cadbury, yang ada untuk menginspirasi saat-saat kegembiraan.

Artikel terkait  Tiga Tindakan untuk Menganalisis Maksud Pencarian Pengguna dan Mengoptimalkan Situs Web Anda

Cara Menang dalam Pasar

Pertanyaan ketiga adalah tentang inisiatif dan aktivitas apa yang akan dijalankan bisnis untuk memenangkan pasar. Ini biasanya dijelaskan dalam Paket Merek Tahunan. Misalnya, apakah bisnisnya:

  • Punya cerita menarik untuk diceritakan yang akan mengkomunikasikan proposisi merek dan membedakan penawaran di benak konsumen sasaran?
  • Apakah aktivitas tersebut selaras dari perspektif merek dan saluran?
  • Indikator kinerja utama apa yang telah disetujui untuk mengevaluasi efektivitas dan efisiensi kegiatan?
  • Bagaimana kita tahu apakah kita menang atau tidak?
  • Pada tahap ‘analisis situasi’ dalam proses perencanaan, strategi komunikasi, termasuk digital, ditinjau / dikembangkan.

Jadi, alih-alih dipandang sebagai fungsi terpisah, komunikasi digital (atau pemasaran) harus diintegrasikan ke dalam proses perencanaan bisnis, merek, dan komunikasi. CEO Diageo Ivan Menezes, saat mendiskusikan hasil perusahaannya baru-baru ini mengatakan, “Ini bukan tentang melakukan ‘pemasaran digital’, ini tentang pemasaran secara efektif di dunia digital.”

Lalu Apa Peran Komunikasi Digital dalam Membangun Merek?

peran-komunikasi-digital

Kemampuan digital menjadi lebih diperlukan untuk bisnis yang ingin membangun atau meningkatkan merek mereka melalui program pembangunan merek. Digital adalah alat yang ampuh untuk merek dan dengan banyak manfaat membangun merek yang ditunjukkan pada 4 hal berikut:

  • Terlibat secara penting dalam memanfaatkan informasi dari mulut ke mulut
  • Media yang bagus untuk konten yang kaya dan mendalam
  • Targetkan
  • Lebih bisa dipercaya

Keunggulan atribut digital tersebut didukung oleh penelitian persepsi merek konsumen global yang dilakukan oleh Nielsen pada tahun 2012 yang menunjukkan bahwa 92% konsumen menyatakan bahwa mereka mempercayai media yang mereka peroleh, seperti promosi dari mulut ke mulut dan rekomendasi dari teman dan keluarga, di atas bentuk iklan lainnya. Ini meningkat 18% sejak 2007.

Ulasan konsumen online adalah sumber kedua yang paling tepercaya dengan 70% menunjukkan bahwa mereka mempercayai ini, meningkat 15% pada tahun 2007. Jangkauan TV berarti ini akan tetap menjadi cara utama pemasar merek berkomunikasi dengan audiens mereka.

Saluran digital menawarkan cara untuk terhubung dengan konsumen sasaran dan memanfaatkan niat baik mereka. Pengalaman merek yang positif akan membantu membangun ekuitas merek.

Apa Saja Komponen Strategi Digital Branding?

Pencitraan merek digital telah menjadi landasan pemasaran modern, tetapi yang benar-benar masuk ke dalamnya seringkali adalah web aktivitas digital yang membingungkan. Di sini kami akan memecah beberapa komponen terpenting dari strategi pemasaran digital.

Situs Web

Landasan dari strategi digital apa pun baik itu branding, pemasaran, atau online sederhana yang ada adalah situs web perusahaan. Kita tidak perlu memberitakan pentingnya sebuah website, karena apapun industri tempat Anda bekerja, semua orang sudah sangat menyadari betapa pentingnya mereka untuk sebuah bisnis.

Situs web memainkan peran penting dalam pencitraan merek digital karena sering kali menjadi target untuk menarik sebanyak mungkin orang untuk mempelajari bisnis Anda. Untuk alasan ini, penting bahwa situs web mewujudkan merek perusahaan.

Situs web tidak hanya harus terlihat bagus, berfungsi dengan baik, dan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan prospek dan bisnis baru. Situs web yang sukses menanamkan perasaan pada seseorang yang melihatnya dan membantu mereka merumuskan opini tentang merek.

Artikel terkait  Promosi Penjualan : Pengertian, Tujuan dan Jenis Promosi

Saluran Media Sosial

Baik itu Facebook atau Instagram, banyak bisnis yang tahu bahwa mereka membutuhkan media sosial, tetapi gagal membuat strategi secara matang tentang cara menggunakannya. Ini adalah cara yang fantastis untuk menampilkan merek digital di hadapan calon pelanggan, jika digunakan dengan cara yang efektif.

Tapi itu juga bisa membuang-buang waktu, uang, dan sumber daya jika tidak dilakukan dengan benar. Sementara industri yang berbeda akan selalu memiliki kegunaan yang berbeda untuk media sosial, jika bisnis Anda menuju ke jalur pembuatan saluran media sosial, penting untuk memastikan bahwa mereka mencerminkan citra merek dan tujuan yang sama dari situs web Anda.

Konten

Bisnis haruslah blogging, jika Anda pernah bekerja dengan atau bahkan melakukan percakapan dengan perusahaan pemasaran digital, kemungkinan besar Anda mengetahui pentingnya konten dalam pemasaran digital.

Masalahnya adalah, begitu banyak bisnis (seperti media sosial) hanya membuat konten karena mereka merasa seharusnya, daripada dengan rencana dan strategi yang sebenarnya. Baik itu menulis konten untuk promosi media sosial atau dalam upaya untuk mendapatkan pembaca melalui SEO di pencarian Google, konten Anda harus selalu mempertimbangkan tujuan digital dan merek bisnis Anda.

Iklan Digital Berbayar

Dari pemasaran ulang dan iklan bayar per klik dengan Google, hingga iklan gambar carousel di Facebook, ada banyak peluang untuk membayar untuk tampil di depan audiens Anda. Iklan berbayar adalah elemen penting lainnya untuk branding digital dan merupakan satu-satunya cara untuk menjamin Anda tampil di depan audiens Anda. Meskipun ada harganya, ini adalah salah satu cara tercepat untuk menyampaikan merek dan pesan Anda kepada orang-orang yang Anda inginkan.

Pentingnya Digital Branding

Branding di era digital bukanlah hal yang mudah. Kewirausahaan adalah tren yang berkembang di seluruh dunia. kami melihat begitu banyak perusahaan yang gagal dalam menciptakan strategi branding digital adalah kurangnya kohesi antara berbagai aktivitas digital mereka. Mereka mungkin telah membayar satu perusahaan untuk membangun situs web, mereka memiliki karyawan yang menjalankan media sosial mereka sendiri, pihak ketiga melakukan SEO mereka.

Artikel terkait  BtoB juga Membutuhkan Pemasaran Seluler! Peran Aplikasi dalam Kisah Sukses

Ada begitu banyak kerugian dalam penerjemahan dan bahkan jika sebuah bisnis mencoba yang terbaik untuk membuat semua bagian bekerja untuk tujuan yang sama, seringkali sangat sulit untuk mempertahankan merek dan strategi pemasaran yang terpusat.

Singkatnya, kesuksesan dalam digital branding akan mencakup partisipasi dalam berbagai aktivitas online yang terintegrasi dengan acara merek offline. Pendekatan terintegrasi adalah kuncinya daripada melihat digital sebagai taktis, eksperimental, cara menyediakan konten yang bagus dan cara mudah untuk mengukur efektivitas. Tujuan keseluruhan harus memberikan pengalaman merek total yang otentik dan konsisten yang selaras dengan strategi, pemosisian, dan tujuan merek.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Belakangan ini kita sering mendengar perusahaan-perusahaan gadget yang menawarkan aneka produk nirkabel untuk lebih memudahkan aneka pekerjaan masyarakat. Biasanya, kita...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya