Apa yang dicari, dipantau, diluncurkan, disesuaikan oleh pencarian berbayar dan pemasar sosial berbayar minggu ini dimasa COVID-19? Apa yang telah mereka pelajari dari tahun-tahun sebelumnya tentang cara mengatur waktu dan kampanye yang sukses?
Apakah mereka berencana melakukan sesuatu yang berbeda tahun ini? Inilah yang kami dengar.
Tidak semua orang akan mencoba mengelola beberapa promosi liburan. “Saya tidak memiliki banyak klien yang melakukan diskon signifikan tahun ini, jadi rutinitas saya akan berlawanan dengan kebanyakan orang,” kata Konsultan Media Berbayar, Pamela Lund.
“Saya akan memantau rasio konversi dan CPA setiap hari dan mengurangi pembelanjaan atau menjeda kampanye sama sekali jika kami melihat penurunan performa saat orang-orang mencari kesepakatan. Selain itu, jadwal saya tidak banyak berubah minggu ini.” Tambahnya.
Merasakan Dampak Gangguan Rantai Pasokan
Tantangan juga terjadi akibat dari pengiriman dan gudang telah menyebabkan banyak pengecer memulai promosi liburan lebih awal daripada tahun-tahun sebelumnya. Banyak penjualan Black Friday sekarang berjalan dengan baik, yang berarti rutinitas manajemen liburan telah dimulai juga.
Tantangan rantai pasokan yang sedang berlangsung dari pandemic COVID-19 berarti ada lebih sedikit inventaris untuk dijual musim ini dan diperkirakan stok habis. “Beberapa klien tidak melakukan penjualan BFCM dan kami mendukung langkah itu,” kata Brown.
Untuk merek-merek tersebut, mungkin tidak ada kampanye penjualan flash harian yang harus dikelola minggu ini, tetapi ada pertimbangan lain.
“Karena COVID-19 tahun ini, saham jelas merupakan bagian yang akan kami pantau lebih dekat,” pungkas Shannon Cross, Manajer Senior E-Commerce di Nestlé Purina Amerika Utara. “Kami juga hanya berfokus pada ukuran kemasan yang lebih besar untuk memastikan pengembalian yang lebih tinggi atas investasi dan melayani perilaku persediaan konsumen.” Lanjutnya.
Siap untuk Menerima Bayaran
“Strategi kami adalah membangun jangkauan pada minggu-minggu menjelang penjualan untuk memaksimalkan audiens yang dapat kami tangani dengan pesan penjualan secara langsung: memperluas audiens dalam tampilan, sosial, dan penelusuran, membelanjakan lebih banyak di DABA [Iklan Dinamis Facebook untuk Audiens Luas], penemuan dan format video, serta memungkinkan ROAS yang lebih rendah pada kampanye penelusuran dan belanja, ”kata Nathalie Bojkow, kepala tim pemasaran global untuk merek sepatu PUMA.
“Sekarang dengan penjualan yang sedang berlangsung,” kata Bojkow, “kami dapat menutupi dampak ROI dari minggu-minggu sebelumnya dan untuk BPK yang lebih tinggi dengan memprioritaskan pembelanjaan kami oleh pemirsa terlebih dahulu, memperketat dan mempercepat siklus penargetan ulang kami.
Fitur Iklan, Persiapan Penawaran Sudah Selesai
Awal tahun ini, Google meluncurkan lebih banyak lencana dan anotasi untuk pengambilan di tepi jalan dan ketersediaan di dalam toko. “Bergantung pada ketersediaan klien, kami memastikan bahwa semua lencana dan keterangan yang relevan diterapkan ke kampanye kami,” kata Keri Boerner.
Tim tersebut juga meluncurkan lebih banyak kampanye iklan penelusuran dinamis (DSA) menjelang minggu ini “karena peningkatan variasi penelusuran dan penurunan visibilitas kueri penelusuran yang dapat membatasi kemampuan kami untuk mengumpulkan kata kunci”, dan lebih banyak klien menggunakan penawaran waktu lelang solusi tahun ini dari tahun lalu.
Selain itu, kata Boerner, beberapa merek klien “juga berfokus pada diversifikasi inventaris melalui kemitraan seperti Narrativ dan Yelp untuk memperluas jejak penelusuran dan efisiensi menjadi cara tambahan.” Itu berarti tim mengelola lebih banyak saluran, membuat proses yang jelas menjadi lebih penting.
Memperhitungkan Kekacauan di Menit Terakhir dan Pemecahan Masalah
Ketika semua persiapan selesai, “minggu ini disimpan untuk perubahan yang tak terelakkan atau pemecahan masalah di menit-menit terakhir, dan Anda benar-benar secara ajaib memiliki waktu untuk hal-hal itu tanpa membuat diri Anda bekerja terlalu keras,” kata Williams.
Ia pun mengatakan bahwa secara keseluruhan, mereka telah menemukan dengan persiapan sebelumnya, menciptakan ruang, dan hanya berfokus pada apa yang benar-benar perlu dilakukan, minggu ini penuh dengan kegembiraan dan bukan stres yang tidak perlu.
Bersikaplah Fleksibel dan Miliki Rencana Cadangan
Pembangunan hingga saat ini seringkali memakan waktu berbulan-bulan, tetapi kami tahu tentang rencana yang paling baik. Salah satu pelajaran utama yang David katakan bahwa dia telah belajar dari tahun-tahun sebelumnya adalah kebutuhan untuk menjadi fleksibel dan cepat beradaptasi dengan kinerja, tidak peduli seberapa banyak Anda memprediksi dan merencanakan sesuatu tidak akan selalu berjalan seperti itu dan Anda harus terus melakukannya.
Tidak semua promosi Iklan Facebook berhasil atau berjalan seperti yang Anda inginkan. David menyampaikan bahwa meskipun sebagian besar penjualan dimulai dengan panas, bahkan jika tidak, Anda tidak perlu panik.
Cobalah untuk melihat mengapa ini tidak berjalan seperti yang diharapkan, dan mereka selalu memastikan bahwa mereka memiliki salinan cadangan / kreatif / strategi yang siap digunakan. Selain itu, jika iklan mulai habis dalam penargetan ulang, Anda harus bertindak lebih cepat daripada yang Anda lakukan di waktu ‘biasa’.”
David menyapaikan, apabila kampanye penjualan benar-benar mulai panas, mereka biasanya akan membiarkannya berjalan setidaknya setengah hari sebelum menyentuhnya, kemudian jika kinerja tertahan, mereka akan mulai menskalakan anggaran untuk benar-benar mencoba dan memaksimalkan peluang BFCM. Pun ia menambahkan bahwa bagi mereka, hal tersebut berarti memeriksa setiap 3-4 jam dan menaikkan anggaran sekitar 20-50% beberapa kali sehari (atau turun sedikit jika kinerja menurun).
Mengotomatiskan ini sampai batas tertentu menggunakan aturan dan terutama untuk memotong iklan yang tidak menguntungkan mengurangi beban dan berarti ia bisa tidur lebih nyenyak! Di sinilah sangat penting untuk menetapkan tujuan yang jelas dengan klien untuk seperti apa kesuksesan itu dan seperti apa hasil yang harus diskalakan atau berikan jaminan, tidak lupa untuk memperhitungkan atribusi tertunda yang lebih buruk sepanjang tahun ini daripada yang lain.
Contoh Rutinitas Harian PPC
“Di PMG, selama beberapa hari ke depan, tim penelusuran dan sosial akan berfokus pada ketangkasan dan mengidentifikasi tren yang telah bergeser dari perkiraan kami. Ini termasuk menanggapi perubahan dalam volume pencarian, memperkirakan ulang dan melaporkan pembaruan untuk klien, dan bekerja untuk memanfaatkan peluang yang muncul sepanjang minggu,” kata Boerner. Mereka akan sangat bergantung pada solusi otomatis internal agensi yang disebut Alli untuk proses pemberitahuan yang efisien guna membantu tim memprioritaskan masalah saat muncul.
Melihat ke Depan
Buat catatan minggu ini tentang bagaimana proses bekerja, bagaimana komunikasi mengalir, masalah yang muncul, jam kerja dan pemikiran lain yang muncul di benak Anda. Ini akan membantu Anda mengabadikan momen ketika tiba waktunya untuk merefleksikan dan merencanakan perbaikan tahun depan.
Haruskah Anda mulai lebih awal? Haruskah Anda mempertimbangkan untuk melakukan diversifikasi ke lebih banyak saluran? Apa lagi yang bisa otomatis? Apakah pelaporan Anda efisien dan berguna? Apakah Anda “menciptakan ruang”, seperti yang disarankan Williams, untuk dapat merespons perubahan dan masalah secara efektif?
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.