Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Tips Menjadi Content Creator yang Ramai Peminat

Tips Menjadi Content Creator yang Ramai Peminat

-

Content creator adalah orang yang melakukan semua inisiatif pemasaran digital dengan membangun produksi konten yang didefinisikan sebagai proses melakukan penelitian, menghasilkan ide-ide strategis, mengubah ide-ide tersebut menjadi jaminan bernilai tinggi dan kemudian mengiklankannya ke audiens tertentu.

Halaman web, blog, infografis, film, dan postingan media sosial adalah contoh konten digital, yang pemasarannya menghasilkan tiga kali lipat dari jumlah prospek dibandingkan dengan pemasaran konvensional dengan biaya 62% lebih rendah.

Content creator adalah salah satu sarana bidang untuk memasarkan semua kontennya secara digital dan tentunya tidak menutup kemungkinan bahwa content creator adalah sebagai ladang usaha yang menjanjikan. Artikel kali ini akan membahas bagaimana menjadi content creator yang ramai peminat dan menjadi content creator yang berkualitas.

Cara Menjadi Content Creator

content-creator.

Semua konten memiliki satu tujuan, yaitu untuk membuat koneksi dengan audiens untuk mendatangkan prospek baru dan menghasilkan kembalinya konsumen sebelumnya. Pemula mungkin percaya bahwa membuat konten dimulai dengan pemikiran Anda sendiri dan apa yang ingin Anda komunikasikan.

Namun, mengetahui audiens (membayangkan apa yang mereka hargai, apa yang mereka anggap menarik, dan materi apa yang menarik bagi mereka) sebenarnya adalah langkah pertama yang penting dalam proses brainstorming.

Dan terlepas dari kenyataan bahwa dunia digital selalu berubah, ada metode untuk kegilaan pembuatan konten. Jika Anda mengikuti prinsip-prinsip di bawah ini, Anda akan segera memantapkan diri Anda sebagai pemimpin penciptaan, menarik prospek yang memenuhi syarat untuk siap memecahkan masalah mereka. Cara menjadi content creator adalah sebagai berikut:

Optimisasi Mesin Pencari

Content creator adalah orang yang harus membuat konten menarik bagi mesin pencari di bidang pemasaran saat ini. Asah kemampuan menulis Anda tentu saja membantu, tetapi juga gunakan alat SEO untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari materi.

Penulis konten web harus berpengalaman dalam dasar-dasar SEO dan menerapkannya pada pekerjaan mereka. Dan itu bukan keterampilan hanya untuk copywriter, SEO video dan pengoptimalan citra yang dikuratori dengan benar membantu peringkat konten lebih tinggi daripada yang seharusnya.

Pendekatan hebat lainnya dalam mempelajari bagaimana audiens berbicara tentang suatu topik adalah dengan melakukan penelitian kata kunci, yang juga akan membantu dalam mengidentifikasi opsi konten baru yang mungkin belum Anda jelajahi sebaliknya. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui dan mempelajari apa itu SEO supaya menjadikan konten Anda ramai peminat dan berkualitas tentunya.

Riset

Kurasi konten yang baik memerlukan penyulingan sejumlah besar informasi dan data ke dalam presentasi yang paling berguna dan relevan bagi pembaca, dan penelitian memberi Anda wewenang untuk membicarakan topik dengan cara yang relevan dan spesifik industri. Ini juga membantu Anda mengembangkan kemampuan menulis yang lebih kuat dan lancar dengan memberi Anda kepercayaan diri dan kejelasan.

Perubahan terjadi dengan cepat di hampir semua bisnis, jadi penelitian termasuk membaca karya orang lain tanpa lelah akan membantu Anda tetap up to date. Pengembang konten terbesar selalu ingin tahu, dan dengan gelisah mencari topik yang kemungkinan besar akan diminati oleh audiens target mereka.

Konsistensi

Semakin banyak materi yang Anda berikan, semakin banyak pengunjung yang akan diterima situs web Anda. Jika Anda ingin menjadi penerbit terbaik di bidang Anda, Anda harus membuat komitmen untuk mengeluarkan konten yang menarik minat pembaca secara teratur.

Ini bukan sesuatu yang Anda lakukan hanya ketika Anda memiliki waktu luang dan ini bukan hobi semata. Perlakukan content creator adalah sebagai pekerjaan dan untuk mencapai visibilitas, produksi konten digital membutuhkan dedikasi dan konsistensi. Ingat, “Segala suatu pekerjaan (apapun itu) pastinya membutuhkan yang namanya konsistensi”.

Pelajari tentang Audiens Anda

Jika Anda menggali cukup dalam tentang minat dan pola audiens, Anda akan menemukan ide-ide baru yang mungkin belum pernah Anda temukan sebelumnya. Data demografi dasar seperti usia, minat, pendidikan, lokasi, dan pola pembelian mungkin sangat membantu dalam menentukan jenis ide yang Anda butuhkan.

Memahami cutomer persona adalah kewajiban pertama Anda sebagai pembuat konten. Jadi, saat melakukan brainstorming konsep baru kepada audiens Anda, pertimbangkan apa yang menurut mereka menghibur, menarik, atau berguna, lalu pertimbangkan bagaimana ide-ide tersebut dapat masuk ke dalam strategi konten.

Analisis merek

Karakter dan suara merek, strategi desain, poin kuat, kelemahan, taktik pesaing, dan strategi konten efektif dengan nilai tertinggi semuanya harus disertakan saat membuat konten.

Hal ini hanya berhasil jika selaras dengan citra merek dan menyampaikan pesan dengan benar, jadi analisis merek sangat penting, dan juga akan membantu mengantisipasi ROI (Return of Investment) konten (keuntungan dari investasi yang hasilnya didapat dari pembagian antara income dengan modal).

Artikel terkait  Bagaimana Caranya Membuat Email Baru (Gmail) Lewat HP?

Perhatikan Umpan Balik

Minta umpan balik tentang materi dari pihak ketiga untuk memeriksa apakah Anda masih memikirkan audiens utama Anda dan apakah Anda berada di jalur yang benar dengan sasaran pemasaran konten yang ditetapkan pada awal proyek.

Meminta umpan balik dari konsumen dan kemudian meninjaunya dapat membantu mengidentifikasi pertanyaan yang belum terselesaikan tentang produk atau area yang mungkin tidak Anda pertimbangkan. Materi yang dibuat sebagai tanggapan atas pertanyaan tersebut akan memiliki dampak langsung dan signifikan pada basis konsumen saat ini.

Bekerja sebagai content creator adalah hal yang “susah-susah gampang” dan sekaligus memuaskan. Sebagian besar dari kita memiliki kemampuan untuk mengkurasi beberapa, tetapi membuatnya mencapai massa, dan kemudian mendapatkan kesuksesan melalui strategi konten, adalah permainan bola yang sangat berbeda. Saat mencoba menguasai domain ini, ingatlah “3C” (Customer, Creativity, dan Consistent), dan Anda siap melakukannya.

Pasarkan Konten Anda

Seperti yang dikatakan sebelumnya, content creator adalah hal yang susah-susah gampang, apabila Anda melakukannya sesuai strategi yang benar, maka kemudahan menunggu ANda. Mendorong lalu lintas ke situs platform Anda, meningkatkan keterlibatan, dan meningkatkan visibilitas merek adalah beberapa tujuan pemasaran konten yang dilakukan.

Dibawah ini akan membahas beberapa tips dan trik yang akan memastikan bahwa saat Anda menjalankan rencana pemasaran konten Anda.

1. Mengintegrasikan Platform Sosial

Apakah itu kampanye yang sedang Anda persiapkan atau kontes untuk satu hari, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah mengintegrasikan sebagian besar platform media sosial. Seorang pengguna tersedia di lebih dari satu situs jejaring sosial dan mengintegrasikan semua platform atau setidaknya sebagian besar platform memastikan cakupan yang lebih baik terhadap audiens dan koneksi konten.

Misalnya Anda memiliki akun youtube, tetapi audiens Anda kebanyakan di platform Instagram atau tiktok? Hal tersebut bukanlah masalah yang rumit dan susah dipecahkan. Anda hanya perlu membuat sebuah teaser untuk audiens Anda supaya mereka juga men-subscribe akun youtube dan menonton konten Anda di youtube.

Atau Anda memiliki sebuah blog website? Tentunya hal tersebut bukanlah hal yang tidak mungkin untuk diintegrasikan dengan platform Anda yang lain. Anda hanya perlu mencari cara menyelipkan akun-akun Anda saat melakukan pemasaran konten ANda.

2. Media yang Berkualitas

Konten bekerja dengan sangat baik bila Anda menyelaraskannya dengan media yang berkualitas seperti audio, visual, video, atau infografis. Menjadi lebih mudah bagi pengguna untuk memahami informasi ditambah tingkat keterlibatan meningkat.

Misalnya dengan menggunakan perangkat keras yang baik dan bagus kualitasnya, atau menggunakan perangkat lunak yang berkualitas untuk mengedit konten Anda. Jadi selalu pilih inklusivitas media yang berkualitas karena kehadirannya membuat tingkat keterlibatan meningkat.

3. Menggunakan Iklan Berbayar

Banyak platform media sosial memberi Anda kesempatan untuk memanfaatkan iklan berbayar. Ya, memang membutuhkan investasi tetapi kemudian investasi mengarah pada pengembalian investasi bukan? Jika anggaran Anda ketat, Anda dapat memanfaatkan iklan berbayar ini hanya sekali atau sebulan atau sekali dalam dua bulan alih-alih mendapatkannya secara teratur.

4. Posting yang Lebih Panjang

Menulis postingan yang lebih panjang, katakanlah 500 hingga 1000 atau 1000 plus kata, memberi Anda lebih banyak ruang untuk memasukkan kata kunci yang dapat meningkatkan lalu lintas Anda. Oleh karena itu, para ahli menyarankan Anda untuk menggambar konten yang melebihi 1000 kata karena akan menyebabkan peningkatan lalu lintas situs web.

Hal ini terutama dibutuhkan oleh content creator yang bergerak di bidang tulisan dan membutuhkan audiens yang banyak masuk ke dalam website mereka.

5. Giveaway

Pernahkah Anda menemukan sebuah content creator yang melakukan sebuah giveaway? Tentunya hal tersebut dilakukan bukan hanya karena iseng saja. Hal tersebut dilakukan untuk menarik banyak audiens lama dan bahkan audiens baru.

Tentunya berkali-kali kami menyinggung soal ROI, giveaway harus diperhatikan antara modalnya dan perkiraan keuntungan yang akan Anda dapatkan setelah melakukan hal ini. Ya, singkatnya hal ini bisa dikatakan sebagai iklan berbayar versi Anda sendiri.

6. Konsistensi adalah Kuncinya

Tidak ada yang mengecewakan seperti melihat blog yang sangat menarik tidak aktif selama berbulan-bulan, atau sebuah youtuber yang jarang post kontennya. Memiliki blog atau akun youtube tidak luput dari tanggung jawab serius terhadap audiensnya. Sering disarankan bahwa jika Anda tidak dapat cukup sering memperbarui akun Anda, lebih baik Anda tidak memilikinya.

Idealnya, frekuensi posting blog setidaknya seminggu sekali atau mengunggah video di akun youtube Anda setidaknya seminggu dua kali. Semua tergantung platformyang Anda gunakan, perhatikan saja para content creator yang sudah ada sebelum Anda.

7. Berita Utama Yang Memikat

Anda harus membuat berita utama Anda renyah, pendek, dan menarik. Judul yang lebih panjang sering kali cenderung membuat pengguna menjauh. Paranormal yang dimiliki khalayak internet berbeda karena mereka nekat dan lebih suka melirik daripada membaca. Judul Anda harus diartikulasikan dengan cara yang akan membuat pembaca mengklik dan membacanya.

Sama halnya seperti menjadi video content creator adalah harus memperhatikan bahasan atau topik yang akan diangkat. Hal tersebut harus sesuai dan menarik minat para audiens Anda, jangan asal-asalan membuat sebuah konten apabila tidak ingin menemukan sebuah kegagalan yang sia-sia.

8. Memasukkan Pengaruh

Seringkali mendapatkan suka organik menjadi tantangan bagi pemasar. Salah satu rute terbaik untuk menyambut suka organik adalah melalui influencer. Setiap komunitas terdiri dari berbagai influencer yang berasal dari berbagai daerah. Meyakinkan influencer tersebut untuk membagikan konten Anda dianggap sebagai salah satu strategi pemasaran konten terbaik.

9. Sentuhan Pribadi

konten apa pun yang Anda rencanakan untuk desain dan pasarkan, harap pastikan bahwa itu membawa sentuhan manusia menulis konten yang cukup membosankan, lurus lebih seperti robot yang hanya berbicara Anda perlu menambahkan sentuhan pribadi itu jika Anda membidik dalam mempengaruhi dan meyakinkan orang untuk memanfaatkan produk dan layanan Anda.

Memberikan feels terhadap konten Anda akan membuat konten Anda lebih hidup dan ramah untuk audiens Anda. Tentunya Anda harus melakukan hal ini jika tidak ingin kehilangan audiens Anda.

10. Jelajahi Kebanyakan Platform

Eksplorasi dan penelitian yang konstan sangat penting. Pemasaran konten tidak tetap ditafsirkan hanya untuk blogging atau lainnya dan sebagian besar perusahaan gagal menyadari fakta sederhana ini. Blogging tentu saja merupakan bagian dari penulisan konten atau strategi konten tetapi menggabungkan saluran media lain sama pentingnya jika Anda mengharapkan pengembalian investasi keuangan dan waktu Anda. Integrasikan media sosial, periklanan, hubungan masyarakat, dan mode lainnya bersama-sama untuk menyiapkan strategi pemasaran konten yang efektif.

Artikel terkait  Tips Cara Memilih Brand Ambassador Dengan Benar | Perbedaannya Dengan Brand Advocate dan Influencer

Penutup

Content creator adalah hal yang menjanjikan untuk dilakukan dan merupakan hal yang susah apabila Anda tidak mengetahui strateginya. Tentunya Anda sudah mengatahui bagaimana cara menjadi content creator dan bagaimana memasarkan konten Anda.

Kuncinya yaitu harus konsisten untuk post konten dan selalu memperhatikan audiens Anda serta memperhatikan feeback audiens kepada Anda. Jika Anda menjadi content creator, tentunya Anda dipaksa untuk memberikan kepuasan terhadap audiens Anda jika tidak ingin kehilangan audien-audiens Anda. Dan jangan lupa untuk selalu berdoa!

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menjadi atau akan memulai menjadi seorang content creator, dan jangan lupa untuk mengunduh MARKEY | Media Bisnis Online di Google Play Anda, karena masih banyak tips-tips, serta ide-ide yang menarik dan unik seputar bisnis dan pemasaran lainnya hanya untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

11 Aplikasi Desain Jersey Terbaik Untuk Android

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya