Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Sudah Mencoba Clubhouse? Ini Fungsi Clubhouse Bagi Pemasar

Sudah Mencoba Clubhouse? Ini Fungsi Clubhouse Bagi Pemasar

-

Clubhouse sebenarnya telah diluncurkan pada tahun 2020, namun melejit baru-baru ini sebab munculnya Elon Musk yang melakukan percakapan dengan dengan pimpinan Robinhood Markets di Clubhouse.

Clubhouse app memiliki kemiripan dengan podcast, para pengguna dapat mendengarkan berbagai wawancara, percakapan, maupun diskusi terhadap berbagai topik secara live, hanya saja ketika ruangan ditutup, semua percakapan juga ikut menghilang dan tidak tersimpan.

Aplikasi ini juga bisa disebut ekslusif, sebab baru bisa diakses oleh pengguna iPhone melalui undangan. Undangan yang dapat di berikan oleh seorang user pun hanya berjumlah 2 orang saja. Penggunaan aplikasi ini memang masih terbatas, namun CEO Clubhouse menyatakan bahwa aplikasi ini akan segera terbuka untuk pengguna Android juga.

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari mengapa bisnis harus mempertimbangkan untuk aktif di Clubhouse, aplikasi yang dapat difungsikan sebagai aplikasi pemasaran ini dan menemukan apa yang harus diketahui pemasar tentang aplikasi ini. Anda akan mengetahui cara kerja Clubhouse app dan mendapatkan tips untuk mengembangkan pengikut di Clubhouse.

Artikel terkait  Membuat Website yang Memenuhi Standar Pencarian Menggunakan Jasa SEO Berkualitas

Mengapa Clubhouse Penting untuk Bisnis dan Pemasar

Clubhouse memberikan pengalaman sosial yang sangat mirip dengan acara virtual khusus audio dalam skala besar. Saat ini ada sekitar 1 juta pengguna di Clubhouse app dan pada waktu tertentu, ada ribuan ruangan tempat orang-orang dari seluruh dunia mengadakan percakapan tentang berbagai industri, profesi, dan minat.

Percakapan dilakukan secara langsung dan tidak direkam untuk diputar ulang. Jika Anda tidak berada di dalam ruangan, Anda akan melewatkan apa yang terjadi. Artinya, orang-orang menghabiskan banyak waktu di aplikasi, mengantisipasi dan mencari percakapan tentang topik yang mereka minati.

Jika Anda seorang pemasar atau pemilik bisnis, ini menghadirkan peluang bisnis luar biasa untuk membangun diri Anda atau merek tempat Anda bekerja sebagai sumber daya masuk dan mempromosikan produk, layanan, atau acara.

Peluang bisnis untuk berbagi kisah merek atau kisah pendiri Anda, terhubung dengan pelanggan, mendapatkan umpan balik produk, menjalankan grup focus dan menghasilkan kesadaran pemasaran siap untuk diambil di Clubhouse.

Contoh Kasus Penggunaan yang Berhasil

Cukup dengan memberikan banyak nilai, Anda bisa menjadi sangat terkenal atas kualitas nasihat Anda dan mengembangkan koneksi dunia nyata yang mengarah ke bisnis. Di ruang Startup Club, seorang pengacara kekayaan intelektual sedang menjawab pertanyaan dari penonton. Di akhir percakapan selama 2 jam tersebut, dia telah terhubung dengan sekitar 20 klien baru.

Terlebih lagi, sifat Clubhouse sangat cocok untuk membangun kesadaran merek melalui kampanye dari mulut ke mulut. Mantan CEO dan Presiden Focus Brands (perusahaan induk Cinnabon) Kat Cole menyelenggarakan ruang jam kerja mingguan untuk membantu pebisnis dan wirausahawan lain menemukan jalan mereka dalam bisnis.

Selama beberapa minggu, dia akan berkata, “Hei, jika ada yang menginginkan Cinnabon, kirimkan saja alamatmu padaku. Aku akan mengirimmu Cinnabons.” Selama 2 minggu berikutnya, hampir setiap ruang Clubhouse yang didiami Ed membicarakan tentang Cinnabon.

Artikel terkait  Cara Memilih Keyword SEO | Poin Pemilihan Keyword untuk Mengalahkan Situs Web Kompetitif

Cara Menggunakan Clubhouse app

clubhouse-1

Clubhouse memudahkan orang untuk menemukan satu sama lain dan berkumpul, Anda dapat terhubung dengan orang yang mungkin tidak Anda ajak bicara untuk mendapatkan nasihat tentang kemitraan, perekrutan, investasi, dan banyak lagi. Berikut adalah beberapa cara menggunakan Clubhouse app untuk membantu Anda memasarkan bisnis Anda.

  1. Cara Menemukan Orang, Ruangan, dan Klub untuk Diikuti

Kunci dari pengalaman Clubhouse yang berharga dan dapat dikelola adalah menjadi sangat strategis dengan orang, ruangan, dan klub yang Anda ikuti. Mengikuti salah satu dari ini secara acak dapat menyebabkan Anda melihat terlalu banyak ruangan dan klub yang tidak Anda minati. Jika Anda berhati-hati dengan apa dan siapa yang Anda ikuti, lorong akan hampir selalu menampilkan ruang yang sesuai dengan minat Anda.

Metafora pengorganisasian sentral dari aplikasi ini dibangun berdasarkan namanya: Clubhouse. Saat pertama kali membuka aplikasi, Anda berada di lorong dan Anda akan melihat daftar ruang.

Ruangan ini sebagian besar akan didasarkan pada orang dan klub yang Anda ikuti, tetapi Anda juga akan melihat ruang yang sedang tren. Jika Anda baru mengenal aplikasi, ini akan merekomendasikan beberapa orang untuk Anda ikuti yang sering menjadi kontak di direktori telepon Anda.

Saat Anda berjalan ke dalam ruangan, Anda akan menemukan orang menarik lainnya untuk diikuti. Selanjutnya, variasi dan jumlah ruangan yang ditampilkan di lorong Anda akan berubah dan bertambah.

Semakin banyak waktu yang Anda habiskan di Clubhouse app, semakin besar kemungkinan Anda berada di ruang publik yang diselenggarakan oleh sebuah klub. Anda dapat mengetuk ikon rumah kaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang klub, melihat keanggotaan, dan memutuskan apakah akan mengikutinya.

  1. Cara Menumbuhkan Pengikut di Aplikasi Clubhouse

Menumbuhkan pengikut di Clubhouse dapat berdampak besar pada bisnis Anda. Jika tujuan Anda adalah memposisikan diri dan menarik pengikut, Anda harus aktif di aplikasi dan muncul di tahapan.

Meskipun tergoda untuk melompat ke ruangan besar, kemungkinan Anda diperhatikan di antara 5.000 orang lainnya sangat kecil. Ruangan dengan 5, 10, atau 20 orang penonton memberikan kesempatan yang lebih baik bagi Anda untuk diundang ke atas panggung.

Pastikan ruangan yang Anda masuki relevan dengan industri Anda dan kenali orang-orang yang sering berkunjung. Ketika Anda menjadi lebih aktif dan muncul secara konsisten, orang-orang yang menjadi tuan rumah ruang tersebut lebih cenderung menarik Anda ke atas panggung di mana orang-orang di antara penonton akan memperhatikan Anda. Semakin banyak Anda di atas panggung, semakin banyak pengikut yang akan Anda tarik.

Saat Anda dibawa ke panggung, jangan gunakan waktu Anda untuk memberi tahu orang-orang siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dengan siapa Anda bekerja, dan sebagainya. Sebaliknya, fokuslah untuk memberikan nilai. Ajukan pertanyaan Anda atau jawab pertanyaan dengan jelas dan ringkas. Berikan nilai dan orang-orang di Clubhouse akan mengklik bio Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang Anda dan mengikuti Anda.

Biografi Clubhouse Anda adalah tempat Anda dapat memberi tahu semua orang tentang apa Anda ingin dikenal. Apa yang Anda masukkan dalam bio Anda akan menentukan bagaimana orang menemukan Anda melalui pencarian di direktori anggota atau direktori klub, dan jenis pengikut yang Anda tarik.

  1. Tips Menyelenggarakan Ruang Pada Clubhouse

Saat Anda membuat ruang Anda secara otomatis menjadi moderator untuk ruang itu. Sebagai moderator, Anda mengontrol siapa yang naik ke panggung, Anda dapat melakukan mute terhadap orang lain, dan Anda dapat memberikan peran moderator kepada orang lain.

Sebagai tuan rumah, tujuan Anda adalah menertibkan ruangan dan mengantisipasi apa yang dibutuhkan audiens. Kadang-kadang, itu mungkin berarti istirahat sejenak, di mana Anda meminta penonton untuk mengikuti moderator Anda. Saat Anda menyambut semua orang kembali, Anda mungkin meminta mereka untuk mem-ping seseorang yang mereka kenal ke ruangan itu. Sertakan suara orang-orang dari seluruh dunia yang memiliki perspektif berbeda untuk membuat percakapan Anda lebih menarik, berhubungan, dan berharga bagi audiens Anda.

  1. Gunakan Klub di Clubhouse

Lorong adalah daftar ruangan, ruangan tempat diskusi berlangsung, kalender acara menampilkan ruangan yang telah dijadwalkan, dan klub memudahkan untuk mengumpulkan orang terlebih dahulu untuk acara atau ruangan mendatang apakah ruangan itu publik atau pribadi.

Ruang publik klub terbuka untuk siapa saja. Siapapun yang mengikuti klub Anda akan mendapatkan notifikasi saat Anda membuat atau membuka ruang publik. Anda juga dapat membuat ruang pribadi yang memungkinkan anggota berdiskusi satu sama lain atau memungkinkan Anda memberikan akses dan informasi eksklusif yang tidak ingin Anda bagikan secara publik.

Penutup

Bagaimana apakah Anda sudah mulai tertarik untuk menggunakan Clubhouse? Walau masih terbilang baru, tidak ada salahnya Anda mencoba aplikasi yang satu ini untuk mulai memasarkan usaha atau bisnis Anda.

Walau masih belum dapat diakses oleh pengguna Android, baru-baru ini CEO Clubhouse mengatakan akan segera membuat Clubhouse yang dapat diakses oleh berbagai pihak termasuk pengguna andoroid. Ikuti langkah-langkah diatas untuk membantu Anda mulai beradaptasi dengan Clubhouse!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya