Kita hidup di dunia yang bergerak cepat dan ini berarti kebiasaan pengguna berubah. Belakangan ini, orang lebih suka menonton video daripada membaca postingan artikel berjumlah dua ribu kata. Selain itu, jika kita menambahkan komponen emosional yang dimiliki oleh video marketing, itu membuatnya lebih mencolok karena terhubung dalam hitungan detik.
Karenanya, kehadiran di YouTube, mesin pencari terbesar kedua di internet setelah Google dan keunggulan jaringan sosial video, merupakan strategi pembeda untuk merek/ brand. Oleh karena itu, mengerjakan branding Anda dengan format video merupakan peluang untuk meningkatkan komunikasi korporat yang tidak boleh Anda lewatkan.
Citra brand adalah pandangan konsumen saat ini tentang suatu brand/ merek. Citra menandakan untuk apa merek saat ini berdiri karena berkaitan dengan misi dan visi organisasi. Singkatnya, citra brand adalah persepsi konsumen tentang brand Anda.
Citra brand tidak lain adalah karakter organisasi yang merupakan akumulasi kontak dan pengamatan oleh orang-orang di luar organisasi.
Jika Anda berpikir bahwa citra brand Anda masih setengah-setengah alias nanggung dan apa yang dilihat klien Anda bukanlah apa yang Anda inginkan, perhatikan apa yang akan saya sampaikan pada artikel kali ini, untuk memberikan konten yang berharga kepada calon konsumen Anda melalui format yang paling mereka sukai yakni vide Youtube untuk semakin memperkuat citra brand Anda .
Mengapa menggunakan YouTube untuk meningkatkan citra merek Anda?
Video telah menjadi format yang disukai pengguna saat ini. Audio Visual, dapat dengan mudah dimengerti dibagikan, menciptakan hubungan emosional yang kuat dengan pengguna (sehingga mereka akan mengingat Anda untuk waktu yang lebih lama dalam ingatan mereka), membuat Anda memposisikan diri Anda sebagai tolak ukur di sektor Anda dan juga dapat menjadi viral ditengah sosial media.
Jadi apa yang menghentikan Anda dari mengembangkan strategi pemasaran video dan menggunakan YouTube sebagai saluran? Video menghibur, menghasilkan keterlibatan, dan memberikan konten berharga kepada pengguna.
Semuanya adalah keuntungan. Anda hanya perlu merencanakan strategi video YouTube Anda, menjelaskan tujuan Anda dan menentukan pesan yang ingin Anda sampaikan.
Kiat untuk meningkatkan pembangunan brand Anda dengan video di YouTube
Kami telah menganalisis dengan cermat beberapa masalah penting yang kami sampaikan kepada Anda melalui artikel ini, sehingga Anda dapat memperkuat citra brand Anda dan terhubung dengan pemirsa Anda dengan segera.
1. Identifikasi tujuan Anda
Apakah tujuan Anda untuk menginspirasi, mendidik, atau menghibur? Berdasarkan ini, Anda dapat membuat video dengan satu format atau lainnya.
Misalnya, jika Anda ingin mendidik tentang suatu topik, Anda dapat membuat video dimana Anda memberikan saran, melakukan webinar langsung, kursus gratis, atau membuat video tanya jawab atau QnA.
Sebaliknya, jika Anda ingin menginspirasi atau memotivasi audiens Anda, Anda harus melakukan tutorial, menunjukkan testimonial yang berbicara tentang pengalaman mereka dengan merek Anda atau menceritakan kisah bisnis Anda dan apa yang terjadi di balik layar.
Terakhir, jika tujuan Anda tidak lain adalah untuk menghibur, Anda dapat berkolaborasi dengan kolega atau influencer lain dan membicarakan topik terkini dan melakukan sesuatu yang sedang tren.
2. Optimalkan saluran Anda
Tahukah Anda bahwa profil yang tidak lengkap akan memberikan citra yang buruk dan tidak profesional? Informasi terpenting yang harus Anda selesaikan di saluran YouTube Anda adalah:
- Foto profil, di mana Anda harus menambahkan logo Anda.
- Gambar header yang menarik.
Buat cuplikan agar pengguna lebih mengenal Anda dan mendorong mereka untuk berlangganan saluran Anda. Di sini Anda harus memberi tahu mereka apa yang Anda lakukan dan apa yang akan mereka dapatkan jika mereka mengikuti Anda.
Buat daftar putar dengan video Anda yang paling populer. Jadi, ketika pengguna baru memasuki saluran Anda, mereka akan melihat saluran yang paling sukses. Jika tidak, dan video terakhir Anda memiliki sedikit kunjungan, itu akan menjadi yang pertama mereka lihat dan mereka akan mendapatkan citra yang buruk dari channel Anda. Ingatlah bahwa Anda harus menjual diri Anda dengan baik.
Tambahkan logo perusahaan Anda ke semua video. Anda dapat melakukannya dari YouTube Studio, pada opsi Branding. Dari sana Anda dapat memilih tempat untuk meletakkannya dan untuk berapa lama.
3. Gunakan bahasa yang tepat
Jika Anda memiliki audiens muda milenial dan gen Z, Anda tidak dapat menyapa mereka dengan nada formal atau memanggil mereka dengan “Anda”. Dalam hal ini, atasi mereka dengan nada yang lebih informal, dekat dan alami. Menjadi dekat bukan berarti Anda tidak bisa menjadi profesional.
Sebaliknya jika yang Anda hadapi adalah baby boomer, gunakanlah bahasa yang formal dan tata bahasa yang baik dan sopan. Itulah mengapa saya selalu mengatakan bahwa mengetahui audiens Anda dengan baik adalah kunci sebelum merencanakan strategi pemasaran apa pun. Berikut adalah cara agar Anda dapat mengetahui audien Anda;
1. Lakukan riset sebelumnya
Pertama, lakukan riset pasar, dan pastikan demografi yang Anda pilih tepat untuk merek dan produk Anda. Jangan hanya melihat satu demografis yang Anda asumsikan sejak awal dan mengukur minat pada produk Anda dari area lain.
2. Lihatlah pesaing Anda
Di sini, Anda akan melihat pesaing Anda (setidaknya mereka yang memiliki target audiens yang sama dengan Anda). Evaluasi merek mereka, jenis strategi pemasaran yang mereka gunakan dan pesan yang mereka bawa dalam iklan mereka.
3. Ciptakan persona audiens
Di sini, Anda akan bekerja untuk membuat garis besar “pelanggan target” ideal Anda. Dalam kebanyakan kasus, ini mengambil bentuk karakter fiksi, yang Anda bentuk dengan sedikit informasi seperti tingkat pendidikan, kehidupan keluarga, karier dan pendapatan, dan bahkan mungkin detail seperti nama dan ciri-ciri kepribadian.
Ini membantu Anda membuat konsep dan “berbicara dengan” pelanggan target rata-rata Anda, dan ini berfungsi sebagai alat yang ideal untuk mempercepat anggota tim Anda yang lain.
4. Kenali klien Anda secara pribadi
Ini adalah langkah besar, tetapi Anda hanya dapat mulai mengambilnya setelah Anda memiliki beberapa pelanggan aktual. Pantau komentar dan keterlibatan pembaca
Komentar dan keterlibatan sangat penting jika Anda menjalankan pemasaran konten atau strategi media sosial (sebagaimana seharusnya). Tujuan Anda di sini adalah untuk memperhatikan berapa banyak orang yang menanggapi pekerjaan Anda, bagaimana mereka menanggapi, dan seberapa sering mereka menanggapi.
Umumnya, semakin banyak “keterlibatan” yang Anda terima (seperti komentar, suka, dan bagikan), semakin baik kampanye Anda. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menemukan topik konten apa yang dihargai audiens Anda atau jenis pesan apa yang tidak menarik bagi mereka.
Ukur metrik ini dari waktu ke waktu untuk menetapkan pola dan mempelajari lebih lanjut tentang audiens Anda.
5. Lakukan survei
Apa pun yang ingin Anda ketahui tentang audiens target Anda, Anda dapat memasukkan format pertanyaan dan mengirimkannya ke pengikut sosial dan pelanggan email Anda. Dari sana, Anda dapat mengukur hasil (atau membacanya secara manual) dan mendapatkan semua wawasan yang Anda inginkan. Satu-satunya peringatan adalah Anda mungkin harus mendorong partisipasi dengan hadiah atau reward.
4. Buat video berkualitas
Merekam video dengan kualitas yang baik akan menjadi faktor pembeda lain yang membuat pengguna lebih memilih Anda dan bukan pesaing Anda. Melalui ini dan penceritaan saya dapat memotivasi dan menarik pengguna hingga akhir video.
Dan yang terbaik dari semuanya adalah saya meminta mereka untuk melakukan tindakan yang saya minta: bagikan videonya (terkadang menjadi viral), kunjungi halaman arahan tertentu, tinggalkan data mereka untuk saya, dll.
Penutup
Manfaatkan potensi pemasaran video dengan membuat (jika Anda belum memilikinya) saluran di YouTube, selain dapat menawarkan konten yang berharga kepada audiens Anda dengan video di YouTube, posisi ini sangat baik di Google, sehingga Anda akan mendapatkan visibilitas dan memperkuat citra brand Anda dalam waktu yang singkat.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.