Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy 7 Peran Khusus Aplikasi Online dalam Menekan Modal Bisnis...

7 Peran Khusus Aplikasi Online dalam Menekan Modal Bisnis Restoran 2021

-

Kabar gembira datang untuk Anda yang tengah merintis usaha kuliner online! Studi terbaru menunjukkan adanya 7 manfaat positif berbisnis memakai aplikasi restoran, khususnya untuk menekan budget modal usaha.

Berbisnis kuliner tahun ini mau tak mau harus dilakukan secara online gara-gara pandemi. Merintis usaha kuliner online adalah jawaban untuk tetap berdagang meskipun masyarakat sudah tak bebas lagi bepergian kemana-mana.

Berjualan dengan aplikasi restoran android adalah pilihan terbaik untuk menciptakan transaksi yang lancar. Dibandingkan dengan website, aplikasi bisnis restoran menghadirkan lebih banyak fitur serta kepraktisan pemesanan.

Pun selain berguna untuk meningkatkan omset selama pandemi, aplikasi restoran android turut bermanfaat untuk menekan pengeluaran modal Anda. Jelas ini adalah kesempatan emas yang tak boleh disia-siakan untuk mempertahankan usaha kuliner Anda!

Mari langsung cari tahu ketujuh manfaat merintis usaha kuliner online dengan aplikasi restoran android berikut ini. Selamat membaca!

70% Restoran Gagal Bertahan Selama Pandemi

Berita duka selalu datang dari berbagai arah selama masa pandemi. Dunia bisnis pun tak luput dari musibah. Bisnis kuliner yang terkenal sebagai usaha “tahan banting” berprospek tinggi nyatanya ikut lumpuh diserang pandemi Covid.

Penelitian terbaru dari Suffescom memperlihatkan tingginya angka kegagalan bisnis kuliner dalam bertahan selama pandemi. Hampir 50% restoran dan usaha makanan berakhir bangkrut, bahkan dari awal masa lockdown. Sedangkan 70% sisanya masih berusaha di ambang kematian untuk mempertahankan konsumen.

Dengan kata lain, tipis sekali harapan bagi bisnis kuliner untuk berjaya di masa pandemi sekarang ini. Ketika rumah makan sepi pengunjung, pemiliknya mau tak mau harus mencari strategi pertahanan baru. Kebanyakan pebisnis saat ini memilih untuk memotong modal biaya operasional sebagai solusi.

Memotong biaya operasional dan modal adalah satu-satunya jawaban supaya bisnis kuliner Anda bisa terus berjalan setiap hari. Studi yang sama juga menyebutkan, alasan utama bisnis kuliner bangkrut saat pandemi adalah karena mereka tidak mengurangi budget modal operasional. Ketika angka pengeluaran modal tinggi tetapi jumlah pemasukan (penjualan) menurun, akibatnya bisnis akan merugi dan bangkrut.

Artikel terkait  Email Marketing Adalah? Perbedaannya dengan Email Magazines, Kasus dan Manfaatnya, hingga Alat yang Direkomendasikan

7 Manfaat Aplikasi Restoran Android untuk Menekan Modal Bisnis Kuliner

aplikasi-restaurant-2

Sekarang kita sudah tahu bahwa menekan budget modal adalah satu-satunya jalan untuk mempertahankan bisnis selama pandemi. Tapi bagaimana cara terbaik untuk mengurangi modal tersebut?

Tidak perlu bersusah payah, Anda bisa mengurangi biaya operasional dengan merintis usaha kuliner online memakai aplikasi restoran android. Satu aplikasi bisnis restoran terbukti cukup untuk memotong pengeluaran sekaligus mengefisiensikan penjualan tanpa tatap muka.

Berikut ulasan selengkapnya dari keuntungan memakai aplikasi restoran untuk bisnis Anda:

Praktis Membuat Laporan Kerja yang Akurat

Sekarang Anda tidak perlu menambah beban biaya menyewa tenaga akuntan, administrator ataupun sekretaris khusus hanya untuk membuat laporan kerja perusahaan. Aplikasi resto mempunyai fitur khusus untuk menyusun laporan harian, mingguan, bulanan ataupun tahunan secara komplit.

Laporan kerja adalah hal penting yang wajib dimiliki setiap usaha. Tanpa laporan, Anda tidak akan bisa memantau perkembangan bisnis atau melacak kelemahan usaha secara rinci. Sebuah laporan yang baik umumnya mempunyai banyak unsur lengkap di dalamnya, seperti:

  • Laporan penjualan (pemasukan harian, waktu terbaik penjualan, produk best-seller dan yang kurang laku).
  • Laporan stok produk atau bahan baku yang tersisa (untuk menentukan kapan hendaknya me-restock bahan baku).
  • Laporan pengeluaran (modal operasional, modal diskon, sewa tempat, dan lain-lain).
  • Laporan produktivitas, performa dan jam kerja pegawai (untuk perhitungan gaji), serta lain-lainnya.

Banyaknya hal yang harus ditulis tersebut seringkali membuat pebisnis kewalahan untuk mengelolanya seorang diri. Akhirnya, banyak orang memilih mempekerjakan tenaga akuntan atau administrator tambahan untuk membantu menyusun laporan. Sayangnya langkah ini termasuk menambah beban modal Anda dan kurang efektif selama pandemi.

Jika menggunakan aplikasi, Anda tentu tidak perlu menyewa tenaga tambahan untuk menyusun laporan. Semua data transaksi, stok, pengeluaran hingga produktivitas bisa dicatat dengan rapi serta akurat oleh aplikasi. Cukup klik fitur laporan dan Anda sudah bisa mendapatkan rincian data lengkapnya.

Mengurangi Jumlah Pegawai

Tak satupun pebisnis dengan senang hati memberhentikan pegawainya, apalagi di masa serba sulit seperti sekarang. Namun demi mempertahankan usaha di ambang kebangkrutan, menekan jumlah pegawai dan beralih ke aplikasi bisa menjadi solusi terbaik.

Pemakaian aplikasi yang ringkas, simpel dan serba otomatis bisa mengurangi beban Anda untuk mempekerjakan banyak orang. Semisal dulu Anda punya dua orang staf yang bertugas di kasir 1 untuk mencatat pesanan dan menginfokannya ke koki; 1 lagi untuk melayani transaksi.

Sekarang tugas mencatat pesanan, menginfokan ke koki, dan melakukan transaksi bisa dilakukan serba otomatis memakai aplikasi bisnis restoran android. Kapanpun ada pesanan baru masuk, data akan langsung diinfokan melalui push notification supaya bisa dibaca oleh koki yang bertugas.

Lalu, uang dari konsumen akan langsung berpindah ke kas restoran setelah pesanan terkonfirmasi diterima pembeli. Anda tidak perlu lagi menyewa banyak pegawai cukup pekerjakan orang-orang yang memiliki kinerja bagus dan berperan dalam posisi penting. Semisal koki, kurir delivery dan tenaga kasir saja.

Sistem Kasir Otomatis (POS)

Update sistem kasir Anda ke mekanisme yang lebih simpel dan otomatis dengan sistem POS. POS adalah sistem kasir modern yang bisa mencatat semua transaksi Anda sedetil-detilnya. Mulai dari produk paling laris manis, rincian transaksi masuk atau keluar, informasi shift pegawai yang bertugas, rincian potongan diskon, dan seterusnya.

Menggunakan aplikasi kasir POS jauh lebih hemat karena bisa menekan biaya sewa tenaga kasir manual sekaligus meminimalisir kesalahan pencatatan. Anda tidak perlu lagi was-was pegawai akan melakukan kecurangan, data transaksi tercecer atau hilang, dan mengalami hal-hal buruk lain yang berujung pada kerugian.

Simak rekomendasi aplikasi kasir POS terbaik pada artikel spesial MARKEY ini.

Memudahkan Pengelolaan Stok Produk

Tak kalah penting dari sistem kasir saat merintis usaha kuliner online adalah pengelolaan stok produk atau bahan baku. Bahkan dapat dikatakan pengelolaan stok adalah hal yang paling krusial dalam dunia bisnis kuliner.

Dengan mengetahui berapa jumlah stok produk yang tersisa, Anda bisa dengan tepat memperkirakan waktu terbaik untuk me-restock bahan baku, menambah atau menguranginya. Ini juga merupakan sebuah strategi yang bagus untuk menekan pengeluaran.

Semisal data di aplikasi menunjukkan bahwa menu A di resto Anda kurang laku belakangan ini. Sedangkan menu B adalah yang paling laris dibeli. Untuk pemaksimalan pendapatan, Anda bisa mengurangi stok untuk produk A dan mengalihkannya ke menu B.

Praktis Melayani Konsumen (Customer Service)

Dari luar, pekerjaan di sebuah restoran terkesan sederhana: pembeli memesan makanan, makanan dibuatkan, lalu disajikan. Namun sesungguhnya alur kerja bisnis kuliner tidak kalah kompleks dibandingkan bisnis-bisnis lain.

Ada banyak tugas yang harus dikerjakan oleh seorang pegawai restoran. Mulai dari mengelola stok, mengupdate harga, hingga melayani konsumen. Pelayanan konsumen juga tidak hanya terjadi saat transaksi. Ada kalanya pegawai harus siap menjawab pertanyaan konsumen atau meladeni komplain.

Biasanya diperlukan tenaga customer service khusus untuk mengurusi keluhan dan pertanyaan konsumen. Tetapi kembali lagi, menyewa tenaga customer service tambahan bukan langkah bijak selama pandemi.

Tidak perlu cemas, Anda masih bisa melayani konsumen sebaik-baiknya memakai aplikasi restoran android terbaik. Aplikasi resto kekinian dilengkapi fitur chat untuk memudahkan komunikasi Anda dengan pembeli. Ada juga fitur-fitur bermanfaat lain seperti riwayat pesanan untuk cross-check data transaksi; dan maps untuk memantau posisi kurir delivery yang mengantar pesanan.

Memaksimalkan Penjualan

Berkat aplikasi bisnis restoran, Anda tidak perlu khawatir kehilangan pemasukan meski pemerintah melarang masyarakat untuk bepergian dan berkumpul di tempat umum selama pandemi. Masyarakat juga terbantu sebab bisa lebih leluasa memesan makanan dari mana saja, kapan saja dan bebas kekhawatiran.

Cukup klik menu yang ingin dipesan dan konfirmasi pembayaran. Sisanya pihak restoran yang akan menyiapkan serta mengirimkan pesanan ke alamat masing-masing. Agar konsumen lebih tertarik belanja, tidak ada salahnya untuk menyediakan voucher diskon serta cashback yang bisa dimanfaatkan setiap transaksi.

Artikel terkait  Segmentasi Pasar Adalah : Pengertian, Tujuan dan Contohnya

Menekan Biaya Promosi

Terakhir, aplikasi bisnis restoran bisa turut serta menekan biaya promosi bisnis Anda. Sebab Anda tidak perlu lagi melakukan promosi di berbagai tempat. Iklan bisa dipasang langsung pada aplikasi resto melalui fitur push notification untuk menarik minat belanja konsumen. Jadi tidak perlu lagi keluar uang tambahan untuk membayar pemasangan iklan di sosial media, televisi, pamflet, dan lain-lain.

Pelajari selengkapnya bagaimana cara memanfaatkan fitur push notification untuk promosi pada artikel MARKEY spesial ini.

Dapatkan Aplikasi Restoran Android Anda di Sini!

aplikasi-restaurant-1

Banyak sekali ragam manfaat aplikasi resto untuk menekan modal bisnis kuliner Anda! Dengan bantuan aplikasi canggih kekinian, Anda bisa mengelola usaha kuliner dengan lancar walaupun dihadang pandemi.

Akan tetapi bagaimana caranya mendapatkan aplikasi bisnis kuliner online terbaik dengan mudah? Tentunya tidak semua orang bisa membuat aplikasi sendiri. Dibutuhkan kemampuan dan keterampilan komputer khusus supaya bisa tercipta sebuah aplikasi bisnis unggul dengan fitur canggih mumpuni.

Oleh karena itu, Anda bisa memercayakan langsung pengerjaan aplikasi kuliner ke para ahlinya di APPKEY. APPKEY adalah jasa pengembang aplikasi dan website profesional yang sudah beroperasi belasan tahun di Indonesia. Kali ini, APPKEY menawarkan aplikasi delivery yang cocok untuk merintis usaha kuliner online selama pandemi.

Aplikasi Delivery APPKEY dilengkapi dengan fitur restoran online masa kini yang canggih dan memudahkan konsumen memesan kapanpun dimanapun. Kelengkapan menu modernnya dijamin bisa meningkatkan kinerja usaha makanan Anda, baik saat ini maupun di masa yang akan datang.

Plus, ada beberapa keuntungan lain yang ditawarkan APPKEY hanya untuk Anda:

  • Konsultasi gratis dengan ahli – bingung bagaimana sebaiknya menyusun strategi bisnis kuliner secara online? APPKEY menyediakan jasa konsultasi gratis dengan staf ahli berpengalaman untuk Anda. Susun rencana bisnis Anda sekarang bersama kami.
  • Gampang untuk promosi – tingkatkan jumlah penjualan Anda secara efektif dengan fitur promosi maupun push notification versi terbaru yang ada langsung di aplikasi resto Anda.
  • Garansi 100% – aplikasi Anda akan selalu kami uji sebelum digunakan berbisnis. Anda juga bisa mengklaim garansi seumur hidup untuk penambahan update atau perbaikan pada app.
  • Sistem keamanan dan fitur unggulan – data-data penjualan Anda aman sepenuhnya karena aplikasi APPKEY dilengkapi dengan sistem keamanan terbaru. Plus, kami menyediakan fitur unggulan seperti manajemen penjualan, produk, pengguna serta pengiriman yang praktis untuk memudahkan Anda mengelola dagangan harian.
  • Harga aplikasi yang murah meriah – tidak seperti perusahaan aplikasi lain, APPKEY berusaha membuatkan aplikasi terbaik yang sekaligus ramah di kantong Anda. Hanya 1x bayar saja, lalu Anda sudah bisa mendapat paket aplikasi lengkap dari nol, jaminan garansi 100%, sampai pendaftarannya ke AppStore dan Google Play.

Dan masih ada banyak lagi keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari APPKEY! Jadi mau tunggu apa lagi? Segera download aplikasi bisnis restoran Anda dari https://appshop.co.id/delivery/ sekarang juga!

Jangan ragu juga untuk menghubungi kami di sini kalau ingin berkonsultasi tentang masalah bisnis Anda dengan tim profesional APPKEY. Kami akan selalu siap membimbing Anda hingga mencapai target bisnis impian. Sampai jumpa di APPKEY!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya