Tahun ini merupakan tahun yang sulit bagi hampir semua orang, tidak terkecuali bagi agensi pemasaran digital. Ketika penutupan bisnis terjadi pada musim semi, sekitar 66% agen pemasaran mengatakan mereka mengalami penurunan pendapatan secara keseluruhan.
Sebuah Laporan data dari CallRail menunjukkan tren yang sama, dengan volume panggilan di industri periklanan dan pemasaran turun sebesar 29% sebelum COVID melanda.
Selanjutnya menurut survei CallRail pada musim gugur, terhadap 167 pemimpin pemasaran global yang menggunakan layanannya dan menemukan bahwa sebagian besar lembaga akan menyelesaikan tahun 2020 dengan pendapatan tahunan lebih tinggi daripada tahun 2019.
Para pemimpin pemasaran digital menunjukkan bahwa agensi mereka sangat tangguh, Secara keseluruhan, pemimpin agensi melaporkan kepuasan di banyak area bisnis yang berbeda, seperti bakat dan keahlian, layanan pelanggan, dan pemosisian mereka.
Saat ditanya tentang kemampuan mereka untuk mencapai metrik pertumbuhan utama seperti menghasilkan prospek klien baru dan menutup bisnis baru sebagian besar biro iklan juga menunjukkan keyakinan yang kuat bahwa mereka bisa melewati semuanya.
Daftar Isi
Bagaimana Prospek keuangan Agensi Pemasaran di Tahun 2021?
Dalam survei CallRail, 88% agensi menyatakan bahwa mereka puas hingga sangat puas dengan kesehatan keuangan agensi mereka. Hanya 3% yang sangat tidak puas. Sejalan dengan temuan ini, sebagian besar agensi juga mengantisipasi pendapatan mereka melebihi tahun 2019 pada akhir tahun 2020.
Kyle Shurtz, selaku wakil presiden kinerja di Avalaunch Media, melaporkan peningkatan bisnisnya, hal ini disebabkan karena peralihan ke saluran digital selama pandemi. Shurtz mengatakan, karena pihaknya hanya berfokus pada periklanan online, mereka memiliki lebih banyak bisnis yang masuk saat orang-orang beralih dari offline ke online.
Bahkan bagi agensi yang mengalami penurunan pendapatan di musim semi atau yang model bisnisnya lebih beragam antara iklan online dan offline, masih ada harapan hingga tahun 2020.
Molly Randolph, wakil presiden layanan klien di The Barbauld Agency, mengatakan Pandemi memaksa orang-orang untuk melihat bisnis mereka dan membuat keputusan yang tidak akan mereka buat sebaliknya.
Dale Powell, direktur pelaksana Atomic Marketing, sependapat. Powell mengatakan, pihaknya menjadi memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan tentang arah bisnis dan jenis klien yang ingin mreka ajak untuk bekerja sama.
Mereka membuat beberapa keputusn seperti, menaikkan harga dan lebih tegas mengatakan “ini adalah harga kami,” yang telah menghilangkan pemborosan waktu. Powell juga memprediksi pendapatan agensinya akan melebihi tahun lalu.
Agensi Pemasaran Memberikan Nilai Strategis Kepada Klien
Dilihat sebagai mitra strategis adalah salah satu cara utama biro iklan dapat meningkatkan nilai mereka bagi klien dan, di departemen ini sebagian besar biro iklan mengira mereka melakukannya dengan cukup baik.
Menurut 67% biro iklan, alasan utama klien memilih biro iklan mereka adalah karena mereka telah menetapkan diri sebagai mitra strategis yang kuat.
Umur panjang yang dimiliki sebagian besar agensi dengan klien adalah indikator lain bahwa klien yakin agensi memberikan nilai yang cukup untuk terus menggunakan layanan mereka. Hubungan jangka panjang selama dua tahun atau lebih adalah hal biasa bagi 69% agensi. Hanya 4% yang mengatakan hubungan klien berlangsung kurang dari satu tahun.
Saat berbicara dengan beberapa mitra agensi, alasan utama agensi merasa bahwa mereka memberikan nilai kepada klien mereka dan dipandang sebagai mitra strategis adalah kemampuan mereka untuk menunjukkan hasil yang nyata.
Menurut Powel, pihaknya mendapatkan bisnis baru dengan memberikan hasil. Agensinya melakukan banyak riset kompetitif dan mencari cara untuk memecahkan masalah. Powel juga menambahkan bahwa pihaknya menggunakan pelacakan panggilan dan pelacakan formulir sebagai satu cara untuk melacak dan melaporkan hasil kepada klien.
Menurutnya, pelacakan panggilan memungkinkan agensinya mengukur berapa banyak panggilan telepon yang berasal dari laman landas. Pada akhirnya, inilah yang ingin diketahui klien, yakni berapa banyak prospek yang dapat dihasilkan untuk mereka, dan dapat menunjukkannya kepada mereka.
Sedangkan menurut Shurtz, memiliki alat pelacakan seperti pelacakan panggilan dan analisis panggilan adalah cara pihaknya menjaga kepuasan klien. Shurtz mengatakan, bahwa pihaknya menunjukkan bahwa agensinya bukanlah pengeluaran, tapi investasi.
Agensi Pemasaran Tetap Yakin Mampu Bertahan Meski Tantangan Tetap Ada
Terlepas dari hubungan klien yang mapan dan fondasi keuangan yang kuat, tantangan tetap ada bagi agensi. Dua agensi teratas yang terdaftar menemukan klien baru (48%) dan menghasilkan lebih banyak pendapatan dari klien yang ada (42%).
Meskipun biro iklan mengatakan semakin sulit untuk menemukan klien baru (53%), mempertahankan klien saat ini (52%), dan meningkatkan pendapatan dengan klien yang sudah ada (62%), mereka juga yakin dapat mengatasi tantangan ini.
Mayoritas agensi yang kuat (74%) mengatakan bahwa mereka yakin dapat menghasilkan prospek baru, 75% yakin mereka dapat menutup klien baru, dan 59% yakin mereka dapat meningkatkan pendapatan dengan klien yang ada.
Apa yang mendorong tingkat kepercayaan yang tinggi ini meskipun ada tantangan? Tampaknya ini merupakan campuran dari strategi penggunaan yang membantu mengembangkan bisnis agensi dan, pada saat yang sama, menunjukkan kepada klien bahwa mereka mendapatkan nilai dari layanan yang disediakan agensi.
Shurtz mengatakan bahwa mereka sangat yakin bahwa agensinya dapat tumbuh dan mempertahankan bisnis, sebab mereka memiliki program rujukan kemitraan yang sangat kuat yang memberi pihaknya bisnis yang baik, selain itu, mereka juga memiliki program rujukan karyawan yang kuat di mana mereka mendapatkan komisi seumur hidup untuk rujukan apa pun.
Agen Barbauld juga berbicara tentang bagaimana hal itu telah membantu klien mengubah bisnis mereka. Misalnya, ini membantu klien membuat keputusan periklanan strategis yang mengakibatkan beberapa dari mereka beralih dari mengalami beberapa bulan terburuk dalam bisnisnya menjadi mengalami beberapa bulan terbaik yang pernah ada.
Penutup
Saat agensi melihat ke tahun 2021, ada banyak alasan untuk percaya bahwa mereka akan terus mewujudkan pertumbuhan bisnis, peningkatan pendapatan, dan kesehatan finansial yang kuat secara keseluruhan.
Menghasilkan klien baru dan meningkatkan pendapatan dengan klien yang ada harus tetap menjadi prioritas untuk mencapai tujuan ini, karena akan terus fokus pada memberikan hasil.
Akibatnya, pelacakan panggilan, pelacakan formulir, dan perangkat lunak pelaporan dan analitik lainnya akan tetap menjadi alat yang penting. Ketidakpastian untuk tahun 2021 tetap ada karena COVID-19 belum benar-benar menghilang dari muka bumi, tetapi masih ada secercah harapan untuk melalui masa-masa sulit ini.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.