Beberapa cara yang akan dijelaskan dalam artikel ini tidak menjamin akan membawa Anda memiliki lebih banyak prospek. Namun sebaliknya, beberapa cara sederhana ini akan membantu Anda dalam meningkatkan konversi landing page.
Sebelum membahas tentang cara-cara ampuh untuk meningkatkan konversi landing page, sebaiknya Anda harus tahu terlebih dahulu tingkat konversi rata-rata yang Anda miliki.
Mengapa begitu? karena tingkat konversi rata-rata akan memberikan Anda gambaran titik awal, yang mana titik awal tersebut yang akan menjadi pedoman Anda untuk memulai langkah.
Tanpa Anda memiliki gagasan tentang apa saja yang realistis, tentu Anda akan merasa kesulitan dalam mengukur dampak yang akan terjadi kepada Anda.
Daftar Isi
3 Cara untuk Meningkatkan Konversi Landing Page
1. Mulailah dengan memikirkan akhir
Biasanya ketika melaut, nelayan hanya mencari satu jenis ikan pada satu waktu. Karena mereka tahu ikan apa yang dicari, kemudian mereka akan menyesuaikan umpan yang digunakan, dan cara menangkap seperti apa yang seharusnya digunakan untuk menarik perhatian ikan.
Sama seperti bisnis, Anda harus tahu apa yang ingin dicari, target audiens seperti apa yang diinginkan, baru Anda bisa memutuskan dengan cara atau metode yang bagaimana agar mampu menarik perhatian audiens.
Maka dari itu, mulailah dengan tujuan akhir yang ingin Anda capai. Perjelas tujuan Anda dan juga tujuan landing page yang Anda miliki. Anda bisa ajukan pertanyaan yang berkaitan dengan audiens.
Contohnya seperti target audiens mana yang Anda targetkan pada landing page ini?, apa saja tujuan dari landing page?, setelah audiens berada di landing page, tindakan apa yang Anda inginkan dari audiens sebelum mereka pergi?, semua hal tersebut harus Anda pikirkan.
Memiliki landing page dengan tingkat konversi yang tinggi dimulai dengan Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Perlu diketahui, landing page ini memiliki target audiens yang sangat jelas. Namun tidak sembarangan. Landing page akan secara khusus menargetkan pemilik bisnis yang berjuang mendapatkan lalu lintas di situs web atau di saluran mereka.
Landing page melakukan pekerjaan yang baik, dengan mengetahui apa keluhan audiens dan menawarkan solusi yang dimiliki.
Tindakan pelanggan yang diinginkan juga harus jelas. Anda harus tahu tindakan pelanggan seperti apa yang Anda inginkan.
Pelajari bagaimana menulis headline yang menarik perhatian
Setelah mengetahui target audiens landing page Anda dan tindakan apa yang diinginkan sebelum meninggalkan halaman Anda, sekarang akan dibahas beberapa cara yang akan membuat target audiens Anda memperhatikan apa yang Anda tawarkan.
Biasanya Anda akan tertarik dengan buku yang memiliki judul yang menarik. Inilah yang dinamakan kekuatan dari judul yang dibuat dengan baik.
Lalu bagaimana caranya membuat judul yang mampu menarik perhatian audiens?
- Buatlah judul “bagaimana”
Anda bisa memulai judul Anda dengan kata “bagaimana”. Ketika melihat sebuah judul yang diawali dengan kata “bagaimana”, banyak dari mereka yang langsung tertarik dan memperhatikan hal-hal yang diyakini akan mengajarkan mereka sesuatu yang baru.
- Buat daftar berita utama
Perlu diketahui bahwa judul daftar memiliki kekuatannya sendiri dalam menarik perhatian audiens. Judul daftar cocok untuk pengguna karena dapat memberi tahu pembaca berapa banyak poin yang dapat mereka harapkan dari Anda, serta dapat menilai sendiri apakah mereka memiliki waktu untuk membaca 75 poin Anda atau tidak.
Anda perlu membuat judul yang dapat memungkinkan pembaca ingin tahu berapa banyak cara yang dijelaskan pada artikel tersebut. Jadi buatlah audiens penasaran dengan tulisan Anda.
Tidak penting seberapa hebat Anda mengubah hidup seseorang dengan apa yang Anda tawarkan jika tajuk utama Anda gagal menarik perhatian audiens. Anda hanya memiliki sedikit kesempatan untuk membuat mereka membaca lebih lanjut di halaman bawah. Jadi, kuncinya adalah judul yang menarik.
2. Tambahkan video ke landing page Anda
Salah satu cara termudah dan ampuh dalam meningkatkan tingkat konversi landing page Anda adalah dengan menambahkan video ke halaman. Menurut Tech Jury, dengan menggunakan video di landing page dapat meningkatkan konversi hingga 86 persen. Hal tersebut karena visual dinilai lebih bagus dalam melibatkan dan mampu menarik perhatian target audiens Anda.
Dapat diketahui bahwa video memiliki beberapa manfaat dibandingkan dengan gambar statis :
- Video memungkinkan audiens melihat Anda, produk Anda, dan layanan yang Anda tawarkan. Tentu semua hal tersebut memiliki efek yang kuat dalam membangun kepercayaan dengan audiens Anda.
- Video akan membantu audiens Anda dengan cepat memahami mengenai halaman Anda.
- Video akan menyampaikan kepada audiens tentang produk apa yang Anda tawarkan dan mengapa mereka harus peduli dan memberikan informasi kontak mereka kepada Anda.
- Video juga akan membantu audiens memahami apa yang akan terjadi setelah mengisi formulir yang Anda berikan, seperti mengunduh e-book, mendaftar kursus gratis, dan masih banyak lagi.
Memulai dengan video landing page
Anda bisa menerapkan tiga langkah berikut untuk menciptakan video landing page yang hebat :
- Anda perlu menjelaskan mengapa audiens membutuhkan solusi dari Anda. Apa yang Anda tawarkan dalam landing page Anda?
- Kemudian jelaskan apa solusi yang Anda tawarkan. Bagaimana caranya Anda membantu mereka memecahkan masalah yang tengah dihadapinya.
- Terakhir, jelaskan apa yang akan terjadi selanjutnya jika mereka menggunakan solusi yang Anda tawarkan. Tepat setelah audiens mengunduh e-book, mengisi formulir, dan meminta janji temu.
Apa yang membuat kerangka video landing page begitu kuat? secara khusus Anda telah menjawab pertanyaan audiens yang muncul saat mereka menelusuri halaman Anda.
Ketika Anda sebagai audiens berakhir di halaman yang meminta Anda untuk mengisi formulir, apakah Anda tidak ingin tahu lebih banyak tentang mengapa panduan ini berharga bagi Anda? Apakah Anda tidak penasaran dengan tujuan apa yang dapat membantu Anda memecahkan masalah?
Akan lebih baik Anda menjawab seluruh pertanyaan audiens, bahkan untuk pertanyaan yang tidak terduga. Anda bisa membuat video dengan mengikuti tiga langkah video landing page :
- Anda bisa membahas mengenai masalah atau titik yang menjadi permasalahan audiens.
- Kemudian beritahu audiens mengenai solusi yang Anda tawarkan untuk permasalahan mereka dan bagaimana caranya mereka mendapatkan solusi tersebut. Contohnya seperti audiens harus mengisi formulir yang diajukan perusahaan terlebih dahulu baru bisa mendapatkan solusi yang Anda tawarkan.
- Selanjutnya, Anda perlu menjelaskan apa yang akan terjadi, atau feedback apa yang akan didapatkan audiens ketika mereka mengisi formulir tersebut.
3. Membangun landing page yang lebih baik
Sekarang Anda sudah paham mengenai apa tujuan dari landing page. Kemudian Anda juga sudah tahu siapa audiens target untuk halaman tersebut dan apa yang audiens inginkan. Video dan judul pun sudah Anda pahami bagaimana cara pembuatan yang benar.
Upaya untuk meningkatkan tingkat landing page bukanlah sebuah pekerjaan yang jika sudah berhasil langsung Anda lupakan. Sebaliknya, Anda harus terus menguji dan meninjau kembali mana yang memiliki performa terbaik.
Kunjungi terus situs kami dan dapatkan informasi terbaru seputar dunia marketing tiap harinya!
Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.