Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Dasar Pemasaran Analisa Pemasaran Adalah? 6 Cara untuk Kuasai Pasar Bisnis

Analisa Pemasaran Adalah? 6 Cara untuk Kuasai Pasar Bisnis

-

Analisa pemasaran adalah strategi bisnis yang bertujuan untuk mengetahui kondisi konsumen sekaligus kualitas promosi toko. Sudahkah Anda mengukur efektivitas pemasaran bisnis saat ini?

Ketika ditanya, sebagian besar pebisnis masih tidak menyadari apa pentingnya menganalisis pemasaran usaha sendiri. Kebanyakan orang justru sibuk mencari cara promosi yang efektif untuk memaksimalkan keuntungan bisnis.

Padahal, efektivitas promosi tidak dapat terwujud tanpa disertai analisa pemasaran yang cermat. Berikut ini kami hadirkan 6 cara analisa pemasaran yang mudah sekaligus efisien untuk memaksimalkan promosi dan menguasai konsumen. Yuk langsung disimak!

Baca juga : Pengertian Pemasaran (Dasar, Karakter, Konsep)

Pengertian Analisa Pemasaran Adalah

analisa pemasaran adalah

Analisa pemasaran adalah proses memahami situasi, keadaan, dan kondisi target konsumen secara mendalam. Adapun kondisi konsumen tersebut mencakup minat, trend, kebutuhan, hingga permasalahan terkini di masyarakat.

Analisa pasar juga merupakan fondasi dasar dari setiap strategi marketing/promosi. Tanpanya, kita tidak akan tahu siapa target bisnis, bagaimana cara mendekati mereka, serta apa saja produk atau jasa yang ingin mereka beli.

Apalagi saat ini setiap orang punya sifat dan karakter yang beragam. Akan sangat sulit bagi brand untuk menentukan target pemasaran tanpa analisis awal yang cermat.

Jadi, Anda wajib menganalisis kondisi pasar supaya bisa menentukan produk dan cara promosi terbaik untuk memikat hati pembeli. Hanya dengan cara inilah promosi Anda bisa berjalan secara efisien dan benar-benar menghasilkan profit.

6 Manfaat Analisa Pemasaran Adalah

Mengapa analisa pemasaran itu penting? Selain sebagai penentu arah promosi, masih ada 6 manfaat analisa pemasaran lainnya yang bisa Anda peroleh.

Manfaat lengkap dari analisa pemasaran adalah:

1. Meraih Peluang sebagai Trend Setter

Proses analisa pasar akan mengungkap banyak trend dan inovasi unik yang disukai konsumen. Anda bebas mengolah hasil temuan tersebut untuk diaplikasikan pada strategi marketing saat ini.

Tentunya inovasi tersebut berpeluang menjadi fenomena baru yang “segar” sehingga sukses mencuri perhatian di masyarakat!

2. Meminimalkan Jumlah Resiko

Setiap bisnis memang memiliki resikonya masing-masing. Hal tersebut tak bisa dihindari.

Namun Anda tidak perlu mencemaskannya secara berlebihan, sebab, resiko bisnis terbukti bisa dihindari degan analisa pemasaran.

Melakukan analisis di awal akan mengurangi peluang kegagalan promosi dan meningkatkan keuntungannya. Anda juga bisa mengetahui trik pemasaran mana yang memiliki timbal balik profit terbaik untuk dicoba.

3. Mempercepat Perolehan Keuntungan

Analisa pemasaran juga bisa mempercepat perolehan keuntungan usaha Anda. Hal ini dikarenakan bisnis berhasil mengetahui kebutuhan konsumen dengan tepat. Alhasil, mereka dapat lebih gesit mendekati konsumen dan menciptakan transaksi.

4. Mudah Menjaring Pembeli Baru

Manfaat lain dari analisa pemasaran adalah mendatangkan konsumen baru secara organik, alias tanpa melakukan banyak promosi yang membuang-buang tenaga, waktu dan biaya.

Ini karena produk dan cara pendekatan yang disediakan toko Anda sudah sesuai dengan kebutuhan calon pembeli. Dijamin pembeli akan datang dengan sendirinya ke lapak Anda!

5. Membantu Penyusunan Goals Jangka Panjang

Jangan pernah lupa menyusun goals (target bisnis) jangka pendek dan jangka panjang. Kebanyakan orang masih berfokus pada capaian instan, sehingga bisnis mereka cenderung tidak bertahan lama.

Lalu bagaimana cara menyiapkan goals jangka panjang ini? Strategi termudahnya adalah dengan menganalisis pemasaran. Dari sini Anda bisa “mengungkap” kondisi konsumen selama beberapa waktu ke depan, sekaligus strategi terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka.

6. Memantau Persaingan di Lapangan

Kehadiran kompetitor pasti akan mewarnai perjalanan bisnis kita. Sekali lagi, analisa pemasaran bisa turut membuka kelebihan dan kelemahan dari toko-toko pesaing di sekitar Anda.

Analisis akan menguak keunggulan serta kekurangan pesaing. Anda juga bisa menemukan peluang-peluang bisnis baru yang belum dimanfaatkan penjual lain. Otomatis, toko Anda berkesempatan lebih besar untuk menyalip kompetitor.

Artikel terkait  CPA adalah : Pembahasan Lengkap Tentang CPA (Cost per action) dan Cara Kerjanya

5  Komponen Penting Analisa Pemasaran Adalah

Analisa pemasaran adalah salah satu cara mudah mendominasi pasar yang wajib Anda coba. Namun supaya benar-benar sukses, Anda perlu melibatkan 5 komponen berikut ketika menganalisis pasar:

1. Target Konsumen

Pertama, siapakah target konsumen dari bisnis Anda? Poin ini wajib ada dalam setiap proses analisis pemasaran.

Target konsumen adalah sekelompok orang dengan karakter serupa yang berpeluang membeli produk atau jasa Anda. Misalnya bisnis brand skincare memiliki sekelompok target konsumen yang terdiri atas remaja perempuan dengan masalah kulit berjerawat.

Ada banyak tipe ragam target konsumen, seperti masyarakat dengan permasalahan serupa, gender, lokasi tempat tinggal, usia, pekerjaan, besaran gaji, dan seterusnya. Yang terpenting Anda harus tahu siapa target konsumen yang benar agar promosi berjalan lancar.

2. Segmentasi Demografis Konsumen

Segmentasi demografis konsumen adalah alat bantu untuk menemukan target konsumen. Di sinilah terjadi proses pengelompokkan masyarakat berdasarkan karakteristik masing-masing, dan menciptakan buyer persona.

Proses ini biasanya dilakukan paling pertama sebelum analisis dimulai. Anda dapat membagi konsumen berdasarkan parameter tertentu. Misalnya usia (anak-anak, remaja, dewasa, lansia); pekerjaan (sekolah, karyawan, tidak bekerja); gender (wanita, pria); pendapatan (kelas bawah, menengah, atas), dan lain-lain.

3. Kebutuhan Konsumen

Setelah mengetahui karakter dari target pembeli, sekarang tibalah waktunya untuk mencari tahu keinginan, minat, serta kebutuhan mereka. Anda harus mencocokkan jasa atau produk dengan kebutuhan konsumen supaya pembeli mau datang berbelanja.

Contoh komponen kebutuhan konsumen bisa dilihat dari pertumbuhan bisnis franchise es kopi kekinian. Kedai-kedai franchise memiliki banyak peminat karena konsistensi rasa kopi mereka yang pas dengan kesukaan konsumen dari berbagai kalangan.

Belum lagi kafe-kafe tersebut menyediakan banyak diskon, promo delivery, dan fasilitas yang memuaskan kebutuhan emosional pembeli, seperti working space yang nyaman. Itulah mengapa banyak orang saat ini rela antre membeli kopi di kafe franchise ketimbang warung kopi tradisional.

4. Peraturan yang Mengikat Bisnis

Komponen penting yang wajib dianalisis selanjutnya adalah peraturan yang mengikat usaha Anda saat ini. Semua bisnis baik offline maupun online pasti terikat oleh satu atau beberapa regulasi sekaligus dari pemerintah setempat.

Aturan tersebut wajib ada untuk memastikan proses transaksi berjalan sebagaimana mestinya. Namun Anda tetap harus memahami poin-poin pasal tersebut agar tak menjadi bumerang menyakitkan di kemudian hari.

Beberapa contoh peraturan yang umum mengikat usaha adalah aturan pajak, ekspor dan impor, pedoman transaksi online di marketplace, klaim garansi produk dan jasa, undang-undang ketenagakerjaan, dan seterusnya.

Anda tidak perlu mengkaji seluruh pasal bisnis yang ada. Cukup analisis poin-poin aturan yang bersinggungan langsung dengan sistem operasi bisnis saat ini.

5. Tingkat Persaingan Bisnis

Terakhir adalah tingkat persaingan bisnis. Komponen ini perlu dianalisis juga untuk menyibak identitas kompetitor usaha Anda; mulai dari keunggulan, kelemahan, dan spesifikasi produk yang mereka tawarkan ke pembeli.

Setelahnya, Anda bisa membandingkan poin-poin tersebut dengan kondisi bisnis sendiri. Dari sini akan ketahuan hal-hal yang perlu dimaksimalkan atau diikuti dari kompetitor agar bisnis lebih populer.

5 Cara Mudah Menganalisa Pemasaran Adalah

Sudah siap untuk menganalisis kondisi pemasaran bisnis Anda? Yuk langsung ikuti 5 cara analisa pemasaran sederhana berikut ini:

1. Tentukan dan Pahami Pasar Anda

Langkah pertama menganalisa pasar adalah menentukan dan memahami pasar target. Kondisi pasar saat ini bisa dibilang lumayan padat dengan beraneka tawaran produk dan jasa yang berseliweran setiap harinya.

Untuk itu, Anda harus langsung mengamati sektor pasar target secara spesifik. Cari tahu apakah kebutuhan utama mereka dan opsi-opsi untuk memenuhinya.

Misalnya, kebutuhan konsumen Anda adalah bepergian ke luar kota. Setelah mencari tahu di lapangan, Anda menemukan beberapa opsi metode perjalanan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti:

  • Penerbangan dengan pesawat. Ia bisa mengantar penumpang dengan cepat, namun memiliki jam terbang terbatas dan harga tiket mahal.
  • Kereta api untuk perjalanan jalur darat. Mempunyai harga tiket murah, jam berangkat lebih banyak dari pesawat, namun tidak bisa untuk menyebrang antar pulau.
  • Ojek dan taksi online. Sangat mudah dipesan lewat aplikasi, murah meriah dengan promo, tetapi lebih cocok untuk perjalanan dekat.

2. Analisa Prioritas Utama Konsumen

Setelah membuat list jenis-jenis transportasi umum kesukaan pelanggan, kini lakukan perbandingan dari data tersebut (contoh: pesawat, kereta, dan ojek online). Anda bisa mengemas analisis dalam bentuk perbandingan untuk mempermudah.

Misalnya: 7 dari 10 orang memilih ojek online, 2 memilih kereta dan hanya 1 yang tertarik naik pesawat untuk bepergian. Alhasil terlihat jelas bahwa layanan “prioritas” konsumen saat ini adalah ojek online.

Anda juga bisa memperdalam hasil temuan dengan mencari alasan layanan ojek online paling banyak diminati.

3. Analisa Pilihan Khusus Konsumen

Ketika menganalisa pasar, kita bisa saja mendapati pola loyalitas konsumen terhadap sebuah brand.

Semisal dari 7 orang yang memilih ojek online sebagai metode transportasi, 5 diantaranya adalah pengguna setia Go-Jek. Sedangkan 2 sisanya menggunakan lebih dari 1 layanan ojol.

Tentunya ada alasan mengapa 5 konsumen tersebut setia memakai Go-Jek. Tugas Anda adalah memperdalam analisis pada layanan Go-Jek dan kebutuhan konsumen.

4. Analisis Persaingan di Pasar

Lanjutkan analisis dengan menggali tingkat persaingan di pasar target. Cari tahu siapa saja kompetitor yang menyaingi bisnis Anda.

Anggaplah Anda juga menawarkan layanan transportasi online ke masyarakat. Lalu berdasarkan analisis sebelumnya, terlihat bahwa Go-Jek merupakan layanan ojol pilihan sebagian konsumen.

Dalam hal ini, adakah layanan ojek lain yang juga aktif menyasar target konsumen Anda? Atau hanya Go-Jek saja yang menjadi pesaing utama Anda?

Lakukanlah analisis kompetitor dengan cara membandingkan produk milik pesaing dengan yang Anda punya. Setelahnya, baru cari celah kekurangan lawan yang bisa disiasati sebagai inovasi.

Artikel terkait  Pengertian dan Tujuan Manajemen Pemasaran

5. Sesuaikan Kondisi Pasar dengan Layanan Anda

Langkah terakhir adalah menyesuaikan kondisi pasar dengan layanan Anda. Setelah mengetahui seperti apa minat konsumen dan kekurangan kompetitor, Anda bisa langsung menyesuaikan produk/jasa dengan kebutuhan pembeli.

Misalnya, konsumen membutuhkan jasa transportasi online yang murah. Di sisi lain, kelemahan kompetitor Anda adalah tidak bisa terus-menerus menyediakan promo sesuai keinginan tersebut.

Di sini Anda bisa menyiasati peluang dengan menawarkan cashback pada setiap pemesanan jasa transport. Pembeli bisa memperoleh poin cashback untuk digunakan sebagai diskon pada transaksi berikutnya. Dijamin masyarakat akan lebih tertarik memakai layanan Anda sebab lebih sesuai dengan keinginan mereka.

Demikianlah pembahasan terkait apa itu analisis pasar dan peranannya dalam bisnis online. Jadi, sudahkah Anda siap mulai analisis pasar bisnis sendiri?

Yuk majukan bisnis online Anda dengan mudah bersama MARKEY. Baca gratis kumpulan artikel inspiratifnya hanya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya