Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Tips Jualan Laris | 8 Cara Membuat Kategori Produk...

Tips Jualan Laris | 8 Cara Membuat Kategori Produk Ecommerce yang Memikat

-

Tidak perlu susah payah mencari tips jualan laris yang rumit. Faktanya, bisnis online Anda bisa cepat laku jika dilengkapi fitur e commerce “Kategori Produk”.

Kalau Anda sering memakai aplikasi e commerce android, mungkin Anda sudah cukup familiar dengan fitur e commerce satu ini. Kategori adalah fitur e commerce khusus untuk menyortir, memilah dan mengelompokkan ratusan produk yang dijual online. Dengan begini, baik konsumen maupun penjual bisa lebih mudah menemukan produk.

Meskipun terdengar sebagai fitur e commerce yang sepele, rupanya tidak semua orang bisa membuat contoh kategori produk yang baik. Padahal, 70% penjualan olshop bermula dari fitur kategori barang yang memikat.

Lalu bagaimana cara membuat contoh kategori produk yang baik? Yuk langsung kita selami 8 tips membuat contoh kategori produk e commerce yang menarik di bawah ini.

Tips Jualan Laris : 8 Cara Membuat Kategori Item di E Commerce

produk-kategori-1

Pernah kesal karena menemukan produk incaran berada di kategori yang salah? Mengelompokkan produk jualan adalah hal yang wajib dilakukan pebisnis agar konsumen lebih nyaman berbelanja di toko Anda. Jangan sampai konsumen justru menemukan produk sepatu di kategori sayur mayur.

Pun tidak hanya sekadar mengelompokkan barang berdasarkan tipenya saja, Anda harus tahu seperti apa contoh kategori produk yang menarik minat konsumen untuk berbelanja. Berikut ini adalah 8 tips jualan laris pemula dengan fitur kategori yang bisa dicoba:

1. Pahami Jenis-Jenis Contoh Kategori Produk

Setiap e commerce mempunyai halaman contoh kategori produk yang berbeda-beda. Ada yang menampilkan produk dalam bentuk tabel, list (daftar), dan lain-lain. Anda bisa menyesuaikan tampilan halaman kategori di olshop sendiri sesuai kebutuhan dan kenyamanan konsumen Anda.

Namun secara umum, ada 2 poin penting yang pasti dimuat oleh setiap jenis fitur e commerce kategori barang:

  • Menampilkan barang secara visual (gambar): tampilan gambar produk di masing-masing kategori akan lebih menarik mata konsumen. Padukan juga koleksi gambar produk dengan berbagai tips SEO untuk mempermudah pengunjung menemukan item yang dicari.
  • Gunakan bentuk kolom: sebagian besar e commerce menampilkan produk mereka dalam bentuk layout kolom dengan 2-3 gambar produk per baris. Model tampilan seperti ini terlihat lebih ringkas, nyaman dan praktis dicermati isinya.

2. Lengkapi dengan Filter

Sering kali konsumen turut memanfaatkan fitur e commerce filter untuk mempermudah penelusuran. Pertama, mereka akan membuka menu kategori item tertentu. Kemudian baru dilanjutkan dengan pencarian khusus memakai fitur filter.

Anda bisa mencantumkan beberapa jenis filter pencarian pintar, misalnya:

  • Lokasi: pencarian produk menurut posisi terdekat pembeli.
  • Metode pembayaran: pencarian toko menurut opsi pembayaran pilihan konsumen (tunai, COD, transfer bank, dan lain-lain).
  • Rentang harga: penelusuran barang berdasarkan harga minimal dan maksimal tertentu. Dan masih banyak lagi.

Tips: usahakan untuk menampilkan filter yang benar-benar dibutuhkan atau sering digunakan konsumen saja, ya. Terlalu banyak menghadirkan filter juga bisa membuat konsumen bingung. Untuk mengetahui filter apa yang paling dibutuhkan, cobalah bertanya langsung kepada konsumen.

3. Sortir dari Tipe Konsumen

Pernahkah Anda berbelanja di toko online dan mendapati fitur rekomendasi “Khusus untuk Pengguna Baru”? Nah, itu adalah contoh dari halaman kategori yang sengaja disusun berdasarkan jenis konsumen.

Menyediakan fitur kategori berdasarkan jenis konsumen ini bisa menjadi langkah promosi yang cerdik. Selain membantu pengguna baru menemukan rekomendasi yang pas, Anda bisa menawarkan item-item terbaik guna menciptakan kesan pertama belanja yang prima. Alhasil, sang konsumen akan betah belanja di toko Anda.

Beberapa jenis halaman kategori berdasarkan tipe konsumen, misalnya:

  • Pengguna baru: rekomendasi barang-barang terbaik untuk menciptakan pengalaman belanja yang berkesan. Tujuannya adalah menjadikan konsumen baru sebagai pelanggan tetap.
  • Pelanggan setia (loyal): rekomendasi barang-barang terbaik berdasarkan riwayat belanja atau wishlist mereka di toko Anda. Tujuannya untuk mempertahankan loyalitas konsumen lama.
  • Berdasarkan kesukaan (fans): sebagian besar orang memiliki hal yang diidolakan, begitupun konsumen Anda. Jadi, Anda bisa mempromosikan produk berdasarkan kelompok tema atau brandnya. Misalnya kategori “Nike” untuk pecinta olahraga, atau “BTS” untuk pecinta K-POP.
  • Berdasarkan lokasi: ada juga konsumen yang lebih senang belanja dari toko-toko di sekitar wilayah tempat tinggalnya. Anda bisa merekomendasikan kategori produk atau toko terdekat dari tempat tinggal masing-masing pembeli.

4. Penyusunan Tampilan Kategori

Tips jualan laris berikutnya bisa diwujudkan dengan strategi penyusunan tampilan produk di menu kategori. Secara psikologis, sebagian besar manusia terbiasa membaca informasi dari sisi kiri ke kanan. Maka dari itu, susunlah tampilan kategori barang jualan Anda mengikuti pola tersebut.

Biasanya pun, barang-barang yang disusun dari kiri ke kanan tadi tidak dilakukan secara sembarangan. Produk yang berada di posisi paling kiri adalah produk berkualitas terbaik di kelompoknya (paling laris, paling murah, paling berkualitas, model terbaru dan sebagainya). Semakin bergerak ke kanan, produk yang ditampilkan kualitasnya semakin menurun.

Artikel terkait  Cara Iklan di Instagram Gratis Setiap Bulan

5. Beri Informasi/Deskripsi Produk

Jangan lupa untuk menyertakan informasi atau deskripsi produk. Minimal sertakan kata kunci produk yang bisa membantu konsumen menemukan barang tersebut secara online.

Anda harus cermat dalam menentukan seberapa banyak informasi/deskripsi produk untuk dicantumkan dalam menu kategori. Terlalu banyak deskripsi akan membuat konsumen kewalahan mencerna info. Tapi terlalu sedikit informasi juga bisa membuat mereka bingung atas spesifikasi produk.

Beberapa elemen deskripsi yang bisa Anda sertakan dalam tampilan kategori misalnya:

  • Rating/review produk dalam bentuk bintang atau angka.
  • Nama produk.
  • Gambar produk
  • Jumlah stok tersedia.
  • Spesifikasi unggulan.
  • Logo/label promosi tambahan pada produk (diskon, voucher atau gratis ongkir).

6. Tombol “Tampilkan Lebih Banyak”

Ini juga merupakan tips jualan laris manis yang diaplikasikan banyak e commerce. Anda mungkin pernah asyik men-scroll kategori barang di olshop dan menemukan tombol “Tampilkan Lebih Banyak” pada akhir halamannya.

Tombol tersebut dihadirkan bukan tanpa alasan. Pertama, ini adalah strategi terbaik untuk membagi-bagi produk ke beberapa halaman di e commerce terutama jika Anda menjual ratusan produk untuk 1 kategori. Pembagian wajib dilakukan guna menjaga kenyamanan konsumen saat mengunjungi halaman kategori

Kedua, cara ini mendorong konsumen secara halus untuk semakin asyik scrolling toko online dan melihat lebih banyak item. Mereka akan merasa termotivasi dan penasaran mencari barang bagus yang mungkin belum dijumpai di bagian atas (“hidden gem”). Alhasil semua produk di toko Anda pun berkesempatan untuk ditengok pembeli.

7. Personalisasikan Kategori Item

90% e commerce ternama sengaja mempersonalisasikan halaman kategori mereka untuk setiap pembeli. Taktik ini telah teruji ampuh mendorong konsumen berbelanja di olshop.

Personalisasi yang dimaksud di sini adalah menampilkan kategori produk sesuai kesukaan serta minat pengunjung. Semisal pengunjung A menyukai smartphone, maka kategori produk yang direkomendasikan untuknya adalah koleksi smartphone terbaru.

8. Uji Kategori dengan A/B Testing

Setelah melakukan semua tips jualan laris di atas, maka tibalah waktunya mengadakan A/B testing. A/B testing wajib dilakukan guna mengetahui seberapa efektif model halaman kategori yang Anda gunakan untuk membantu konsumen mencari produk. Cara ini juga banyak digunakan pemilik olshop untuk mengetahui model halaman kategori yang bisa menghasilkan penjualan terbanyak.

Artikel terkait  8 Alasan Mengapa Memakai Jasa Digital Marketing Lebih Baik daripada Praktek Otodidak

Aplikasi E Commerce Android Terbaik untuk Jualan Laris Manis

produk-kategori-2

Ingin jualan online Anda cepat laku dan menghasilkan omset jutaan sebulan? Caranya gampang sekali! Anda bisa mencoba berjualan memakai aplikasi e commerce android buatan APPKEY.

Saat ini, hampir 90% orang sukses berbisnis berkat bantuan aplikasi e commerce android. Hal ini masuk akal mengingat jumlah pengguna smartphone android adalah yang paling banyak di seluruh dunia. Tak usah jauh-jauh, masyarakat Indonesia sendiri pun lebih banyak menjadi pengguna android.

Jadi Anda bisa memanfaatkan kesempatan dengan mulai berjualan memakai aplikasi e commerce android sendiri. Pun bukan sembarang aplikasi olshop biasa, app e commerce APPKEY didesain khusus supaya bisa membantu Anda berjualan dengan mudah.

5 Keuntungan Aplikasi E Commerce Android APPKEY

  • Mendukung gaya hidup belanja online masyarakat masa kini – survey kami membuktikan ada 80% lebih masyarakat yang gemar berbelanja via smartphone. Aktivitas belanja online pun sudah menjadi gaya hidup baru semenjak masa pandemi 2020.
  • Mudah digunakan oleh siapa saja – tidak perlu repot belajar atau familiar dengan teknologi. Anda bisa dengan cepat menguasai seluk-beluk aplikasi. Plus, ada tim khusus dari APPKEY yang akan siap membimbing Anda untuk memakai app.
  • Layanan konsultasi gratis – punya masalah dengan bisnis online saat ini? Diskusikan segera bersama APPKEY untuk mendapat solusi terbaiknya, gratis!
  • Bantuan update aplikasi seumur hidup – tim IT APPKEY selalu siap sedia membantu kapanpun aplikasi Anda mengalami error, rusak atau ingin Anda update.
  • Dilengkapi fitur e commerce kekinian – semua fitur yang ada di aplikasi e commerce android APPKEY sama lengkapnya dengan aplikasi olshop masa kini (seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan seterusnya).

6 Fitur Unggulan Aplikasi E Commerce Android APPKEY

Satu aplikasi e commerce android APPKEY sudah dilengkapi dengan fitur bawaan (fitur dasar) berikut ini:

  • Keranjang belanja: memudahkan konsumen memasukkan produk yang ingin dibeli dari berbagai toko untuk di-check out sekaligus.
  • Kategori produk: menyortir sekaligus mengelompokkan semua produk di toko tanpa batas maksimal atau minimal.
  • Pencarian pintar: kolom pencarian produk atau toko di aplikasi dilengkapi dengan filter khusus untuk memperoleh hasil yang akurat.
  • Riwayat belanja: konsumen bisa mengecek daftar riwayat belanja mereka dengan mudah di aplikasi. Semua data akan terpapar detil khusus untuk mereka sendiri.
  • Voucher diskon dan gratis ongkir: mudah menarik konsumen dengan diskon, voucher, cashback maupun gratis ongkir dengan fitur yang tersedia.
  • Push notification: selalu infokan update koleksi produk atau penawaran terbaru secara real-time (tepat waktu) dengan push notification. Tak seorangpun akan ketinggalan update walaupun ia sedang tidak membuka aplikasi.

Dan masih banyak lagi fitur lainnya! Anda juga bisa mengustomisasi atau menambahkan sendiri fitur-fitur belanja online inovatif agar toko Anda jadi lebih unggul daripada yang lain.

Menarik sekali bukan aplikasi e commerce android dari APPKEY? Jadi tunggu apa lagi, segera dapatkan aplikasi olshop terlengkap milik Anda di https://appshop.co.id/appshopping/ atau klik di sini.

Jangan ragu juga untuk menghubungi tim APPKEY di layanan call center ini jika Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut. Kamu tunggu kedatangan Anda di APPKEY, sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya