Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Tidak Banyak yang Tahu! Inilah Perbedaan Trik Marketing Online...

Tidak Banyak yang Tahu! Inilah Perbedaan Trik Marketing Online SNS dan Email Bulletin

-

Tak dapat dipungkiri, saat ini kita semua sedang menikmati era kejayaan internet. Perkembangan internet dan dunia digital yang sangat massif di abad 21 ini menjadikan banyak sektor kehidupan manusia berjalan secara online.

Salah satu domain yang sangat sukses berkat bantuan internet dan teknologi dewasa ini adalah bisnis dan marketing.

Anda sendiri tentunya sudah bisa menyadari bahwa sudah cukup lama era dimensi sosial dunia maya alias media sosial (medsos) dimulai dan berkembang. Masyarakat menyambut baik kehadiran beragam jenis media sosial dalam kehidupannya seperti Twitter, WhatsApp, Facebook dan Instagram.

Pasalnya, setiap media sosial dapat digunakan untuk mencari hiburan, berkomunikasi, hingga berkomunitas bersama orang-orang baru dengan hobi sama.

Hingga lambat laun, media sosial mulai digunakan untuk berbisnis dan aktivitas pemasaran produk. Tak sedikit perusahaan yang memutuskan “meninggalkan gaya lama” dan beralih ke trik pemasaran modern di media sosial (SNS) demi menjaring lebih banyak calon konsumen.

Di sisi lain, ternyata ada juga perusahaan yang masih bertahan melakukan marketing menggunakan trik lama email bulletin atau email magazines.

Anda mungkin akan tercengang jika mengetahui bahwa kedua perusahaan – baik yang berpromosi di medsos maupun via email – rupanya sama-sama sukses mendulang konsumen baru secara konstan. Dari sinilah mulai muncul kebiasaan marketer pemula yang mencampuradukkan trik marketing SNS dengan email bulletin.

Terlebih lagi, kita semua mengenal kegunaan utama e-mail sebagai alat komunikasi yang secara esensi sama dengan media sosial. Alhasil, ada semakin banyak marketer menganggap kedua strategi promosi penjualan online tidak ada bedanya.

Padahal, keduanya sangat berbeda dalam banyak aspek. Anda tidak bisa menjadi seorang marketer yang baik dan menciptakan penjualan sesuai target jika masih terus-menerus salah mengaplikasikan strategi marketing ke konsumen.

Untuk itulah, kali ini kami akan memaparkan ulasan lengkap mendalam terkait perbedaan SNS dan email marketing, disertai dengan pertimbangan trik marketing online mana yang paling baik untuk bisnis. Ada pula sejumlah tips cara menjadi marketing pemula yang baik untuk Anda coba terapkan. Jadi, pastikan Anda membaca artikel ini tuntas sampai akhir, ya. Selamat membaca!

SNS VS Email Bulletin: Keuntungan dan Kekurangan Masing-Masing untuk Bisnis

sns-marketing

Ada banyak sekali strategi promosi penjualan online yang bisa Anda gunakan dalam berbisnis. Tentunya, setiap strategi promosi penjualan online mempunyai tujuan, trik penggunaan, dan kelebihan serta kekurangannya tersendiri.

Jadi, cara menjadi marketing pemula termudah tak lain adalah dengan mengenal dari awal apa ciri khas, kelebihan dan kekurangan dari strategi promosi penjualan online yang hendak digunakan.

Lalu, apa perbedaan strategi promosi SNS dan email? Apa pula kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk usaha Anda? Berikut jawaban selengkapnya:

SNS Marketing

Pengertian SNS Marketing

Kata SNS sesungguhnya merujuk pada “social media marketing strategi”. Social marketing strategi adalah hal yang sedang menjadi trend belakangan ini gara-gara jumlah pengguna media sosial yang melonjak drastis. Pun sesuai namanya, social marketing strategi adalah strategi-strategi marketing yang fokus dilakukan pada aneka jenis media sosial.

Tidak seperti strategi promosi jualan online lainnya, social marketing strategi adalah trik-trik yang unik. Sebab, konten-konten promosi yang dibuat harus selalu menyesuaikan dengan sifat bawaan dari platform media sosial yang dipakai berpromosi.

Semisal promosi Twitter yang mengandalkan caption tweet 140 karakter atau cerita utas; promosi Instagram menggunakan foto dan video estetik; dan promosi Facebook yang lebih mengandalkan strategi pendekatan komunitas.

Meskipun dilakukan pada platform berbeda dan dengan konten-konten yang lebih variatif, tujuan dari SNS marketing sejatinya tetap sama dengan strategi promosi penjualan online lain, yakni mendorong pemakai media sosial untuk tertarik membeli produk.

Keuntungan SNS Marketing

SNS marketing banyak dilirik oleh marketer masa kini lantaran ada begitu banyak keuntungan yang tersaji dalam trik ini. Keuntungan yang paling mudah dirasakan adalah informasi konten promosi bisa disebarluaskan secara real time. Otomatis, konten promosi yang disebarkan dengan SNS marketing mempunyai tingkat efektivitas persebaran dan kedekatan dengan masyarakat yang sangat tinggi.

Selain itu, SNS marketing memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara brand dengan masyarakat. Berkat fitur-fitur media sosial, siapapun dapat dengan mudah memberi ‘suka’, berkomentar, atau membagikan konten promosi Anda. Dari sini, tingkat engagement serta hubungan brand dengan masyarakat bisa mulai dikembangkan.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, membangun hubungan dekat dengan masyarakat umum adalah kewajiban bagi setiap brand. Brand yang sukses mendapat posisi khusus di hati masyarakat akan menjadi lebih unggul, sebab konsumen mempunyai kecenderungan untuk memilih memakai produk dan jasa layanan yang ia telah percayai.

Berawal dari kedekatan emosional yang dibangun di konten promosi, pada akhirnya masyarakat sukses tergiring untuk memberi timbal balik terhadap brand.

Keuntungan lain dari SNS marketing datang dari segi biayanya yang murah meriah untuk berpromosi. Mayoritas media sosial dapat digunakan secara gratis. Jadi, Anda bisa mempromosikan banyak konten dan meningkatkan visibilitas brand tanpa perlu mengeluarkan banyak uang!

Artikel terkait  Apa itu Direct Marketing? Konsep, Manfaat dan Tujuannya

Kekurangan SNS Marketing

Meski tampak sebagai sebuah strategi promosi penjualan online yang sempurna, faktanya, SNS marketing pun tetap memiliki kekurangan. Kekurangan yang tergolong cukup fatal dari dunia media sosial adalah setiap konten Anda selalu mudah untuk tenggelam dan terlupakan dalam sekejap.

Media sosial memiliki arus aliran informasi yang sangat deras di setiap detiknya. Jika Anda tidak kreatif dan selalu berinovasi, maka seluruh upaya promosi Anda akan tenggelam dan sulit ditemukan.

Kesuksesan atau kegagalan SNS marketing ini sejatinya ditentukan oleh seberapa baik dan cakap Anda membuat konten yang menarik perhatian pengguna. Penting bagi Anda untuk terus memikirkan jenis informasi apa yang menarik sekaligus berguna untuk disimak.

Dengan kata lain, Anda harus merencanakan strategi promosi dari perspektif pelanggan. Sebab, kalau konten Anda tidak menarik atau tidak dirasa berguna menurut konsumen, maka mereka akan langsung mengabaikan Anda.

Bahkan, kalaupun Anda berhasil membuat konten yang menarik dan viral di media sosial, faktanya ketenaran tersebut tetap bersifat sementara. Atau, keviralan konten Anda tidak berhasil mengarah pada peningkatan konversi, tindaklanjut dari CTA, atau pemberian feedback dari masyarakat.

Inilah kelemahan utama SNS marketing yang masih kerap dilupakan oleh marketer: SNS yang gratis menyimpan lika-liku rintangan tersulit untuk melakukan penjualan langsung (hard-selling).

Kebanyakan marketer terfokus untuk membuat konten yang unik, tanpa benar-benar memikirkan bagaimana cara terbaik agar promosi di internet bisa menjadi viral sekaligus efektif meningkatkan konversi.

Jadi, amat penting untuk Anda menonjolkan sensasi promosi sekaligus  mengkomunikasikan manfaat dari produk agar orang-orang tertarik untuk mencoba produk – bukan hanya sekadar memberikan ‘suka’ dan komentar di postingan.

Email Marketing (Email Bulletin / Email Newsletter)

Pengertian Email Marketing

Sekarang kita lihat apa itu email marketing. Trik promosi jualan online yang satu ini memang sudah ada sejak lama, jauh sebelum era media sosial dimulai. Meskipun sudah tergolong “jadul” (jaman dulu), nyatanya trik email marketing masih banyak diminati sampai hari ini. Tak sedikit juga perusahaan yang sukses mendulang keuntungan dari trik promosi email marketing.

Email marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan via email. Tujuan dari strategi ini lebih kepada proses membangun hubungan dekat dan baik dengan calon konsumen. Email marketing terdiri dari beberapa jenis bergantung pada bentuk konten yang disebarkan, seperti email bulletin, email newsletter dan email magazine.

Apapun bentuk konten email marketing, isinya rata-rata tetap sama yakni menawarkan produk atau layanan baru, informasi update terkait brand, promosi diskon, dan bisa juga hadiah gratis sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen.

Saat ini pula sudah ada banyak tools yang memudahkan praktek email marketing. Contohnya seperti Mailchimp dan Customer.io yang bisa diatur untuk mengirim email otomatis ke banyak konsumen sekaligus. Jadi, email marketing sejatinya sudah bukan aktivitas yang rumit untuk dilakukan karena ada banyak tools praktis seperti pada SNS marketing.

Artikel terkait  Penerapan Teknik Bundling Untuk Ciptakan Penjualan yang ‘Wah’ untuk Bisnis Anda!

Keuntungan Email Marketing/Email Bulletin

Kemudian, apa saja keuntungan dari melaksanakan email bulletin ini? Berbeda dari strategi SNS yang mempublikasikan informasi ke banyak orang sekaligus, email bulletin bersifat lebih pribadi, personal dan tertutup dalam urusan penyampaian informasi.

Dalam sistem email marketing, informasi hanya dikirimkan kepada pengguna yang mendaftar untuk berlangganan atau membuat akun pada website dan aplikasi bisnis Anda. Oleh sebab itu, informasi yang dikirimkan ke masyarakat bisa lebih dipersonalisasikan dengan kebutuhan dan minat mereka masing-masing. Selain itu, informasi pada email marketing juga dapat lebih mudah diterima dan dipercayai pengguna.

Keuntungan lainnya, Anda dapat mendekati calon pelanggan untuk melakukan pembelian (hard-selling) dengan lebih mudah. Selain itu, Anda juga bisa mem-follow up konsumen lama untuk melakukan pembelian ulang dengan penawaran-penawaran baru.

Kekurangan Email Marketing/Email Bulletin

Kerugian dari email marketing adalah agak sulit untuk meyakinkan masyarakat berlangganan newsletter di website bisnis Anda, atau mendaftar akun pada aplikasi e-commerce. Alhasil, Anda harus pintar-pintar meyakinkan user agar mau mendaftar dan berlangganan newsletter.

Kekurangan berikutnya adalah volume informasi di email marketing relatif lebih besar, padat dan massif, sehingga dibutuhkan lebih banyak tenaga dan biaya untuk mengoperasikannya. Anda harus mengalokasikan sumber daya khusus sebagai pengelola dan penanggung jawab email marketing. Selain itu, Anda harus menyiapkan sistem internal khusus guna membantu pergerakan tim ini.

Kerugian lainnya adalah konten yang disampaikan kepada konsumen dalam email newsletter atau bulletin tidak terkumpul menjadi satu. Setiap orang tentu akan menerima banyak email setiap hari, jadi bukan tidak mungkin informasi dari Anda tenggelam atau tercecer dalam tumpukan email lain.

Kumpulan Cara Menjadi Marketing Pemula Terbaik sekaligus Termudah

email-marketing-1

Sampai di sini, Anda sudah melihat seperti apa cara kerja, kelebihan dan kekurangan masing-masing trik SNS dan email marketing. Selanjutnya adalah memahami tips dan trik terbaik untuk mempraktekkan SNS marketing dan juga email marketing dalam promosi. Berikut rangkumannya:

Tips Mempraktekkan SNS Marketing

Ada beberapa tips simpel dalam melakukan SNS marketing yang efektif, antara lain:

Tentukan Target Audiens dan Konsep Terlebih Dahulu

Kunci utama dari media sosial marketing adalah fokus meningkatkan kesadaran (awareness) dan meningkatkan engagement. Anda sudah dibekali dengan aneka tools dan aplikasi media sosial yang mudah dipakai untuk menyebarkan konten.

Selebihnya, pusatkan fokus Anda kepada cara-cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap eksistensi brand, membuat mereka tertarik untuk menjadi followers, sekaligus melakukan interaksi dengan postingan brand.

Agar lebih mudah, sebelum mulai beraksi sebaiknya Anda melakukan penargetan audiens yang jelas dan desain konseptual yang pas sesuai target. Pikirkan jenis informasi apa yang harus Anda beri dan tonjolkan kepada target audiens agar mereka tertarik untuk mengetahui produk lebih jauh atau bahkan mencobanya langsung.

Sediakan Informasi yang Berguna Menurut Audiens

Di situs jejaring sosial, penting bagi akun brand Anda untuk memaksimalkan jumlah followers terlebih dahulu agar akun dan citra brand lebih cepat berkembang. Lagi-lagi cara termudah untuk melakukan hal ini adalah dengan sering-sering membuat konten yang dirasa bermanfaat untuk target audiens.

User yang menemukan konten bermanfaat untuk dirinya akan cenderung langsung menjadi followers dari akun yang menyebar informasi. Semisal user A sedang mencari tips mengelola keuangan pribadi, kemudian, akun bisnis Anda kebetulan bergerak di bidang jasa konsultasi keuangan. Karena konten-konten Anda sesuai dengan kebutuhan user A, maka dengan mudah ia akan menjadi followers baru Anda agar tak ketinggalan informasi baru terkait layanan konsultasi keuangan.

Jika konten-konten Anda hanya menulis hal-hal umum dan sudah umum diketahui, maka konten Anda akan gagal menggugah hati dan perasaan emosional audiens. Anda bisa mengakalinya dengan mengemas informasi-informasi lama dengan style baru, plus menambahkan ide-ide segar dan orisinil milik sendiri.

Publikasikan Konten di Waktu-Waktu Ramai

Agar akun media sosial Anda bisa selalu bertahan mendapatkan traffic, maka lakukanlah hal sederhana berikut: memposting konten sesering mungkin.

Jika memungkinkan, publikasikan konten setiap hari. Setidaknya 5 hari dalam seminggu (di hari kerja). Ada banyak manfaat dari rajin memposting konten setiap hari, salah satunya adalah akun dan postingan Anda lebih sering muncul di timeline dan bagian ‘rekomendasi’ kepada audiens baru.

Supaya semakin efektif dan menjaring banyak perhatian, usahakan untuk memposting konten di jam-jam yang terpantau ramai oleh aktivitas audiens (saat mereka sedang online). Semisal kalau target audiens Anda adalah pekerja kantoran, maka lebih baik posting konten di jam-jam mereka kemungkinan mengecek ponsel dan media sosial seperti di jam makan siang atau jam pulang kantor. Jangan malas untuk melakukan analisa demi mengetahui waktu-waktu calon konsumen lebih sering online dalam sehari.

Tips Mempraktekkan Email Marketing

email-marketing

Untuk Anda yang tertarik mempraktekkan email marketing, mari simak poin-poin penting berikut:

Kirim Email secara Step-by-Step

Kesalahan paling umum dari email marketing adalah mengirim email yang sama untuk semua penerima. Cara yang benar adalah menyesuaikan isi email dengan calon penerima, sehingga, Anda harus mengirimkan email secara bertahap (step-by-step).

Semisal pengguna A baru menjadi pelanggan email newsletter dan belum pernah menggunakan layanan di website Anda. Tugas Anda sebagai marketer adalah memberikan newsletter terkait tata cara memesan layanan atau rekomendasi produk terbaik untuk pengguna baru.

Begitu isi email dibuat dan dirancang dengan baik, selebihnya Anda bisa menggunakan tools seperti MailChimps untuk mengirim email secara otomatis ke alamat email yang telah diinput. Isi email yang dipersonalisasi seperti ini umumnya mampu menjadikan konsumen merasa lebih diistimewakan dan diperhatikan. Konsumen akan langsung merasa bahwa brand Anda betul-betul peduli dengan masalah dan kebutuhan mereka.

Mengirim Email Bertarget

Mengirim email-email bertarget menjadi salah satu strategi khas email marketing. Sesuai namanya, pada strategi ini Anda mengirim konten yang sudah disesuaikan dengan atribut audiens sasaran.

Yang dimaksud dengan atribut audiens biasanya mencakup usia, jenis kelamin, dan lokasi domisili audiens. Hal ini penting demi menunjang kelancaran dan keberhasilan email marketing, namun masih tetap banyak marketer yang tidak menyadarinya.

Semisal konsumen Anda adalah seorang wanita, tetapi ia menerima email tentang produk untuk pria. Atau, ketika konsumen Anda tinggal di desa, tetapi ia mendapatkan email penawaran promosi acara yang berlangsung di ibu kota.

Ketidaksesuaian isi penawaran email dengan kondisi konsumen akan langsung menumbuhkan anggapan bahwa email dari Anda tidak bermanfaat. Hasilnya, mereka akan memutuskan untuk berhenti berlangganan daripada menerima email spam tidak berguna.

Nah, dengan menggunakan sistem email bertarget ini, Anda bisa menghindari kerugian tersebut. Anda akan lebih mudah untuk memastikan bahwa semua informasi yang diterima konsumen berguna bagi mereka, sebab seluruh layanan dan produk yang ditawarkan sudah sesuai dengan kondisi audiens. Alhasil, Anda bisa menciptakan peluang penjualan yang lebih besar.

Kolaborasikan dengan SNS

Tidak ada salahnya untuk memadukan strategi email marketing dengan media sosial (SNS). Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya, salah satu kendala dari email marketing adalah sulit untuk menarik orang agar mau berlangganan newsletter. Untuk mengakalinya, Anda bisa mempromosikan beragam manfaat dari langganan newsletter di media sosial.

Ada banyak trik yang bisa dilakukan, seperti menawarkan promo kupon khusus atau kode cashback untuk pelanggan newsletter baru di media sosial. Anda juga bisa mengarahkan link redirect dari media sosial ke halaman langganan newsletter agar user tidak perlu repot mengetik link.

Artikel terkait  Jenis-Jenis Real Estate | Mengenal Pemasaran Digital Bisnis Pengembang Real Estate

Jadi, Mana Strategi Promosi Penjualan Online Terbaik untuk Digunakan?

Jawabannya adalah keduanya: perpaduan SNS marketing dan email marketing. Kekuatan SNS marketing untuk menumbuhkan awareness, engagement dan hubungan komunikasi dengan masyarakat cocok dipakai saat memperkenalkan produk dan jasa ke masyarakat di awal kemunculan brand.

Ketika brand Anda sudah mampu menjaring banyak pembeli, sisanya Anda bisa mempertahankan loyalitas mereka memakai strategi email marketing

Sehingga dapat disimpulkan, bahwa kedua strategi promosi penjualan online ini sangat pas untuk saling melengkapi kebutuhan bisnis. Kelemahan yang dimiliki oleh salah satu strategi bisa ditutupi dengan kelebihan yang lain.

Semisal kelemahan SNS marketing untuk melakukan hard-selling bisa ditutupi dengan email marketing. Begitu pula kelemahan email marketing untuk menarik perhatian masyarakat bisa diakali dengan kekuatan SNS marketing.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba berpromosi menggunakan perpaduan combo social media marketing dan email marketing?


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya