Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Panduan Pemula untuk 7 Jenis Pemasaran Online

Panduan Pemula untuk 7 Jenis Pemasaran Online

-

Internet kini benar-benar telah mengambil alih dunia. Orang di bawah usia 34 menghabiskan sekitar empat jam online setiap hari – hanya untuk perangkat seluler.

Saat ini, internet digunakan untuk hampir semua hal seperti komunikasi, pembelajaran, hiburan, belanja. Ditambah lagi, semakin banyak orang datang online setiap hari. Bahkan saat ini ada 4,33 miliar pengguna Internet di seluruh dunia dan jumlah ini meningkat setiap detik. Ini menghadirkan peluang yang luar biasa.

Pemasar selalu pergi ke mana pun mereka dapat terhubung dengan orang-orang untuk mempromosikan produk dan layanan mereka dan internet adalah salah satu tempat yang tepat untuk melakukan hal itu.

Belum pernah ada orang yang dapat menjangkau begitu banyak orang, dalam banyak hal, secara instan, dengan mudah. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari semua tentang tujuh jenis pemasaran internet sehingga Anda dapat mulai menggunakannya untuk mencapai kesuksesan bisnis.

Kencangkan sabuk pengaman Anda.

Apa Itu Pemasaran Internet?

online-marketing

Pemasaran Internet (juga dikenal sebagai pemasaran online, pemasaran digital, emarketing, atau pemasaran web) adalah istilah yang mencakup semua yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan pemasaran yang dilakukan secara online.

Untuk alasan ini, pemasaran internet mencakup berbagai strategi dan taktik, seperti pemasaran media sosial, pemasaran konten, bayar per klik, dan optimisasi mesin pencari.

Jenis Pemasaran Internet

Secara umum pemasaran internet dapat dibagi menjadi tujuh jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Pemasaran media sosial
  • Pemasaran influencer
  • Pemasaran afiliasi
  • Email Pemasaran
  • Pemasaran konten
  • Optimisasi mesin pencari (SEO)
  • Iklan berbayar

Masing-masing dari tujuh jenis pemasaran internet ini mencakup banyak strategi dan taktik yang berbeda. Selain itu, jenis pemasaran internet ini saling melengkapi dan sering digunakan bersama.

Mari kita jelajahi berbagai jenis pemasaran internet untuk memahami bagaimana mereka bekerja secara individu dan bersama-sama.

Jenis Pemasaran Internet Melalui Media Sosial

Pemasaran media sosial adalah proses mendapatkan perhatian dan penjualan melalui penggunaan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

Sekarang, pemasaran media sosial dapat dibagi menjadi dua kubu: organik (gratis) atau berbayar.

Pemasaran Media Sosial Organik

Pemasaran media sosial organik berfokus pada membangun komunitas dan memperdalam hubungan dengan konsumen dalam upaya mendorong minat dan loyalitas pelanggan.

Ada banyak cara untuk melakukan ini. Pertama, Anda dapat memposisikan merek Anda sebagai otoritas di ceruk pasar Anda. Cara mudah untuk melakukan ini adalah dengan melibatkan orang lain dan menyumbangkan wawasan berharga untuk percakapan.

Cara lain untuk menumbuhkan loyalitas adalah dengan secara konsisten membuktikan seberapa besar Anda menghargai pelanggan dan komunitas Anda.

Aspek kunci lain dari pemasaran media sosial adalah memanfaatkan kekuatan hubungan pelanggan. Segera menjawab pertanyaan pelanggan di media sosial menampilkan keaslian merek Anda, dan akan menginspirasi orang lain untuk mempercayai produk atau layanan Anda. Terlebih lagi, pemasaran media sosial terkait erat dengan pemasaran konten (yang akan kami bahas selanjutnya).

Ini karena platform media sosial adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan konten berharga ke komunitas dan ceruk Anda.

Pemasaran Berbayar Media Sosial

Ada banyak cara untuk menggunakan pemasaran media sosial berbayar untuk mempromosikan bisnis Anda, dan setiap platform memiliki rangkaian pilihan promosi berbayar sendiri.

Di Facebook, Anda dapat membayar untuk mempromosikan posting organik yang ada atau membuat iklan Facebook khusus yang dirancang untuk tujuan pemasaran Anda. Sebagian besar pemasaran media sosial berbayar juga disebut sebagai “Pay per klik”.

Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Optimisasi mesin pencari juga dikenal sebagai SEO – adalah proses mengoptimalkan situs web dan konten digital untuk meningkatkan peringkat mesin pencari, yang pada gilirannya, memaksimalkan jumlah pengunjung ke halaman web tertentu.

Dengan kata lain, katakan Anda ingin situs web perabot kantor Anda muncul di bagian atas hasil pencarian Google setiap kali seseorang mencari “perabot kantor di London”. Nah, proses yang akan Anda gunakan untuk mewujudkannya adalah SEO.

Perlu dicatat bahwa hari ini ketika kita berbicara tentang SEO, kita hampir secara eksklusif merujuk ke Google (kecuali jika Anda tinggal di China dan menggunakan mesin pencari Baidu).

Mengapa? Karena Google tidak diragukan lagi sebagai mesin pencari paling populer di dunia menghabiskan 79,77% pangsa pasar.

Apa Itu On-Page SEO?

SEO pada halaman adalah ketika Anda mengoptimalkan situs web atau konten Anda untuk peringkat lebih tinggi di mesin pencari untuk kata kunci atau frase yang ditargetkan.

Contoh-contoh SEO pada halaman meliputi:

  • Meningkatkan kecepatan situs web Anda
  • Memiliki desain web yang responsif dan dioptimalkan untuk seluler
  • Termasuk kata kunci yang Anda targetkan
  • Menyusun konten dengan tag judul
  • Mengoptimalkan untuk cuplikan fitur Google
  • Menggunakan markup data terstruktur
  • Termasuk tautan internal ke halaman lain di situs web Anda
  • Menambahkan tautan keluar ke situs web lain yang relevan

Karena alasan ini, SEO terkait erat dengan pemasaran konten kami akan menjelajahinya lebih lanjut di bawah ini.

Apa Itu Off-Page SEO?

SEO Off Page adalah saat Anda mengoptimalkan situs web atau konten Anda agar muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian melalui metode di luar situs web atau konten Anda. Ini termasuk sinyal eksternal seperti kehadiran media sosial Anda dan penyebutan merek.

Namun, bagian terbesar dan paling berpengaruh dari SEO di luar halaman adalah pembuatan backlink. Ini adalah saat situs web lain menautkan ke situs web atau konten Anda.

Alasan di balik backlink sederhana. Jika banyak situs web menautkan ke situs web Anda, maka Google akan menganggap Anda memiliki konten yang berharga dan relevan.

Mesin pencari juga memperhitungkan otoritas situs web yang menautkannya kepada Anda. Misalnya, satu tautan dari situs web resmi seperti New York Times akan lebih efektif daripada 100 tautan dari situs web yang tidak dikenal.

Cara yang bagus untuk menghasilkan backlink dari situs web resmi adalah menghasilkan konten berkualitas tinggi yang ingin dibagikan orang lain. Atau Anda dapat membuat konten khusus untuk situs web lain – ini disebut “posting tamu.”

Jenis Pemasaran Internet Melalui Konten (Content Marketing)

digital-marketing

Artikel terkait  Pembahasan Lengkap Tentang CPA (Cost per action) dan Cara Kerjanya

Pemasaran konten adalah proses menciptakan, mendistribusikan, dan mempromosikan materi online yang relevan secara konsisten dengan cara yang dirancang secara strategis untuk menarik, melibatkan, dan mengubah target pasar Anda menjadi pelanggan.

Ada banyak bentuk konten yang digunakan bisnis untuk melakukan ini, seperti:

  • Posting blog
  • Video (pada media sosial seperti Facebook dan YouTube)
  • Laporan dan studi industri
  • Infografis merangkum laporan dan studi
  • Ebooks
  • Podcast
  • Studi kasus
  • Email
  • Webinar

Artikel yang Anda baca ini adalah salah satu jenis pemasaran konten! Pemasaran konten bekerja erat dengan banyak jenis pemasaran internet lainnya – terutama pemasaran media sosial dan SEO.

Seperti yang kita lihat di atas, media sosial adalah salah satu saluran utama yang digunakan untuk mendistribusikan dan mempromosikan konten. Sekarang, mari kita lihat lebih dekat bagaimana pemasaran konten berhubungan dengan SEO.

Konten yang dioptimalkan mesin pencari adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan merek Anda lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Dengan harapan sebagian besar pengunjung akan mendaftar ke daftar email kita untuk mendengar tentang konten baru yang hebat.

Dan sementara itu, kita bisa memimpin mereka (Anda!) untuk menjadi pengguna situs.

Pembaca kita mendapatkan konten gratis yang luar biasa untuk membantu mereka memulai dan menumbuhkan bisnis, dan kita menjadi platform yang membantu mereka melakukannya.

Kunci pemasaran konten adalah tentang memberi sebelum Anda mendapatkan hasil.

Influencer Marketing

Hal pertama yang pertama: Apa itu influencer? Influencer adalah seseorang dengan pengikut online yang relatif besar, termasuk:

  • Selebriti arus utama seperti Emma Watson.
  • Selebritas ceruk seperti juara catur dunia Magnus Carlsen.
  • Pakar dan otoritas industri, seperti pakar pemasaran digital Neil Patel.
  • Mikro-influencer (yang memiliki kurang dari 100.000 pengikut) seperti aktivis lingkungan Elizabeth Couse.

Oke, jadi apa influencer marketing?

Influencer marketing adalah proses bekerja dengan influencer untuk mempromosikan produk atau layanan ke pengikut online mereka.

Sebelum pemasaran internet, pemasaran influencer hanya tersedia untuk merek-merek besar yang mampu bekerja dengan selebriti terkenal. Tapi sekarang semua orang bisa terlibat dalam pemasaran influencer.

Faktanya Influence.co menemukan bahwa rata-rata, influencer mikro dengan 2.000 hingga 100.000 pengikut mengenakan biaya antara $ 137 dan $ 258 per posting Instagram. Ingat, itu rata-rata – artinya beberapa mungkin mengenakan biaya hanya $ 50, dan banyak orang lain akan dengan senang hati mempromosikan produk Anda dengan imbalan sampel gratis.

Selain itu, banyak bisnis akan memilih untuk membayar influencer potongan dari penjualan yang mereka hasilkan – ini disebut pemasaran afiliasi (yang akan kita bahas di bagian selanjutnya).

Ingin tahu yang terbaik? Mikro-influencer benar-benar berkinerja lebih baik daripada selebriti terkenal. Sebuah survei yang dilakukan oleh Collective Bias menemukan bahwa hanya tiga persen konsumen yang dipengaruhi oleh dukungan selebriti dalam keputusan pembelian mereka, sementara 30 persen konsumen cenderung membeli produk yang direkomendasikan oleh blogger non-selebriti.

Affiliate Marketing

Pemasaran Afiliasi pada dasarnya hanya pemasaran rujukan online. Bisnis akan membuat program yang membayar komisi ke situs web atau individu eksternal untuk lalu lintas atau penjualan yang mereka hasilkan. Ini memungkinkan pemasar internet dan influencer untuk menghasilkan uang dengan mempromosikan produk atau layanan bisnis lain.

Mari kita lihat sebuah contoh.

Host situs web dan pendaftar domain biasanya memiliki program pemasaran afiliasi populer yang memungkinkan influencer dan pemasar internet menghasilkan uang dengan mempromosikan layanan mereka.

Setiap kali salah satu pembaca mereka mengeklik tautan dan mendaftar, perusahaan tersebut akan memberikan tindakan atau komisi.

Keren kan? Maklum, pemasaran afiliasi sangat terkait dengan pemasaran media sosial, pemasaran konten, dan pemasaran influencer. Ini karena sebagian besar tautan afiliasi dipromosikan dalam konten atau di media sosial oleh influencer.

Email Marketing

Pemasaran email adalah proses menggunakan email untuk mengirim pesan pemasaran langsung kepada orang-orang dalam upaya untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan yang sudah ada. Meskipun pemasaran email mungkin tidak tampak seperti bentuk pemasaran internet yang paling glamor, jangan anggap remeh kekuatan dasarnya.

Mengapa?

Pemasaran email memiliki pengembalian investasi rata-rata 122 persen – lebih dari empat kali lebih tinggi dari jenis pemasaran internet lainnya seperti media sosial dan pencarian berbayar.

Oke, jadi bagaimana cara kerja pemasaran email? Nah, sebelum Anda bisa memulai pemasaran email, Anda harus mendapatkan beberapa alamat email!

Untuk alasan ini, pemasaran email hampir selalu bekerja dalam kemitraan dengan jenis pemasaran internet lainnya seperti pemasaran media sosial dan pemasaran konten. Kampanye pemasaran email akan sering dimulai dengan sesuatu yang disebut “umpan”.

Umpannya biasanya berupa kupon diskon atau konten yang sangat diinginkan, seperti ebook.

Sekarang, ini adalah saat kesenangan dimulai. Setelah mendapatkan alamat email, Anda dapat mulai memelihara pelanggan email Anda dengan konten yang bermanfaat, hadiah, diskon, akses awal ke produk baru, dan banyak lagi.

Anda juga dapat meningkatkan penjualan menggunakan segmentasi email. Ini terjadi ketika Anda membuat grup pelanggan terpisah (disebut “segmen”) berdasarkan preferensi pribadi mereka dan pada tahap apa masing-masing pelanggan berada dalam perjalanan pembeli.

Kemudian, Anda dapat membuat kampanye email otomatis untuk setiap segmen, seperti:

  • Selamat datang pelanggan baru
  • Tindak lanjut gerobak yang ditinggalkan
  • Menindaklanjuti dengan pelanggan baru untuk mendapatkan penjualan berulang
  • Tanyakan ulasan kepada pelanggan yang senang
  • Libatkan kembali pelanggan yang tidak aktif
  • Kumpulkan umpan balik yang berharga dari pelanggan yang sudah ada
  • Dan banyak lagi!

Artikel terkait  Ingin Menerapkan Strategi Pemasaran dengan Konten Marketing? Pastikan Anda Memahami Poin-Poin Ini

Jenis Pemasaran Internet Melalui Iklan Berbayar

online-bisnis-berbayar

Iklan berbayar adalah bentuk pemasaran internet di mana pengiklan membayar untuk menampilkan iklan mereka di mesin pencari dan platform online lainnya, seperti Facebook, YouTube, LinkedIn, dan Instagram.

Sekarang, iklan berbayar sering disebut sebagai “Pay per klik” atau “PPC” – ini berarti bahwa pengiklan akan membayar biaya setiap kali pengguna mengklik salah satu iklan mereka.

Tetapi ada lebih banyak iklan berbayar daripada PPC. Banyak platform sekarang menagih pengiklan dengan cara yang berbeda tergantung pada tujuan pemasaran mereka, seperti:

  1. Biaya per seribu tayangan (juga dikenal sebagai “biaya per mil” atau “BPT”). Ini berarti Anda akan ditagih setiap kali iklan Anda dilihat 1.000 kali.
  2. Biaya per tampilan (CPV). Ini berarti Anda akan dikenai biaya untuk setiap tampilan yang diterima video Anda.
  3. Biaya per tindakan (CPA) (juga dikenal sebagai biaya per akuisisi). Ini berarti Anda akan ditagih setiap kali pengguna melakukan tindakan tertentu atau mengonversi menjadi pelanggan.

Dua platform periklanan digital terbesar adalah Google dan Facebook. Di antara mereka, mereka menerima mayoritas pengeluaran iklan digital A.S., masing-masing 38 persen dan 19 persen. Mari kita lihat masing-masing dari mereka.

Iklan Berbayar di Google

Untuk beriklan di Google, Anda harus menawar kata kunci yang Anda inginkan untuk menampilkan iklan Anda. Misalnya, saat menggunakan Google Adwords, Anda dapat mengajukan tawaran untuk menampilkan iklan untuk kata kunci “membuat website.”

Lalu, jika Anda memenangkan penawaran, setiap kali seseorang mencari “membuat website” di Google, mereka akan melihat iklan Anda di hasil pencarian.

Iklan berbayar di mesin pencari seperti Google sering disebut sebagai “pemasaran mesin pencari,” atau “SEM.” Salah satu manfaat utama bagi SEM adalah bahwa para pencari biasanya memiliki tingkat niat pembeli yang tinggi. Pikirkan tentang hal ini, jika seseorang mencari “meja berdiri,” kemungkinan besar mereka tertarik untuk membelinya!

Artikel terkait  Konsistensi dan Kompatibilitas Adalah Kunci Utama Bagi Pemasar di Tahun 2020 Ini

Iklan Berbayar di Facebook

Facebook memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan ke audiens target yang disempurnakan. Anda dapat menentukan audiens target Anda berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan banyak lagi. Plus, ada banyak cara untuk menerapkan filter yang berbeda.

Anda dapat menelusuri untuk menentukan pelanggan sempurna Anda, dan kemudian menggunakan iklan Facebook untuk menjangkau mereka. Ada juga sesuatu yang disebut “penargetan ulang” (juga dikenal sebagai pemasaran ulang).

Pernahkah Anda mengikuti iklan di web? Jika Anda menyukai kebanyakan orang, Anda melihat sepasang sepatu baru, dan kemana pun Anda pergi online Anda melihat iklan mempromosikan sepatu itu.

Opsi iklan online juga memiliki fitur pelacakan yang sangat canggih. Setelah menempatkan iklan, Anda dapat melacak setiap tampilan, seperti, komentar, klik, dan konversi yang diterimanya.

Kesimpulan

Semakin banyak orang yang menghabiskan potongan yang lebih besar dari hari mereka online, dan semua yang Anda butuhkan untuk mencapai mereka adalah koneksi internet dan smartphone atau laptop.

Karena, tidak seperti kebanyakan periklanan tradisional, banyak bentuk pemasaran internet seperti pemasaran media sosial, pemasaran konten, atau SEO – dapat dilakukan secara gratis.

Bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun untuk belajar pemasaran internet, dengan sumber daya yang tak terhitung jumlahnya tersedia secara online secara gratis.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya