Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Tingkatkan Rating Bisnis Anda dengan Tips Terbaik Mendapatkan Google...

Tingkatkan Rating Bisnis Anda dengan Tips Terbaik Mendapatkan Google Review

-

Tantangan terbesar dalam menjalankan bisnis online adalah mempertahankan keberlangsungan bisnis tersebut. Faktanya, ada banyak hal dalam bisnis online yang harus Anda ketahui dan kelola. Salah satunya adalah cara-cara mendapatkan review dari konsumen.

Jangan pernah menyepelekan kekuatan dari kolom Google review. Meskipun hanya berupa kolom dengan rating bintang, nyatanya, Google review adalah senjata ampuh untuk meraih sebanyak-banyaknya konsumen online.

Google review adalah komponen bisnis yang seringkali dijadikan semacam booster atau pendongkrak dari sebuah usaha online. Faktanya lagi, kolom review merupakan salah satu aspek yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum mereka berbelanja di sebuah toko online.

Seringkali saat konsumen tertarik untuk membeli produk, ada 3 hal yang setidaknya akan mereka pertimbangkan: 1) Kualitas dan gambar produk, 2) Harga dari produk, 3) Komentar atau testimonial dari para konsumen sebelumnya yang juga menjadi penentu utama dari keputusan berbelanja atau tidak.

Strategi pertimbangan dari konsumen ini merupakan suatu hal yang wajar. Google review adalah pengganti dari kemampuan konsumen untuk melihat produk asli yang dijual. Dengan melihat unggahan foto, video, serta komentar dan bintang dari pembeli sebelumnya, maka calon konsumen dapat melihat sejauh apa perbedaan atau persamaan dari produk asli dengan deskripsi dari penjual.

Produk yang sering mendapatkan rating 4 atau 5 bintang umumnya akan lebih mudah mendapat perhatian dan keinginan untuk membeli dari konsumen. Sementara review dari bintang 1 sampai 3 masih akan membuat konsumen merasa ragu untuk berbelanja.

Bahkan terdapat sebuah studi yang berhasil membuktikan bahwa sekitar 72% masyarakat positif melakukan perbelanjaan di sebuah toko online setelah melakukan riset atau penelitian kecil-kecilan dari kolom review pembeli sebelumnya. Jadi, Anda tidak boleh meremehkan kolom review ini jika ingin bisnis online Anda sukses di pasaran!

Namun bagaimana jika kolom review Google Anda (review us on Google) sepi? Padahal, Anda sudah sering mengampanyekan review us on Google ke setiap konsumen. Lagi-lagi pada kenyataannya di lapangan, tidak semua konsumen mau repot untuk melakukan review atas produk yang telah mereka beli.

Ada banyak faktor mengapa konsumen seringkali tidak melakukan review us on Google, seperti lupa, terlanjur senang mendapatkan produk yang sudah ditunggu-tunggu sehingga langsung asyik menggunakannya, malas membuka aplikasi e-commerce lagi, merasa kerepotan sendiri, dan masih banyak lainnya.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir, sebab artikel kali ini akan membahas secara lengkap bagaimana cara-cara menggaet konsumen untuk melakukan review pada Google. Yuk kita langsung simak pembahasannya berikut ini bersama-sama!

Mengapa Bisnis Online Anda Perlu Mendapatkan Review Sebanyak-Banyaknya?

google-review-1

Artikel terkait  Tingkatkan Penjualan Dengan Merchandise Unik Ini!

Mungkin ada penjual atau pengelola bisnis online yang masih mempertanyakan mengapa usaha mereka perlu untuk mendapatkan review sebanyak-banyaknya? Bisa jadi Anda juga sedang berpikir demikian: “Padahal sudah memakai jasa iklan dan usaha sudah laris manis, kenapa kita tetap perlu mendapatkan testimoni pelanggan?”

Penting untuk Anda ketahui, testimoni online seperti Google review adalah strategi marketing terbaik sekaligus menjadi suatu iklan tidak langsung yang lebih efektif dibandingkan iklan yang sengaja dibuat dan dipasarkan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Google review adalah bahan pertimbangan final dari konsumen sebelum ia melakukan pembelian.

Selain itu, masih ada manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan adanya kolom review yang ramai berkat mempraktekkan cara review Google bisnis. Pun keuntungan dari Google review adalah:

Artikel terkait  Belajar dari Amazon! Pandemi Tak Menghadang Bisnis Online

Menambah Level Kepopuleran Toko

Anda yang berbisnis online di e-commerce atau marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan seterusnya, maka kolom review dapat mendongkrak kepopuleran dari toko yang Anda buat di  platform tersebut.

Hal yang sama juga berlaku untuk Anda yang berbisnis online di website atau aplikasi buatan sendiri. Toko Anda tetap dapat populer di masyarakat berkat kehadiran Google review. Semakin tinggi bintang yang bisa Anda peroleh, maka akan semakin meyakinkan pula penilaian toko Anda di mata masyarakat.

Efektif Menarik Pembeli

Manfaat kedua dari Google review adalah efektif menarik pembeli. Anda memang sudah menyebar aneka iklan, namun seringkali iklan juga masih belum cukup efektif meyakinkan konsumen untuk berbelanja. Beberapa konsumen yang selektif dapat dengan mudah membedakan mana iklan yang menebar janji-janji dan mana iklan yang berbobot (konsumen tidak mudah termakan iklan).

Namun kolom review dapat menjadi suatu bentuk persuasif super ampuh untuk meyakinkan konsumen berbelanja. Saat konsumen melihat review bintang tinggi untuk produk di toko Anda, maka ia pun dapat tergiur untuk membeli produk yang sama.

Bahan Masukan untuk Toko Anda

Agar bisnis online dapat terus berjalan dengan baik, maka Anda perlu untuk mendengarkan  bagaimana kesan, kritik, dan pesan dari setiap konsumen yang berbelanja di tempat Anda.

Apabila toko Anda sering mendapatkan review baik, maka pertahankanlah kinerja Anda yang sudah bagus. Namun apabila sebaliknya, maka Anda harus mengumpulkan semua komentar kritik dari konsumen dan melakukan evaluasi terhadap kinerja toko Anda.

Ingin Menarik Review Konsumen Sebanyak-Banyaknya? Begini Caranya!

review-google

Mendapatkan review konsumen bukanlah perkara gampang seperti membalikkan telapak tangan. Diperlukan cara review Google bisnis, alias strategi khusus untuk bisa memperoleh review konsumen.

Sesungguhnya, cara mendapatkan Google review adalah hal yang mudah jika Anda mengetahui cara-caranya. Namun masih banyak pebisnis online yang tergiur untuk memakai jasa review Google supaya bisa mendapatkan testimoni konsumen yang banyak dalam waktu singkat.

Kami tidak menyarankan Anda untuk memakai jasa review Google ini. Sebab, memakai jasa Google review adalah sebuah bentuk tindakan yang curang. Terlebih, Google adalah software yang senantiasa memperbaharui sistem dan algoritmanya.

Jika Google berhasil mendeteksi kecurangan review, maka besar kemungkinan ia akan segera menghapus semua review yang dimiliki oleh toko online Anda.

Daripada pakai jasa review Google, yuk ikuti tips mendapatkan review konsumen dengan baik berikut ini:

Mengirimkan Email Pengingat

Banyak konsumen tidak langsung memberikan review pasca menerima produk yang dibeli. Itu adalah fakta sebab konsumen perlu waktu untuk mencoba produk agar bisa memberikan penilaian. Jadi, Anda harus bersusah payah sedikit mengirimkan email pengingat ke konsumen.

Artikel terkait  Tepat Menentukan Harga Produk Bersama iPrice | Pembanding Harga E-Commerce No 1 Se-Indonesia

Memakai Google My Business

Jika Anda tidak berbisnis via e-commerce, maka Anda bisa memakai Google My Business. Google My Business menyediakan kolom review untuk konsumen atau masyarakat yang mengetahui profil toko online Anda. Selain itu, nama toko online Anda dapat muncul dengan lebih mudah saat konsumen menelusuri toko Anda di internet.

Memberikan Tanggapan Atas Review

Tips selanjutnya adalah memberikan tanggapan atas review yang didapat dari konsumen. Terlepas dari review apa yang Anda peroleh baik atau buruk, bintang 1 atau bintang 5 sebaiknya usahakan untuk selalu merespon komentar yang diberikan.

Respon dari Anda selaku penjual akan membuat konsumen merasa kontribusi mereka diapresiasi, diperhatikan, dan dihargai. Alhasil, konsumen akan tertarik untuk selalu memberikan review di setiap kali mereka melakukan pembelian.

Namun Anda harus berhati-hati dan bijak saat menanggapi komentar buruk atau keluhan konsumen. Tawarkan solusi terbaik yang bisa menyenangkan hati konsumen dan jangan terpancing emosi sehingga Anda melakukan hal-hal buruk di kolom review seperti adu argumen. Sebisa mungkin untuk tetap tenang dan kedepankan sikap profesional.

Sebarkan Review Positif

Tips terakhir, Anda bisa menyebarkan review positif yang didapat ke beragam media sosial bisnis yang Anda punya. Masyarakat selalu ingin tahu jika komentar mereka diterima atau ditanggapi oleh penjual.

Menyebarkan review positif sebagai materi konten promosi atas produk Anda adalah solusi yang bagus sebab pemberi review bisa mendapat apresiasi, sementara calon konsumen diyakinkan untuk berbelanja oleh ulasan yang bagus.

Itulah pembahasan lengkap tentang cara review Google bisnis. Semoga tips-tips di atas berguna membantu Anda untuk mengumpulkan review pembeli terhadap produk atau brand, sehingga usaha Anda dapat semakin dilirik oleh masyarakat luas.

Yuk perlengkap kumpulan tips Anda tentang strategi bisnis online dengan mengecek artikel menarik dan informatif lainnya hanya dari Markey!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya