Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Panduan Membangun Brand untuk Bisnis Online Anda!

Panduan Membangun Brand untuk Bisnis Online Anda!

-

Brand awareness!

Siapa yang tidak paham brand awareness!

Hal ini adalah hal yang penting untuk Anda, yang sedang menjalankan bisnis, dalam bentuk apapun bisnis tersebut!

Seperti yang Anda ketahui, bisnis online tentunya juga membutuhkan brand awareness, sebab, semakin produk atau layanan Anda dikenal, maka penjualan online Anda akan semakin ‘wah’!

Lalu, bagaimana membangun brand online yang baik itu?

Berikut simak cuplikannya!

Tentukan Brand Awareness: Brand Awareness Di Dalam Brand Online?

Apabila Anda memiliki bisnis online, tentunya Anda membutuhkan sesuatu agar bisnis online Anda mudah diingat secara singkat.

Secara simbolis, yang membuat customer Anda mudah menginterpretasikan karaksteristik sebuah layanan atau produk, maka brand adalah solusinya.

Melalui brand, customer Anda dapat dengan mudah mendeskripsikan suatu pengalaman berharga atau sebuah kenyamanan secara singkat.

Apabila Anda memasarkannya, terutama, melalui dunia maya, maka tidak ada salahnya menyebutnya sebagai brand online.

Namun, sebelum berbicara mengenai brand online, tidak ada salahnya berbicara mengenai brand awareness dan bagaimana cara membangun brand awareness, yang diikuti dengan bagaimana membangun brand online dan cara memviral-kannya.

Bagaimana Caranya Membangun Brand Awareness yang Berujung pada Brand Online?

brand-online-1

Brand awareness atau kesadaran merk merupakan tingkat kesadaran konsumen terhadap produk atau layanan Anda.

Tentunya ini adalah hal yang penting, jika tidak ada satupun orang yang menyadari merk Anda, bagaimana Anda menciptakan penjualan yang ‘wah’.

Lalu, bagaimana Anda dapat membangun brand awareness sebelum membangun brand online?

Yuk, cermati liputannya!

1. Cari Tahu Siapa Target Audiens dan Kompetitor Anda

Bila Anda ingin membangun sebuah brand, hal penting yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memahami target audiens dan kompetitor Anda.

Pertanyaan seperti kepada siapa produk atau layanan Anda ditujukan, kemudian kepribadian masing-masing target audiens, adalah pertanyaan yang penting yang harus Anda pertanyakan dan Anda cari jawabannya.

Kemudian, terkait dengan kompetitor, Anda harus bisa menganalisa kompetitor Anda dengan cara mencari tahu siapa saja kompetitor potensial yang menjual produk atau layanan yang ingin Anda jual, kemudian mencari inspirasi dari kompetitor potensial tersebut, bagaimana cara mereka mengembangkan bisnis mereka.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan, untuk dapat menganalisis target audiens dan kompetitor Anda, misalnya melalui pengamatan Anda sendiri secara pribadi, mencari di sosial media, Google, forum sosial, website, atau, cara yang paling jitu adalah berbicara secara langsung dengan target audiens versi Anda sendiri sekaligus memahami strategi kompetitor Anda sembari memahami strategi sendiri untuk menghadapi kompetitor Anda secara positif.

2. Tentukan Fokus dan Karakteristik Brand Anda

Tentukan fokus brand Anda karena ini akan sangat berpengaruh terhadap semua aspek penting selama Anda membangun brand Anda.

Kepada siapa Anda akan memberikan value brand Anda, akan menentukan fokus Anda, kemudian hal-hal yang diperlukan untuk membangun value brand Anda dan bagaimana Anda mengantarkan value tersebut, akan menjadi karakteristik bisnis online Anda.

Untuk menetapkan karakteristik bisnis online Anda, Anda dapat mengibaratkannya seperti manusia.

Seperti apa penampilannya? Karakter ‘manusia’ seperti apa yang dapat membuat target audiens Anda tertarik dengan ‘manusia bisnis online’ Anda?

Hal-hal ini nantinya akan membuat Anda memahami brand awareness Anda di sosial media atau jaringan internet lain yang Anda miliki nantinya, sekaligus menentukan seperti apa penampilan brand online Anda dari segi digital creative, baik dari segi desain maupun tulisan.

3. Tentukan Nama Brand Anda

Pengaruh pemilihan nama sebuah brand online, bisa sangat kecil atau besar tergantung pada jenis bisnis Anda dan bagaimana Anda memandang arti dari nama tersebut.

Sebuah brand lebih dari sekedar nama.

Karakteristik, tindakan, juga reputasi adalah arti dari sebuah brand online, dan hal inilah yang akan membuatnya dikenal serta membuatnya memiliki arti di pasaran.

Oleh karena itu, nama brand merupakan salah satu komitmen penting yang harus Anda tetapkan di awal pendiriannya, selain karena brand merupakan lambang dari karakteristik, tindakan dan reputasi, nama brand akan berpengaruh pada penciptaan logo, penetapan nama domain website, strategi marketing, hingga pendaftaran merk dagang.

Sekedar tips untuk Anda, buatlah nama brand online yang unik dan mudah diingat, dan sulit ditiru oleh pihak lain. Kemudian, tips lainnya, pilih nama yang cukup luas apabila Anda akan berencana untuk memperluas bisnis Anda dengan jenis produk lainnya.

4. Tentukan Desain Brand Anda

Sebuah logo brand online Anda harus mewakili wajah dari bisnis online Anda. Dalam artian, logo brand online Anda haruslah mewakili nilai, visi dan misi brand Anda secara visual.

Orang akan lebih mengenal brand Anda melalui logo yang Anda buat, baik yang Anda desain sendiri maupun dengan menggunakan jasa desainer, oleh karena itu logo Anda harus mudah diingat, unik sekaligus terukur.

Anda juga dapat menggunakan pendekatan yang lebih sederhana saat mendesain logo, sebagai contoh, konsep minimalis yang ditawarkan Google melalui logonya, atau bahkan Facebook dan Twitter.

Tentunya konsep-konsep logo yang dipilih tersebut dipilih bukan dengan sembarangan, tentunya melambangkan konsep bisnis mereka masing-masing.

5. Tentukan Slogan untuk Bisnis Online Anda

Slogan catchy yang mampu mewakili visi juga misi brand online Anda merupakan sesuatu yang penting yang complicated untuk diciptakan.

Slogan yang  singkat juga deskriptif yang mampu mewakili brand Anda akan mudah untuk dikenali dan Anda dapat menempatkannya juga di headline di website bisnis online Anda atau di toko online Anda, atau bahkan di kartu nama Anda.

Apalagi slogan ini sifatnya fleksibel, dalam artian bisa diubah seiring dengan berkembangnya brand Anda dan setiap kali Anda menemukan angle baru untuk kepentingan marketing. Sebagai contoh, produk Pepsi yang sudah mengganti slogannya tidak kurang dari tiga puluh kali dalam beberapa dekade terakhir.

Artikel terkait  Apa itu Direct Marketing? Konsep, Manfaat dan Tujuannya

6. Kembangkan Terus Brand Anda!

Membangun sebuah brand tidak akan langsung berhenti begitu Anda selesai membuat logo sekaligus slogan Anda.

Brand Anda harus selalu ada dan tetap konsisten melayani pelanggan ketika pelanggan Anda berinteraksi dengan brand Anda dan inilah yang membentuk brand awareness untuk produk atau layanan Anda.

Setiap kali Anda memperoleh pelanggan baru, mempelajari siapa mereka, serta bagaimana caranya berinteraksi dengan mereka untuk meningkatkan engagement brand awareness Anda.

Sekedar nasihat untuk Anda, Anda harus paham bahwa Anda tidak pernah memiliki seratus persen kendali terkait bagaimana orang mempersepsikan brand Anda.

Namun, tetapkan reputasi Anda di mata pasaran, terutama di hadapan pelanggan setia Anda, sehingga Anda mampu menciptakan pelanggan-pelanggan yang loyal terhadap bisnis Anda.

Strategi untuk Mem-Viralkan Brand Online Anda!

brand-online-2

1. Ciptakan Otoritas Brand Anda!

Anda harus dapat membangun otoritas brand Anda, alias menunjukkan bahwa Anda lah yang paling paham mengenai suatu tema, produk, atau layanan, alias niche yang Anda pilih.

Bagaimana caranya?

Sering-sering lah melakukan research sekaligus update informasi terbaru, untuk mendapatkan target audiens yang menganggap bahwa Anda lah yang paling memahami informasi mengenai sesuatu.

Kemudian buatlah postingan yang secara khusus memberikan informasi ter-update sekaligus berkualitas di toko online Anda, baik di website atau sosial media.

Selain dapat mengembangkan brand Anda, Anda pun dapat memberikan manfaat kepada orang lain! Dengan begitu brand online Anda dapat semakin dikenal oleh banyak orang.

2. Jadilah Aktif di YouTube!

Anda bisa menciptakan suatu video tutorial untuk memperkenalkan produk atau layanan Anda, sehingga calon konsumen Anda akan tertarik dengan brand Anda dan akan semakin viral.

Tujuannya adalah mengumpulkan banyak customer sekaligus orang-orang agar semakin mengenal brand Anda.

Seperti sebuah search engine, ada banyak sekali teknik yang dapat dipergunakan untuk mengoptimalkan video Anda agar dapat mencapai peringkat tinggi di Google dan YouTube, tentunya dengan menggunakan keyword yang Anda targetkan.

3. Gunakan Press Release!

Setelah Anda melakukan research, Anda dapat menuangkannya dalam tulisan sederhana kemudian mengirimkannya melalui situs berita online.

Gunakan situs berita online berkualitas agar tulisan Anda bisa masuk peringkat pertama Google.

Juga pastikan, Anda memiliki beberapa jenis berita lainnya untuk dikirimkan kepada Press Release agar brand Anda semakin terkenal, karena itulah tujuan dari press release.

Selain itu, akan ada banyak orang yang akan menyebarkan artikel buatan Anda dan ini akan membantu meningkatkan traffic pada website serta pengikut sosial media Anda.

Alasan metode ini begitu efektif adalah karena begitu banyaknya orang yang membaca berita online.

4. Menjadi Guest Web atau Guest Post Di Sebuah Website atau Blog

Ada banyak website atau blog yang mendapatkan ribuan pengunjung setiap harinya.

Jadi, bagaimana Anda memanfaatkan hal ini?

Banyak para blogger saat ini yang menerima postingan tamu untuk menjaga traffic blog mereka, dan hal ini juga membantu para blogger tersebut dapat memposting artikel yang berisi informasi yang berkualitas.

Selagi melakukan posting berkualitas ini, Anda juga bisa memperkenalkan brand Anda dan kalau Anda beruntung Anda akan mendapatkan link back ke website atau toko online Anda.

Dan semakin sering artikel mengenai hasil research Anda dibagikan, maka brand Anda juga akan semakin tersohor.

Artikel terkait  Membangun Citra Profesional Bisnis dengan Kartu Nama Online | Aplikasi Kartu Nama Bisnis Profesional Terbaik

5. Memanfaatkan Sosial Media!

Sosial media adalah strategi nomor satu untuk membangun brand Anda!

Anda dapat membagikan informasi menarik hasil research Anda di sosial media yang Anda khususkan untuk toko online Anda. Mungkin ini merupakan cara yang umum, tetapi sebenarnya ini merupakan cara yang terbaik, dikarenakan banyaknya orang yang menggunakan sosial media.

Untuk membangun brand Anda lewat sosial media, Anda pun tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun!

Dan lagi, ada banyak orang yang menggunakan platform sosial media, dan jika Anda tidak menggunakan kesempatan ini maka Anda akan kehilangan dalam hal jangkauan.

6. Memberikan Barang Secara Gratis

Berikan sesuatu secara gratis, hal-hal seperti produk trial untuk produk Anda, contoh layanan, e-book gratis, dan sebagainya, dengan berbasis pada logo Anda, dapat membuat brand Anda semakin tersohor di mata pasaran.

Yang perlu diingat adalah, setiap Anda memberikan sesuatu secara gratis, selalu selipkan logo Anda di layanan atau barang tersebut, jadi semakin sering pelanggan Anda menggunakan pemberian Anda, semakin kuat pula ingatan pelanggan Anda mengenai brand Anda. Dengan dengan begitu brand Anda akan semakin terkenal!

7. Membangun Reputasi Kuat di Forum Online!

Sebuah forum online dapat membuat Anda dapat berhubungan dengan target audiens Anda dalam niche Anda, alias pasar Anda.

Bangunlah reputasi yang baik di forum yang berhubungan dengan niche alias pasar Anda!

Kemudian jangan lupa untuk memasukkan link website, blog ataupun toko online Anda, cara ini sangat efektif untuk meningkatkan pengunjung pada link-link yang Anda bagikan.

Tips untuk Anda adalah gabunglah dengan dua forum teratas khusus untuk target pasar Anda dan posting lah lima atau sepuluh kali per hari pada setiap forum. Ini hanya memakan waktu lima menit, tidak akan menghabiskan waktu Anda!

Hasilnya adalah, jika forum online tempat Anda bergabung mendapatkan banyak traffic pengunjung, maka banyak orang yang akan melihat link yang Anda tinggalkan dalam signature Anda.

Dan lagi, semua ini Anda dapatkan secara gratis! Mudah, bukan?

8. Kirimkan Post Link Anda ke Banyak Situs Social Bookmarking!

Situs-situs bookmark sosial seperti Reddit, Digg, Stumble Upon, akan membantu Anda untuk menarik traffic pengunjung yang tepat dan cepat untuk website bisnis Anda. Ada niche tertentu yang lebih sukses dengan menggunakan bookmark sosial ini, jadi pastikan Anda memahami dimana Anda dapat menjadi lebih efektif dalam membangun brand Anda.

9. Menggunakan PPC alias Pay Per Click

brand-online-3

Ini mungkin adalah metode termahal yang dapat Anda lakukan untuk mengarahkan traffic yang Anda targetkan ke web Anda. Meskipun mahal, mungkin ini adalah cara yang terbaik.

Jadi, jika Anda sudah memiliki budget khusus untuk PPC atau Pay Per Click, untuk mengkampanyekan web atau blog Anda, sebaiknya Anda lakukan saja!

Hal yang perlu Anda pahami adalah, sebelum melakukannya, langkah yang satu ini membutuhkan banyak research, dan Anda pun harus memahami sekali layanan Google Adwords sebelum membuang banyak uang. Anda harus memastikan bahwa investasi per customer bernilai setimpal pada saat Anda mendapatkan nilai dari customer Anda kembali.

Sempurnakan terus penawaran dalam iklan Anda dan temukan terus cara untuk mengurangi biaya!

 

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Belakangan ini kita sering mendengar perusahaan-perusahaan gadget yang menawarkan aneka produk nirkabel untuk lebih memudahkan aneka pekerjaan masyarakat. Biasanya, kita...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya