Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing 5 Cara Menghubungkan Pemasaran Email ke Penjualan

5 Cara Menghubungkan Pemasaran Email ke Penjualan

-

Ada banyak pengguna yang berlangganan majalah e-mail atau menjadi anggota. Apabila seorang pengunjung berlangganan majalah e-mail atau terdaftar sebagai anggota pada situs E-commerce artinya mereka tertarik dengan produk dan layanan suatu situs E-commerce tersebut sampai batas tertentu.

Pertama, saya ingin Anda memikirkan, kira-kira orang yang seperti apa yang tertarik untuk membeli produk yang Anda pasarkan?  Jawabannya adalah dari seseorang yang bisa Anda percayai. Bagaimana kemudian suatu perusahaan (merek) dapat membangun hubungan kepercayaan dengan konsumen yang tidak terlihat?

Artikel terkait  3 Cara Memasarkan Produk Online Shop

5 Metode Komunikasi dalam Email Marketing

metode-komunikasi-email

Ini adalah sebuah komunikasi yang memanfaatkan e-mail. Pada artikel kali ini, kami akan memperkenalkan 5 metode komunikasi yang benar-benar mengubah pendaftar buletin e-mail dan anggota terdaftar menjadi pelanggan.

Email Selamat Datang

“Welcome mail” adalah langkah pertama untuk menjalin hubungan dekat dengan pendaftar dan anggota pada majalah email. Welcome email ini merupakan sambutan selamat dating ketika seseorang pertama kali diterima oleh subscriber beberapa saat setelah mereka mendaftarkan alamat emailnya di form opt-in Anda.

Ini memang terkesan tidak terlalu penting, namun Anda jangan mengganpang Welcome mail sebagai hal yang remeh lalu membuatnya secara asal-asalan. Justru welcome mail yang baik akan membawa kesan yang baik juga kepada pembaca Anda. Buatlah kesan yang positif untuk pertama kalinya kepada pembaca Anda dan tahukah Anda bahwa sekitar 75% dari mereka menunggu email selamat datang?

Anda dapat mengatur untuk mengirim email selamat datang segera setelah pengguna mendaftar. Jika Anda tidak menerima email sambutan setelah satu jam atau lebih, 90% pendaftar tidak akan lagi tertarik pada produk atau layanan.

Email Pemberitahuan Otomatis yang Dapat Dibalas

Salah satu hal umum yang Anda lihat dalam pemberitahuan email otomatis di situs E-commerce adalah pesan “Tolong jangan balas email ini”. Pengaturan yang tidak dapat dibalas pengguna ini merupakan email mekanis.

Artikel terkait  Pemasaran Digital : Pengertian & Strategi Digital Marketing

Email semacam ini yang membuat Anda jauh dari pengguna karena Anda tidak dapat membangun hubungan nyata di masa depan. Oleh karena itu, izinkan pengguna untuk membalas email pemberitahuan otomatis tertentu, seperti email sambutan.

Email Pribadi, Hangat, dan Penuh Perhatian

Email yang sedikit perhatian paling efektif untuk membangun hubungan intim. Anda dapat mengirim email dengan menggunakan nama email pengguna, hal ini akan membuat penguna Anda merasa dekat dengan Anda.

Selain itu berikan awalan yang menyenangkan dan membuat pengguna tertarik untuk membaca isi email selanjutnya dan gunakan Bahasa yang mudah dimengerti oleh pengguna dan tidak belibet. Selain itu, Anda juga menarik minat pengguna dengan memanfaatkan kupon CTA (Call to Action).

Misalnya, perusahaan mengirim e-mail dengan kalimat yang bagus menggunakan nama pembaca/ nama penerima saat ini, dan melampirkan tombol kupon CTA (Call to Action), dengan mengklik tombol pada kupon CTA, pengguna dapat segera menikmati diskon belanja di situs produk. Perhatian semacam ini akan menarik minat pembaca dan mendorong mereka untuk menggunakan situs E-commerce Anda lagi.

Penggunaan CTA yang Efektif

CTA-efektif

Penggunaan CTA yang efektif adalah suatu hal yang penting untuk memiliki satu tujuan yang jelas untuk setiap email yang dikirim ke pendaftar. Tujuan perusahaan harus jelas, seperti mengunjungi situs perusahaan, membeli produk pada penjualan, atau menggunakan kupon.

Di situlah tombol CTA masuk dengan memasang CTA yang mudah dimengerti oleh pengguna probabilitas bahwa mereka akan menekan tombol akan sangat meningkat. Walau singkat, CTA dapat meningkatkan konversi hingga 121%. Ini terjadi apabila Anda membuat kinerja CTA bekerja dengan baik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Tanpa Basa-Basi

Jangan membuat kalimat yang berbeli-belit pada CTA. Beritahu secara singkat dan jelas pembaca Anda mengenai bisnis atau produk yang Anda tawarkan dan apa yang Anda ingin mereka lakukan. CTA yang anda buat harus sederhana namun tetap mampu memberikan dorongan kepada audiens.

Menjadi Unik

Penting untuk membedakan diri Anda dengan pesaing. Buat CTA Anda menjadi suatu yang istimewa dimata pembaca.

Gunakan Bahasa yang Dapat Ditindaklanjuti

Kata kerja dan frasa dapat lebih kuat memberikan dorongan daripada yang lain. Pakailah kata-kata yang dapat memaksa pembaca Anda untuk melakukan apa yang Anda inginkan. Misal, “telepon kami untuk sample” adalah salah satu CTA yang baik karena kalimat ini  dapat ditindaklanjuti oleh pembaca/pengguna.

Anda memberikan arahan yang jelas kepada kepada pembaca untuk menggunakan kata kerja “telepon kami”. Namun, sebaliknya apabila Anda membuat seperti ini “Telepon kami untuk free demo” merupakan CTA yang kurang baik karena tidak bisa memberikan dorongan kepada pembaca. Walau kata tersebut dapat ditindaklanjuti, kata ini mempunyai makna yang kabur.

 Ciptakan Kesan Mendesak

CTA Anda harus bisa menciptakan kesan mendesak agar bisa menghasilkan konversi yang lebih baik. Anda dapat melakukan ini dengan cara menyampaikan pesan bahwa pembaca Anda akan kehilangan kesempatan besar apabila melewatkan tawaran tersebut. Tunjukkan kepada pembaca bahwa waktu terus berjalan, dan menunda mengambil tindakan dapat menyebabkan mereka kehilangan kesempatan tersebut.

Gunakan Warna, Font, dan Ukuran Tombol yang Sesuai.

font-edit

Anda juga harus memperhatikan penampilan CTA, karena bagian ini tidak kalah pentingnya. Gunakan kombinasi warna dan font yang mudah dibaca dan nyaman di mata pembaca. Selain warna, Anda juga perlu memperhatikan ukuran tombol CTA, jangan terlalu besar maupun terlalu kecil. Usahakan agar CTA tersebut terlihat secara natural menyatu dengan UI di halaman Anda.

Artikel terkait  Konten Marketing Adalah? | Pengetahuan Dasar & Praktiknya

Tautkan CTA ke halaman arahan khusus

Pikirkan tentang halaman apa yang diharapkan pembaca Anda ketika mereka menekan CTA. Jika mereka tidak sampai ke lokasi yang diinginkan sekaligus, mereka dapat segera menutup halaman. Bahkan jika itu tidak terjadi, harap perhatikan hal berikut:

  • Gambar yang dilampirkan ke email juga digunakan untuk halaman arahan yang diulang. Dengan begitu, pembaca dapat mengonfirmasi bahwa mereka ada di halaman yang Anda inginkan.
  • Gunakan judul yang Anda gunakan dalam email untuk halaman arahan Anda dan tekankan tujuan halaman tersebut.
  • Letakkan logo merek Anda di halaman arahan Anda.
  • Laman landas hanya memiliki satu tujuan. Contohnya, bubuhi kalimat seperti: silakan lengkapi data diri Anda, Saya ingin Anda membeli produk di daftar penjualan, atau Saya ingin Anda menggunakan kupon, dll.

Saat membuat halaman arahan khusus CTA, selalu fokus pada apa yang Anda inginkan apabila Anda adalah seorang pembaca.

Kesimpulan

Ada 5 cara pemasaran email yang benar-benar dapat membantu Anda untuk terhubung ke penjualan, yakni:

  • Email selamat datang.
  • Email pemberitahuan otomatis yang dapat dibalas.
  • Email pribadi, hangat, dan penuh perhatian.
  • Penggunaan CTA yang efektif.
  • Tautkan CTA ke halaman arahan khusus.

Pahamilah masing-masing ke-5 point tersebut untuk meningkatkan konversi penjualan Anda. Ingatlah bahwa komunikasi yang baik dengan pelanggan sangatlah penting untuk diperhatikan.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya