6.7 C
Munich

Media Bisnis Online | by APPKEY

Bisnis Monetize Google AdSense Adalah? Ketahuilah Struktur Dasarnya!

Google AdSense Adalah? Ketahuilah Struktur Dasarnya!

-

Google AdSense adalah …

Memperoleh keuntungan dari iklan yang ada pada sebuah situs.

Google AdSense adalah layanan distribusi periklanan yang ditawarkan oleh Google yang mana Anda dapat memperoleh keuntungan dengan mempublikasikan iklan di situs Anda (maupun di situs perusahaan).

Tentu saja, banyak orang yang akan senang apabila mendengar bahwa keuntungan dapat dihasilkan melalui sebuah situs milik kita sendiri. Di antara pembaca artikel ini, pasti beberapa di antaranya adalah seorang administrator situs perusahaan, manajer maupun staff sebuah online shop, dan manajer dari situs berita serta situs komunitas. Jika Anda dapat mengurangi biaya pengelolaan situs, hal tersebut tentu akan berdampak positif untuk penghasilan utama pada bisnis Anda.

Terlebih lagi, jika Anda adalah seorang personal blogger, dapat hidup dengan penghasilan yang diperoleh dari blog Anda bukanlah hanya sekadar mimpi. Google AdSense adalah layanan yang memungkinkan situs Anda menjadi sebuah ‘media periklanan’ terlepas dari situs Anda adalah situs perusahaan atau situs pribadi.

Distribusi Periklanan yang Secara Otomatis Menyesuaikan dengan Konten di dalam Situs.

Cara mengiklankan situs Anda sangatlah mudah. Secara sederhana, dengan memasukkan ‘kode iklan’ yang dimiliki Google AdSense ke dalam source code HTML dari situs Anda, maka Google akan secara otomatis menyediakan iklan yang sesuai dengan konten Anda.

Misalnya, jika Anda memasukan kode iklan ke dalam situs yang mengunggah artikel tentang sepak bola, secara otomatis Google akan menampilkan iklan yang berhubungan dengan sepak bola dan olahraga. Ketika pengunjung situs mengklik iklan tersebut, iklan tersebut mengunggah biaya, dan pendapatan Anda akan terakumulasi.

Artikel terkait  Cara Sukses Dapatkan Uang Secara Online

 

Mekanisme Periklanan pada Google AdSense

Mekanisme Periklanan pada Google AdSense

 

Masukkan ‘kode iklan’ yang telah disediakan oleh Google AdSense ke dalam source code HTML untuk situs Anda.

Belakangan ini, telah diperkenalkan juga mekanisme pendistribusian atau pengirimin iklan yang terhubung sesuai dengan minat dan ketertarikan dari pengunjung situs. Google AdSense mengirimkan secara otomatis iklan yang kemungkinan besar diminati oleh pengunjung (informasi yang diketahui oleh pengunjung).

Dengan Google AdSense, Anda bisa fokus pada Pengelolaan Situs.

Dengan menggunakan Google AdSense, penghasilan dapat diperoleh melalui iklan dengan hanya mengoperasikan situs sebagaimana biasanya. Anda tidak perlu khawatir mengenai iklan jenis apa yang ingin ditampilkan atau bagaimana cara melakukan interaksi dengan para pengiklan. Di sisi lain, Google AdSense dapat menjadi sebuah daya tarik untuk dapat fokus dalam mengelola situs Anda.

Google AdSense dapat digunakan oleh seluruh pengguna situs, tanpa dipungut biaya apapun. Namun, terdapat review situs oleh Google sebelum Anda bisa menggunakan Google AdSense, dan jika dibandingkan dengan situs layanan pada umumnya, proses untuk dapat menggunakan Google AdSense sangat sulit.

Artikel terkait  PayPal Adalah ? | Penggunaan & Hal-Hal Mengenai PayPal

Berbagai Tipe Periklanan Melalui Internet

Iklan yang dipublikasikan di internet pada umumnya disebut ‘Iklan Internet (Internet Advertisements)’.

Terdapat bermacam-macam iklan melalui internet, dan memiliki informasi atau pengetahuan yang tepat dalam hal tersebut adalah satu langkah yang dapat membantu Anda memahami monetisasi dalam periklanan melalui internet. Kita akan memahami hal tersebut dari sudut pandang pengguna situs, jadi mohon diingat dengan baik.

Pertama, untuk mengklasifikasi iklan di internet, kita harus mengerti bagaimana biaya iklan dapat diperoleh dan bagaimana iklan tersebut ditayangkan. Biaya iklan dikelompokkan menjadi beberapa kategori, tergantung pada bagaimana penghasilan dari pengguna situs tersebut (bagi pengiklan, biaya dari iklan tersebut adalah pengeluaran).

Penjelasan dari hal tersebut tertera di bawah ini, namun hal yang biasa terjadi adalah ‘iklan yang tergaransi dalam satu kali klik’, ‘iklan yang tergaransi berdasarkan tayangan’, dan ‘iklan berdasarkan reward perfomance’. Di sisi lain, yang popular dalam mekanisme tampilan iklan adalah ‘iklan berdasarkan pencarian’, ‘iklan berdasarkan konten’, dan ‘iklan yang ditargetkan berdasarkan tingkah laku pembaca situs’.

Adsense yang berdasarkan ‘klik’ dan berhubungan dengan konten.

Dalam AdSense ini, ‘iklan yang cocok dengan konten dalam situs akan terdistribusi secara otomatis’ dan ‘pengunjung akan menghasilkan pendapatan dengan meng-klik ikan tersebut’.

Dalam hal tersebut, mekanisme bagaimana biaya iklan terjadi dijamin oleh klik pada iklan tersebut yang dilakukan pengunjung, dan mekanisme bagaimana iklan tersebut ditampilkan adalah iklan yang memiliki kesesuaian dengan konten. Selain itu, sejak ‘iklan yang sesuai dengan ketertarikan dari pengunjung’ diperkenalkan, ada pula iklan yang disesuaikan dengan perilaku dari pengunjung situs tersebut.

Terdapat pula situasi situs yang lebih dulu bekerja dalam monetisasi periklanan menggabungkan berbagai jenis iklan, disamping memasukkan iklan yang berupa AdSense. Karena setiap iklan memiliki kelebihan dan kekurangannya, pahamilah masing-masing karakteristik iklan tersebut.

Artikel terkait  15 Jenis Bisnis yang Laku Setiap Hari

Pembagian dari Mekanisme dan Klasifikasi dari Iklan Internet

Bagaimana mekanisme iklan?

Pengiklan
Pengguna situs

Bayaran yang didapatkan berdasarkan per-klik.

Afiliasi dari ‘reward per klik’ diklasifikasi oleh Google AdSense. Ini merupakan sistem yang membayar Anda ketika link iklan afiliasi tersebut di-klik, terlepas dari apakah ada barang yang terjual atau tidak dari iklan tersebut. Karena Anda tidak harus memikirkan penjualan barang, dapat dikatakan bahwa sistem ini adalah salah satu sistem yang paling menguntungkan.

Bayaran iklan berdasarkan tayangan.

Pada sistem ini, bayaran yang dihasilkan berdasarkan pada berapa kali iklan tersebut tampil di blog Anda. Untuk mendapatkan keuntungan, hal yang penting adalah berapa kali iklan tersebut tampil di situs Anda, atau membuat iklan tersebut tampil dalam jangka waktu spesifik yang telah ditentukan.

Bagaimanapun, bayaran iklan yang diperoleh berdasarkan tayangan tidak dapat merekrut afiliasi sendiri, dan sangat jarang untuk bisa memperoleh jumlah yang besar kecuali situs tersebut diakses oleh banyak orang.

 Bayaran berdasarkan penampilan (pay-per-perfomance).

Pada saat ini, iklan yang umum digunakan adalah iklan yang bekerja sama dengan layanan berdasarkan penampilan/performa. Sebagian besar ASP (Affiliate Service Provider) saat ini adalah berjenis bayaran berdasarkan dari penampilan iklan. Bayaran berdasarkan hasil ini menghasilkan pendapatan jika pengunjung situs meng-klik halaman iklan dan membeli barang yang disarankan dalam iklan tersebut.

Jika pengunjung hanya melihat laman AdSense, maka pendapata tidak akan diperoleh.

Mekanisme bagaimana iklan ditampilkan.

Pengunjung situs
Iklan yang terhubung dengan pencarian.

Iklan yang terhubung dengan pencarian adalah iklan yang ditampilkan dalam mesin pencari (seperti Yahoo!, Google, dll), ketika pengguna mencari kata kunci yang sesuai.

Iklan yang berhubungan dengan konten.

Iklan yang berhubungan dengan konten adalah iklan yang jika diklik akan terhitung sebagai pendapatan (Iklan PPC/Pay-per-click) yang biasanya berhubungan erat dengan konten yang ditampilkan. Contoh dari iklan ini adalah Google AdWords dan YDN (Yahoo Display Ad Network).

Target berdasarkan aktivitas.

Sistem ini adalah sistem yang melacak situs seperti apakah yang dikunjungi pengguna dari internet, serta memperkirakan konten apakah yang menarik menurut si pengguna dari situs-situs yang ia kunjungi, kemudian menampilkan iklan yang sesuai dengan ketertarikan pengguna.

Artikel terkait  Sistem dan Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

 

Memahami Faktor-Faktor yang Menentukan Penghasilan dari Iklan

Rumus dari bayaran iklan adalah ‘jumlah klik x pendapatan yang diperoleh per-klik’.

Pada Google AdSense, pendapatan diperoleh berdasarkan di-kliknya iklan tersebut oleh pengunjung, dan penghitungannya adalah ‘pendapatan yang diperoleh per-klik x jumlah klik’.

Meskipun ini adalah mekanisme yang sederhana, namun sebenarnya ini adalah hal yang sulit, sehingga perhatikanlah artikel berikut dengan baik. Pertama, pahamilah bagaimana dasar-dasar dalam menentukan ‘harga per-klik’ dan ‘jumlah klik’ itu sendiri.

Pertama, ‘harga per-klik’ ditentukan berdasarkan iklan jenis apa yang ditampilkan. ‘Harga per-klik’ atau CPC (Cost Per Click) ditentukan oleh pengiklan, dan semakin besar keuntungan produk atau layanan yang ditawarkan, harga tersebut akan lebih tinggi untuk pemilik situs yang memiliki kontrak dengan pengiklan dan terjadinya transaksi jangka panjang.

Contoh dari produk atau layanan yang memiliki harga tinggi adalah keuangan/real estate, edukasi bahasa, dan layanan yang berkaitan dengan diet.

Semakin besar keuntungan dalam kontrak yang telah disepakati, maka semakin tinggi nilai dari iklan tersebut. Jika periode perjanjian lama, bahkan jika harus membayar dalam jumlah besar untuk awal kontrak, sangat mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar di waktu mendatang.

Jumlah klik adalah kunci dalam menentukan page-view dan penempatan iklan.

Anda dapat meningkatkan jumlah klik berdasarkan tampilan halaman situs dan menentukan penempatan iklan.

Kunjungan pada laman situs sangat berhubungan dengan ‘impression’ (berapa kali iklan tersebut dimunculkan), dan penempatan iklan berhubungan dengan CTR (Click Through Rate – CTR dapat dihitung melalui rumus jumlah klik pada iklan dibagi berapa kali impression (pemunculan iklan) tersebut), atau, jumlah klik dapat dihitung menggunakan rumus ‘impression (pemunculan iklan) x CTR’. Dengan hal ini, kita dapat mengetahui peningkatan ‘jumlah klik’.

Jika iklan tersebut mencolok, maka akan mempengaruhi kenyamanan pengunjung, namun jika tidak mencolok sama sekali, iklan tidak akan di-klik oleh pengunjung situs. Dengan menempatkan iklan pada tempat yang tidak mengganggu pengunjung dan juga masih terlihat jelas, Anda bisa meningkatkan presentase iklan tersebut di-klik.

Jika kita dapat memaksimalkan penempatan iklan untuk mencapai target CTR, page-views akan meningkat, dan pendapatan juga akan meningkat sesuai pertumbuhan situs. Dengan menitikberatkan pada hal tersebut, buatlah agar Google AdSense Anda dapat menghasilkan uang pada situs Anda.

Simpulan

Jika Anda menggunakan Google AdSense untuk mengoperasikan iklan, Anda dapat memperoleh penghasilan dari blog pribadi, dan melakukan monetisasi situs yang Anda kelola sebagai ladang bisnis.

Gunakanlah AdSense untuk memaksimalkan pendapatan situs dan blog Anda!

[marketing-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Sebagai sebuah ilmu, desain grafis juga memiliki sejumlah aturan untuk menyusun berbagai elemen desain hingga menjadi sebuah desain yang...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

15 Website Jurnal Gratis Terbaik

Menyusun sebuah jurnal bagi para cendekiawan ataupun para mahasiswa membutuhkan waktu yang tidak singkat. Seperti kita ketahui sampai detik...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Produksi Massal Adalah : Ciri, Keuntungan dan Tujuannya

Pernahkah Anda membayangkan atau memikirkan bagaimana suatu proses produksi dilakukan? Di mana seorang produsen menciptakan sebuah produk yang dapat...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjadikan suatu jasa sebagai produk utama perusahaannya. Bisa juga dikatakan sebagai perusahaan, yang...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya