3 Cara Memasarkan Produk Online Shop

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada penjualan produk online shop yang Anda miliki tentu harus dengan strategi khusus. Pada era digital saat ini, teknik marketing pemasaran pada produk maupun jasa yang Anda tawarkan sangat mempengaruhi keberlangsungan online shop tersebut. Jika Anda tidak melakukan teknik marketing yang tepat, Anda akan kalah bersaing pada pasar saat ini. Mengingat semakin menjamurnya toko online pada berbagai media sosial, e-commerce bahkan website khusus, kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan untuk menunjang toko online Anda.

Salah satu hal yang membuat bisnis online sangat digemari adalah adanya pasar yang menggiurkan. Hingga saat ini setidaknya ada 90 juta pengguna internet di Indonesia, jumlah yang tidak sedikit tentunya.
Tetapi jika Anda masih pemula dalam dunia bisnis online, biasanya memiliki kendala-kendala tertentu di awal pembentukan online shop. Oleh karena itu pada artikel ini akan dijelaskan cara memasarkan produk online shop secara rinci.

Apa Langkah-Langkah Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis Online Shop?

ONLINE-SHOP-8

Sebelum menentukan strategi marketing, tentu saja Anda perlu melakukan beberapa langkah terlebih dahulu, misalnya menentukan produk apa yang akan dijual pada online shop milik Anda. Ketahui produk dengan baik, Maka Anda akan dapat menentukan target pasar yang tepat sehingga membantu proses promosi di kemudian hari. Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah memiliki mindset bisnis yang kuat. Maraknya online shop yang bermunculan membuat persaingan pun semakin ketat. Untuk itu, Anda harus memiliki mental yang kuat untuk menghadapi persaingan tersebut. Anda juga harus memiliki mindset untuk terus belajar dan bertahan terhadap bisnis yang Anda miliki.

Seringkali para pemula dalam bisnis online belum mengetahui apa yang harus dijual dan bagaimana cara menentukan produk yang akan dijual tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui kebutuhan pasar terlebih dahulu. Jadikan diri Anda sebagai problem solver, sehingga produk Anda yang memang dibutuhkan oleh masyarakat bisa dengan mudah diterima pasar.  Solusi lainnya Anda dapat membuat produk sendiri sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki, namun solusi yang satu ini membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih besar.

Anda harus selalu berpikir kreatif dan inovatif agar produk tersebut menarik dan unik dibandingkan dengan produk lain yang ada di pasaran. Solusi yang terakhir adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper. Meskipun terdengar mudah, sebenarnya Anda dituntut untuk peka terhadap trend dan peluang yang ada. Kemampuan mencari informasi up to date juga dibutuhkan jika Anda ingin menjadi reseller atau dropshipper.

Kelebihan dari dropshipperadalah  Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar. Karena Anda hanya mempromosikan produk dari supplier, setelah ada pesanan masuk, Anda teruskan kembali pesanan tersebut kepada supplier dan supplier akan mengirimkan produk sesuai dengan pesanan pelanggan. Tidak hanya produk fisik saja yang dapat Anda tawarkan kepada pasar, tetapi juga produk digital dan produk jasa. Ketiga jenis produk ini bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan dan minat yang sesuai untuk Anda. Jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan kebutuhan pasar tidak hanya keinginan Anda sebagai penjual.

Produk Digital adalah produk yang berbasis internet, seperti pulsa, ebook, kursus online dan lain sebagainya. sedangkan produk jasa adalah produk yang berupa jasa, seperti jasa pembuatan website, jasa rental mobil, jasa travel dan lain-lain.

Bagaimana Cara Memasarkan Produk Online Shop?

ONLINE-SHOP99

Setelah menemukan jenis produk yang ingin Anda pasarkan pada online shop milik Anda, langkah selanjutnya adalah melakukan strategi pemasaran yang maksimal. Untuk memasarkan sebuah produk secara online, ada beberapa teknik yang dapat menunjang pengembangan online shop Anda. Simak 3 cara memasarkan produk online shop berikut ini.

Membuat Website

Pertama adalah membuat website. Tujuan membuat website adalah sebagai wadah produk dan informasi toko milik Anda. Dengan adanya website, pelanggan akan lebih mudah menemukan produk dan mengeksplorasi informasi mengenai produk tersebut. Tentu saja website tersebut haruslah memiliki fitur yang mumpuni untuk menunjang online shop Anda, misalnya fitur pencarian produk, pemesanan dan informasi lengkap mengenai produk yang ditawarkan.

Untuk membuat website, memang biaya yang diperlukan cukup besar, terutama bila Anda masih merintis dalam bidang ini. Namun, jika Anda merasa terlalu berat untuk membuat website sendiri ada cara lain untuk melakukan pemasaran untuk online shop Anda yaitu media sosial dan marketplace. Meskipun juga ada website yang dapat Anda gunakan secara gratis sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Tetapi website gratis ini biasanya tidak dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, fitur yang disediakan cenderung standar dan kurang dapat menunjang kebutuhan pemasaran online shop Anda.

Media Sosial

Selain menggunakan website sebagai wadah pemasaran, Anda juga dapat memanfaatkan media sosial. Jika membuat website diperlukan biaya tambahan, untuk membuat akun online shop pada media sosial tidak perlu biaya apapun. Itulah sebabnya media sosial lebih disarankan bagi pemilik online shop yang baru mulai merintis usahanya.

Untuk meningkatkan pengembangan informasi mengenai online shop, disarankan Anda menggunakan beberapa media sosial sebagai akun online shop Anda. Hal ini dilakukan untuk mencakup pasar seluas mungkin dan mengurangi kemungkinan adanya pasar yang tidak tersentuh oleh Anda.

Namun tentu saja menggunakan media sosial untuk keperluan online shop memiliki kekurangan. Kekurangan yang paling jelas adalah tidak adanya kuasa penuh bagi pemilik online shop yang membuat akun media sosial untuk berjualan. Dengan kata lain, toko online Anda hanya ‘menumpang’ pada suatu platform tertentu, sehingga sewaktu-waktu dapat ditutup oleh platform tersebut.

Marketplace

Dua pilihan diatas memiliki kekurangannya masing-masing tapi tenang saja masih ada pilihan terakhir, yaitu marketplace. Tapi tentu saja platform ini juga tidak terlepas dari kekurangan pada masing-masing marketplace yang ada. Saat ini tersedia banyak sekali marketplace yang menawarkan para pemilik online shop untuk membuat akun online shop mereka disana.

Biasanya marketplace ini sudah menyediakan fitur-fitur canggih untuk membantu Anda menjalankan bisnis tersebut. Umumnya mereka tidak mematok tarif tertentu bagi para pemilik online shop yang ingin membuat akun penjual di marketplace tersebut. Hal ini merupakan kelebihan dari marketplace. Bagi Anda yang memiliki jumlah produk lebih dari 5 jenis, platform satu ini cocok digunakan untuk online shop Anda. Marketplace yang memiliki berbagai fitur canggih dapat membantu pelanggan untuk mencari produk yang dibutuhkan pada online shop Anda.

Bagaimana Cara Memasarkan Produk Online Shop Menggunakan Wadah Digital Yang Sudah Ada?

ONLINE-SHOP3

Setelah memiliki akun penjualan di platform digital yang tersedia, Langkah selanjutnya adalah melakukan pemasaran yang sesuai dengan platform digital, misalnya menggunakan jasa iklan pada media sosial, menggunakan jasa review mengenai produk Anda atau menggunakan jasa penulis konten untuk mengulas secara rinci produk yang Anda tawarkan.

Yang pertama adalah menggunakan jasa review untuk mengulas kualitas dan spesifikasi produk di online shop Anda. Promosi dengan melibatkan pihak ketiga ini terbukti efektif. Pada sebuah riset dikatakan bahwa sebanyak 90% pelanggan membeli sebuah produk atau menggunakan jasa tertentu dipengaruhi oleh ulasan yang mereka baca pada berbagai platform digital.

Untuk menggunakan jasa ini, Anda dapat melibatkan blog yang terpercaya atau menggunakan jasa public figure dengan pengikut yang banyak pada media sosialnya. Untuk membuat kontrak kerja dengan pihak ketiga ini, Anda memang perlu mengeluarkan dana sesuai dengan kesepakatan, tapi dana yang Anda keluarkan ini sebanding dengan jumlah pendapatan Anda selanjutnya.

Selain jasa review cara memasarkan produk online shop yang lainnya adalah dengan menggunakan jasa iklan. Jasa ini tersedia pada media sosial, marketplace bahkan website tertentu. Semakin sering dan banyak iklan Anda tampil pada platform digital, semakin besar pula kemungkinan pengguna internet mengingat produk yang Anda tawarkan.

Strategi ini cukup sepadan dengan biaya yang Anda keluarkan untuk memasang iklan produk tersebut. Yang harus diperhatikan adalah konten pada iklan tersebut harus memuat informasi produk dengan efisien. Waktu dan ruang terbatas yang ada di platform digital mengharuskan Anda untuk menyusun konten semenarik mungkin.

Untuk meningkatkan efisiensi konten, tersedia jasa penulis konten profesional yang siap membantu Anda menyusun konten iklan yang berkualitas. Dengan adanya pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dari penulis konten ini, iklan Anda selain informatif tetapi juga menarik bagi pengguna internet.

Jasa penulis konten mematok harga yang variatif, tergantung dengan kesepakatan antara kedua belah pihak. Tidak sulit menemukan jasa penulis konten di era digitalisasi seperti saat ini, Anda tinggal mencari penulis konten yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain membuat konten yang informatif dan menarik konten juga harus memenuhi beberapa aspek agar bisa menjadi konten yang berkualitas. Para penulis konten umumnya sudah memiliki pengetahuan terhadap aspek-aspek ini salah satunya yaitu SEO (Search Engine Optimization).

SEO sangat mempengaruhi kemungkinan konten Anda untuk muncul di halaman awal mesin pencarian seperti Google. Jika konten Anda berada pada halaman awal Google, kemungkinan besar pengguna internet akan membuka konten tersebut. Semakin tingginya jumlah pengguna internet yang melihat konten Anda, semakin tinggi pula kemungkinan peningkatan penjualan pada online shop Anda.

Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Konten Penjelasan Mengapa Produk Tersebut Layak Dibeli

ONLINE-SHOP09090

Yang juga tidak kalah penting dari sebuah konten promosi online shop adalah mengemukakan kelebihan dan alasan mengapa produk yang Anda jual layak untuk dibeli. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat pelanggan percaya dengan promosi yang Anda buat. Yang pertama adalah menuliskan alasan mengapa pelanggan harus membeli produk Anda. Pada poin ini, Anda harus menjelaskan kelebihan dan kegunaan dari produk tersebut secara rinci. Pada sebuah penelitian mengatakan bahwa pelanggan cenderung memilih produk yang memiliki penjelasan paling rinci dibanding yang lainnya.

Dengan memberikan informasi produk yang rinci, secara tidak langsung Anda menjawab alasan mengapa mereka harus membeli produk tersebut di online shop milik Anda. Jika informasi dinilai kurang menjelaskan bagi pelanggan, kemungkinan besar mereka akan pindah ke toko lain yang memiliki informasi produk lebih rinci. Setelah menjawab alasan pelanggan harus membeli produk Anda, pertanyaan selanjutnya yang umum dipikirkan oleh pelanggan adalah mengapa mereka harus membeli produk tersebut pada online shop milik Anda.

Untuk menjawab keraguan pelanggan ini, diperlukan informasi yang jelas tentang toko online Anda dan rincian informasi produk. Misalnya dengan mencantumkan profil online shop Anda pada halaman utama, atau menambahkan foto produk dengan kualitas baik dan menampilkan detail produk dengan jelas. Dengan adanya foto berkualitas baik dan detail yang jelas akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap keaslian produk yang Anda tawarkan. Banyak online shop yang menyadur foto dari toko online lainnya sebagai pelengkap informasi produk mereka, hal ini cenderung membuat pelanggan kurang percaya tidak hanya pada produk tetapi juga pada online shop tersebut.

Jika memungkinkan, tambahkan informasi mengenai review kualitas produk tersebut yang dikeluarkan oleh lembaga, situs atau tokoh yang dipercaya dan memiliki public power yang tinggi. Jika produk Anda secara khusus melewati review dari pihak-pihak yang disebutkan diatas, maka kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda juga akan semakin tinggi.

Yang terakhir adalah pertanyaan ‘mengapa harus membeli produk Anda sekarang, tidak besok atau bulan depan saja?’. Untuk menjawab keraguan pelanggan ini, Anda harus menyertakan informasi faktual yang berhubungan dengan produk Anda.

Ambil contoh produk jas hujan. Untuk meyakinkan pelanggan membeli jas hujan sekarang adalah dengan menyertakan informasi bahwa saat ini sudah memasuki bulan dengan curah hujan yang tinggi. Berikan penjelasan mengenai efek jika terkena air hujan dalam intensitas yang cukup tinggi.

Sertakan pula kelebihan dan keunikan jas hujan yang Anda jual dibandingkan dengan jas hujan di toko online lain. Selain itu jangan lupa untuk memberikan penjelasan jika pelanggan tidak membeli jas hujan ini sekarang maka akan terjadi resiko kesehatan dan lain sebagainya.

Penjelasan mengenai cara memasarkan produk online shop dan cara memilih produk yang akan dijual diatas diharapkan dapat membantu Anda yang baru akan merintis usaha online shop namun masih bingung harus mulai dari mana. Yang juga harus Anda perhatikan selain strategi pemasaran dan jenis produk adalah mental bisnis dalam diri Anda. Dengan adanya persaingan yang ketat pada era digital seperti saat ini, mental Anda harus sangat kuat sehingga tetap bertahan dan konsisten untuk menjalankan online shop rintisan Anda.

Keinginan untuk terus belajar dan mencari informasi terbaru pada dunia bisnis juga tidak kalah penting. Kembali lagi dengan adanya persaingan yang ketat, maka Anda dituntut untuk terus meningkatkan kreatifitas dan juga selalu mengedepankan inovasi pada produk maupun online shop Anda.

Kreativitas dan inovasi tersebut bisa Anda tuangkan pada desain produk, informasi produk atau strategi pemasaran yang akan Anda lakukan. Kedua hal ini harus menonjolkan keunikan dari produk yang Anda tawarkan, sehingga pelanggan menganggap produk tersebut hanya tersedia pada online shop yang Anda kelola. Bagi Anda yang akan segera memulai bisnis ini, selamat mencoba berbagai tips cara memasarkan produk online shop diatas.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol