Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Cara-Cara Terampuh Menarik Konsumen Bisnis Melalui Aplikasi

Cara-Cara Terampuh Menarik Konsumen Bisnis Melalui Aplikasi

-

Seiring berjalannya waktu, teknologi terus berkembang semakin canggih, mulai dari hadirnya toko online hingga headset berkonsep virtual reality. Oleh sebab itu tak heran jika saat ini, hampir semua orang berlomba-lomba mencari cara terbaik untuk memajukan bisnis mereka dengan bantuan teknologi.

Menjadi sukses adalah tujuan dari semua bentuk usaha. Nah, agar bisa mencapai tujuan tersebut, bisnis Anda harus bisa menarik perhatian konsumen supaya mereka mau mendatangi tempat Anda. Terlepas dari apapun jenis bisnis yang Anda lakukan,  entah itu toko yang menyediakan beragam keperluan masyarakat, bisnis hotel, ataupun tempat wisata berbasis sejarah dan keindahan alam kuncinya tetaplah sama. Kesuksesan dan keuntungan baru bisa diraih jika usaha Anda telah memiliki banyak pengunjung.

Saat ini, menggunakan aplikasi menjadi salah satu cara yang efektif untuk mendatangkan pengunjung. Mengapa? Untuk mendapat jawabannya, coba perhatikan situasi di sekitar Anda sekarang. Pernahkah Anda memerhatikan atau menyadari bahwa saat ini kita semua dijuluki sebagai “generasi menunduk”? Kemanapun kita pergi dan kapanpun itu, hampir semua orang pasti selalu sibuk dengan smatrphone masing-masing. Atau paling tidak, mereka minimal sedang menggenggam smartphone mereka sembari beraktivitas.

Smartphone sudah menjadi hal pokok dalam kehidupan nyaris semua orang. Ya, bisa dikatakan juga bahwa kita semua saat ini sudah menjadi suatu kelompok masyarakat yang sangat bergantung dengan smartphone. Rasanya selalu ada yang kurang jika kita pergi ke luar rumah tanpa membawa smartphone.

5 Cara Terbaik Untuk Mendatangkan Konsumen Bisnis

keuntungan-webs

Generasi “maniak ponsel” ini terdengar agak menyedihkan, namun dari kacamata bisnis, justru mendatangkan keuntungan besar yang tidak bisa Anda lewatkan. Budaya masyarakat dengan teknologi memberi peluang bagi bisnis untuk mendapatkan lebih banyak konsumen secara virtual. Kini sudah ada cara-cara jitu untuk menggaet pengunjung secara mudah dan real-time, cukup melalui layar gadget.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak 5 cara terbaik untuk mendatangkan konsumen ke bisnis Anda hanya melalui aplikasi!

1. Memberitahu Pelanggan bahwa Mereka sedang Berada di Dekat Toko Anda!

Cara pertama untuk menggaet konsumen melalui aplikasi yakni dengan memberitahu saat mereka sedang berada di wilayah sekitar toko Anda. Cara ini tak lagi mustahil berkat kemajuan pesat teknologi dan pertumbuhan penggunaan smartphone yang besar-besaran di masyarakat.

Kini, hampir semua orang pasti bepergian sambil membawa smartphone, bukan? Dalam setiap smartphone tentunya terdapat seperangkat GPS, WiFi dan Bluetooth nah, alat-alat inilah yang akan Anda manfaatkan untuk menginfokan keberadaan toko Anda kepada mereka.

Anda bisa memanfaatkan Geofencing untuk mendukung aktivitas promosi ini. Pada dasarnya, Geofencing digunakan untuk mendirikan batas-batas virtual di sekitar lokasi Anda melalui metode penggunaan jaringan satelit GPS (Global Positioning System) dan atau pengidentifikasi radio lokal seperti suar Bluetooth atau node Wi-Fi.

Agar dapat bekerja, alat Geofence dipasang pada aplikasi software ataupun hardware yang nantinya akan merespon batas-batas lokasi berdasarkan cara-cara yang telah ditentukan oleh parameter program. Begitu posisi konsumen masuk ke dalam “pagar virtual” usaha yang telah ditentukan, mereka akan mendapat sebuah notifikasi berisikan keberadaan bisnis Anda di sekitar mereka.

Lebih jauh lagi, Geofencing tidak hanya digunakan sebatas mengatur lokasi milik Anda sendiri saja. Anda juga bisa menetapkan pengaturan notifikasi untuk konsumen yang pernah mengunjungi bisnis-bisnis lain yang serupa dengan milik Anda. Jadi Anda bisa mendapatkan tambahan konsumen yang siapa tahu, kebetulan melihat tawaran diskon di tempat Anda dan merasa tertarik untuk berkunjung.

Masih ada banyak cara lain untuk menggaet konsumen via aplikasi. Yuk lanjut membaca!

Artikel terkait  Penjualan Online | Tips dan Trik Meningkatkan Penjualan

2. Memberikan Penawaran Eksklusif untuk Belanja di Toko

Cara kedua adalah dengan memberikan penawaran eksklusif bagi pengunjung yang berbelanja di toko. Anda mungkin pernah melihat sejumlah toko melakukan cara ini entah melalui aplikasi resmi atau sosial media, sebab, cara yang satu ini tergolong cukup sering dipraktekkan.

Metode penawaran eksklusif ini pun tergolong mudah. Biasanya, perusahaan mengirimkan penawaran atau kupon diskon ke pelanggan melalui aplikasi. Para pelanggan tentunya tidak akan melewatkan kupon gratis ini, bukan? Kemudian, kupon penawaran tersebut akan disimpan dalam aplikasi. Kupon biasanya memuat kode tertentu yang akan dipindai di toko saat para pelanggan melakukan pembelian.

Starbucks adalah salah satu perusahaan yang tergolong rutin melakukan promosi dengan cara ini. Baik melalui aplikasi atau akun resmi media sosial, Starbucks menawarkan beragam kupon diskon dan kupon reward yang bisa diklaim saat pelanggan melakukan pembelian di gerai Starbucks di kota mereka. Selain itu, para pengguna aplikasi H&M juga biasa mendapat notifikasi saat terdapat penawaran khusus atau sedang ada event di toko H&M terdekat.

3. Kemitraan Bisnis Berbasis Aplikasi

Strategi kemitraan bisnis memungkinkan usaha-usaha kecil mendapat kesempatan untuk melebarkan cakupan pelanggan mereka yang nantinya akan meningkatkan pendapatan. Strategi kemitraan ini bisa terwujud dalam berbagai bentuk. Bahkan kini, dengan hadirnya teknologi canggih di sekitar kita, Anda sudah bisa melakukan kerjasama usaha melalui aplikasi. Terlebih, strategi kemitraan melalui aplikasi merupakan salah satu cara terbaik untuk menggaet konsumen saat ini, lho!

Ada banyak contoh dari jalinan kemitraan bisnis berbasis aplikasi ini, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Untuk Indonesia sendiri, contohnya adalah perusahaan ojek daring (ojek online) Grab, yang bekerja sama dengan aplikasi dompet digital OVO. Lewat kerjasama ini, para pengguna Grab dapat membayar fitur-fitur layanan Grab dengan mudah melalui uang elektronik di OVO saja.

Selain itu, Grab juga pernah melakukan kerjasama lain dengan HOOQ di tahun 2019 lalu. HOOQ adalah satu penyedia layanan video on demand yang juga terkenal di Indonesia. Melalui kerjasama ini, para pengguna Grab pun bisa menonton film-film di HOOQ melalui aplikasi Grab saja.

Perusahaan dompet digital OVO juga terkenal menjalin kerjasama dengan banyak toko-toko offline di Indonesia. OVO menawarkan cashback dan diskon untuk pembelian langsung di gerai-gerai yang bekerjasama dengan OVO. Alhasil, masyarakat akan tertarik menggunakan OVO sebagai metode pembayaran mereka sekaligus lebih memilih berbelanja di gerai-gerai yang bermitra dengan OVO.

Untuk contoh kerjasama basis aplikasi di luar Indonesia, mari lihat aplikasi Santander. Aplikasi ini menyediakan layanan bernama retailer offers, yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan cashback ketika mereka berbelanja menggunakan kartu kredit atau debit Santander di toko-toko tertentu.

Sistem kerjanya mirip dengan OVO, bukan? Bedanya, aplikasi Santander menggunakan lokasi sehingga bisa mempersonalisasi toko-toko yang bekerjasama dengannya yang ada dalam jangkauan pengguna. Dengan cara ini, konsumen bisa memilih sendiri tempat yang mereka ingin kunjungi agar bisa berbelanja dan mendapat cashback.

Artikel terkait  Strategi & Cara Berjualan di Shopee yang Tepat dan Mudah

4. Snapchat – Geofilters

snapchat (1)

Siapa yang tidak mengenal aplikasi Snapchat? Snapchat adalah aplikasi nomor 3 terpopuler di Amerika sekaligus sangat terkenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan kepopuleran Snapchat mengalahkan Instagram di daerah Amerika Serikat. Mengapa aplikasi ini bisa sangat populer dan memiliki jutaan pengguna?

Masyarakat awam umumnya mengenal Snapchat sebagai aplikasi selfie dengan beragam filter lucu. Dibandingkan dengan filter selfie milik aplikasi lain, filter Snapchat dinilai jauh lebih bagus dari segi kualitas. Selain itu, Snapchat bisa digunakan untuk saling bertukar pesan dengan teman, ataupun hanya untuk sekadar membuat status pribadi terbaru seperti di media sosial kebanyakan. Oleh sebab itu, Snapchat dan filter-filternya sangat cepat digemari masyarakat.

Namun tahukah Anda, bahwa jauh dari sebatas filter lucu, Snapchat memiliki fitur khusus yang bernama Geofilters? On-Demand Geofilter dari Snapchat kini bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan event bisnis Anda. Dengan Snapchat On-Demand Geofilter, Anda berkesempatan merancang filter Snapchat sendiri yang menyesuaikan dengan event atau promo dari bisnis Anda!

Filter tersebut nantinya bisa digunakan oleh seluruh pengguna Snapchat di dunia. Dengan kata lain, Anda sudah melakukan promosi usaha melalui penggunaan filter Snapchat. Mudah, unik dan kreatif bukan? Pelanggan yang menyukai filter Anda serta tertarik dengan event bisnis Anda pun bisa jadi akan mulai berdatangan di kemudian hari!

Artikel terkait  Metode Strategi Pemasaran Internet yang Efektif

5. Pokémon GO

pokemon-go (2)

Pokémon GO merupakan permainan di smartphone yang sempat viral dan terknenal beberapa waktu lalu. Permainan ini mengharuskan pemainnya menangkap semua Pokémon yang ia bisa. Para Pokémon nantinya akan tersebar di sekitar lingkungan para pemain. Saat para pemain berjalan-jalan dan kalau terdapat Pokémon di sekitar mereka, maka smartphone akan bergetar sebagai bentuk notifikasi.

Beberapa pemilik bisnis mungkin melihat permainan ini sebagai aktivitas yang “mengganggu” usaha mereka, apalagi jika para pemain sampai mencari Pokémon ke dalam toko mereka dan mengotori toko. Namun sebaiknya Anda jangan menghakimi permainan ini begitu cepat.

Jangan melihat pemain Pokémon GO sebagai pengacau, alih-alih, temuilah mereka sebagai pelanggan yang “belum melakukan interaksi” dengan bisnis Anda. Cobalah untuk membangun kesan pertama yang positif bagi para pemain Pokémon GO yang kebetulan mampir ke toko Anda saat berusaha menangkap Pokémon. Siapa tahu sewaktu mereka datang berkunjung untuk menangkap Pikachu di layar gadget mereka, mungkin mereka juga berminat untuk membeli salah satu produk yang sedang diskon di toko Anda.

Kesimpulannya, kemajuan teknologi yang serba canggih bukan menjadi penghalang untuk Anda meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke toko Anda. Jangan mudah menyerah hanya karena masyarakat lebih suka berbelanja dari rumah dan di depan layar gadget mereka. Dengan memanfaatkan teknologi dan tips-tips yang kami jelaskan di atas, Anda dapat menarik minat konsumen potensial lalu menuntun mereka memasuki pintu toko Anda.

Bahkan melalui jalinan kerjasama dengan aplikasi-aplikasi kesayangan masyarakat, pelanggan boleh jadi akan ‘menangkap’ sesuatu yang melebihi sekadar Pokémon saat kaki mereka menapaki keset “selamat datang” toko Anda.  Sesuatu yang lebih itu, tentu saja, produk-produk yang Anda tawarkan ke mereka.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya