Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran ASO 10 Strategi Pemasaran Aplikasi yang Lagi Viral, Apa Saja?

10 Strategi Pemasaran Aplikasi yang Lagi Viral, Apa Saja?

-

10 strategi pemasaran aplikasi berikut ini sedang ramai digunakan bisnis-bisnis dan startup dunia, lho. Anda wajib mencobanya sekarang juga supaya aplikasi lebih cepat populer dan menghasilkan profit maksimal.

Banyak orang masih bingung mencari metode pemasaran aplikasi yang tepat. Padahal, memasarkan aplikasi baru tidak terlalu sulit kalau Anda menguasai tips dan triknya.

Anda beruntung, kali ini kami punya 10 taktik promosi aplikasi yang mudah, murah, dan cepat mendatangkan keuntungan. Tanpa basa-basi lagi, yuk langsung cobain semua strategi pemasaran aplikasi terbaik berikut ini!

10 Strategi Pemasaran Aplikasi Terbaik yang Cepat Menghasilkan Profit Besar

strategi-pemasaran-aplikasi

Selayaknya produk dan jasa, aplikasi yang Anda buat juga harus dipromosikan secara berkala ke konsumen. Promosi akan membantu pengguna merasakan dampak positif app Anda dalam keseharian mereka.

Sedangkan dari sisi bisnis, besar-kecilnya jumlah pengguna aplikasi mempengaruhi langsung jumlah profit yang didapat. Anda juga bisa lebih cepat balik modal pengembangan app dan memperbesar skala usaha.

Namun bagaimana cara memasarkan aplikasi yang baik? Tidak perlu cemas, langsung praktekkan 10 strategi unggulan berikut ini yuk!

1. Fokus pada Kebutuhan User

Tips pemasaran aplikasi yang pertama adalah fokus pada kebutuhan pengguna. Marketing yang berfokus pada kebutuhan user 61% lebih sukses dibandingkan promosi yang mengutamakan karakteristik konsumen (menurut hasil riset terbaru dari perusahaan AdTech global bernama Bango).

Hal ini terjadi karena adanya perubahan gaya belanja masyarakat secara umum. Konsumen kini memprioritaskan layanan app yang memenuhi kebutuhan mereka dari berbagai aspek: fitur fungsional, kemudahan pemakaian, harga, nilai estetika, hingga privasi.

Meskipun mengetahui karakteristik pembeli tetap penting, mengedepankan ‘what users buy’ (apa yang dibeli konsumen) kini disarankan supaya promosi aplikasi Anda lebih cepat mendulang hasil.

2. ASO (App Store Optimization)

ASO adalah strategi pemasaran aplikasi yang wajib Anda lakukan selanjutnya. Menurut pengertiannya, ASO adalah proses meningkatkan visibilitas aplikasi di toko app seperti Google Playstore dan Apple AppStore.

ASO mempunyai konsep kerja yang sejenis dengan SEO. Semakin baik optimalisasi ASO Anda, otomatis makin mudah aplikasi ditemukan calon pengguna.

Persaingan aplikasi di AppStore dan Playstore nyatanya memang sangat ketat. Sampai saat ini tercatat ada ratusan juta aplikasi yang terposting di platform ini. Maka dari itu, mengoptimalkan nilai visibilitas aplikasi sangat penting agar app menghasilkan lebih banyak profit.

Artikel terkait  App Store Optimization : 7 Cara Menaikkan Rating Aplikasi di Playstore

3. Kampanye Retensi Aplikasi

Retensi adalah persentase user aktif sebuah aplikasi setelah beberapa waktu tertentu. Setiap aplikasi memiliki nilai retensi pengguna yang berbeda.

Besar persenan retensi sebuah aplikasi biasanya selalu berubah. Ada yang nilainya bertambah seiring berjalannya waktu, atau sebaliknya.

Retensi pun sering dijadikan dasar patokan retargeting ads. Pasalnya dari nilai retensi inilah kita dapat mengetahui nilai umur pengguna (LTV), ROAS, dan cara-cara mencegah pengguna menguninstal aplikasi.

Para pengiklan cenderung menjalankan kampanye ulang setelah satu minggu user menginstal aplikasi di smartphone mereka. Pengulangan promosi dapat mempertahankan masa penggunaan app selama mungkin.

4. Strategi Pemasaran Aplikasi SEO

Selain mengoptimalisasikan ASO, gencarkan juga promosi aplikasi Anda secara SEO. Tujuannya adalah untuk menjaring pengguna baru yang menelusuri kata kunci aplikasi kita di Google.

Semisal Anda memproduksi aplikasi ecommerce. Dengan SEO, nama app Anda bisa muncul di halaman 1 Google ketika ada yang menelusuri keyword “aplikasi ecommerce” atau sejenisnya. Akibatnya, app Anda akan mendapat lebih banyak klik serta download.

Namun SEO hanya bisa dipraktekkan pada halaman website saja tidak seperti ASO pada halaman Playstore. Maka dari itu Anda bisa melancarkan pemasaran aplikasi berbasis SEO di media blog, landing page, atau website utama brand.

Ada juga yang menautkan landing page dengan halaman Playstore demi meraih hasil optimalisasi yang lebih kuat. Tidak ada salahnya juga untuk mengikuti strategi yang satu ini.

5. Memanfaatkan Rating Konsumen

Ingin memasarkan aplikasi tanpa modal sama sekali? Cobalah untuk memanfaatkan rating penilaian konsumen di AppStore dan Playstore!

Rating bisa menjadi senjata terbaik untuk memikat calon-calon pengguna baru aplikasi. Kebanyakan orang cenderung tidak berpikir panjang untuk mencoba aplikasi bintang 4,5 ke atas. Mereka akan langsung yakin bahwa aplikasi tersebut berkualitas baik.

Namun bagaimana caranya agar konsumen mau memberikan penilaian? Strateginya cukup mudah, yaitu dengan meminta langsung kepada konsumen. Anda bisa memasang pesan pop up di app atau mengajak pengguna memberi rating lewat kampanye sosmed.

Jangan lupa menanggapi seluruh komentar, kritik, pertanyaan dan saran yang aplikasi Anda terima. Hal ini penting demi menjaga hubungan serta image brand di masyarakat.

6. Mailing List

Email marketing atau mailing list tidak hanya efektif untuk memasarkan produk, tapi juga aplikasi. Taktik ini mempunyai daya tarik konsumen yang cukup tinggi, sekitar 80-81%.

Anda juga dapat mengustomisasi mailing list sehingga isinya benar-benar pas dengan kebutuhan. Otomatis masyarakat akan tertarik menginstal aplikasi Anda detik itu juga.

Tak berhenti sampai di sana, taktik promosi aplikasi via email mempunyai nilai plus tersendiri yaitu bergerak dengan persetujuan. Seluruh konten pemasaran dikirim atas permintaan konsumen sendiri, sehingga mengefektifkan biaya pembuatan dan menghindari spam.

7. Menentukan KPI

Jangan lupa untuk menentukan KPI pemasaran aplikasi. Strategi ini akan membantu Anda dalam mengukur, memantau sekaligus mengefisiensikan promosi aplikasi secara umum.

KPI juga bermanfaat untuk menggali aspek-aspek terbaik dan terburuk dari aplikasi Anda. Hasilnya, promosi dapat lebih mudah dimaksimalkan.

Terdapat sejumlah faktor KPI yang perlu dikelola jika Anda ingin mencoba strategi pemasaran aplikasi ini, yakni:

  • DAU: Daily Active User (Pengguna Aktif Harian).
  • WAU: Weekly Active User (Pengguna Aktif Mingguan).
  • MAU: Monthly Active User (Pengguna Aktif Bulanan).
  • CPM: Cost per Mille (Biaya per Mille).
  • CPA: Cost per Acuisition (Biaya per Akuisisi).
  • CPI: Cost per Instalation (Biaya per Instalasi).
  • CTR: Click Through Rate (Rasio Klik Tayang).
  • Tingkat Konversi, Retensi, dan jumlah pengguna yang berhenti memakai app.

8. Akuisisi Pengguna Premium

Pernahkah Anda menggunakan aplikasi gratis lalu mendapat penawaran beralih ke premium? Ini adalah contoh pemasaran aplikasi dengan metode akuisisi pengguna.

Anda bisa menawarkan masa pemakaian gratis (free trial) selama beberapa lama seperti 7 hari, 14 hari, atau 1 sampai 3 bulan. Dari sini, pengguna baru dapat “mencicipi” kehebatan seluruh fitur aplikasi.

Pada akhirnya mereka akan tertarik berlangganan premium karena sudah nyaman, terbiasa dan mendapat manfaat nyata dari aplikasi. Anda tidak perlu lagi repot-repot membujuk pengguna meng-upgrade paket app.

9. Influencer Marketing

Siapa bilang strategi pemasaran aplikasi tidak bisa dengan bantuan influencer? Justru nama aplikasi Anda akan lebih cepat populer kalau diendorse oleh influencer, lho.

Promosi influencer terbukti selalu membawa hasil yang besar bagi bisnis, tak terkecuali pemasaran aplikasi. Faktanya saat ini hampir 90% konsumen berdatangan mencoba membeli produk atau jasa usai melihat review dari influencer kesayangan mereka.

Pengaruh influencer atau selebriti online akan sangat membantu pemasaran app Anda, terutama jika brand Anda masih tergolong baru. Daya jangkau konten influencer amat luas sehingga efektif untuk membangun brand awareness dalam waktu singkat.

Namun pastikan influencer yang Anda ajak kerjasama sesuai dengan tipe aplikasi Anda. Semisal Anda membuat aplikasi fitness dan olahraga, maka lakukan endorse dengan influencer di bidang yang sama.

10. Marketing Sosial Media dan Game Online

Sosial media dan game online adalah sarana pemasaran aplikasi yang mudah dan efektif lainnya. tentunya Anda wajib memanfaatkan dua media ini mengingat banyaknya jumlah pengguna sosmed setiap harinya.

Seseorang terbukti bisa menghabiskan hingga berpuluh-puluh jam di dunia maya, baik untuk bekerja, belajar, hingga menyimak hiburan. Maka dari itu besar sekali kemungkinan aplikasi Anda dikenali banyak orang kalau dipromosikan via sosmed.

Beberapa contoh metode pemasaran aplikasi di sosial media adalah:

  • Kampanye sosmed.
  • Promosi lewat konten edukatif dan menghibur.
  • Sharing review aplikasi.
  • Mengadakan quiz, giveaway, webinar, dan lain-lain.

Anda juga dapat memasang iklan promosi app di game online. Taktik ini dikenal dengan nama in app marketing dan sudah marak dilakukan. Iklan pemasaran Anda dapat diselipkan dalam jeda pergantian sesi atau level game, sehingga tidak mungkin di-skip pengguna.

Itulah dia 10 strategi pemasaran aplikasi terbaik yang banyak digunakan marketer kekinian. Adakah taktik yang sudah pernah Anda coba dari seluruh poin di atas?

Yuk ikuti terus MARKEY agar tidak ketinggalan info-info menarik lainnya seputar bisnis online. Baca gratis seluruh artikel informatifnya sekarang juga hanya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya