Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran ASO Strategi Monetisasi Aplikasi untuk Pemilik Usaha Kecil: Panduan Utama

Strategi Monetisasi Aplikasi untuk Pemilik Usaha Kecil: Panduan Utama

-

Menurut Statista, pada kuartal pertama tahun 2018 menunjukkan sebanyak 10.933.500 aplikasi  tersedia untuk diunduh. Banyak aplikasi yang bersaing untuk mendapatkan perhatian. Inti nya? Pemilik usaha kecil membutuhkan strategi monetisasi aplikasi yang sesuai untuk berhasil, dimulai dengan konsep aplikasi dan mengikuti semua jalan hingga retensi pengguna.

Jadi Anda harus mulai dengan menanamkan ini dalam benak Anda: apa yang ingin Anda capai dengan membangun aplikasi? Karena membangun aplikasi apapun pasti kemudian mengharapkannya untuk menghasilkan uang tentu saja tidak realistis.

Membangun aplikasi hanyalah bagian pertama. Termasuk monetisasi dalam aplikasi itu mudah.

Tetapi mendapatkan dan mempertahankan pengguna? Nah, itu bagian yang sulit. Untuk benar-benar menghasilkan uang dari aplikasi berarti mendapatkan dan menjaga pengguna.

Ada hal-hal yang perlu diatasi jauh sebelum Anda bahkan mulai memikirkan strategi monetisasi aplikasi, karena jika Anda tidak mendapatkan dasar yang benar, aplikasi Anda tidak akan menghasilkan uang. Pertama-tama kita akan membahas enam ide untuk monetisasi aplikasi, dan kemudian melanjutkan merencanakan strategi Anda untuk implementasi.

Artikel terkait  Panduan Lengkap untuk Pemasaran Aplikasi -Basics, Flow, Studi Kasus Terbaru Pengembangan Aplikasi

Apa Itu Monetisasi Aplikasi?

monetizasi-app

Saat mengembangkan bisnis aplikasi seluler, mereka dapat mengenakan biaya untuk unduhan, atau mereka dapat menggunakan aplikasi sebagai alat pemasaran untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan atau mereka dapat menggunakannya untuk menghasilkan penjualan.

Tidak membebankan biaya untuk unduhan adalah cara terbaik untuk meningkatkan keuntungan secara tidak langsung. Monetisasi aplikasi menerapkan metode menghasilkan uang dari aplikasi yang Anda kembangkan, Ketika Anda tidak mengenakan biaya pada orang untuk mengunduhnya, dan itulah yang akan difokuskan pada artikel ini.

Mengapa Aplikasi Anda?

Mengapa orang harus mengunduh aplikasi Anda, meskipun gratis?

Aplikasi Anda harus diunduh dengan layak, karena ada banyak aplikasi gratis; orang dapat memilih hampir semua aplikasi – gratis – jadi bagaimana Anda meyakinkan mereka bahwa mereka membutuhkan aplikasi Anda?

Untuk membuat aplikasi Anda berharga, tentunya harus menambah nilai kepada orang yang tepat, jadi penting untuk dipahami:

  • Tepatnya siapa audiens Anda
  • Bagaimana aplikasi akan menambah nilai dalam kehidupan mereka
  • Cara memasarkan dan mempromosikan aplikasi
  • Cara menghasilkan pendapatan, dan
  • Bagaimana agar pengguna kembali.

Yang perlu Anda ketahui, adalah bahwa menurut laporan TechCrunch, orang menggunakan rata-rata, 9 aplikasi setiap hari. Itu benar-benar tidak banyak, mengingat mayoritas menggunakannya untuk media sosial. Untuk semua aplikasi di luar sana, mengapa seseorang memasukkan aplikasi Anda ke dalam 9 aplikasi yang mereka gunakan setiap hari?

Mengapa orang harus menggunakan aplikasi Anda ?

Supaya strategi monetisasi aplikasi berfungsi, orang sebenarnya harus menggunakan aplikasi tersebut dan terus menggunakannya.

Angka = untung. Dan itu membutuhkan strategi yang cerdas, mulai dengan memecahkan sesuatu untuk pelanggan Anda atau calon pelanggan.

Artikel terkait  Sukses Mempraktekkan ASO di Google Play | Bikin App Anda Ranking 1 di Toko App

Ide Monetisasi Aplikasi

promosi-app (1)

Berikut adalah enam ide paling populer untuk meningkatkan keuntungan melalui aplikasi:

Doronglah Pemasaran Melalui Email

Pemasaran melalui email tetap menjadi inti dari pemasaran online, yang menjadikan upaya aplikasi seluler Anda ke dalam daftar email Anda dengan cukup cerdas, dan seiring waktu, pengguna aplikasi Anda akan menjadi pelanggan.

Strategi pemasaran email memungkinkan untuk koneksi yang lebih dalam, dan ketika digunakan bersama dengan aplikasi seluler, Anda benar-benar dapat membangun kredibilitas dan kepercayaan. Cukup tambahkan formulir berlangganan email ke aplikasi Anda.

Menggabungkan pemasaran email dengan aplikasi seluler berfungsi paling baik ketika

  • Anda ingin menawarkan layanan atau produk lain kepada pengguna aplikasi, baik itu produk Anda sendiri atau produk afiliasi.
  • Anda berencana untuk mengumpulkan alamat email dari pengguna aplikasi.
  • Anda tidak berencana untuk memonetisasi langsung dari pengguna.

Bagaimana cara melakukannya?

  • Pilih penyedia perangkat lunak pemasaran email.
  • Jika Anda menggunakan pembuat aplikasi, pastikan Anda akan dapat mengintegrasikannya dengan penyedia perangkat lunak pemasaran email pilihan Anda. Jika pembuatan aplikasi tidak menawarkan integrasi dengan perangkat lunak pemasaran email Anda, cari tahu apakah Anda akan dapat mengintegrasikannya menggunakan API atau konektor seperti Zapier. Atau, sebagian besar perangkat lunak pemasaran email dilengkapi dengan kemampuan untuk membuat formulir HTML. Sebagian besar perangkat lunak pembuatan aplikasi memiliki kemampuan untuk menampilkan konten HTML, jadi jika Anda dapat membuat dalam HTML, atau membuat seseorang melakukan bagian itu untuk Anda, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemasaran email apa saja dengan pembuat aplikasi apa pun .
  • Rencanakan pemasaran email dan strategi aplikasi Anda.
  • Tambahkan HTML dari perangkat lunak pemasaran email, atau formulir optin di pembuat aplikasi pilihan Anda, atau minta pengembang Anda membuatnya.

 Iklan Dalam Aplikasi

Pilihan paling logis adalah beriklan di aplikasi, menghasilkan uang dari pihak ke-3 yang beriklan, tetapi berhati-hatilah agar iklan tidak mengurangi pengalaman pengguna, karena jika mereka menambah frustrasi pengguna, pengguna hanya akan berhenti menggunakan aplikasi.

Jadikan iklan sebagai peningkatan aplikasi alih-alih frustrasi, karena profitabilitas Anda dapat bergantung padanya.

Sebelum menentukan pihak ketiga, rencanakan pilihan iklan  pada petunjuk ini:

  • Pertimbangkan bagaimana pengguna dapat memiliki pengalaman nilai tambah yang lebih ketika berurusan dengan iklan.
  • Jenis iklan apa yang menurut audiens target Anda tidak akan mengganggu?
  • Bagaimana iklan meningkatkan bisnis Anda?
  • Tinjau iklan dengan cermat untuk memastikan apakah pengguna cenderung frustrasi; apakah iklan itu terlalu aneh, jelek di mata pengguna, atau apakah iklan itu mengacaukan pengalaman pengguna? Jika mereka melakukannya, Jangan lagi menggunakan iklan tersebut!

Artikel terkait  Strategi Menghasilkan Laba Penjualan dalam Bisnis Pembuatan Aplikasi

Jenis Iklan

Spanduk

Metode paling populer untuk jenis monetisasi aplikasi, ini adalah iklan yang ditempatkan di bagian atas atau bawah layar. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan iklan banner secara berlebihan, dan pastikan iklan itu relevan bagi pengguna.

Iklan Pengantara

Jenis iklan ini mengisi seluruh jendela aplikasi, menyembunyikan konten aplikasi. Ini bagus dalam menarik perhatian, jadi sangat efektif. Dengan jenis iklan ini, pengguna dapat melewati iklan untuk kembali ke aplikasi atau mengklik iklan untuk dibawa ke konten iklan.

Yang terbaik adalah tidak membanjiri pengguna dengan jenis iklan ini, dan memastikan mereka ditampilkan pada waktu yang tepat. Misalnya, antar level game. Pastikan mereka tidak pernah mengganggu aliran pengguna atau menghentikan mereka dari apa yang harus mereka lakukan dengan aplikasi, atau mereka cenderung berhenti menggunakannya.

Iklan Asli

Iklan asli adalah bentuk periklanan paling tidak mengganggu karena mereka berbaur dengan aplikasi secara alami, seolah-olah mereka adalah bagian dari konten aplikasi. Mereka tidak terlihat seperti iklan, melainkan seolah-olah mereka dimaksudkan untuk berada di sana. Mereka bisa datang dalam bentuk artikel, jika aplikasi berfungsi sebagai majalah misalnya. Mereka biasanya disertai dengan “disponsori”, “unggulan” atau “direkomendasikan”.

Contoh dari jenis iklan ini sering diberikan oleh Facebook kepada timeline pengguna, Anda akan mengenali seperti yang Anda lihat. Jenis iklan ini ditempatkan dalam garis waktu dan didasarkan pada perilaku pengguna.

Iklan video : Ada berbagai format iklan video, dan yang Anda putuskan harus didasarkan pada perilaku pengguna yang diteliti.

  • Iklan video dihargai: pengguna memutuskan untuk menonton iklan dengan imbalan hadiah. Misalnya, menonton iklan dapat memberi mereka masa pakai game ekstra, atau membuka kunci level yang lebih tinggi, dan sebagainya. Karena mereka cenderung menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih positif
  • Iklan yang dapat diputar: iklan ini bersifat interaktif dan tidak mengganggu, dan tidak perlu diunduh. Mereka menyebabkan peningkatan retensi sekitar 30% dan konversi 120% lebih tinggi.

Iklan dalam aplikasi berfungsi paling baik bila

  • Anda tidak berencana menghasilkan uang langsung dari pengguna Anda.
  • Jenis aplikasi akan menghasilkan banyak kunjungan pengguna, Anda memiliki banyak pengguna, dan jumlah waktu yang dihabiskan untuk aplikasi Anda lama.
  • Anda mengumpulkan data demografis atau perilaku, atau mungkin tujuan Anda dengan aplikasi di tempat pertama adalah untuk mengumpulkan data pengguna. Bagaimana cara melakukannya? Jika Anda berencana untuk menggunakan pengembang untuk membangun aplikasi, Anda dapat menginstruksikan mereka untuk menambahkan salah satu jaringan monetisai iklan teratas ke aplikasi. Jika Anda akan membangun aplikasi sendiri dengan pembuat aplikasi, pastikan perangkat lunak menawarkan jaringan monetisasi iklan seperti Google AdMob yang dapat dengan mudah disertakan.

Artikel terkait  Mempopulerkan Aplikasi dengan E-mail Marketing

Notifikasi Push

konsekuensi-bisnis-app (2)

Notifikasi push adalah pesan yang muncul di ponsel, untuk berkomunikasi dengan pengguna aplikasi secara real time, mirip dengan pesan siaran email biasa. Pengguna menerima notifikasi bahkan jika dia saat ini tidak ada dalam aplikasi. Notifikasi push aplikasi seluler memiliki tingkat pilihan yang baik di semua industri.

Mereka adalah cara untuk terlibat dengan pengguna. Namun,  mereka juga telah disalahgunakan dan dengan demikian, banyak pengguna tidak akan menyetujui mereka, jadi sangat penting untuk membuat strategi notifikasi push yang kuat dan sangat jelas tentang nilai yang akan mereka berikan kepada pengguna.

Pemberitahuan push di aplikasi seluler berfungsi paling baik saat

  • Anda ingin meningkatkan retensi pengguna.
  • Anda berencana untuk menggunakan pemberitahuan push dengan hemat, seperti maksimum seminggu sekali.
  • Anda berencana untuk bertanya kepada pengguna pemberitahuan push seperti apa yang ingin mereka dapatkan alih-alih dengan anggapan mereka akan baik-baik saja dengan apa pun yang muncul.

Bagaimana cara melakukannya?  Sangat mudah untuk disertakan saat Anda memiliki pengembang sendiri, tetapi sebagian besar pembuat aplikasi seluler menyertakan fungsi pemberitahuan push.

Pembelian Dalam Aplikasi

Pembelian dalam aplikasi adalah model monetisasi yang populer. Berikut adalah beberapa contoh,  jika aplikasi Anda adalah permainan, Anda bisa membuat pengguna membayar kredit untuk melanjutkan ke tingkat berikutnya. Quickbooks Online adalah versi perangkat lunak akuntansi desktop berbasis cloud. Pengguna dapat mengunduh aplikasi secara gratis untuk masa uji coba 30 hari. Ketika periode uji coba berakhir, mereka dapat memilih berbagai paket berlangganan.

Tinder adalah contoh baik lainnya: pengguna dapat memilih untuk mematikan iklan dengan mengunduh versi premium. Jika pengguna kehabisan “suka” mereka memiliki dua opsi: upgrade, atau tunggu 24 jam untuk melanjutkan.

Pembelian dalam aplikasi berfungsi paling baik ketika

  • Aplikasi Anda didasarkan pada ritel / belanja, layanan, langganan, atau permainan.
  • Pengguna dapat meningkatkan ke level yang lebih tinggi.
  • Anda masih dapat menghasilkan uang dengan biaya Apple atau biaya Google.
  • Pembelian dalam aplikasi memberikan nilai bagi pengguna aplikasi.
  • Aplikasi ini tidak hanya didasarkan pada pembelian dalam aplikasi dan ada pengalaman banyak lainnya untuk membuat pengguna kembali ke aplikasi.

Bagaimana cara melakukannya?  Minta pengembang Anda untuk memasukkan pembelian dalam aplikasi, atau tambahkan sendiri dengan menggunakan jasa pengembang aplikasi.

Artikel terkait  Pedoman Terbaik untuk App Store Optimization di Tahun Ini

Gratis Untuk Premium

Gagasan ini didasarkan pada model yang menarik: membuat pengguna mengunduh aplikasi secara gratis, memberikan pengalaman yang cukup bermakna untuk memikat mereka untuk meningkatkan ke versi premium aplikasi, atau menawarkan layanan tambahan dengan biaya. Kunci sukses dengan opsi ini adalah bahwa versi gratis aplikasi Anda harus memberikan nilai. Setelah pengguna menguji apa yang ditawarkan aplikasi, dan memiliki pengalaman yang bermakna, mereka lebih cenderung membayar untuk upgrade.

 Aplikasi seluler gratis hingga premium bekerja paling baik bila

  • Anda berencana untuk menawarkan premium berbasis penyimpanan dengan jumlah terbatas.
  • Aplikasi Anda menawarkan fitur yang lebih baik atau lebih besar karena pengguna membayar lebih untuk membukanya.
  • Versi gratisnya bertahan untuk jangka waktu tertentu, seperti 30 hari.
  • Tujuan Anda adalah menghasilkan pendapatan campuran dari iklan dan pengguna.
  • Fitur premium dari aplikasi ini menawarkan nilai yang tidak diragukan.
  • Versi gratis menawarkan begitu banyak nilai sehingga pengguna tertarik untuk berinvestasi dalam versi premium.

 Bagaimana cara melakukannya?  Gratis hingga premium terdaftar sebagai fitur pembelian dalam aplikasi, dan sebagian besar pembuat aplikasi akan menyertakan fungsi tersebut. Atau, pengembang Anda dapat dengan mudah memasukkannya.

Berbasis Langganan

Strategi monetisasi aplikasi berbasis langganan adalah untuk aplikasi berbasis konten seperti berita atau musik. Pengguna membayar biaya bulanan untuk akses ke konten.

Localystic mengatakan bahwa aplikasi berbasis langganan cenderung menghasilkan lebih banyak pendapatan per pengguna daripada strategi monetisasi aplikasi lainnya. Manfaat utama lainnya tentu saja, adalah menjadi model tagihan bulanan, penghasilan Anda dari aplikasi lebih dapat diandalkan. Model ini juga baik sebagai cara untuk lebih terlibat dengan pengguna.

Banyak bisnis yang menawarkan langganan memberi penghargaan kepada pengguna yang berkomitmen untuk langganan 6 – 12 bulan. Namun ketahuilah bahwa Anda harus terus menambahkan nilai tambah konten agar bermanfaat bagi pengguna, dan Anda harus membuat proses orientasi yang baik.

 Mengapa Mengembangkan Aplikasi Bisnis Anda?

Bisnis apa pun dapat membangun aplikasi yang menambah nilai bagi mereka yang mengunduhnya. Tapi Anda harus masuk ke kepala audiens target Anda . Maksudnya, Anda harus mengetahui detail terkecil tentang apa yang membuat mereka tergerak.

Itulah trik di balik aplikasi bagus yang menghasilkan uang. Tingkat kreativitas Anda menentukan tingkat manfaat membangun aplikasi untuk bisnis Anda; ada begitu banyak cara aplikasi dapat menambah nilai bagi penggunanya, asalkan penggunanya dipahami secara intim dan dipenuhi dalam aplikasi tersebut. Inilah intinya: jika Anda a) tahu audiens Anda dan b) dapat berpikir kreatif, Anda dapat membangun aplikasi sendiri, tanpa pengembang.

Berikut adalah beberapa alasan yang lebih umum mengapa bisnis kecil mungkin ingin mengembangkan aplikasi:

Kumpulkan Data

Seperti halnya dengan perangkat lunak pemasaran email, Anda juga dapat mengumpulkan data dari pengguna aplikasi, dan menganalisisnya.

Saluran Komunikasi Langsung

Meskipun pemasaran email masih hidup dan baik, karena sebagian besar pekerja kantor misalnya, menerima 121 email rata-rata setiap hari, setiap email harus berujung untuk dibuka.

Kotak masuk orang dibanjiri. Tetapi dengan aplikasi seluler, bisnis Anda tidak perlu bersaing untuk mendapatkan perhatian. Jika Anda dapat menemukan cara untuk komunikasi yang berarti bagi pelanggan Anda melalui aplikasi, Anda akan mendapatkan perhatian mereka lebih mudah.

Program Kartu Loyalitas

Kartu loyalitas bukan lagi hal yang baru dan karena semua orang membagikan kartu loyalitas yang kini bersaing untuk ruang dompet, menyederhanakan program loyalitas untuk pelanggan dengan menawarkannya dalam format digital, terutama jika pelanggan Anda adalah kaum millenial.

Sumber Pemasaran

Aplikasi seluler yang digunakan sebagai bagian dari strategi pemasaran online Anda dapat meningkatkan hasil Anda:

  • Membantu menjaga merek Anda di benak audiens target Anda.
  • Pemasaran silang – mempromosikan aplikasi Anda ke daftar email Anda, dan mempromosikan melalui aplikasi Anda.
  • Bangun kepercayaan dengan pelanggan Anda dengan menawarkan aplikasi yang menambah nilai dalam kehidupan mereka.
  • Tingkatkan keterlibatan pelanggan.

Faktor Pembeda

Bisnis besar yang membangun aplikasi untuk pelanggan mereka memisahkan merek mereka dari pesaing, tetapi apalagi bisnis kecil?

Ketika sebuah bisnis kecil telah mengembangkan aplikasi mereka sendiri, itu mengesankan pelanggan mereka dan membangun kredibilitas. Kemungkinan pesaing Anda membangun aplikasi rendah, dan ini adalah salah satu area yang benar-benar dapat Anda gunakan untuk membedakan diri.

Menambahkan Nilai Bagi Pelanggan

Ketika aplikasi seluler dirancang dengan mempertimbangkan pengguna; untuk membantu memecahkan masalah tertentu yang mereka miliki atau untuk meningkatkan kehidupan mereka, itu menambah nilai bagi mereka, dan ini meningkatkan loyalitas terhadap merek Anda.

Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Aplikasi seluler yang dibangun dengan hati-hati dapat meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan, atau bahkan dapat dirancang dengan tujuan tunggal untuk meningkatkan perjalanan pelanggan; misalnya, ketika Anda membuatnya lebih mudah bagi pelanggan untuk membayar, memesan, menanyakan, sumber, dan sebagainya.

Cara Membangun Aplikasi Seluler yang Menghasilkan Pendapatan

Anda mungkin berpikir bagian ini tidak relevan untuk memonetisasi aplikasi, tetapi jika Anda tidak mendapatkan bagian ini dengan benar, aplikasi Anda tidak akan pernah menghasilkan uang. Jadi. Buatlah rencana, mengapa? Nah, Anda harus tahu bahwa 75% pengguna aplikasi berhenti menggunakan aplikasi dalam 3 bulan pertama.

Orang-orang meninggalkan aplikasi karena berbagai alasan: kesulitan teknis, iklan pop-up yang menjengkelkan, deskripsi aplikasi yang menyesatkan, atau karena mereka kehilangan minat. Alasan orang beralih ke aplikasi adalah untuk memenuhi kebutuhan spesifik dan untuk mendapatkan sesuatu yang tidak tersedia di situs web atau untuk mendapatkan sesuatu yang lebih mudah digunakan melalui aplikasi seluler.

Namun, kebenaran yang sesungguhnya adalah bahwa pengguna paling sering menemukan aplikasi seluler yang menawarkan nilai besar dalam teori, tetapi dalam kenyataannya, sulit digunakan, memiliki kesulitan teknis, atau konten yang tipis.

Ketika menyusun strategi untuk menghasilkan pendapatan, tujuan Anda harus tiga kali lipat:

  • Untuk membuat nilai bagi pengguna, PLUS
  • Gunakan aplikasi sebagai cara untuk meningkatkan upaya pemasaran Anda, PLUS
  • Uangkan aplikasi

Jadi meskipun aplikasi harus menambah nilai, jangan lupa bahwa Anda membangunnya sebagai alat pemasaran dan penjualan, bahkan jika Anda tidak secara langsung menghasilkan uang dari unduhan jika Anda menawarkan aplikasi secara bebas. Kuncinya adalah selalu memahami target audiens Anda secara dekat.

Sekarang, berdasarkan kebutuhan target audiens Anda, aplikasi dapat memenuhi salah satu dari tujuan ini.

  • Menjadi berguna
  • Bertindak sebagai asisten
  • Rencanakan dan lacak sesuatu
  • Menghemat waktu
Kesimpulan

Untuk menghasilkan uang dari aplikasi yang dibangun oleh bisnis kecil Anda, itu harus menambah nilai, menarik pengguna, dan membuat mereka tetap menggunakannya. Strategi untuk memenuhi tujuan ini sangat penting, jika tidak, tidak peduli strategi monetisasi aplikasi seperti apa yang Anda terapkan, itu tidak akan menghasilkan pendapatan.

Aplikasi harus berguna, membantu pengguna, membantu pengguna merencanakan dan melacak sesuatu, atau menghemat waktu.

Gagasan untuk memonetisasi aplikasi Anda:

    1. Gabungkan rencana pemasaran aplikasi Anda dengan strategi pemasaran email Anda.
    2. Beriklan di aplikasi.
    3. Gunakan notifikasi push untuk meningkatkan keterlibatan.
    4. Pikirkan cara untuk membuat pengguna membeli dari Anda saat mereka menggunakan aplikasi.
    5. Jadikan aplikasi gratis untuk diunduh, dengan opsi untuk meningkatkan untuk lebih banyak fitur.
    6. Tawarkan langganan untuk mengakses konten bulanan.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya