Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran ASO Sukses Mempraktekkan ASO di Google Play | Bikin App...

Sukses Mempraktekkan ASO di Google Play | Bikin App Anda Ranking 1 di Toko App

-

Banyak orang mengira, tugas seorang app developer selesai ketika aplikasi rampung dan diluncurkan ke toko online. Jika Anda juga memiliki pemikiran yang sama, maka sesungguhnya Anda keliru. Sebab, ada perjuangan babak baru yang muncul setelah aplikasi sukses diluncurkan. Tugas berikutnya yang menanti Anda adalah “bagaimana cara mendapatkan pengguna aplikasi sebanyak mungkin?”.

Memperoleh user (pengguna) aplikasi sebanyak-banyaknya merupakan hal yang penting dalam bidang pengembangan aplikasi mobile, baik android ataupun iOS. Jika tidak ada orang yang menggunakan aplikasi buatan Anda, maka segala usaha, biaya dan jerih payah membangun aplikasi sejauh ini hanyalah sia-sia belaka. Semakin banyak orang menggunakan aplikasi Anda, maka akan semakin besar pula keuntungan yang bisa diraih oleh app dan perusahaan developer Anda.

Salah satu cara terbaik untuk menjaring banyak user adalah dengan memasarkan aplikasi. Ada banyak metode untuk memasarkan aplikasi, seperti memasarkan sendiri di website atau mempublikasikan aplikasi di toko online khusus app seperti Google Play Store.

Banyak developer memilih mempublikasikan aplikasi mereka di Google Play karena dinilai lebih praktis. Anda tentunya boleh saja mengikuti cara yang serupa, namun hati-hati, jika Anda tidak tahu bagaimana cara optimalisasi aplikasi android dengan baik, maka aplikasi Anda besar kemungkinan akan ‘tenggelam’.

Banyaknya aplikasi yang beredar di Google Play Store memang menjadikan persaingan antar aplikasi sangat kompetitif. Agar aplikasi Anda tidak kalah saing dan sukses memperoleh visibilitas serta jumlah download yang tinggi, berikut ini kami sajikan rangkuman cara optimalisasi aplikasi android (ASO) pada Google Play Store. Ada juga informasi tentang jasa ASO android termurah dan terbaik di 2020 yang bisa Anda hubungi untuk membantu memaksimalkan pemasaran aplikasi.

Yuk langsung simak informasinya bersama-sama!

Tips Sukses Optimalisasi Aplikasi Android (ASO) di Google Play Store

optimasi-aplikasi1

Semua aplikasi yang diciptakan dan beredar di pasaran tentunya menghadapi 1 tantangan yang sama yaitu berusaha mendapatkan visibilitas dan download sebanyak-banyaknya. Menarik perhatian masyarakat masih menjadi tantangan yang cukup sulit bagi setiap app developer. Sebab, aplikasi yang bagus sekalipun akan otomatis sia-sia kalau tidak ada yang tertarik untuk menggunakannya, bukan?

Berangkat dari permasalahan itulah, kita akhirnya mengenal tips optimalisasi aplikasi android di Google Play (bahasa inggris: App Store Optimization (ASO)). Teknik optimalisasi aplikasi android ini telah terbukti sukses dan ampuh dalam memaksimalkan jumlah download dan tingkat visibilitas dari aplikasi yang dipasarkan di Google Play Store. Dengan memanfaatkan ASO, maka aplikasi Anda akan semakin gampang untuk ditemukan serta menjadi populer di masyarakat.

Tentunya jika aplikasi Anda banyak dipakai oleh masyarakat, maka keuntungan yang Anda dapatkan akan semakin besar. Tidakkah Anda ingin menciptakan aplikasi yang sukses dan ‘meledak’ jumlah pemakaiannya di pasaran?

Artikel terkait  Apa itu Consumer Insight? Mengetahui Konsep dan Tekniknya Untuk Meningkatkan Penjualan

Lalu bagaimanakah tips-tips ASO tersebut agar aplikasi Anda sukses menduduki juara 1 di Google Play Store? Apakah tips-tips ASO susah untuk dipraktekkan? Jawabannya sama sekali tidak! Kami telah merangkum tips optimalisasi aplikasi android di Google Play Store yang sangat mudah untuk dipraktekkan siapa saja. Yuk siapkan catatan Anda sekarang!

Sedikit catatan penting sebelum memulai: ada 2 faktor penting yang bisa memengaruhi keberhasilan optimalisasi aplikasi android, yakni faktor off-metadata dan on-metadata. Faktor off-metada melingkupi review, rating aplikasi, backlink, dan volume instalasi. Sementara faktor on-metadata mencakup icon aplikasi, nama aplikasi, deskripsi, screenshot dan package name.

Semua faktor ini penting untuk diingat dan dicantumkan sebaik-baiknya sebelum Anda mempublikasikan aplikasi ke toko app, mengingat deskripsi aplikasi tidak bisa diubah pasca dipublikasikan.

Nah, sekarang mari kita lanjut ke tips-tips optimalisasi aplikasi android di Google Play Store:

Membuat Nama Aplikasi

Pertama adalah membuat nama aplikasi yang baik. Membuat nama aplikasi tidak bisa dilakukan secara sembarangan, sebab nama aplikasi adalah faktor on-metadata terpenting. Nama aplikasi akan berkaitan langsung dengan kolom pencarian dan hasil yang diinginkan oleh user. Oleh sebab itu, nama aplikasi akan sangat memengaruhi konversi install aplikasi.

Ada beberapa faktor pertimbangan penting menurut ASO yang harus Anda perhatikan saat merumuskan nama aplikasi, yakni:

Menambahkan Beberapa Keyword di Belakang Nama Aplikasi / Brand

Anda bisa menuliskan susunan nama + keyword tersebut dalam beberapa versi atau gaya, seperti

  • Keywords – nama app / brand
  • Keywords : nama app / brand
  • Nama app / brand : keyword
  • Nama app / brand – keyword

Menggunakan Multi Bahasa

Selanjutnya adalah mempertimbangkan menggunakan multi bahasa untuk target negara sasaran konsumen aplikasi. Semisal aplikasi Anda dipasarkan di Indonesia dan Malaysia, maka usahakan agar nama aplikasi tersebut bisa dikonversi ketika ditelusuri dari perangkat yang menggunakan bahasa Melayu. Penerapan multi bahasa akan sangat membantu aplikasi untuk dapat muncul di laman penelusuran pada beragam bahasa di negara yang berbeda.

Menyertakan Nama Developer

Artikel terkait  Jenis-Jenis Real Estate | Mengenal Pemasaran Digital Bisnis Pengembang Real Estate

Tips kedua adalah menyertakan nama developer. Nama developer ini bisa berupa nama perusahaan pengembang aplikasi atau nama bebas jika Anda adalah freelancer. Nama developer juga sama pentingnya dengan nama aplikasi karena termasuk ke dalam faktor on-metadata. Penentuan nama developer sesungguhnya mudah namun tetap memerlukan perhatian dan ketelitian. Anda harus turut serta menambahkan keyword ke bagian nama developer.

Menulis Deskripsi Aplikasi yang Tepat Sasaran

optimasi-aplikasi2

Selanjutnya adalah menulis deskripsi aplikasi yang tepat. Di sini pun Anda harus menyertakan keyword-keyword yang pas selayaknya saat menulis nama app dan nama developer. Deskripsi aplikasi juga merupakan faktor penting yang amat sangat mempengaruhi pencarian, temuan dan urutan ranking aplikasi Anda di laman Google.

Beberapa tips penulisan deskripsi aplikasi yang baik di Google Play adalah:

  • Informatif dan to the point (tidak bertele-tele).
  • Singkat dan lugas.
  • Mengandung keyword utama dan keyword tambahan.
  • Menjelaskan fitur-fitur unggulan.
  • Multi bahasa (minimal dengan bahasa Inggris).
  • Menambahkan format HTML pendukung seperti:
  1. Memberi warna font

<font color=”red”>Text</font>

  1. Membuat link

<a href=”https://jatisulistiyo.com”>Jati</a>

  1. Membuat header 1 dan 2

<h1>Text</u> dan <h2>Text</u>

  1. Efek bold

<b>Text</b>

  1. Efek underline

<u>Text</u>

  1. Efek italic

<i>Text</i>

Menulis Package Name dan Menambahkan Keyword

Package name adalah nama khas dan unik yang berguna untuk menambahkan identitas pada aplikasi. Contoh format umum dari package name adalah: domain.company.application. Nantinya Anda bisa menambahkan keyword pada nama package ini untuk memaksimalkan tampilan dan visibilitas aplikasi saat dicari.

Catatan penting: Anda tidk bisa mengubah nama package setelah aplikasi dipublikasikan. Jadi, Anda harus sangat cermat dalam menuliskan nama package.

Artikel terkait  Strategi Monetisasi Aplikasi untuk Pemilik Usaha Kecil: Panduan Utama

Memakai Screenshot dan Logo yang Baik

Keterangan aplikasi Anda di toko online tidak hanya berupa  elemen tulisan atau deskripsi saja. Untuk memaksimalkan tampilan aplikasi dan visibilitasnya di Google Play, Anda juga harus menggunakan elemen visual. Adapun elemen-elemen visual tersebut adalah screenshot dan logo.

Screenshot yang Anda tampilkan di Google Play tidaklah sama seperti screenshot yang biasa Anda ambil dari layar ponsel. Ada beberapa elemen penting dari screenshot yang harus Anda perhatikan agar screenshot aplikasi Anda bisa meyakinkan user untuk mendownload dan mencoba aplikasi Anda:

  • Dimensi minimal: 320px.
  • Dimensi maksimal: 384px.
  • Format 24-bit PNG dan JPEG.
  • Minimal 2 screenshot.

Beberapa tips mengambil screenshot yang baik menurut ASO adalah:

  • Menampilkan fitur unggulan aplikasi.
  • Menambahkan teks informatif.
  • Memakai mockup untuk penyajian aplikasi.

Selain screenshot, Anda juga harus memakai icon aplikasi yang bisa memberi kualitas CTR (jumlah klik calon user saat melihat aplikasi Anda) yang tinggi. Icon memegang peranan penting sebab sama seperti nama, icon memberikan tampilan visual pertama kali ke hadapan user ketika mereka melakukan pencarian di Google Play. Semakin baik icon aplikasi Anda, maka akan semakin bagus pula kesan pertama dari aplikasi Anda di benak user.

Sama seperti screenshot, ada beberapa spesifikasi khusus untuk membuat icon aplikasi yang baik di Google Play:

  • Berdimensi 512 x 512.
  • Format 32-bit PNG dengan alpha.
  • Mempunyai ukuran maksimal 1024kb.

Anda bisa mengikuti tips berikut untuk membuat icon aplikasi yang baik dan menarik:

  • Memakai icon yang menggambarkan aplikasi (pengecualian jika Anda sudah mempunyai brand sendiri dan sudah dikenal masyarakat, maka Anda bisa memakai logo tersebut).
  • Membuat icon yang simpel (hindari penggunaan elemen yang terlalu banyak).
  • Memakai warna-warni mencolok yang tetap harmoni / tidak terlalu kontras ‘bertabrakan’.

Demikianlah beberapa tips optimalisasi aplikasi Android di Google Play Store. Kesimpulannya, Anda harus cermat-cermat dalam meletakkan keyword yang sesuai dengan aplikasi. Jangan sampai Anda memasukkan aneka keyword yang tidak sesuai dengan aplikasi Anda.

Bagaimana jika Anda sudah memanfaatkan tips ASO di atas namun perkembangan aplikasi Anda masih belum optimal? Untuk melakukan ‘booster’ atau mendorong perkembangan aplikasi secara lebih cepat dan maksimal, Anda bisa memanfaatkan bantuan jasa ASO android. Saat ini pun ada banyak perusahaan yang memanfaatkan bantuan promosi aplikasi seperti Google Adwords, Google Ads, atau memakai jasa ASO Android terbaik.

Artikel terkait  Panduan Pengembangan Aplikasi untuk Pemula Sekaligus bisa Dijadikan Bisnis Sampingan

Jika perusahaan aplikasi Anda kebetulan mempunyai dana yang cukup, maka tidak ada salahnya Anda menghubungi jasa ASO Android terbaik yakni Appkey.co.id! Appkey adalah perusahaan pengembangan software sekaligus optimalisasi ASO berpengalaman dengan tarif biaya paling murah dibandingkan perusahaan lain.

Dengan berkonsultasi di Appkey, Anda bisa duduk tenang dan menyerahkan para tenaga IT profesional bekerja menentukan strategi ASO terbaik untuk menaikkan jumlah download dan ranking app di Google Play Store. Berbekal pengalamannya selama bertahun-tahun di bidang software developer, Appkey dijamin mampu memberikan pelayanan pengembangan dan optimalisasi aplikasi paling baik dengan biaya termurah se-Indonesia!

Tunggu apa lagi, yuk hubungi Appkey sekarang di www.appkey.co.id.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang optimalisasi aplikasi android agar bisa sukses memperoleh peringkat tertinggi di Google Play Store. Semoga artikel kali ini mampu memberikan pencerahan dan jawaban untuk Anda yang masih bingung bagaimana cara melakukan optimalisasi aplikasi android yang baik, ya!

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini. Nantikan lebih banyak artikel menarik dan bermanfaat lainnya hanya dari Appkey.id. Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya