Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran ASO Menggunakan Dasar-Dasar Pemasaran Aplikasi dan Langkah-Langkah untuk Meningkatkan Kepuasan...

Menggunakan Dasar-Dasar Pemasaran Aplikasi dan Langkah-Langkah untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

-

Dalam dunia bisnis tentu saja salah satu hal yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan metode pemasaran sebagai bagian dari suatu kinerja. Dimana strategi dan dasar pemasaran dalam aplikasi digunakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu, misalnya keuntungan. Dewasa ini penggunaan aplikasi untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan menjadi salah satu cara yang banyak dipilih perusahaan.

Aplikasi kepuasan pelanggan sendiri didesign oleh perusahaan untuk mengetahui angka kepuasaan dan ketidak puasaan dari pelanggan. Hal semacam ini dibutuhkan oleh perusahaan untuk lebih mengembangkan potensi dan mengurangi kekurangan perusahaan. Meski demikian, pemasaran lewat aplikasi ini sendiri mengharuskan pelanggan untuk mendownload aplikasi sebelumnya.

Hal ini tentu bukan menjadi suatu masalah yang crowded bagi perusahaan, apalagi jika aplikasi yang ada memang dibutuhkan oleh pasar. Dalam artikel ini akan diulas dan dibahas mengenai dasar-dasar pemasaran aplikasi juga langkah-langkah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Tentunya berbagai uraian mengenai pemasaran aplikasi akan diulas secara lugas, jelas dan ringkas seperti dibawah ini.

Artikel terkait  Aplikasi Smartphone : 5 Cara Terbaik Promosi Aplikasi Smartphone Kepada Klien

Memahami Pemasaran Aplikasi Menjadi Penting?

aplikasi-1-1

Sebelum jauh melangkah membahas mengenai pengaplikasian atau dasar dan langkah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan lewat aplikasi. Tentu ada baiknya untuk memahami mengenai apa sebenarnya pemasaran aplikasi dan mengapa ia menjadi penting. Hal ini akan menjelaskan dasar dari aplikasi dan pemasarannya yang penting untuk diketahui terlebih dahulu, mulai dari sejarahnya.

Dahulu sebelum mulai merebaknya smartphone tentu saja media komunikasi menjadi lebih terbatas dibandingkan dengan sekarang. Namun kini seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, kebutuhan akan aplikasi menjadi meningkat. Hal ini dikarenakan hampir segala kegiatan manusia menjadi lebih terarah dan terfokus lewat aplikasi, oleh sebab itu banyak aplikasi yang tercipta.

Kelahiran dan merebaknya aplikasi inilah yang kemudian menjadikan perusahaan penyedia aplikasi banyak menyediakan aplikasi. Sekaligus mulai mempersiapkan dasar pemasaran sekaligus bagaimana cara survei kepuasan akan pelanggan. Dari pemasaran aplikasi sendiri ada banyak capaian dan efek yang diharapkan untuk diraih, baik untuk kepentingan perusahaan dan pelanggan.

Sejalan dengan merebaknya kebutuhan akan gadget dan teknologi, perusahaan biasanya memiliki harapan agar aplikasi mampu menyentuh pelanggan. Kemudian pelanggan dan pengguna mampu terlibat aktif didalam perkembangan aplikasi itu sendiri. Jika sudah menjadi pengguna tentu saja bisa memberikan push dan feedback pada perusahaan penyedia untuk mendorong adanya perubahan.

Artikel terkait  Strategi Menghasilkan Laba Penjualan dalam Bisnis Pembuatan Aplikasi

Apa Indeks Evaluasi yang Perlu Diperhatikan dalam Pemasaran Aplikasi

indeks-aplikasi

Setelah mengetahui tujuan dan pengertian dasar dari pentingnya pemasaran aplikasi berikut akan masuk kedalam pembahasan yang lebih mendalam lagi. Mengenai indeks evaluasi yang perlu untuk diperhatikan dalam pemasaran dan evaluasi aplikasi sekaligus bagaimana cara pengaplikasiannya. Karena indeks evaluasi dan cara pengaplikasian dari nilai pemasaran juga menjadi salah satu bagian dan point penting yang perlu dipahami.

Indeks evaluasi sendiri merupakan salah satu bagian yang paling penting dari sebuah aplikasi pemasaran, dimana indikator ini banyak menilai berbagai hal. Cakupan penilaian yang ada pada indikator tersebut adalah memahami data pengguna dan bagaimana cara pengaturannya. Selain itu matrik pergerakan pengguna secara umum mampu menjadi salah satu indeks pemasaran dianggap berhasil atau sukses.

Selain indeks evaluasi, bagian yang juga penting diperhatikan dalam evaluasi aplikasi dan dasar-dasar pemasaran aplikasi adalah jumlah unduhan. Ya benar sekali, jumlah unduhan yang dilakukan oleh pengguna terhadap suatu aplikasi yang dihadirkan oleh masyarakat menjadi penting. Hal ini jelas menjadi indeks jelas untuk menentukan aplikasi yang ada cukup populer dikalangan pengguna atau tidak.

Sejalan dengan banyaknya pengunduh dan pengguna yang menggunakan layanan aplikasi, maka hal penting lainnya adalah seberapa aktif mereka dalam aplikasi. Pengguna yang hanya mendownload aplikasinya saja namun akhirnya tidak menggunakan aplikasi tidak akan memberikan nilai efek yang berarti. Oleh sebab itu pengguna aktif menjadi nilai yang lebih besar dan berpengaruh dalam indeks kepuasan pelanggan.

Artikel terkait  7 Metode Dasar dalam Promosi Aplikasi | Contoh Promosi Aplikasi yang Sukses

Cara Pengaplikasian Aplikasi

Setelah mengetahui betapa pentingnya aplikasi,kemudian bagaimana cara pengelolaan dan indeks penilaiannya. Maka langkah selanjutnya yang juga penting adalah memahami bagaimana cara pengaplikasian aplikasi, seperti berikut.

1. Mempersiapkan Aplikasinya Terlebih Dahulu

Sebelum sibuk mempersiapkan mengenai pemasaran aplikasi langkah yang cukup penting dan paling mendasar adalah mengenai kesiapan aplikasi. Tidak ada gunanya untuk melakukan persiapan pemasaran dan evaluasi terhadap aplikasi jika aplikasi yang ada tidak baik. Oleh sebab itu lakukan persiapan dan kesiapan aplikasi dengan baik untuk mendukung jalannya perkembangan aplikasi.

2. Memastikan Manfaat dari Aplikasi

Sebelum meluncurkan sebuah aplikasi ada baik dan pentingnya untuk memastikan manfaat dari aplikasi itu sendiri. Jangan sampai meluncurkan sebuah aplikasi yang belum memiliki manfaat dan keunggulan tertentu karena ini hanya akan menyulitkan pemasaran. Berikan informasi khusus mengenai aplikasi yang ada untuk menarik pengguna untuk lebih memahami aplikasi yang ada dan menggunakannya.

Selain itu bisa coba dengan memberikan kemudahan lainnya seperti sebuah diskon atau penawaran unik jika menggunakan aplikasi yang ada. Selain itu perusahaan juga bisa menggunakan perbaikan dan pemantapan fasilitas aplikasi. Kepuasan inilah yang kemudian akan menjadikan pengguna semakin puas dalam pemakaiannya.

3. Melakukan Kemudahan Tinjauan Terhadap Aplikasi

Gunakan promosi kepada pengguna jika suatu perusahaan sudah meluncurkan sebuah aplikasi dengan sebelumnya melakukan trial dan error. Selain itu pastikan untuk memberikan teaser pengenalan mengenai aplikasi yang ada sehingga calon pengguna bisa memahami aplikasi yang ada. Lakukan promosi dengan baik agar satu per satu pengguna mulai menggunakan aplikasi tersebut dan kemudian menyebarkannya.

Artikel terkait  Bagaimana Anda Membuat Pengguna Mendownload Aplikasi Anda? Coba Gunakan Cara Promosi Aplikasi Berikut Ini!

Berikut Adalah Cara dan Ukuran Aplikasi Dianggap Berhasil

indeks-2

Setelah mengetahui berbagai ulasan dasar diatas mengenai pemasaran dari aplikasi dan cara meningkatkan kepuasan pengguna. Berikut akan diulas mengenai cara dan ukuran aplikasi bisa dianggap berhasil,apa saja komponennya? Mari simak bersama.

1. Membuat Pemberitahuan Langsung Saat Ada Pembaharuan

Salah satu cara dan ukuran aplikasi dianggap berhasil untuk membantu kinerja pengguna adalah adanya informasi yang datang tepat waktu. Ketepatan waktu dalam pemberitahuan pembaharuan dan informasi yang ada jelas akan meningkatkan rasa kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu aplikasi wajib untuk membuat pop up mengenai berbagai informasi terkait yang wajib diupdate.

Misalnya saja adalah informasi mengenai suatu diskon dari aplikasi, voucher dari aplikasi atau bahkan keuntungan lainnya. Dengan memberikan suatu pop up pesan yang up to date dan lengkap jelas akan memancing pengguna untuk senantiasa berada dalam aplikasi. Atensi dari pengguna juga akan lebih besar sehingga kemungkinan aplikasi untuk digunakan dengan lebih akan semakin besar.

Terkait dengan kasus diatas oleh sebab itu ada baiknya untuk pihak penyelenggara aplikasi atau perusahaan memperhatikan hal berikut. Ketepatan informasi dan kecepatan informasi tersebar baik berkaitan dengan diskon atau informasi umum lainnya akan menambah nilai dari aplikasi sendiri. Pastikan untuk memperhatikan sistem update dari aplikasi yang didirikan oleh penyelenggara atau perusahaan.

2. Lakukan Pemetaan Informasi

Langkah selanjutnya yang menjadi cara sekaligus ukuran dari aplikasi dianggap memiliki kemampuan dan berhasil terletak pada sistem pemetaannya. Hal ini jelas menjadi salah satu hal penting karena bagaimana bisa aplikasi memberikan kepuasan jika alur informasinya tidak jelas. Oleh sebab itu perusahaan dan penyelenggara wajib untuk melakukan pemetaan informasi yang akan dibagikan pada masyarakat.

Buatlah pemetaan dengan distribusi pasar yang ada sehingga jatuhnya informasi akan sesuai dengan segmen dan kebutuhan pasar sendiri. Sehingga perusahaan juga nantinya mampu mendapatkan informasi pemetaan konsumen dengan jelas sesuai kebutuhan di lapangan. Jangan sampai informasi dan jalannya perencanaan kerja tidak terealisasi dengan baik karena tujuan informasi tidak tersampaikan.

Buatlah segmen sesuai dengan kualifikasi umur, selera, kebutuhan atau bahkan minat selera bagi penggunaan. Pemetaan segmen ini bisa menjadi salah satu alternative untuk memecahkan jenis konsumen yang menggunakan layanan aplikasi. Dengan mengetahui pemetaan berikut nantinya sistem kerja dan pemasaran akan jauh lebih lancar dan maju.

3. Tetap Memperhatikan Dukungan Multi Toko

Salah satu ukuran dan cara untuk meningkatkan kemampuan dan berhasil kini menilik pada point dimana adanya kebutuhan multi toko. Dimana meski sudah menggunakan layanan jasa aplikasi, tetap diperlukan dukungan dari toko real yang ada di pasaran. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi dua arah secara langsung pada pihak perusahaan.

Selain itu dengan memperhatikan dukungan multi toko,untuk masalah penjualan dan jalannya informasi akan semakin lebih mudah. Pengguna yang tidak selalu bergelut dengan gadget dan tentunya aplikasi tetap bisa masuk penilaian dan terjaring sebagai konsumen. Mengingat pentingnya fungsi multi toko, oleh sebab itu perusahaan penyedia layanan aplikasi bisa mulai memikirkan untuk mengadakan multi toko berikut.

4. Memberikan Kartu Keanggotaan Jika Diperlukan

Ukuran dan cara lainnya untuk meningkatkan kemampuan juga nilai keberhasilan sebuah pemasaran dan survei kepuasan pelanggan adalah memberikan layanan lebih. Layanan yang dimaksud dapat berupa dengan kartu keanggotaan yang bisa memberikan potongan dana lebih atau diskon. Selain itu pengadaan layanan kartu anggota bisa menjadi salah satu upaya menarik pelanggan dengan keuntungan diskon atau point nilai.

Selain itu memberikan pelayanan kartu anggota bisa menjaring skala panjang dengan para pengguna yang senang dengan kepemilikan seperti ini. Hal semacam ini secara otomatis akan mendorong pengguna untuk kembali dan kembali menggunakan jasa aplikasi yang dimaksud. Oleh sebab itu perlu sekali perusahaan sekiranya memfasilitasi penggunaan dan pengadaan kartu anggota bagi pelanggan tetap atau kualifikasi lainnya.

5. Dimudahkan Pembayaran Melalui Smartphone

Langkah lainnya untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan keberhasilan suatu layanan atau aplikasi adalah dengan memberikan kemudahan. Seperti halnya mengingat perkembangan teknologi dewasa ini, perlu adanya perkembangan kemudahan pembayaran dari smartphone. Kemudahan semacam inilah yang nantinya akan memancing pengguna untuk semakin berpuas dengan suatu layanan.

Kemudahan semacam ini juga nantinya akan membawa kemudahan bagi perusahaan dalam melakukan survei kepuasan via smartphone. Oleh sebab itu perusahaan atau penyedia layanan agaknya memang harus serius dalam membuat layanan yang mudah dilakukan. Seperti ketika akan melakukan pembayaran via smartphone usahakan untuk aplikasinya mumpuni dan mudah untuk dijangkau banyak pengguna.

Nah diatas adalah beberapa ulasan singkat, lugas dan jelas mengenai berbagai informasi mengenai dasar-dasar pemasaran. Termasuk diatas ada uraian lengkap mengenai bagaimana menggunakan dasar-dasar pemasaran aplikasi dan langkah-langkah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Tentu berbagai point diatas mampu menjadi rujukan bagi penyedia layanan atau perusahaan dalam persiapan pemasaran dan upaya peningkatan kepuasan pelanggan.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya