Apakah Anda saat ini tengah mengembangkan bisnis secara online? Pada platform online apakah bisnis Anda dijalankan: aplikasi atau website?
Dibandingkan dengan website biasa, saat ini kebanyakan masyarakat lebih gemar menggunakan aplikasi bisnis penghasil uang alias e-commerce. Hal ini dikarenakan aplikasi bisnis penghasil uang e-commerce lebih ringan, simpel dan praktis dibuka serta digunakan kapan saja, serta mempunyai desain UX khusus yang memudahkan siapapun saat menjalankan beragam fitur di aplikasi.
Desain UX khusus di aplikasi e-commerce adalah poin utama yang menjadikannya lebih unggul dibandingkan website bisnis. Faktanya, mendesain tampilan aplikasi e-commerce tidak bisa dilakukan sembarangan.
Anda tidak bisa menyamakan bentuk desain aplikasi e-commerce dengan website, meskipun kedua platform tersebut sama-sama Anda gunakan untuk berbisnis.
Lantas seperti apakah desain UX aplikasi e-commerce yang baik? Semua jawabannya telah terangkum lengkap pada artikel edisi kali ini untuk mempermudah Anda saat memilih atau membuat aplikasi e-commerce sendiri.
Dengan menggunakan aplikasi e-commerce berdesain UX terbaik, dijamin, lapak bisnis Anda akan semakin cepat laris-manis dibanjiri pengunjung. Mari kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini!
Daftar Isi
Aplikasi E-commerce adalah Solusi Terbaik untuk Bisnis Online
Apa itu aplikasi e-commerce? Untuk Anda yang belum paham, berikut akan kami jelaskan sekilas tentang aplikasi e-commerce.
Aplikasi e-commerce adalah singkatan dari aplikasi electronic commerce (bisnis digital). Maka tentu saja, pengertian aplikasi e-commerce adalah aplikasi khusus untuk berbisnis online. Agar hasil bisnis online Anda maksimal, maka gunakanlah aplikasi bisnis penghasil uang e-commerce ini alih-alih aplikasi jenis lain. Jangan sampai tertukar, ya!
Dengan aplikasi e-commerce, Anda bisa melakukan semua aktivitas perdagangan dan manajemen usaha secara praktis dalam 1 wadah. Mulai dari mendirikan akun toko online, memposting produk, memanajemen stok produk, mengelola diskon dan pengiriman, hingga memantau laporan rekapan penjualan, semua bisa dilakukan secara online dengan 1 aplikasi e-commerce saja. Sangat praktis!
Pertumbuhan aplikasi e-commerce di Indonesia sendiri tergolong sangat pesat. Sekarang ini, Anda sudah bisa dengan mudah menemukan beraneka contoh aplikasi e-commerce dari toko aplikasi Google Play ataupun AppStore. Beberapa contoh aplikasi e-commerce yang populer digunakan untuk berbisnis seperti Shopee, Tokopedia, BliBli.com, JD.id, Lazada, dan Zalora.
Nah, jika Anda perhatikan kembali, setiap contoh aplikasi e-commerce di atas tentunya memiliki desain UX yang berbeda-beda. Akan tetapi, setiap desain aplikasi e-commerce mempunyai tujuan dan fungsi yang sama untuk melancarkan aktivitas perdagangan online.
Kegunaan Desain UX pada Aplikasi E-commerce yang Belum Anda Ketahui
Tak melulu soal fitur-fitur dan layanan canggih, sebuah aplikasi e-commerce yang baik untuk bisnis juga harus memenuhi aspek desain UX yang baik. Kata UX sendiri adalah singkatan dari “User Experience” (Pengalaman Pengguna). Alhasil sesuai namanya, sifat dari user experience adalah untuk mengoptimalisasi pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi.
Biasanya, semakin baik desain user experience sebuah aplikasi, maka akan semakin optimal pula tingkat kepuasan yang dihasilkan kepada pengguna aplikasi. Dengan kata lain, sifat dari user experience adalah berbanding lurus dengan kualitas aplikasi dan penilaian dari pengguna. Begitupula semakin buruk UX aplikasi, otomatis, pengguna juga tidak akan betah berlama-lama memakai aplikasi bisnis Anda.
Lebih jauh lagi, sifat dari user experience adalah mudah menyebar dari mulut ke mulut. CEO Amazon Jeff Bezos pernah berkata bahwa pengalaman penggunaan aplikasi yang baik akan melahirkan promosi mulut ke mulut dari konsumen ke orang-orang di sekitarnya. Ini karena masyarakat mempunyai kecenderungan mengajak orang lain yang mereka kenal untuk turut mencoba hal yang mereka suka atau dirasa bermanfaat.
Desain UX menjadi salah satu faktor penting pendukung kesuksesan aktivitas bisnis di aplikasi e-commerce, khususnya dari segi pelayanan konsumen. Beberapa contoh implementasi desain UX pada aplikasi e-commerce adalah:
- Model tampilan produk dan deskripsi produk yang jelas sekaligus rinci.
- Sistem umpan balik yang cepat dari konsumen untuk peningkatan pelayanan aplikasi.
- Sistem pembayaran online yang mudah, banyak pilihan, serta aman.
- Layanan interaksi antara pedagang dan pembeli yang simpel namun jelas untuk menyelesaikan aneka permasalahan konsumen.
Mengingat desain UX aplikasi e-commerce memegang peran penting, maka tidaklah mengherankan jika akhirnya banyak pebisnis online bekerja sama dengan desainer UX profesional untuk merancang desain aplikasi terbaik bagi target pengguna.
Inilah +5 Poin Penting Desain UX yang Wajib Dimiliki oleh Aplikasi E-commerce Anda
Apakah Anda saat ini menggunakan aplikasi e-commerce untuk berbisnis? Atau, Anda masih mencari-cari aplikasi e-commerce terbaik untuk digunakan berbisnis online? Sebelum menentukan pilihan aplikasi, yuk pastikan dulu calon aplikasi e-commerce pilihan memuat poin-poin penting desain ini:
1. Sistem Operasional yang Sederhana
Aplikasi e-commerce Anda harus mempunyai sistem operasional yang praktis dan simpel. Hal ini penting supaya siapapun bisa berbelanja online di platform Anda. Semakin banyak pengguna aplikasi bisnis Anda, maka akan semakin besar keuntungan yang diperoleh.
Kebanyakan pebisnis mengira desain aplikasi yang baik adalah desain dengan banyak animasi, warna-warni dan gambar. Padahal, semakin banyak dan besar ukuran gambar atau animasi yang dipasang, maka akan semakin berat pula kinerja dari aplikasi dan menjadikan program-program lambat saat di-loading.
Salah satu cara mudah untuk mengukur tingkat kesuksesan desain aplikasi e-commerce adalah dengan memerhatikan tingkat konvensi (pembelian) yang berhasil diciptakan. Jika aplikasi Anda memiliki banyak pengguna terdaftar tapi sedikit pembelian, Anda harus melakukan beberapa evaluasi kembali guna mengetahui penyebab rendahnya tingkat pembelian di aplikasi. Bisa jadi jawabannya terdapat pada desain UX dan sistem operasi yang belum praktis atau error.
2. Penggunaan Elemen Visual yang Efektif
Pastikan desain aplikasi e-commerce Anda menggunakan elemen-elemen visual seperti icon yang tepat untuk melambangkan fitur. Semisal fitur keranjang belanja menggunakan icon keranjang belanja. Atau, fitur pembayaran direpresentasikan dengan icon dompet. Jangan sampai fitur dilambangkan dengan icon yang keliru, karena akan menjadikan pengguna bingung.
Penggunaan elemen visual menjadi langkah simpel untuk merepresentasikan fitur-fitur dalam aplikasi ketimbang pemakaian kata-kata. Selain itu, pemakaian icon-icon kecil dengan bentuk dan warna menarik sering terbukti efektif untuk mendorong rasa penasaran user saat mencoba aplikasi. Alhasil, user dapat lebih mudah mempelajari cara pemakaian aplikasi untuk berbelanja.
3. Keamanan Data Pengguna
Aplikasi e-commerce adalah platform bisnis yang memungkinkan setiap pengguna untuk membayar dengan sistem transfer bank, kartu kredit, atau e-wallet. Banyaknya informasi sensitif yang tersimpan di database aplikasi e-commerce seperti nomor kartu kredit menjadikan Anda selaku pengelola harus ekstra berhati-hati.
Agar pengguna semakin nyaman dan percaya berbelanja di tempat Anda, sebaiknya lengkapilan aplikasi e-commerce dengan sistem keamanan data pengguna super canggih. Sistem kemanan yang ketat akan menyulitkan oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan pembobolan.
4. Feedback Pengguna
Desain UX pada aplikasi e-commerce pilihan Anda harus bisa mendorong user memberikan feedback (umpan balik). Feedback pengguna sangat penting bagi pebisnis supaya mereka bisa terus meningkatkan kualitas layanan aplikasi. Terutama jika terjadi error tak terduga dalam aplikasi, maka konsumen akan menjadi pihak pertama yang menyalurkan informasi tersebut ke pemilik aplikasi agar error bisa segera diperbaiki.
Selain itu, feedback juga bermanfaat dalam hal branding bisnis. Konsumen yang puas dengan desain UX aplikasi pastinya akan memberikan feedback positif terhadap aplikasi. Feedback positif dan rating bintang tinggi dari konsumen mampu membentuk image bisnis yang baik pula di mata calon pengguna. Sehingga semakin baik desain UX, otomatis semakin baik juga image bisnis Anda nantinya.
5. Utilitas dan Kegunaan Desain
Berikutnya, pastikan aplikasi e-commerce Anda mempunyai tingkat utilitas dan kegunaan yang baik. Apa itu utilitas dan kegunaan? Utilitas merupakan aspek yang menjadi sifat produk. Fungsinya adalah untuk membantu konsumen memilih dan membeli barang sesuai kebutuhan mereka. Semisal produk A bersifat sebagai sabun pembersih dengan wewangian yang enak. Jadi, produk A cocok untuk memenuhi kebutuhan mencuci perabotan atau pakaian konsumen.
Sementara aspek kegunaan desain menjadikan navigasi dan aktivitas penggunaan user menjadi jelas dan mudah di aplikasi. User tidak perlu men-klik tombol-tombol yang tak perlu ketika mereka mencari produk. Pun mereka jadi tidak membuang-buang banyak waktu, tenaga, atau merasa kesal karena tiba di halaman menu yang tidak memuat jawaban atas kebutuhan mereka.
6. Mengundang Keinginan Konsumen
Keuntungan aplikasi e-commerce tidak hanya datang dari pembeli baru saja, melainkan dari pelanggan lama yang setia terus-menerus berbelanja di toko Anda (melakukan pembelian ulang atau repurchase). Bagaimana caranya agar seorang konsumen mau berbelanja lagi dan lagi? Jawabannya lagi-lagi terletak pada desain UX yang baik di aplikasi e-commerce Anda.
Tidak perlu repot-repot. Jika aplikasi e-commerce Anda bisa menghadirkan tampilan dan nuansa belanja yang aman, nyaman serta praktis, maka dengan sendirinya konsumen akan memiliki pengalaman menyenangkan dan tertarik untuk berbelanja lagi di toko Anda.
7. Aksesibilitas
Terakhir adalah aksesibilitas. Aksesibilitas desain berguna untuk memfasilitasi konsumen dengan disabilitas (buta warna, buta parsial, diseleksia, dan lain-lain), atau konsumen yang mempunyai literasi teknologi rendah. Aplikasi e-commerce yang dilengkapi dengan aksesibilitas khusus akan menjadikan aplikasi Anda ramah digunakan semua tipe pengguna tanpa terkecuali. Pun keuntungan Anda juga menjadi lebih optimal.
Nah, demikianlah poin-poin penting dalam desain UX aplikasi e-commerce untuk menunjang performa, kualitas serta keuntungan dari bisnis online Anda. Namun selain desain UX, tetap ingat bahwa kesuksesan bisnis online di aplikasi e-commerce juga ditentukan oleh produk-produk yang ditawarkan, kualitas pelayanan konsumen, dan pemberian harga-harga terjangkau.
Dapatkan Aplikasi E-Commerce dengan Desain UX Terbaik Langsung di Sini!
Anda sudah melihat seperti apa desain UX yang baik untuk meningkatkan performa dan kualitas aplikasi e-commerce. Nah, faktanya, cermat memilih aplikasi e-commerce adalah hal yang penting jika Anda ingin seluruh usaha dan modal yang dikeluarkan saat berbisnis tidak sia-sia.
Saat ini memang ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan aplikasi e-commerce kepada masyarakat yang tertarik berbisnis digital secara mandiri. Namun tentunya tidak semua aplikasi e-commerce memenuhi poin-poin penting desain UX seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. Daripada salah memilih platform, yuk berbisnis online praktis dengan aplikasi e-commerce unggulan dari APPSHOP!
APPSHOP adalah jasa developer aplikasi Android dan iOS yang telah terbukti kualitas dan pengalamannya. Tim IT profesional APPSHOP bisa mengembangkan seluruh aplikasi dalam beragam bentuk (aplikasi smartphone, tablet, maupun PC). Selain itu, Anda pun bebas mengustomisasi aplikasi pilihan dengan logo, nama brand, warna khas brand, dan lain-lainnya di APPSHOP.
Plus, Anda bisa langsung mendapatkan aneka banjir keuntungan lainnya kalau menghubungi APPSHOP sekarang juga:
Aplikasi dengan Teknologi Paling Update
Aplikasi Anda dikerjakan menggunakan sistem IT berkualitas paling up-to-date alias terbaru.
100% Lolos Uji Testing
Tidak perlu khawatir, aplikasi Anda dijamin 100% bekerja dengan baik karena selalu diuji oleh tenaga profesional sebelum dipasarkan.
Desain UI/UX Simpel dan Mudah Dinavigasi
Aplikasi Anda dikemas dalam desain UI/UX yang simpel, berkualitas dan mudah digunakan siapa saja. Tenaga desainer APPSHOP selalu memberikan rancangan UI/UX berkualitas yang disesuaikan dengan karakteristik perangkat agar bisa memuaskan seluruh pengguna aplikasi dan mendulang keuntungan maksimal.
Dukungan Multi-Bahasa
Hanya di APPSHOP Anda mendapatkan paket pengembangan aplikasi dalam berbagai bahasa.
Total Support Hanya untuk Anda
Tim APPSHOP sepenuhnya mendukung seluruh proses pembuatan aplikasi, mulai dari konsultasi, mengembangkan aplikasi, hingga membantu perilisan aplikasi ke App Store dan pemeliharaan operasional aplikasi secara berkala. Tidak perlu pusing mencari developer lain setelah aplikasi dirilis, semua kebutuhan Anda akan tetap kami layani dengan sistem maintenance selama satu tahun penuh.
Semua kebutuhan dan keinginan Anda adalah prioritas nomor 1 kami, jadi, jangan ragu lagi untuk menghubungi APPSHOP sekarang juga di https://appshop.co.id/. Kesempatan baik tidak akan datang dua kali, jadi, kami tunggu kedatangan Anda segera. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.