Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Situs web analitik Pebisnis Online Wajib Tahu! Strategi Lengkap Menyikapi Google Seller...

Pebisnis Online Wajib Tahu! Strategi Lengkap Menyikapi Google Seller Rating 2021

-

Sudah tahu Google Seller Rating? Bulan Juni 2021 kemarin, Google mengumumkan kehadiran aturan baru untuk para pebisnis online yakni Google Seller Rating.

Dunia bisnis online saat ini sudah berkembang pesat. Tidak hanya bisa dilakukan di e-commerce saja, bisnis online pun bisa dilakukan di Google lewat fitur Google Business.

Berbelanja di Google tidak kalah praktis, murah dan aman dibandingkan pada platform lain. Itulah mengapa banyak orang tertarik mendaftar Google Business. Bahkan banyak UMKM, warung dan toko kelontong tradisional beralih online pertama kali dengan mendaftar Google Business.

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan transaksi kita di dunia maya, Google Business selalu memperbarui sistem serta peraturannya. Salah satu pembaharuan tersebut adalah Google Seller Rating.

Seperti apa sistem Seller Rating dan manfaatnya? Mari ikuti pembahasan artikel kali ini sampai tuntas untuk memperoleh jawabannya.

Apa Itu Google Seller Rating?

google-rating

Anda punya akun Google Business? Jika iya, pastinya Anda selalu berusaha mencari cara agar bisnis muncul di pencarian Google. Sebab hanya bisnis-bisnis yang masuk di halaman pertama Google sajalah yang berkesempatan ramai dikunjungi pembeli.

Salah satu cara agar bisnis muncul di pencarian Google adalah dengan memperhatikan ketentuan baru “Google Seller Rating”. Tapi apa itu Seller Rating Google?

Sesuai namanya, Google “Seller Rating” adalah fitur terbaru yang bisa menampilkan rating dari sebuah akun Google Business. Rating ini sejatinya sama saja dengan rating e-commerce pada umumnya. Akun Google bisnis Anda bisa dinilai oleh konsumen dari bintang 1 sampai 5, kemudian hasilnya akan muncul di penelusuran Google.

Fitur Seller Rating Google biasanya muncul otomatis ketika Anda memasang iklan Google. Penilaian rating diharapkan akan memperkuat keinginan calon pembeli mengenal toko Anda lebih jauh. Biasanya, konsumen lebih tertarik mengunjungi toko-toko online dengan review bintang yang bagus. Rating bintang adalah “jalan pintas” untuk mengetahui seberapa baik kualitas dari toko online.

Fitur Seller Rating Google menampilkan review untuk toko online Anda secara keseluruhan bukan hanya untuk 1 atau 2 produk tertentu saja. Penilaian bintang akan muncul persis di bagian bawah nama URL/link iklan Google Anda supaya lebih mudah dilihat konsumen.

Artikel terkait  Top 7 Isu Viral di Sosial Media 2021 yang Bisa Mendongkrak Marketing Bisnis Anda

Mengapa Review Bisnis Itu Penting?

Review bintang memang bukan fitur baru dalam dunia e-commerce. Selama ini Anda pasti sudah cukup sering melihat review bintang untuk beragam produk online. Ternyata, sistem review yang sama juga bermanfaat untuk menilai kualitas online shop secara keseluruhan.

Mengapa fitur review sangat penting dalam dunia online shop? Menurut penelitian, ada hampir 40% konsumen online memerhatikan review sebuah toko dan produk sebelum berbelanja. Mereka meyakini bahwa toko dan produk ber-rating tinggi mempunyai kualitas yang terjamin. Oleh karena itu, masyarakat cenderung berbelanja di toko-toko yang reviewnya bagus.

Pada dasarnya, setiap konsumen tidak ingin kecewa saat belanja online. Namun kekecewaan sering kali timbul, semisal karena produk di katalog tidak sesuai dengan kenyataan. Alhasil konsumen masa kini menjadi lebih jeli dan cermat dalam memastikan kualitas produk dan pelayanan toko sebelum berbelanja di sana.

Alasan-alasan tersebutlah yang mendasari kemunculan fitur serta aturan Seller Rating Google. Pihak Google menyadari betapa banyak orang menggunakan mesinnya untuk mencari rekomendasi, review dan rating dari sebuah toko online. Akhirnya, fitur Seller Rating pun dimunculkan untuk memudahkan konsumen mengamati penilaian sebuah toko online, khususnya untuk akun-akun yang terdaftar sebagai Google Business.

Keuntungan Google Seller Rating untuk Bisnis Anda

google-business-review

Fitur Seller Rating terbukti membawa banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Beberapa di antaranya adalah:

  • Meningkatkan kepercayaan calon konsumen untuk berbelanja di toko Anda.
  • Meningkatkan jumlah klik (CTR) dan traffic pada website toko Anda hingga 10%.
  • Memaksimalkan keefektifan iklan Google Anda, karena konsumen bisa langsung melihat sendiri kualitas toko yang diiklankan.
  • Mempermudah membangun reputasi akun Google bisnis Anda di masyarakat.
  • Mendorong Anda untuk konsisten menjaga pelayanan dan kualitas agar nama bisnis bisa selalu berada di peringkat pertama halaman Google.
  • Mendatangkan lebih banyak calon konsumen baru secara otomatis, apalagi jika review toko Anda berada di atas 4,5 dan hampir menyentuh 5.

Cara Mendapatkan Google Seller Ratings yang Bagus

Banyak pebisnis online yang masih belum tahu bagaimana caranya mendapatkan Seller Rating yang bagus di Google. Hal ini sejatinya wajar karena fitur tersebut juga baru diumumkan pihak Google.

Tetapi tentu saja ada beberapa cara khusus supaya akun Google Business Anda bisa memperoleh Rating yang bagus. Pastikan Anda mengikuti sejumlah kriteria di bawah:

  • Akun Google Business Anda harus mendapatkan minimal 100 review dari penduduk di negara domisili bisnis beroperasi. Semisal Anda membuka toko di Indonesia, maka minimal online shop harus memdapat 100 review dari warga Indonesia.
  • Review harus bersifat baru, paling lama berusia 12 bulan (1 tahun) saat ditulis. Untuk memperoleh Rating di tahun 2021, review yang terhitung adalah dari 1 tahun terakhir (tahun 2020).
  • Bintang review yang terhitung minimal 3,5 bintang. Jika olshop Anda mendapat lebih banyak review di bawah 3,5 maka kecil kemungkinan Seller Rating Anda menduduki peringkat yang bagus. Begitupun sebaliknya.
  • Review ditulis oleh konsumen asli, bukan bot. Google menghargai data-data yang asli dan up-to-date. Mereka juga bisa dengan mudah mendeteksi apakah rating bintang yang diperoleh olshop Anda asli atau palsu.
  • Anda bisa mengumpulkan review dari platform selain Google untuk memaksimalkan performa bisnis online. Semisal review didapatkan dari sosial media, e-commerce atau mesin pencari lainnya (Bing, Yahoo, dan lain-lain).

Setelah semua syarat di atas terpenuhi, fitur Seller Rating akan otomatis muncul ketika Anda memasang iklan Google di kemudian hari.

Cara Mengecek Google Seller Rating Bisnis Anda

Anda bisa lho mengecek sendiri sudah seberapa bagus Seller Rating yang diperoleh. Caranya juga gampang:

  1. Pastikan Anda telah memenuhi semua kriteria yang dijabarkan pada penjelasan sebelumnya.
  2. Lakukan pengecekan dengan fitur Google Shopping. Buka Google Shopping, masukkan nama toko online, dan aktifkan fitur Seller Rating. Lakukan penelusuran dalam mode “list view”, dan Anda sudah bisa mengetahui berapa skor rating akun toko Anda.
  3. Alternatif lain, edit URL berikut ini dengan memasukkan [namawebsitebisnisAnda]: https://www.google.com/shopping/ratings/account/lookup?q={namawebsiteanda}

Contoh: https://www.google.com/shopping/ratings/account/lookup?q=https://www.appkey.co.id/

Setelah mengetahui berapa skor rating akun Google Business Anda, sekarang Anda bisa merancang strategi untuk mengingkatkan skor atau mempertahankannya.

Artikel terkait  Google SEO Tools Terbaik untuk Tingkatkan Peringkat Website

4 Tips dan Trik Meningkatkan Skor Google Seller Rating

google-bisnis

Skor rating Google bisnis Anda masih belum bagus? Tenang, Anda bisa meningkatkannya sekarang dengan mudah melalui 4 cara ini:

1. Minta Pendapat Konsumen

Bisa saja toko Anda sudah memberikan pelayanan terbaik tapi ratingnya masih buruk karena banyak konsumen yang malas memberikan pendapat/penilaian mereka. Oleh karena itu, pikirkanlah sebuah strategi terbaik supaya Anda bisa selalu menanyakan pendapat konsumen pasca transaksi. Misalnya, berikan poin loyalti gratis untuk diklaim sebagai hadiah ketika konsumen memberi penilaian rating terhadap toko Anda usai berbelanja.

2. Beri Pelayanan Konsumen yang Prima

Jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan konsumen dengan sebaik-baiknya. Pelayanan yang prima bisa menciptakan kesan positif dalam benak konsumen. Otomatis, mereka akan mau memberi penilaian bagus terhadap toko Anda. Selalu usahakan untuk mencari tahu apa saja yang perlu ditingkatkan dari pelayanan toko Anda.

3. Bertanya dengan Cara-Cara Kreatif

Menyambung poin nomor 1, berikut ini adalah sejumlah tips kreatif saat meminta penilaian kepada konsumen:

  • Instruksi atau pertanyaan singkat, tidak bertele-tele.
  • Pertanyaan review jelas maksudnya. Contoh: “Bagaimanakah kualitas produk?”, “Bagaimanakah kecepatan pengiriman?” dan lain-lain.
  • Pastikan proses memberi review mudah dan simpel. Misalnya konsumen bisa memberi rating dengan mengklik jumlah bintang yang dikehendaki.
  • Jika perlu, sertakan alasan singkat mengapa Anda meminta konsumen memberikan review. Misalnya gunakan kata-kata manis, “Review Anda akan membantu kami dalam meningkatkan mutu pelayanan ke depannya”.

4. Minta Pendapat Secara Berkala

Waktu (timing) meminta review juga perlu untuk dipertimbangkan. Apakah Anda ingin konsumen memberi review setiap transaksi selesai? Atau Anda akan mengadakan survey total sekali dalam sebulan? Menentukan waktu pengumpulan review akan mempermudah Anda menentukan model survey mana yang cocok untuk digunakan.

Sekali lagi, Google Rating Seller adalah komponen penting dalam perkembangan bisnis online saat ini. Meskipun terkesan sederhana hanya sebagai sebuah review toko, dampak serta peranannya cukup signifikan dalam memikat keinginan calon pembeli berbelanja di tempat Anda. Jadi bagaimana, sudah siap untuk mengecek dan mengoptimalkan review Google Bisnis Anda?

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar Seller Rating Google! Semoga pembahasan di atas bermanfaat menambah referensi cara agar bisnis muncul di pencarian Google, ya.

Jangan lupa download aplikasi MARKEY | Media Bisnis Online di Google Play Store untuk mendapat lebih banyak tips trik Google Business lainnya secara gratis. Downloadnya appnya langsung di sini, dan sampai bertemu lagi di pembahasan menarik selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

7 Dasar Belajar Komputer dengan Cepat Untuk Pemula

Apakah Anda ingin belajar komputer? Rasanya agak ketinggalan jika kita belum menguasai komputer di era modern yang serba digital...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya