Media Bisnis Online | by APPKEY

Pembuatan Operasi Web Pengertian Landing Page, Fungsi, Jenis dan Manfaatnya (Lengkap)

Pengertian Landing Page, Fungsi, Jenis dan Manfaatnya (Lengkap)

-

Halaman web mandiri tempat calon pelanggan dapat “membuka” saat mereka mengklik dari email, iklan, atau lokasi digital lainnya. Landing Page adalah website yang bertujuan untuk menangkap informasi dari kontak dengan imbalan sesuatu yang berharga, seperti kode penawaran ritel atau wawasan bisnis-ke-bisnis (B2B) dalam bentuk kertas putih.

Landing Page berbeda dari halaman web lain karena tidak berada dalam navigasi yang selalu menarik dari sebuah situs web. Mereka melayani tujuan tertentu pada momen tertentu dari kampanye periklanan kepada audiens target.

Sebuah website homepage biasanya memberikan gambaran umum dari usaha. Tetapi jika Anda memiliki tujuan jangka pendek yang spesifik, Landing Page adalah saluran pemasaran yang berharga yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Pengertian Landing Page

landing-page

Pada digital marketing, Landing Page adalah halaman web yang berdiri sendiri, yang dibuat secara khusus untuk mengkampanyekan pemasaran atau periklanan. Ini adalah tempat pengunjung “mendarat” setelah mereka mengklik link di email, atau iklan dari Google, Bing, YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, atau tempat serupa di web.

Tidak seperti halaman web, yang biasanya memiliki banyak tujuan dan mendorong eksplorasi, Landing Page adalah halaman yang dirancang dengan satu fokus atau tujuan, yang dikenal sebagai ajakan bertindak (atau disingkat CTA).

Landing Page adalah halaman web apa pun yang dapat dibuka oleh konsumen, tetapi dalam ranah pemasaran, biasanya halaman itu berdiri sendiri, berbeda dari beranda Anda atau halaman lain, yang melayani tujuan tunggal dan terfokus.

Landing Page adalah tindak lanjut dari setiap janji yang Anda buat di konten Anda. Pada dasarnya, ini adalah langkah selanjutnya menuju pengunjung menjadi pelanggan. Landing Page Anda memungkinkan Anda melakukan perdagangan, semacam penawaran khusus, sepotong informasi atau kesepakatan, sebagai imbalan untuk memberikan informasi kontak.

Biasanya, halaman landing hanya mendorong penggunanya untuk melakukan satu tindakan seperti itu. Mengapa?

Itu karena apa yang oleh para peneliti disebut sebagai “paradoks pilihan.” Secara sederhana, itu berarti semakin banyak pilihan yang Anda berikan kepada orang lain, semakin sulit bagi mereka untuk membuat keputusan dan bertindak.

Bayangkan Anda menawarkan ebook gratis. Tetapi pada Landing Page Anda, pun juga mengundang pengguna Anda untuk mengunjungi blog Anda dan membeli produk yang Anda jual serta mengarahkan mereka memeriksa saluran media sosial Anda.

Dengan setiap pertanyaan, kemungkinan pengguna Anda mengunduh e-book baru Anda semakin tipis karena Anda telah mengalihkan perhatian mereka dari tujuan utama Anda.

Artikel terkait  Layanan Domain Gratis Tanpa Biaya (FREE)

Mengapa Menggunakan Landing Page?

Anda telah melakukan pekerjaan yang hebat dalam membangun merek Anda dan membuat situs web yang mewakilinya. Sekarang Anda harus memastikan bahwa semua kerja keras itu diterjemahkan menjadi penjualan. Jika Anda mencari alat konversi prospek yang efektif, Landing Page pasti cara yang tepat.

Landing Page adalah cara terbaik untuk mengarahkan lalu lintas, meningkatkan SEO, dan membangun merek Anda. Ini juga dapat menjadi bagian dari strategi PPC yang efektif. Sekitar 68% bisnis B2B menggunakan Landing Page PDF yang dapat diakses untuk menghasilkan prospek untuk konversi di masa mendatang.

Untungnya bagi Anda, 44% dari klik ini diarahkan ke beranda, seperti yang akan kita diskusikan, bukanlah strategi yang baik. Halaman landing mengarahkan pelanggan ke produk, layanan, atau penawaran tertentu dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan. Ini adalah kesempatan Anda untuk menciptakan konversi dan membangun basis pelanggan Anda.

Apa Yang Membuat Landing Page Baik?

Pertama, beranda Anda seharusnya bukan laman landas Anda. Anda perlu mengirim calon pelanggan ke halaman yang memungkinkan mereka memanfaatkan penawaran khusus apa pun yang Anda janjikan kepada mereka. Karena terkait dengan sesuatu yang spesifik, Landing Page adalah peluang yang baik untuk menarik perhatian untuk jangka waktu yang lebih lama. Landing Page yang baik melakukan beberapa hal:

Mereka membidik pada tawaran, bukan perusahaan

Pelanggan masa depan Anda mengklik karena suatu alasan, dan menipu mereka dengan tidak memberi mereka apa yang Anda janjikan tidak akan membentuk kesan pertama yang baik. Sekarang bukan saatnya memberikan sejarah rinci tentang perusahaan Anda. Ini tidak berarti bahwa Landing Page tidak boleh dikaitkan dengan merek perusahaan Anda. Justru sebaliknya. Mereka harus memiliki fungsi terpisah, namun tetap harus menjadi perpanjangan dari merek Anda.

Mereka fokus dan bebas dari gangguan

Konten pada Landing Page Anda harus memiliki tujuan akhir untuk mendapatkan pengguna apa yang mereka inginkan sambil menyelesaikan proses pendaftaran.

Mereka mengumpulkan informasi spesifik tentang calon pelanggan Anda

Berbicara tentang khalayak tertentu, bahkan jika Anda menarik kerumunan yang tepat, mereka tidak dapat dikonversi jika Anda tidak mengumpulkan informasi yang benar.

Pengumpulan data demografis harus mencakup lebih dari sekedar nama dan alamat email. Ini juga harus memberi Anda gambaran tentang mengapa seseorang mengklik dan apa hubungan jangka panjang mereka dengan perusahaan Anda.

Artikel terkait  Daftar Website Speed Test Tools Terbaik dan Gratis

Jenis Landing Page

landing-page-2

Sebagai aturan umum, menggunakan Landing Page memungkinkan Anda menyelesaikan urutan pasca-klik dengan halaman khusus yang menunjukkan kepada pengunjung bahwa mereka telah mendarat di tempat yang tepat.

Landing Page Perolehan Prospek

Landing Page perolehan prospek juga dikenal sebagai halaman “lead gen” dan “lead capture”, jenis Landing Page ini berfokus pada pengumpulan data prospek. Dengan kata lain, ini mengumpulkan informasi tentang pelanggan Anda.

Fitur merek dagang dari prospek landing page adalah formulir, yang berfungsi sebagai CTA. Sebagai imbalan atas produk atau layanan, ia meminta pengguna untuk data seperti nama, alamat email, dan nomor telepon mereka. Anda bahkan dapat meminta detail yang lebih spesifik seperti rentang usia atau jabatan mereka. Dengan begitu, Anda dapat menghubungi prospek dan memupuk minat mereka pada bisnis Anda.

Dengan cara ini, data yang ditangkap halaman perolehan prospek membantu meningkatkan strategi pemasaran Anda dan membuatnya lebih efisien. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan iklan Anda dengan audiens Anda sehingga Anda tidak akan menghabiskan uang untuk beriklan kepada orang-orang yang cenderung tidak berkonversi.

Perolehan prospek pada landing page adalah aset berharga bagi bisnis Anda karena memberikan wawasan tentang siapa pelanggan potensial Anda serta bagaimana dapat menjangkau mereka. Jika memelihara prospek adalah prioritas Anda atau perlu memahami audiens dengan lebih baik pertimbangkan untuk menambahkannya ke situs Anda.

Landing Page Klik-Tayang

Tidak seperti halaman lead gen, yang menggunakan formulir, titik fokus halaman landing klik adalah tombol CTA. Mengklik tombol akan mengarahkan pengguna Anda ke halaman tempat mereka dapat menyelesaikan tindakan yang Anda inginkan.

Misalnya, tombol yang bertuliskan “jadwalkan demo” mungkin mengarahkan pengguna ke halaman penjadwalan, “pesan X sekarang” akan dialihkan ke halaman pembayaran, dan seterusnya.

Anda akan sering menemukan Landing Page klik-tayang di situs web e-niaga atau situs lain yang lebih fokus pada melakukan penjualan dengan segera daripada mengumpulkan informasi pengguna. Selain tombol CTA, Landing Page ini umumnya menyertakan informasi persuasif seperti detail produk atau testimonial pengguna untuk lebih menarik dan melibatkan calon pelanggan.

Manfaat Landing Page

1. Landing Page Secara Langsung Mendukung Tujuan Bisnis Anda

Salah satu manfaat utama dari Landing Page adalah mereka secara langsung mendukung tujuan bisnis Anda seperti mencapai pasar ceruk baru , mempromosikan produk baru, mendapatkan pelanggan baru, atau menutup lebih banyak penjualan.

2. Landing Page Meningkatkan Konversi

Seperti halnya situs web Anda berisi informasi yang memengaruhi keputusan pengunjung untuk mengambil tindakan, laman landas yang baik akan melakukan hal yang sama. Halaman landing menyiapkan tindakan yang jelas untuk dilakukan pengguna dan membuatnya semudah mungkin untuk melakukan tindakan itu.

3. Landing Page Menghasilkan Data dan Wawasan

Saat Anda menautkan laman landas ke kampanye, konten, tindakan, atau sumber tertentu, Anda dapat melihat saluran mana yang menghasilkan prospek paling banyak, topik dan penawaran mana yang paling menarik, atau kampanye mana yang berkinerja tertinggi. Melacak perilaku pengguna adalah salah satu praktik terbaik untuk halaman landing yang dapat menghasilkan wawasan berharga.

Artikel terkait  Mengenal Free Web Hosting dan Web Hosting Berbayar

Ringkasan

Dengan adanya keunikan pada landing page adalah peluang, dan tidak ada batasan berapa banyak Landing Page yang dapat dimiliki situs web Anda. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak Landing Page yang dimiliki situs web, semakin banyak konversi yang dilihatnya, selama Landing Pagenya tidak bersaing satu sama lain.

Untuk memastikan bahwa halaman landing Anda tidak bersaing untuk traffic, pastikan setiap halaman menargetkan demografis yang berbeda atau mendorong pengguna Anda untuk melakukan tindakan yang berbeda.

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu landing page, Anda mungkin perlu belajar cara membuat landing page yang baik dan menarik minat pengunjung Anda.

[website-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya