Media Bisnis Online | by APPKEY

Pembuatan Buat Blog Tips Riset Keyword yang Baik untuk SEO (Optimasi Website)

Tips Riset Keyword yang Baik untuk SEO (Optimasi Website)

-

Setelah Anda belajar bagaimana cara menampilkan sebuah konten website, ada baiknya mari kita tentukan keyword strategis seperti apa yang ditargetkan dikonten situs web Anda, dan bagaimana membuat konten yang memberikan kepuasan dan informasi kepada pengguna. Keyword adalah kata kunci dimana nantinya pengguna akan menemukan konten Anda dalam search engine.

Untuk itulah riset keyword adalah hal utama yang harus Anda lakukan sebelum mulai merancang sebuah konten untuk website Anda. Kekuatan riset terletak pada pemahaman yang lebih baik tentang target pasar Anda dan bagaimana mereka mencari konten, layanan, atau produk Anda.

Penelitian keyword adalah hal yang dapat membantu dan memberi Anda data pencarian spesifik yang dapat Anda gunakan untuk menjawab pertanyaan seperti:

  • Apa yang dicari orang?
  • Berapa banyak orang yang mencarinya?
  • Dalam format apa mereka menginginkan informasi itu?

Pada pembahasan hari ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan riset keyword SEO. Jadi, jika Anda menginginkan rating google yang lebih tinggi dan lebih banyak pengunjung pasti Anda akan menyukai pembahasan kali ini.

Apa Itu Keyword

Keyword adalah istilah yang ditambahkan oleh penulis konten online untuk meningkatkan peringkat mesin pencari untuk istilah tersebut. Keyword juga dikenal sebagai “kata kunci” atau “frasa unik”.  Sebagian besar keyword adalah kata kunci yang ditemukan selama proses penelitian keyword dan dipilih berdasarkan kombinasi volume pencarian, kompetisi, dan tujuan komersial.

Artikel terkait  Cara Membuat Blog untuk Menghasilkan Keuntungan

 

Mengapa Keyword Penting

keyword-research

Ketika Anda mengoptimalkan konten Anda disekitar kata dan frasa yang dicari orang, situs web Anda dapat peringkat lebih tinggi untuk istilah itu.

Peringkat yang lebih tinggi disearch engine dapat memungkinkan lebih banyak pengunjung yang menargetkan situs web Anda . Itu sebabnya menemukan keyword adalah langkah utama untuk mengiklankan website Anda dan membuat banyak pengguna akan berkunjung pada situs website Anda, terutama apabila informasi yang ada dalam konten website Anda diperlukan oleh pengguna.

Faktanya, SEO tidak mungkin ada tanpa adanya keyword. Dan ketika Anda memiliki daftar keyword yang tepat, Anda dapat mulai mengerjakan tugas SEO penting seperti:

  • Merencanakan halaman produk dan kategori.
  • Menulis konten untuk diposting pada blog dan video youtube.
  • Mengoptimalkan halaman arahan dan halaman penjualan.

Apa itu Riset Keyword?

keyword-research-2

Ini adalah proses menemukan kata dan frasa (alias “keyword”) yang digunakan orang dimesin pencari untuk mengoptimalkan konten disekitar dan memberi peringkat untuk istilah tersebut dimesin pencari.

Mengapa Riset Penting untuk SEO?

Keyword adalah hal yang dapat memengaruhi setiap tugas SEO lain yang Anda lakukan, termasuk menemukan topik, SEO dihalaman website, penjangkauan email, dan promosi konten. Itu sebabnya membutuhkan riset yang merupakan langkah pertama dari kampanye SEO apapun.

Keyword seperti kompas untuk mengkomersilkan SEO Anda, mereka memberi tahu kemana harus pergi dan apakah Anda membuat kemajuan atau tidak. Sebagai bonus, meriset membantu Anda lebih memahami audiens target Anda.

Hal itu dikarenakan dalam membuat riset membantu Anda mendapat wawasan tentang apa yang dicari oleh pengguna dan kata serta kalimat seperti apa yang biasanya mereka gunakan

Sebelum Meriset Ajukan Pertanyaan

Sebelum Anda dapat mulai menumbuhkan bisnis Anda melalui optimisasi search engine, Anda terlebih dahulu harus memahami siapa audiens Anda, siapa pelanggan audiens Anda, dan tujuan audiens Anda.

Disinilah sudut sering dipotong. Terlalu banyak orang yang tidak melalui langkah pembuatan perencanaan, yang merupakan hal penting karena dalam meneliti sebuah keyword membutuhkan banyak waktu, dan mengapa menghabiskan banyak waktu ketika Anda nantinya sudah tau berapa banyak peringkat yang hendak Anda dapatkan?

Jawabannya yaitu keyword seperti apa yang ingin Anda dapatkan untuk mengasilkan rangking dan keyword seperti apa yang dicari audiens itu adalah dua hal yang berbeda. Berfokus pada audiens dan kemudian gunakan data keyword untuk mengasah wawasan Anda yang nantinya akan membantu kampanye SEO lebih sukses daripada berfokus pada keyword yang sembarangan.

Berikut sebuah contoh, dustin co (toko pakaian yang berlokasi diwilayah Denpasar) telah mendengar tentang SEO dan ingin membantu meningkatkan cara dan seberapa sering toko tersebut muncul dalam hasil pencarian.

Untuk membantu toko tersebut, Anda harus terlebih dahulu memahami sedikit tentang pelanggan dustin co. Untuk melakukannya, Anda dapat mengajukan pertanyaan seperti:

  • Apa jenis sepatu, kemeja, celana, dan lainya. Yang dicari orang?
  • Siapa yang mencari istilah ini?
  • Kapan orang mencari sepatu, kemeja, celana, dan lainnya?
  • Apakah ada tren musiman sepanjang tahun?
  • Bagaimana orang mencari pakaian?
  • Kata apa yang mereka gunakan?
  • Pertanyaan apa yang mereka ajukan?
  • Apakah lebih banyak pencarian dilakukan pada perangkat seluler?
  • Dimana pelanggan potensial berada? secara lokal, nasional, atau internasional?

Dan terakhir bagaimana Anda dapat membantu memberikan konten terbaik tentang pakaian untuk menumbuhkan komunitas dan memenuhi apa yang semua orang cari?

Mengajukan pertanyaan ini adalah langkah perencanaan penting yang akan memandu penelitian keyword Anda dan membantu Anda membuat konten yang lebih baik.

Artikel terkait  XAMPP WordPress | Cara Install WordPress di Local Host

 

Istilah Apa yang Dicari oleh Pengguna

Apakah Anda memiliki cara bagaimana menggambarkan konten apa yang seharusnya dibuat? Lalu bagaimana audiens akan mencari produk, layanan, ataupun informasi yang Anda buat dalam konten website Anda. Menjawab pertanyaan ini adalah langkah penting pertama dalam proses riset keyword.

Menemukan Keyword

Anda mungkin memiliki beberapa kata kunci yang ingin Anda masukkan dalam daftar rangking. Ini akan menjadi hal seperti produk, layanan, atau topik lain alamat situs web Anda, dan mereka adalah keyword unggulan untuk riset Anda.

Jadi mulailah dari sana! Anda dapat memasukkan keyword tersebut kedalam alat penelitian keyword untuk menemukan rata-rata volume pencarian bulanan dan keyword yang serupa. Lalu kita akan masuk kepada volume pencarian secara lebih mendalam dibagian berikutnya.

Tetapi selama fase pencarian, ini dapat membantu Anda menentukan variasi keyword mana yang paling populer dikalangan pencari. Setelah Anda memasukkan keyword unggulan Anda kedalam alat penelitian kata kunci, Anda akan mulai menemukan keyword lain, pertanyaan umum, dan topik untuk konten Anda yang mungkin terlewatkan.

Dalam proses menemukan keyword yang relevan untuk konten Anda, Anda mungkin akan melihat bahwa volume pencarian keyword tersebut sangat bervariasi. Meskipun Anda pasti ingin membuat target pada istilah yang dicari pencari situs dalam beberapa kasus.

Dapat dikatakan lebih menguntungkan untuk membuat target pada istilah dengan volume pencarian yang memiliki pencari lebih rendah karena dapat dikatakan jauh lebih tidak kompetitif. Karena keyword persaingan tinggi dan rendah dapat menguntungkan untuk situs web Anda.

Mempelajari lebih lanjut tentang volume pencarian dapat membantu Anda memprioritaskan keyword dan memilih keyword yang akan memberikan keuntungan strategis terbesar bagi situs web Anda. Penting untuk dicatat bahwa seluruh situs web tidak memberi peringkat untuk keyword.

Dengan merek besar, kita sering melihat peringkat beranda untuk banyak keyword, tetapi untuk sebagian besar situs web biasanya tidak demikian. Banyak situs web yang menerima lebih banyak pengunjung kehalaman website selain beranda.

Untuk itulah mengapa mendiversifikasi halaman situs web Anda menjadi sangat penting dengan mengoptimalkan penggunaan keyword yang memiliki keunikan.

Artikel terkait  Cara Membuat Blog dan Perbandingan Layanan Blog

Seberapa Sering Istilah Tersebut Dicari

Mengungkap Volume Pencarian

Semakin banyak volume pada pencarian untuk keyword atau kalimat keyword, tentu saja akan semakin banyak pekerjaan yang harus dilakukan dimana biasanya memerlukan pencapaian peringkat yang lebih tinggi.

Permasalahan ini biasa disebut sebagai kesulitan dalam pencarian keyword dan biasanya menggunakan fitur SERP misalnya, apabila pada fitur SERP seperti cuplikan unggulan, grafik pengetahuan, dan lainnya mengganggu halaman hasil keyword, kesulitan akan meningkat.

Merk yang memiliki nama besar sering mengambil peringkat 10 hasil teratas untuk keyword bervolume tinggi, jadi apabila Anda baru memulai pada website dan mencari keyword yang sama, perjuangan berat untuk menentukan peringkat akan memakan waktu yang lama.

Memahami Tambahan Keyword Pada Search Engine (Long Tail)

Sangat menyenangkan untuk berurusan dengan keyword yang memiliki 50.000 pencarian sebulan, atau bahkan 5.000 pencarian sebulan. Tetapi dalam kenyataannya, istilah pencarian populer ini hanya merupakan sebagian kecil dari semua pencarian yang dilakukan diweb.

Bahkan keyword dengan volume pencarian sangat tinggi dapat menunjukkan maksud yang ambigu. Hal itu dapat menempatkan Anda pada risiko menarik pengunjung kesitus Anda tidak sesuai dengan tujuan mereka untuk berkunjung pada situs konten website Anda

Jangan remehkan keyword yang kurang populer. Keyword long tail dengan volume pencarian yang lebih rendah sering mengonversi lebih baik, karena pencari lebih spesifik dan disengaja dalam pencarian mereka.

Misalnya seseorang yang mencari “sepatu” mungkin hanya menjelajah. Disisi lain, seseorang yang mencari “sepatu lari 7 womens ukuran 7 terbaik”

Menemukan pertanyaan apa yang ditanyakan orang diruang Anda dan menambahkan pertanyaan dan jawaban mereka kehalaman FAQ dapat menghasilkan lalu lintas organik yang luar biasa untuk situs web Anda.

Menjadi Strategis dengan Volume Pencarian

Sekarang setelah menemukan keyword yang sesuai dengan pencarian yang relevan untuk konten situs website, Anda dapat dengan mudah untuk lebih strategis dalam melihat pesaing Anda dan mencari tahu perbedaan seperti apakah pada pencarian berdasarkan musim atau lokasi wilayah.

Keyword Oleh Pesaing

Anda mungkin akan menemukan banyak keyword untuk konten Anda. Bagaimana cara Anda mengetahui keyword mana yang akan Anda gunakan pertama kali? Ini bisa menjadi ide yang baik untuk memprioritaskan keyword volume tinggi yang saat ini tidak diperingkatkan oleh pesaing Anda.

Disisi lain, Anda juga bisa melihat keyword mana dari daftar pesaing Anda yang sudah diperingkat dan diprioritaskan. Yang pertama ketika Anda ingin mengambil keuntungan dari peluang yang terlewatkan oleh pesaing Anda, sedangkan yang kedua adalah strategi agresif yang membuat Anda bersaing untuk keyword yang sudah dilakukan dengan baik oleh pesaing Anda.

Keyword Berdasarkan Musim

Mengetahui tren musiman dapat bermanfaat dalam menetapkan strategi konten. Misalnya, jika Anda tahu bahwa “kotak natal” mulai melonjak pada Oktober hingga Desember diseluruh wilayah, Anda dapat menyiapkan konten beberapa bulan sebelumnya dan memberikan kontribusi besar pada bulan-bulan tersebut.

Keyword Berdasarkan Wilayah

Anda dapat dengan strategis membuat target pada lokasi atau wilayah tertentu dengan mempersempit riset keyword Anda ke kota, kabupaten, atau negara bagian yang ditentukan pada google keyword planner.

Atau biasanya mengevaluasi minat berdasarkan sub kawasan pada google trends . Riset spesifik wilayah dapat membantu membuat konten Anda lebih relevan bagi pengunjung situs yang sesuai target Anda. Misalnya Anda mungkin mengetahui bahwa di Bali, istilah yang disukai mengarah kepada pariwisata adalah rekomendasi lokasi wisata.

Format Mana yang Sesuai dengan Niat Pencari

Dalam pembahasan ini, Anda belajar tentang fitur SERP. Latar belakang itu akan membantu Anda memahami bagaimana pencari ingin menggunakan informasi untuk keyword tertentu.

Meskipun ada ribuan jenis pencarian yang mungkin saja tersedia, mari kita lihat lebih dekat lima kategori tujuan utama:

  • Pertanyaan berdasarkan informasi:Pencari membutuhkan informasi, seperti nama sebuah bandara dikota Jakarta atau ketinggian menara Eiffel di Paris.
  • Pertanyaan navigasi:Pencari ingin pergi ke tempat tertentu di Internet, seperti facebook atau youtube.
  • Pertanyaan transaksional:Pencari ingin melakukan sesuatu, seperti membuat pemesanan hotel atau membeli sepatu.
  • Investigasi komersial:Pencari bermaksud untuk membandingkan dua produk yang hendak mereka beli ataupun yang hendak mereka gunakan.
  • Pertanyaan lokal:Pencari ingin menemukan sebuah tempat seperti lokasi café, sekolah, studio atau rumah sakit.

Langkah penting dalam proses riset adalah mensurvei langkap SERP untuk keyword yang ingin Anda targetkan untuk mendapatkan ukuran yang lebih baik dari niat pencari. Apabila Anda ingin mengetahui konten sejenis apa yang dibutuhkan audiens situs Anda, fokuslah pada SERP.

Google telah mengevaluasi secara dekat perilaku triliunan pencarian dalam upaya untuk menyediakan konten yang paling diinginkan untuk setiap pencarian keyword tertentu.

Alat Untuk Menentukan Nilai Keyword

seo-keywords

Berapa nilai yang akan ditambahkan keyword ke situs web Anda? Alat ini dapat membantu Anda menjawab pertanyaan itu, sehingga mereka akan membuat tambahan yang bagus untuk storage penyimpanan riset keyword Anda:

Moz Keyword Explorer

Masukkan keyword dalam keyword explorer dan dapatkan banyak informasi seperti jumlah pencarian dalam bulanan dan fitur SERP seperti paket lokal atau menampilkan cuplikan fitur yang memberi peringkat untuk istilah keyword Anda.

Alat ini mengolah data jumlah pencarian yang akurat dengan menggunakan data yang sering dikunjungi. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana menghasilkan data keyword yang dibutuhkan.

Skor pada kesulitan dari pencari keyword juga dapat memberikan bantuan kepada Anda memperkecil pilihan keyword Anda ke kata yang memiliki peringkat terbaik untuk situs website Anda. Semakin tinggi skor keyword, semakin sulit untuk menentukan peringkat untuk istilah itu.

Google Suggest

Banyak orang berjuang dengan SEO karena mereka menargetkan kata kunci yang terlalu kompetitif. Tetapi bahkan jika Anda melakukan segalanya dengan benar, itu bisa memakan waktu yang lama. Itu sebabnya disarankan fokus pada keyword long tail.

Keyword long tail adalah istilah yang panjang (biasanya 4+ kata) yang digunakan pencari digoogle dan mesin pencari lainnya. Dan mereka cenderung memiliki kesulitan kata kunci yang lebih rendah dibandingkan dengan 1-3 kata “istilah kepala”.

Jadi bagi pemula yang baru mengenal SEO, long tail biasanya merupakan keyword terbaik untuk mulai membuat konten website. Untungnya, menemukan istilah long tail sangat mudah berkat google suggest yang dikenal sebagai google autocomplete.

Google Keyword Planner

Keyword planner pada google adwords secara historis menjadi titik awal yang paling umum untuk penelitian keyword SEO. Namun, keyword planner memang membatasi data volume pencarian dengan menyatukan kata kunci menjadi jumlah rentang volume pencarian yang besar.

Google Trends

Keyword pada google trends sangat bagus untuk menemukan fluktuasi keyword yang muncul secara musiman. Misalnya, “ide trend busana muslim” akan memuncak pada minggu-minggu sebelum Idul Fitri.

Answer The Public

Perangkat tidak berbayar alias gratis ini berisikan beberapa pertanyaan umum seputar keyword tertentu. Apabila Anda dapat menggunakan alat ini bersama dengan alat gratis lain maka akan mempermudah Anda memprioritaskan saran ATP dengan volume pencarian.

SpyFu Keyword Research Tool

Memberikan beberapa rekomendasi data keyword dengan sangat rapi dan kompetitif. Sekarang setelah Anda tahu cara mengungkap apa yang dicari audiens target Anda dan seberapa sering mereka akan mengunjungi website Anda, ada baiknya Anda mulai untuk membuat konten dengan keyword yang telah Anda dapatkan.

[website-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Belakangan ini kita sering mendengar perusahaan-perusahaan gadget yang menawarkan aneka produk nirkabel untuk lebih memudahkan aneka pekerjaan masyarakat. Biasanya, kita...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya