Media Bisnis Online | by APPKEY

Blog Bisnis Whistle Blowing : Apa itu dan Bagaimana Ini Penting...

Whistle Blowing : Apa itu dan Bagaimana Ini Penting Untuk Perusahaan Anda?

-

Terlepas dari undang-undang yang menyatakan bahwa Anda dilindungi oleh hukum dan tidak boleh diperlakukan tidak adil jika Anda ‘membocorkannya’, tampaknya ada sikap aneh yang tetap ada terkait dengan pelapor atau whistleblower. Masyarakat tampaknya mengucilkan mereka yang cukup berani untuk bersuara ketika ada kesalahan yang perlu ditangani.

Ini membingungkan, karena tampaknya cukup jelas bahwa jika ada orang yang berani menempatkan kebaikan yang lebih besar di atas kesejahteraan mereka sendiri harus dikagumi. Dan bahkan mungkin diberi penghargaan karena berbicara, bukan ditegur.

Kita mungkin akan bertanya-tanya apakah pola pikir ini didasarkan pada kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang apa sebenarnya whistle blowing itu. Dan manfaatnya bagi perusahaan dan masyarakat secara keseluruhan.

Pengertian Whistle Blowing?

whistle-blowing-1

Pengertian whistle blowing adalah sebuah tindakan yang cenderung dihindari banyak orang berdasarkan reputasi yang dianggap menakutkan, sejalan dengan itu, bergandengan tangan. Whistle blowing system adalah istilah yang digunakan ketika seseorang menyampaikan informasi tentang perbuatan salah.

Seperti korupsi hingga pelecehan seksual. Orang tersebut biasanya terkait erat dengan organisasi, seringkali seorang karyawan. Tetapi terkadang juga pemasok atau pelanggan. Mereka menjadi whistleblower ketika mereka mengamati perilaku atau tindakan yang mereka yakini sebagai pelanggaran, ilegal dan tidak sejalan dengan Kode Etik perusahaan. Dan melaporkan kecurigaan tersebut sebagai masalah whistle blowing system.

Whistle blowing adalah istilah sehari-hari yang digunakan untuk menggambarkan pengungkapan kesalahan dalam suatu organisasi. Ini termasuk:

  • Tindak pidana seperti penipuan.
  • Kesehatan dan keselamatan terancam.
  • Risiko atau kerusakan lingkungan yang sebenarnya.
  • Keguguran keadilan.
  • Perusahaan yang melanggar hukum – misalnya, tidak memiliki asuransi yang benar (atau apa pun).
  • Anda yakin bahwa seseorang menutupi perbuatan salah.

NB: Anda tidak dianggap sebagai whistle blower jika Anda melaporkan keluhan pribadi. Misalnya – penindasan, pelecehan atau diskriminasi. Kecuali kasus Anda terkait dengan kepentingan publik. Ini harus dilaporkan sesuai dengan kebijakan keluhan atasan Anda.

Jadi kesimpulannya, whistle blowing merupakan suatu istilah yang merujuk pada suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau bahkan lebih karyawan untuk membocorkan kecurangan atau kesalahan yang dilakukan oleh atasannya sendiri atau perusahaan kepada pihak lain.

Artikel terkait  Konsultan Bisnis Adalah ? | Apa Saja Tugasnya ?

 

Manfaat Whistle Blowing

whistle blowing

Hal yang Etis

Pertama dan terpenting, whistle blowing adalah hal yang etis untuk dilakukan. Ini mengatasi kesalahan dan memungkinkan keadilan dicapai di perusahaan yang mungkin tetap tidak terekspos.

Jika ada kejujuran di antara karyawan, kemungkinan besar akan ada penanaman lebih tinggi dari pekerja yang berdedikasi dan setia. Ini tentu saja akan membantu perusahaan Anda berkembang.

Komunikasi yang efektif

Demikian pula, kejujuran dan transparansi tersebut benar-benar dapat membantu memfasilitasi komunikasi yang jelas dan efektif. Antara staf, manajemen, dan semua departemen yang hanya dapat menghasilkan tingkat produktivitas dan efisiensi yang lebih tinggi.

Belum lagi hubungan kerja yang lebih baik secara menyeluruh yang akan membantu dalam menciptakan lingkungan kerja yang bahagia dan bersahabat, dimana karyawan merasa nyaman.

Melindungi Perusahaan Anda

Whistle blowing sangat penting untuk melindungi perusahaan Anda secara langsung dari kesalahan seperti penipuan dan pelanggaran. Jika Anda gagal mengenali, menangani, dan pada akhirnya mengakhiri pelanggaran semacam itu, Anda berisiko dituntut secara hukum, denda besar, dan skandal publik. Belum lagi pukulan besar pada reputasi Anda yang bersih dan rapi.

Fokus pada Hal yang Benar

Menghilangkan risiko semacam itu berarti Anda dan karyawan Anda dapat fokus pada apa yang benar-benar penting. Pekerjaan Anda, kebutuhan inti bisnis, dan secara meyakinkan, kesuksesan perusahaan secara keseluruhan.

Menjaga Intinya

Pada akhirnya, bisnis adalah uang. Pelanggaran seperti penipuan menghabiskan banyak uang setiap tahun sehingga dengan mempromosikan budaya whistle blowing system di organisasi Anda, Anda dapat berusaha untuk menindak risiko penipuan. Ini juga bisa mencegah hilangnya modal yang tidak perlu dan membingungkan.

Artikel terkait  Apa itu Surat Kontrak Kerjasama Usaha?

 

Risiko Whistleblowing

Sayangnya, meski ada upaya untuk memerangi penganiayaan terhadap whistle blower dan melindungi hak mereka agar tetap dilindungi undang-undang, risiko penganiayaan masih ada.

Sikap Buruk dan Perlakuan Tidak Adil

Sementara whistle blower dianggap berani dan berani oleh sebagian orang, ada orang di luar sana yang melihat mereka sebagai ‘pengadu’ yang menceritakan kisah dan tidak dapat dipercaya.

Sayangnya, hal itu membuat whistle blower sering menjadi korban dari rekan satu timnya. Dan terkadang bahkan juga dari anggota manajemen, yang mengakibatkan perlakuan yang tidak adil.

Kehilangan Karyawan

Sebagian besar whistle blower meninggalkan pekerjaan mereka pada tahun setelah pengaduan mereka. Ini bisa bersifat sukarela atau dipaksakan, tetapi alasannya selalu sama. Mereka telah diperlakukan dengan sangat buruk sehingga mereka merasa tidak punya pilihan selain pergi.

Mengurangi Risiko

Untuk mengurangi risiko yang terkait dengan whistle blowing, Pemerintah mengesahkan ketentuan yang mencegah perlakuan merugikan terhadap whistle blower oleh atasan mereka. Dan meskipun ini merupakan langkah besar dalam arah yang benar, penerapan undang-undang ini sama sekali tidak melepaskan pengusaha dari tindakan pencegahan lebih lanjut.

Ada sejumlah langkah yang dapat dilakukan pengusaha untuk meminimalkan risiko perlakuan tidak adil terhadap whistle blower, antara lain:

  • Mengetahui hak dan tanggung jawab whistle blowing. Penting untuk membiasakan diri Anda, dan setiap karyawan, dengan hak dan tanggung jawab whistle blower yang akan memungkinkan Anda untuk mempromosikan budaya whistle blowing system di organisasi Anda.
  • Menetapkan kebijakan whistle blowing. Anda harus mulai dengan membuat dan mengiklankan kebijakan whistle blowing system.
  • Meningkatkan kesadaran. Selain itu, meningkatkan kesadaran tentang whistle blowing adalah hal mendasar untuk mengadopsi budaya terbuka. Pelatihan whistle blower yang menyeluruh dan teratur dapat membantu membekali Anda dengan keterampilan yang diperlukan untuk memerangi penipuan dan pelanggaran di tempat kerja Anda sama sekali.

Artikel terkait  10 Faktor Keberhasilan Wirausaha

Bagaimana Ini Penting Untuk Perusahaan Anda?

perusahaan

Dalam dunia yang ideal, semua perusahaan dan para pemimpin mereka akan bangga dengan integritas yang tinggi dan tidak akan pernah memberikan alasan kepada karyawan mereka untuk membocorkan tentang malpraktek atau kesalahan. Namun, tidaklah realistis bagi kita untuk memegang dada dan mengatakan ini tentang masyarakat kita dengan tingkat kepercayaan apa pun.

Mengingat risiko yang telah ditelaah, tidak heran jika orang mungkin merasa cukup khawatir tentang apakah mereka harus berterus terang tentang kesalahan saat mereka menyadarinya. Tetapi penting untuk mengingat gambaran yang lebih besar.

Meskipun prosesnya tidak diragukan lagi menakutkan, Anda harus memikirkan kebaikan yang lebih besar dari perusahaan dan/atau masyarakat umum.

Whistleblowing dapat terjadi baik di dalam organisasi maupun di publik.

  1. Organisational whistleblowing
    Merupakan alat pencegahan bagi organisasi untuk mengurangi risiko malpraktek dan penyimpangan. Memberdayakan karyawan dan pemangku kepentingan terkait lainnya meningkatkan kemungkinan manajer mendapatkan informasi tentang penyimpangan yang harus ditindaklanjuti pada tahap awal. Oleh karena itu, organisasi yang menjalankan Kode Etik dengan serius akan menerapkan mekanisme untuk memungkinkan pengungkapan rahasia organisasi.
  2. Public whistleblowing
    Dalam organisasi di mana kepercayaan rendah, mekanisme di atas tidak ada. Atau tidak ada kemungkinan untuk menjadi pelapor tanpa nama, orang tersebut mungkin lebih cenderung untuk membocorkannya di depan umum. Ini mungkin termasuk melaporkan ke polisi, media atau melalui saluran sosial online, yang tentunya membawa risiko kerusakan reputasi yang lebih besar bagi organisasi. Namun, dalam beberapa kasus, ada kewajiban untuk melapor kepada badan atau regulator profesional.

[business-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Belakangan ini kita sering mendengar perusahaan-perusahaan gadget yang menawarkan aneka produk nirkabel untuk lebih memudahkan aneka pekerjaan masyarakat. Biasanya, kita...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya