Media Bisnis Online | by APPKEY

Bisnis Ketrampilan Persiapkan Dari Sekarang! Sambut 2021 dengan Strategi Bisnis Online...

Persiapkan Dari Sekarang! Sambut 2021 dengan Strategi Bisnis Online Terbaik Ini

-

Tahun 2021 segera tiba! Mari persiapkan strategi bisnis online 2021 dari sekarang dengan tips ampuh berikut ini dari Markey.

Kita semua sudah merasakan dan tahu betul bagaimana sulitnya kehidupan perekonomian dan bisnis di tahun 2020 akibat pandemi virus Corona. Namun kabar gembira datang di akhir tahun 2020, di mana banyak negara termasuk Indonesia sudah mulai membuka kembali bisnis mereka seperti biasa dengan tambahan protokol kesehatan.

Perkembangan positif ini lantas berhasil menumbuhkan perasaan semangat dan optimisme dalam diri para pebisnis.

Hal ini juga menjadi pertanda yang baik untuk masa depan perekonomian di tahun 2021. Mari bersama-sama kita membangun kembali usaha yang sempat surut di tahun 2020.

Membangun bisnis kembali bukanlah hal sulit. Meski demikian, Anda akan memerlukan fokus dan perencanaan matang saat merumuskan strategi bisnis 2021.

Strategi bisnis adalah senjata penting yang harus sudah Anda persiapkan sedari saat ini agar bisnis di tahun 2021 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Pun strategi bisnis adalah bekal usaha terbaik karena tanpanya, perusahaan Anda ibaratkan kapal yang berlayar tanpa arah tujuan pasti.

Terlebih lagi, strategi bisnis adalah bantuan rencana ketika sewaktu-waktu terjadi hal-hal tak terduga yang berdampak negatif pada bisnis.

Akan tetapi Anda tidak perlu cemas, sebab menyusun strategi bisnis adalah persoalan yang mudah. Bahkan sudah ada banyak contoh strategi bisnis yang bisa Anda simak secara online. Artikel kali ini pun akan mengajak Anda untuk melihat seperti apa strategi bisnis 2021 terbaik beserta beberapa contoh strategi bisnis.

Daripada berlama-lama penasaran, yuk kita langsung menyimak tips menyusun strategi bisnis 2021 terbaik pilihan Markey!

Mau Kembali Berbisnis? Ini Dia Pedoman Strategi Bisnis 2021 Terbaik

strategi-bisnis-adalah

Surutnya perekonomian di tahun 2020 akibat pandemi Corona menjadi suatu tantangan bagi para pengusaha untuk menyambut 2021. Tak sedikit pengusaha dan pengamat ekonomi yang kesulitan menemukan prediksi kepastian ekonomi di tahun 2021.

Apakah pandemi masih akan membawa efek kepada perekonomian di tahun 2021 atau tidak? Hal tersebut masih menjadi pertanyaan besar di kepala banyak orang.

Namun Anda tidak perlu mencemaskan hal-hal yang tidak pasti. Akan lebih mudah bagi Anda untuk menyusun strategi bisnis dalam beberapa skenario situasi. Contoh strategi bisnis yang paling mudah adalah merumuskan rencana mempertahankan usaha saat pandemi masih berlanjut di 2021, atau ketika situasi sudah berlangsung normal.

Sisi positifnya, Anda sudah belajar banyak di tahun 2020 tentang kondisi usaha yang terdampak pandemi. Berbekalkan pengetahuan dan pengalaman tersebut, Anda kini bisa menyusun rencana usaha yang lebih baik. Khususnya untuk menyelamatkan diri dari ‘serangan’ dan ‘ancaman’ tak terduga.

Mengingat tahun 2021 masih merupakan tahap pemulihan kondisi perekonomian, maka penting untuk Anda bersikap realistis saat menyusun strategi bisnis. Asumsikan bahwa kondisi tahun 2021 masih bangkit perlahan-lahan dari keterpurukan.

Menggunakan gambaran bayang-bayang dan asumsi tersebut, Anda akan dapat lebih mudah untuk memosisikan diri saat menyusun strategi bisnis.

Banyak ahli menyarankan lebih baik untuk menyusun strategi bisnis dengan asumsi kondisi yang paling mendekati kenyataan dan menyiapkan rencana cadangan untuk situasi terburuk – alih-alih membuat rencana bisnis yang muluk-muluk atau langsung dalam kondisi penjualan laris manis.

Hal ini agak tidak masuk akal, terlebih di situasi pandemi Covid. Lebih baik sering-seringlah menengok berita untuk mendapat gambaran sudah sejauh apa kondisi pandemi di masyarakat dan dampaknya terhadap perekonomian.

Setidaknya ada 3 jenis strategi bisnis yang dapat Anda buat untuk menghadapi tahun 2021. Ketiga jenis strategi bisnis adalah:

Artikel terkait  Keuntungan Bisnis Sampingan dan Jenis-Jenisnya

Differentiation Strategy

Tipe pertama strategi bisnis adalah differentiation strategy yang berfokus menonjolkan keunikan produk. Cari tahu apa saja hal-hal yang bisa Anda tonjolkan dari produk yang dimiliki saat ini.

Akan lebih baik lagi jika keunggulan utama produk Anda sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang sedang berjuang pulih dari masa kesulitan 2020.

Keunggulan produk yang khas juga umumnya tidak akan mudah ditiru oleh kompetitor, sehingga Anda bisa lebih mudah menguasai pasar bisnis.

Best Price Strategy

strategi-bisnis-adalah-2

Cara kedua strategy bisnis adalah best price strategy alias memberikan  harga yang paling murah dibandingkan para kompetitor. Banyak usaha mempraktekkan contoh strategi bisnis ini di masa pandemi, di mana mereka memberikan diskon besar-besaran untuk setiap produk yang dijual.

Cara ini pun terbukti berhasil, karena banyak konsumen memanfaatkan momen mendapat produk atau layanan berkualitas dengan harga yang lebih murah dibandingkan biasanya.

Focus Strategy

strategi-bisnis-2021

Tipe terakhir dari strategi bisnis adalah focus strategy. Sesuai namanya, trik ini ditujukan untuk berfokus pada target konsumen yang sangat spesifik agar brand bisa memenuhi beragam kebutuhan khusus konsumen.

Semisal contohnya brand provider paket data internet yang menyediakan paket khusus sekolah online dengan harga murah meriah untuk meringankan beban kebutuhan kuota para pelajar.

Anda bebas memilih strategi bisnis mana yang paling cocok untuk dijalankan dari ketiga tipe di atas. Selanjutnya, Anda tinggal menyesuaikan komponen-komponen pengisi strategi bisnis dengan poin-poin pertimbangan berikut ini:

1 Kumpulkan dan Analisis Data

Tips pertama menyusun strategi bisnis adalah membuat strategi bisnis dengan mengumpulkan data-data di lapangan terlebih dahulu. Cari tahu bagaimana perkembangan usaha Anda dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Ada berapa banyak pengunjung baru dan pengunjung tetap yang datang berbelanja? Produk apa saja yang paling sering menjadi best-seller? Bisakah Anda mendongkrak penjualan mendatang dengan menghadirkan kembali produk best-seller?

Selain itu analisis juga minat dan tren konsumen selama 6-3 bulan terakhir. Apakah produk Anda saat ini memenuhi minat dan keinginan konsumen? Produk unggulan apa saja yang dimiliki oleh para kompetitor? Inovasi apa yang bisa Anda hadirkan untuk mengungguli produk juara milik pesaing sekaligus memenuhi kebutuhan konsumen?

2 Memperbaiki Kualitas Produk dan Pelayanan

Jangan terburu-buru menyusun timeline perilisan produk. Sebaliknya, gunakan waktu yang dimiliki sebaik-baiknya untuk memperbaiki kualitas produk dan pelayanan yang dimiliki oleh perusahaan.

Tinjau kembali review konsumen, tingkat kepuasan dan juga kritik serta saran dari konsumen terhadap brand produk atau pelayanan perusahaan Anda. Nantinya ketika tahun 2021 tiba, Anda bisa melakukan perilisan produk dengan kualitas yang lebih baik.

3 Berfokus Pada Hal-Hal dalam Jangkauan

Kemudian, fokuskan waktu, tenaga dan biaya produksi perusahaan pada hal-hal yang berada dalam jangkauan atau dapat dikerjakan. Semisal dalam situasi pandemi, Anda harus membatasi jumlah pengunjung yang datang ke toko.

Jika dibiarkan, maka omzet penjualan bisa menurun drastis. Namun Anda dapat mengakalinya dengan memaksimalkan jalan lain yang dapat ditempuh seperti bisnis online, jasa delivery atau promo khusus take away.

4 Memaksimalkan Konten Marketing

Belakangan ini, konten marketing sedang trending di kalangan para pebisnis online. Adapun konten marketing adalah trik promosi menggunakan beragam jenis konten menarik seperti video, ilustrasi, komik, file audio, games, email marketing, blog artikel, dan lain sebagainya.

Cobalah untuk melakukan brainstorming menemukan ide konten promosi yang unik, menarik dan tidak membosankan agar semakin banyak pengunjung berdatangan ke toko online Anda.

Semisal Anda melancarkan konten marketing dengan taktik blog artikel. Jadi, Anda harus rajin memposting artikel seru dan informatif agar bisa menarik perhatian masyarakat. Berawal dari masyarakat yang senang mendapatkan informasi baru dari website Anda, lama-kelamaan ia dapat merasa tertarik dengan produk yang Anda jual.

Artikel terkait  Bingung Memprioritaskan Skill Marketing atau Teknologi Bisnis? Ini Jawabannya!

5 Memaksimalkan Promosi dan Marketing Medsos

Di mana tempat terbaik untuk memposting konten-konten promosi yang telah dibuat? Jawabannya adalah media sosial. Kita tidak dapat mengelak bahwa dewasa ini, media sosial memegang peranan penting dalam strategi marketing.

Terlebih di masa karantina di rumah, otomatis menjadikan banyak masyarakat menghabiskan waktu di media sosial untuk mengusir bosan. Tingginya view dan jam masyarakat menggunakan media sosial otomatis membuka peluang besar bagi bisnis Anda untuk berpromosi di media sosial.

Dengan sering memposting konten promosi di media sosial setiap hari, besar pula kemungkinan konten Anda lebih cepat mencapai jangkauan masyarakat luas. Berawal dari pancingan konten yang seru, bukan tidak mungkin lama-kelamaan masyarakat mulai tertarik untuk mencoba produk Anda.

Media sosial juga menjadi sarana yang bagus untuk membangun komunikasi dengan konsumen, serta citra brand di mata masyarakat.

6 Selalu Membuat Banyak Rencana

Belajar dari tahun 2020, Anda kini perlu untuk mencoba membuat banyak rencana bisnis alias rencana-rencana cadangan. Sebisa mungkin buatlah rencana bisnis untuk beragam kemungkinan skenario situasi di lapangan.

Ini adalah trik terbaik untuk menyiasati ketidakpastian situasi dan kondisi di tahun 2021. Pastikan bahwa setiap rencana yang Anda buat mempunyai trik-trik terbaik untuk meningkatkan kualitas produk serta cara pemasaran yang paling efektif, ya!

Artikel terkait  Tips Dan Trik Manajemen Waktu Untuk Memulai Bisnis Anda Sendiri

7 Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Tips terakhir adalah jangan lupa untuk melakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi pertama harus dilakukan begitu selesai merumuskan strategi bisnis. Anda bisa berdiskusi dengan tim perusahaan atau kepada konsultan bisnis ahli untuk mengetahui jika rencana bisnis 2021 Anda masih mempunyai kekurangan atau kelemahan.

Jangan ragu-ragu atau bersikap tertutup terhadap saran dan masukan. Kemudian, lakukan juga evaluasi secara berkala ketika strategi bisnis sudah dijalankan untuk mengetahui jika ada hal-hal dari bisnis yang dapat diperbaiki menurut saran dan masukan dari konsumen.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang strategi bisnis 2021. Semoga artikel kali ini mampu menumbuhkan semangat Anda dan tim untuk memulai karir bisnis yang cemerlang di tahun 2021, ya!

Tetaplah semangat dan jangan putus asa karena Anda sudah mampu melewati masa sulit di 2020  dengan sangat baik. Percayalah bahwa di tahun 2021, kita semua dapat bangkit dan meraih kesuksesan kembali.

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Pemasaran Internal : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Dalam dunia bisnis, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus mengetahui dan mengerti mengenai strategi pemasaran. Dengan demikian, setiap pihak...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya