Media Bisnis Online | by APPKEY

Bisnis Monetize Pebisnis Wajib Tahu! 25 Faktor yang Meningkatkan Konversi Website...

Pebisnis Wajib Tahu! 25 Faktor yang Meningkatkan Konversi Website Bisnis Anda

-

Tingkat konversi penjualan website bisnis Anda selalu naik dan turun tanpa bisa diprediksi dengan pasti? Sudah berupaya meningkatkan konversi website bisnis tapi hasilnya belum juga optimal? Bisa jadi, permasalahan utama Anda terletak pada ketidaktahuan Anda sendiri terkait faktor-faktor yang memengaruhi konversi website.

Strategi konversi adalah salah satu ilmu penting yang wajib dikuasai oleh seluruh pelaku bisnis online. Terlebih jika Anda adalah pemain baru dunia e-commerce.

Biasanya, banyak pebisnis e-commerce baru belum begitu memahami apa pengertian konversi, kegunaannya untuk bisnis, dan apa saja hal-hal yang bisa meningkatkan konversi website.

Meskipun saat ini bisnis online Anda sudah beriklan di sana-sini, namun faktanya, keberhasilan penjualan tidak 100% datang dari iklan. Penjualan yang bisa tercipta dari iklan hanya berkisar antara 20% – 30% saja, sangat kecil! Sedangkan peluang kesuksesan sisanya dipengaruhi oleh elemen-elemen lain yang menjadi bawaan website e-commerce Anda sendiri.

Lalu, seperti apa pengertian konversi dan apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhinya? Bagi Anda yang baru terjun ke dunia bisnis online, mari kita simak bersama penjelasan detil terkait konversi dan faktor-faktor yang mempengaruhi konversi website bisnis berikut ini. Selamat membaca!

Sekilas Pengertian Konversi Website

strategi-konversi-website

Strategi konversi adalah salah satu topik bahasan menarik dan selalu penting dalam dunia bisnis digital. Apa itu konversi? Secara definitif, strategi konversi adalah istilah yang diambil dari bahasa Inggris yakni “Conversion Rate Strategy”.

Konversi adalah sebuah istilah di dunia digital marketing yang berarti suatu pencapaian dari aksi kampanye atau promosi bisnis. Semisal Anda mempromosikan voucher diskon gratis kepada pengunjung website dengan tujuan mereka mau menggunakan voucher untuk berbelanja.

Konversi baru dapat dikatakan terjadi ketika pengunjung yang ditawari voucher sungguh-sungguh menggunakan voucher untuk berbelanja.

Dari contoh kejadian sederhana di atas, maka dapat dikatakan strategi konversi adalah cara-cara untuk mengarahkan pengunjung website e-commerce agar melakukan tindakan yang menguntungkan usaha Anda.

Tindakan yang diharapkan bisa beraneka ragam bentuknya, mulai dari berlangganan newsletter website, membuat akun, menggunakan voucher, hingga yang paling utama adalah membeli produk.

Dari sinilah akhirnya muncul pemahaman semakin tinggi tingkat konversi, maka semakin mudah dan besar juga website e-commerce Anda meraih keuntungan.

25 Faktor Penting untuk Meningkatkan Konversi Website E-Commerce

Semua orang tentunya ingin meraih tingkat konversi atau penjualan yang tinggi di website e-commerce. Namun sebelum berangan-angan meraih angka penjualan tinggi, ada baiknya Anda memahami betul-betul terkait strategi konversi.

Sesuai namanya, strategi konversi adalah cara-cara memaksimalkan jumlah pembelian dari website e-commerce. Di samping itu, ada 25 faktor penting yang bisa memengaruhi tingkat konversi website secara efektif. Beberapa faktor dalam strategi konversi adalah:

1. Branding atau Citra Perusahaan

Faktor pertama dalam strategi konversi adalah branding atau citra perusahaan online Anda sendiri. Bagaimanakah citra perusahaan Anda di mata masyarakat? Apakah brand Anda terkenal dengan image positif atau sebaliknya?

Sebuah website e-commerce dengan branding positif dan dipandang berkualitas tentunya akan lebih mudah dalam meraih tingkat konversi yang tinggi. Sebab, konsumen sudah meletakkan kepercayaan mereka untuk mencoba berbelanja di toko Anda.

2. Sifat Produk

Mengapa seorang pembeli tidak membeli produk yang Anda tawarkan? Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah produk Anda tidak cocok untuk dijual dengan metode online. Semisal produk yang dijual bersifat konsumsi segera dan sudah tersedia di toko-toko offline, seperti sampo, sabun, cemilan dan lainnya.

Konsumen yang membutuhkan produk-produk tersebut tentu akan mencarinya di toko-toko terdekat mereka karena ingin langsung memanfaatkan produk tersebut.

Berbeda dengan produk-produk seperti buku, aksesoris, dan pakaian. Produk-produk ini cocok dipasarkan online karena tidak masalah jika tiba dalam waktu hitungan hari.

3. Remarketing atau Retargeting

90% pengunjung website e-commerce tidak akan langsung berbelanja pada momen pertama. Mereka hanya akan melihat-lihat produk, membandingkan harga di website lain, dan menyimak seberapa lengkap tipe produk yang Anda jual. Agar tercipta konversi, maka perusahaan Anda harus melakukan remarketing.

Artikel terkait  16 Aplikasi Penghasil Uang Rupiah di iPhone Terbaik

4. Harga Produk di Website

Dewasa ini, jumlah e-commerce meningkat secara signifikan sehingga calon pembeli punya banyak pilihan tempat berbelanja online. Website Anda akan kalah saing jika harga-harga Anda jauh lebih mahal dibandingkan website kompetitor.

Selalu ingat bahwa calon pembeli sekarang sudah cerdas dalam berbelanja. Berbekalkan software belanja online tercanggih, siapapun bisa membandingkan harga produk yang sama dari beragam e-commerce secara mudah.

Jadi, Anda pun harus mengakali persaingan dengan menawarkan harga-harga yang kompetitif. Anda juga bisa menambah poin plus toko online di mata calon pembeli dengan menghadirkan beragam voucher diskon dan flashsale.

5. Fitur Gratis Ongkos Kirim

Fitur gratis ongkos kirim juga menjadi syarat wajib dalam memuaskan keinginan konsumen. Tidak ada seorangpun yang ingin membayar lebih untuk ongkos pengiriman. Jadi, website bisnis yang menyediakan fitur gratis ongkir akan lebih banyak memperoleh konversi dibanding yang tidak.

6. Keseluruhan UI/UX Website

Website Anda harus mudah untuk dipahami dan digunakan semua pengunjung, termasuk masyarakat awam teknologi dan penyandang disabilitas. Website yang berantakan, tidak nyaman, dan sulit dipakai akan langsung membuat konsumen kabur.

7. Mobile Friendly

moblie-friendly

Lebih dari 70% masyarakat Indonesia mengakses website via smartphone. Jadi, pastikan website Anda sudah mobile friendly alias bisa tampil baik dari smartphone.

8. Kecepatan Loading

Upayakan kecepadan loading website Anda tidak lebih dari 3 detik. Jika web Anda lambat di-loading sedikit saja, maka konsumen juga akan langsung kabur.

9. Call to Action

Sering-sering pakai trik call to action yang kuat. Tujuannya agar pengunjung tertarik melakukan apa yang Anda arahkan.

10. Ketersediaan Video Produk

Pengunjung lebih mudah diyakinkan jika produk ditampilkan dalam bentuk video, karena video langsung menunjukkan tampilan asli produk tanpa banyak editan. Konsumen pun akan lebih senang dan mudah tergiur saat melihat produk asli berkualitas baik.

11. Guest Mode (Mode Tamu)

Sebagian pengunjung ingin langsung bisa menikmati layanan di website tanpa perlu registrasi (guest mode). Website yang menyediakan mode tamu akan lebih diminati karena lebih praktis.

12. Layanan dan Garansi After Sale

Untuk menarik lebih banyak pembeli, website e-commerce Anda bisa menawarkan beraneka jenis layanan dan garansi pasca pembelian produk (after sale). Contohnya seperti menyediakan pengembalian jika barang rusak, customer service cepat dan ramah, packing dan pengiriman cepat.

Artikel terkait  Cara Sukses Dapatkan Uang Secara Online

13. Keamanan Penyimpanan Data User

Pastikan website Anda memiliki sistem keamanan penyimpanan data user yang baik, terlindungi tingkat tinggi, dan mendetil. Website dengan tingkat penyimpanan data user baik dan aman lebih mampu menciptakan suasana nyaman untuk berbelanja.

14. Sinkronisasi Keterangan Produk secara Berkala

Selalu sinkronisasi keterangan dan ketersediaan produk pada website agar pembeli tidak kecewa jika barang tidak tersedia tapi dinyatakan ada.

15. Search Box Pintar

Lengkapi search box website Anda dengan kecerdasan buatan dan filter untuk mempermudah konsumen dalam menemukan produk. Semakin praktis pencarian dan akurat hasilnya, maka tingkat konversi yang terjadi bisa semakin tinggi.

16. Tracking Website

Selalu lakukan tracking website untuk mengukur dan melacak elemen-elemen website yang sering dipakai konsumen. Jika terdapat fitur yang jarang dipakai, Anda bisa mengoptimalkan penggunaannya untuk meningkatkan konversi.

17. Setting Time Iklan

Faktanya, iklan yang dipasang 24 jam penuh tetap tidak efektif karena tidak semua orang melihat iklan selama seharian penuh. Lebih baik, coba hemat budget dengan menampilkan iklan-iklan di jam-jam ramai traffic.

18. Halaman Testimoni

Website yang menyediakan halaman testimoni dari pembeli sebelumnya akan lebih menjanjikan dari segi kualitas kepada calon pembeli untuk mencoba berbelanja. Apalagi jika website Anda sukses memperoleh testimoni yang baik.

19. Aneka Ragam Metode Pembayaran

Jangan lupa untuk memperbanyak pilihan metode pembayaran seperti transfer, e-wallet, COD, dan lain-lain agar konsumen semakin tertarik dan nyaman bertransaksi.

20. Fitur Beli Kembali (Repeat Order)

Website yang menyediakan fitur pembelian berulang akan lebih memudahkan konsumen berlangganan. Tingkat konversi pun bisa terus bertahan tinggi.

21. Penggunaan Google Analytics dan Tag Manager

Permudah semua aktivitas pengelolaan website Anda dengan menggunakan tools bantuan seperti Google Analytics dan Tag Manager. Dengan kedua tools ini, Anda dapat lebih mudah melacak kedatangan konsumen dan kecenderungan aktivitas mereka di website.

Artikel terkait  PayPal Adalah ? | Penggunaan & Hal-Hal Mengenai PayPal

22. Iklan Berdasar Tipe Perangkat

Anda bisa memaksimalkan promosi berbasis device targeting, bergantung pada jumlah terbanyak konsumen yang mengakses website Anda. Semisal 80% pengunjung mengakses website dari smartphone, jadi optimalisasikan performa website dan iklan untuk tampilan smartphone.

23. Marketing Berdasar Lokasi

Optimalkan marketing yang terfokus di lokasi tertentu jika saat ini toko online Anda masih belum melayani pengiriman ke seluruh wilayah.

24. Kecenderungan Membuka Halaman Baru

Lebih dari 50% pengunjung website merasa jengkel dan terganggu jika halaman website Anda selalu membuka halaman baru ketika mereka membuka kategori produk atau deskripsi produk. Hindari sistem ini pada website Anda.

25. Iklan Berdasarkan Operator

Faktor terakhir dalam strategi konvensi adalah aktivasi sistem iklan berdasar sistem operator tertentu jika e-commerce Anda sedang mengadakan promosi terbatas dengan beberapa operator.

Demikianlah 25 faktor penentu peningkatan konversi website bisnis. Jika Anda masih bingung bagaimana caranya mengoptimalkan tingkat konversi website bisnis, maka Anda kini sudah bisa bernapas lega karena APPSHOP menyediakan seluruh jawaban untuk Anda!

APPSHOP adalah perusahaan pengembang aplikasi dan website bisnis terbaik di Indonesia yang turut menyediakan layanan konsultasi untuk bisnis. Jangan ragu untuk mengomunikasikan seluruh permasalahan Anda kepada APPSHOP, karena kami selalu siap sedia membantu memberikan jalan keluar terbaik melalui konsultasi dan bimbingan dengan tenaga profesional ahli berpengalaman.

Tertarik untuk bekerjasama mengembangkan bisnis bersama kami? Hubungi APPSHOP di https://appshop.co.id/ sekarang juga dan dapatkan lebih banyak penawaran menarik lainnya langsung dari kami. Sampai jumpa di APPSHOP!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya