Media Bisnis Online | by APPKEY

Bisnis Online Service Workplace, Media Komunikasi Internal untuk Anda dan Rekan Anda!

Workplace, Media Komunikasi Internal untuk Anda dan Rekan Anda!

-

Di zaman seperti sekarang ini, Facebook tentunya memiliki manfaatnya tersendiri dibandingkan sosial-sosial media lain.

Untuk berkomunikasi, mencari pertemanan, bahkan untuk berbisnis.

Namun, pernahkah Anda mendengar Workplace by Facebook?

Workplace adalah sebuah jejaring sosial untuk kolaborasi atau kerja sama yang dihadirkan oleh Facebook pada tahun 2004.

Tampilan dan fungsinya sama seperti Facebook, namun mayoritas Workplace digunakan oleh perusahaan sebagai sarana komunikasi internal antar karyawan.

Konsepnya profesional, dikarenakan membidik perusahaan dan korporasi sebagai target utama mereka. Tentunya fitur-fitur yang terdapat didalamnya dipergunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan korporasi.

Seperti apakah Workplace Facebook itu sebenarnya?

Yuk, disimak liputannya!

Sejarah Workplace!

workplace-adalah-2

Workplace pertama kali didirikan oleh Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, pada tahun 2004. Bersama dengan rekan-rekannya yang lain, Mark Zuckerberg mendirikan Jejaring Sosial dan Colaborativ Software ini.

Alasan utama Facebook me-release Workplace adalah untuk memenuhi kebutuhan media komunikasi berbasis bisnis, dikhususkan untuk kalangan korporasi dan profesional.

Oleh karena itu, percakapan yang dilakukan di Workplace sifatnya formal. Khusus membahas pekerjaan atau isu-isu penting mengenai perusahaan, pada intinya hanya untuk internal perusahaan. Keberadaan software ini juga diyakini lebih efisien dan efektif daripada e-mail.

Dengan Workplace, tidak hanya komunikasi internal dan kolaborasi membaik, Workplace juga merupakan media yang bagus untuk brainstorming, mining information, juga menambah kekuatan seluruh jangkauan content yang diciptakan.

Tampilan Workplace sendiri hampir mirip dengan Facebook, sebagai contoh, memiliki News Feed, Reactions, Group, hingga layanan chatting-nya.

Workplace mempertahankan familiar feel of Facebook tetapi memberikan additional features seperti limited permissions dan direct integrations, yang mana membantu mengorganisasikan, bagaimana perbedaan tipe komunikasi yang terjadi antara dan dalam tim.

Dengan menggunakan aplikasi ini, seseorang mudah untuk bicara ke semua orang dalam suatu perusahaan atau organisasi, mulai dari head office hingga shop floor.

Fitur-Fitur Workplace

1. Grup

Saat seorang karyawan sedang bekerja tentunya lebih suka menyampaikan kabar via online dibandingkan berkomunikasi secara langsung, dikarenakan lebih efisien dan efektif.

Di Workplace terdapat fitur Grup yang memungkinkan seorang karyawan untuk sharing masalah pekerjaan, internal policies, announcement, dan hal-hal bermanfaat seputar kantor lainnya.

Selain itu dapat dipergunakan untuk membicarakan progress proyek tertentu juga kegiatan lainnya yang membutuhkan pemikiran banyak orang. Upload dan kirim dokumen juga sangat memungkinkan!

Fitur Grup ini dapat memperkuat hubungan dengan teman-teman sejawat juga. Grup dapat menjadi Public, yaitu untuk seluruh perusahaan, atau Private, yang berarti hanya terbatas untuk tim tertentu atau hanya anggota tim tertentu.

Apabila Anda sangat mencintai fitur yang satu ini, Anda pun dapat bergabung dengan Multi-Company Group (MCGs).

Ini adalah fitur yang bagus untuk mendorong team enggament dan cross-departmental visibility!

2. Ruang Obrolan Workplace

Chat is a great way for teams to communicate about many projects!

Sebuah jejaring sosial akan terasa hambar apabila tidak terdapat ruang obrolan. Di Workplace terdapat fitur chatting yang memudahkan dalam mengirim teks, files, images, video messages, audio clips, panggilan suara, bahkan panggilan video untuk sebuah rapat virtual.

Keberadaan fitur yang satu ini sangat diapresiasi oleh para pengguna Workplace by Facebook. Para pengguna Workplace dapat melakukan converence call dengan mudah, entah melalui rumah, kafe, atau tempat lainnya.

3. Live Video

Live video dapat dipergunakan untuk broadcoast sebuah video message untuk specific group atau seluruh Workplace dalam satu waktu. Anggota tim dapat mengkomentari video-video ini dengan pertanyaan-pertanyaan atau bergabung secara langsung dengan presenter video.

Fitur ini sangat bagus untuk company announcement sekaligus one-off product updates!

4. Kabar Beranda

Hampir sama seperti Facebook, Workplace juga memiliki fitur Kabar Beranda, mengingat konsepnya sebagai jejaring sosial untuk bisnis. Perbedaannya, informasi yang terdapat di halaman Workplace memberikan informasi ter-update tentang perusahaan.

Dengan begitu karyawan tidak akan ketinggalan informasi terbaru mengenai perusahaan. Dimanapun seorang karyawan berada dan apapun yang mereka lakukan, mereka bisa update sekaligus berbagi mengenai kondisi perusahaan.

5. Events

Events dapat dipergunakan dalam Workplace untuk important company gatherings atau product team meetings.

Fitur ini memberikan kemampuan untuk menjadwalkan event-event besar secara mudah sekaligus sebagai track participation dan engagement.

Anggota tim akan dapat me-respond apakah mereka akan atau tidak hadir, mengomentari agenda, dan keep track ketika event-event penting terjadi di sekitar perusahaan.

Artikel terkait  Midtrans - Payment Gateway yang Mudah Diintegrasikan

6. Org Chart

Org Chart memberikan tim sebuah visual breakdown untuk setiap anggota tim dan dimana posisi mereka di keseluruhan hierarki perusahaan.

Suatu tim dapat menciptakan hubungan dengan mudah, menciptakan image untuk orang-orang tertentu, dan menjangkau seseorang di perusahaan secara langsung melalui Org Chart.

Fitur ini akan mempermudah suatu tim untuk berhubungan dengan satu sama lain secara profesional dalam Workplace.

Seorang karyawan juga dapat menggunakan Org Chart untuk memastikan seseorang dalam tim mengetahui bagaimana berkomunikasi dengan kawan-kawannya.

5. Siaran Video Langsung

Semenjak Pandemi Covid-19 memasuki Indonesia, kinerja perusahaan mulai terganggu. Banyak perusahaan yang merumahkan karyawan dikarenakan mengikuti aturan pemerintah untuk bekerja di rumah saja.

Agar pekerjaan tetap berjalan lancar, dokumen bisa diperiksa, bahkan dapat melakukan meeting saat dibutuhkan, sebuah instansi atau perusahaan memutuskan untuk memanfaatkan fitur Siaran Video Langsung by Workplace.

Fitur ini memungkinkan seseorang untuk melakukan siaran video formal dengan para kolega sebagai seorang viewer. Tidak hanya melihat siaran video langsung yang sedang dilakukan, kolega pun juga bisa mengirimkan komentar sebagai sebuah feedback.

6. Translate Otomatis

Untuk yang bekerja di sebuah perusahaan international, tentunya membutuhkan kemampuan bahasa yang baik. Sayangnya tidak semua karyawan memiliki kemampuan bahasa yang baik.

Workplace adalah software yang dapat mengatasi masalah tersebut. Seseorang bisa memanfaatkan fitur Translate otomatis yang terdapat dalam Workplace. Bahasa yang tersedia di kamus online Workplace cukup banyak hingga 46 bahasa.

7. Mesin Pencarian Profil

Sama seperti Facebook, seseorang pun bisa menambah pertemanan untuk menambah wawasan. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk menemukan kolega atau pertemanan yang diinginkan dengan cepat dan mudah.

Cukup tulis nama kolega, kemudian Workplace akan bekerja untuk menemukan profil mereka.

8. Multi-Company Groups

Multicompany groups, merupakan sebuah sebuah fitur yang digunakan untuk menghubungkan karyawan dalam sebuah perusahaan di berbagai divisi.

Fitur ini juga dapat dipergunakan sebagai ruang oleh para karyawan dari berbagai perusahaan yang berbeda sehingga mereka dapat berkolaborasi lebih baik ketika mengerjakan suatu proyek.

Anggota dari multi-company group tidak dapat melihat konten apapun dari komunitas Workplace perusahaan lain, tetapi seluruh informasi yang dibagikan dalam sebuah multi-company group dapat dilihat oleh anggota grup, termasuk member dari perusahaan-perusahaan lain.

Selain fitur-fitur yang dipaparkan sebelumnya, perusahaan yang menggunakan Workplace by Facebook akan mendapatkan fitur khusus, sebagai contoh, dashboard dengan analisis (sebagai contoh, analisis data pengguna aktif), integration, single sign on, juga beragam sistem lainnya yang memudahkan tim IT di sebuah perusahaan.

Namun, juga terdapat fitur-fitur lainnya seperti yang dimiliki oleh Facebook biasa, seperti News Feed, Messengers, Reactions, Search dan Trending Post.

Fitur Lainnya

workplace-adalah-1

Workplace adalah bagian dari Facebook yang mampu membuat para karyawan penggunanya meng-akses G Suite dan Azure pula.

Sebagaimana yang diketahui G Suite atau Google Suite adalah paket layanan berbasis Cloud milik Google yang membuat seseorang dapat bekerja sama secara online, menyediakan berbagai macam layanan, mulai dari video conference, kolaborasi dokumen secara real-time, sosial media, dan sebagainya.

Sementara Azure sendiri merupakan program milik Microsoft, yang merupakan rangkaian layanan Cloud Computing yang terus berkembang untuk membantu sebuah organisasi dalam menghadapi sebuah tantangan bisnis.

Selain itu, Workplace adalah aplikasi yang membuat seseorang dapat mendapatkan emailless workers on board dengan menggunakan Access Codes.

Mengutamakan safety dengan menggunakan Single Sign-On dan Access Controls.

Tentunya Workplace merupakan pilihan yang tepat untuk bermaslahat bersama sesama kerabat Anda di kantor, sekaligus bekerja secara lebih efisien.

Workplace Insight: Sebuah Cara Baru untuk Memahami Perusahaan Anda

Workplace Insight membantu seseorang (entah itu manager, pemillik perusahaan, Workplace Admins, atau jabatan-jabatan lainnya) menemukan bagaimana orang-orang menggunakan Workplace. Orang-orang penting tersebut dapat menggali data dan meng-explore cara baru untuk menghubungkan orang-orang dalam organisasi Anda.

Employee Insight Berada di Ujung Jari Anda

Workplace Insight adalah section baru dari Workplace Admin Panel yang memberi suatu organisasi alat-alat yang dibutuhkan untuk meng-track dan mengukur penggunaan Workplace.

Seseorang dapat menggunakan Workplace Insight untuk memantau perasaan karyawan (employee sentiment), trends dalam suatu grup-grup, views, post-level acitivity, engagement dalam suatu employee communication,  dan sebagainya.

Workplace Admins sekarang dapat mengakses lima tabs yang berbeda untuk meng-explore dashboard dan memvisualkan data dalam hal cara-cara orang-orang menggunakan Workplace dalam organisasi mereka.

Lima tabs tersebut diantaranya adalah People, Content, Groups, Posts, dan Connections.

Artikel terkait  Peluncuran Aplikasi Go-Resto dan Berbagai Macam Kelebihannya

Peningkatan Konektivitas di Perusahaan

Wawasan mengenai karyawan (Employee Insight) dapat membawa keuntungan berlipat ganda untuk business leader di seluruh bagian-bagian dari sebuah organisasi. Komunikasi profesional dapat menggunakan  employee sentiment trends untuk memperbaiki cara mereka memberikan pesan.

HR team dapat memvisualkan engagement metrics di banyak waktu untuk menumbuhkan dan mengembangkan company culture alias budaya di perusahaan. Dan IT leader dapat menggunakan analytics untuk meng-track se-aktif apa populasi mereka di Workplace dan mengkreasikan strategi-strategi untuk memperbaiki adoption.

Berdasarkan pemaparan-pemaparan tersebut, orang-orang penting dalam perusahaan menggunakan Workplace Insight untuk memahami orang-orang dalam organisasi-nya, dengan begitu mereka dapat memperbaiki cara mereka memperbaiki pesan kepada orang-orang dalam organisasi atau perusahaan, sekaligus memperkuat company culture, mengembangkan konten yang dapat membuat connection di antara orang-orang dalam suatu organisasi atau perusahaan tetap bergema.

Pada intinya keberadaan Workplace adalah untuk memperkuat rasa keterhubungan satu sama lain, dibawah suatu organisasi atau perusahaan.

Total Economy Impact dari Workplace Facebook oleh Forrester Consulting

Ketika sebuah organisasi dihubungkan dengan Workplace, orang-orang menjadi bertambah dekat, teamwork lebih cepat dan culture menjadi lebih kuat.

Berdasarkan Forrester Study, dengan berdasarkan 226 survey responses dan 19 interviews dengan Workplace customers, menunjukkan tangible benefits (keuntungan yang terlihat) yang dibawa oleh konektivitas (antara orang-orang di perusahaan atau organisasi dengan Workplace) ini kepada seluruh orang, mulai dari frontline worker hingga management team.

  • 9 x ROI lebih dari 3 tahun
  • 10% peningkatan pendapatan per customer
  • 34% peningkatan dalam hal kecepatan pemberitahuan company update kepada frontline workers
  • 25% penurunan dalam hal leadership communication cost

Tentunya hal ini merupakan sebuah keuntungan bisnis yang nyata untuk sebuah organisasi atau perusahaan.

Mengurangi biaya dan waktu.

Meningkatkan efisiensi.

Memungkinkan karyawan untuk bekerja sama lebih baik lagi.

Tentunya Workplace adalah lebih dari sebuah tool untuk internal communication.

Artikel terkait  Situs Jual Beli Online & Tips Aman Belanja Online

Workplace Facebook: Premium & Standard

Workplace Premium menyediakan akses untuk integrasi dan enterprise-level features lainnya, termasuk single sign-on, API’s dan IT monitoring tools.

Free standard level tidak memiliki fitur-fitur ini, tetapi memiliki productivitiy features seperti, video chat, mobile app, instant messaging, unlimited file storage space, dekstop notifications (Windows only), dan integrasi dengan file storage services seperti Google Drive Lacks.

Saat Anda memutuskan untuk memilih Workplace Premium, Anda akan menerima sembilan puluh hari free trial period. Setelah free trial period, biaya Workplace Premium dapat dibebankan.

Perusahaan yang memutuskan untuk memulai Premium Account, dapat sign up sekarang!

Perusahaan seperti Starbucks, Campbell’s dan Hootsuite sudah menggunakannya!

Apabila Anda tertarik untuk memulai Workplace, Anda dapat langsung memulainya dengan meng-set-up Workplace account, dengan mengunjungi https://www.facebook.com/workplace.

Setelah melakukan signing up Anda akan didorong untuk meng-set-up sebuah preview profile dan invite coworkers. Dalam hal ini, sangat sama dengan regular Facebook.

Terdapat juga Workplace by Facebook mobile app yang tersedia, baik untuk iOS dan Android mobile devices. Dapat ditemukan di iTunes dan Google Play.

Demikian informasi mengenai Workplace Facebook, yang tentunya dapat Anda jadikan sarana bagi tim Anda untuk berkomunikasi secara internal, dan yang pastinya lebih efektif dari sekedar menggunakan e-mail belaka.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internal : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Dalam dunia bisnis, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus mengetahui dan mengerti mengenai strategi pemasaran. Dengan demikian, setiap pihak...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya