Media Bisnis Online | by APPKEY

Bisnis Online Service Strategi Terbaik Amazon untuk Bisnis Online Anda! Temukan Inspirasi...

Strategi Terbaik Amazon untuk Bisnis Online Anda! Temukan Inspirasi Terbaik untuk Bisnis Online-Mu Disini!

-

Siapa yang tidak kenal Amazon, sebuah toko online biasa yang sekarang sudah menjadi perusahaan e-commerce terbesar. Tentunya ada banyak kisah-kisah inspiratif menantang yang dapat Anda petik dari Jeff Bezos, sang pemilik Amazon.

Meskipun sudah berkembang menjadi perusahaan di bidang bisnis e-commerce terbesar, yang lebih berfokus pada penjualan online dan tak banyak memiliki cabang, tentunya ada beberapa langkah Amazon yang dapat Anda petik hikmahnya sekaligus dijadikan inspirasi untuk diterapkan kepada bisnis online Anda.

Bagaimanapun juga Amazon pernah hanya menjadi bisnis online biasa.

Bagaimana kisahnya?

Yuk, sama-sama kita cermati!

Apa itu Amazon?

amazon-1

Amazon mungkin hanyalah sebuah nama, sama seperti nama-nama lainnya, seperti ‘nonstop’, ‘cadabra’, ataupun ‘without stopping’, namun sebenarnya ini adalah kerja keras seorang Jeff Bezos.

Awalnya Amazon hanyalah sebuah online bookstore biasa, yang pada awalnya hanya menjual buku secara online, kini berkembang menjual berbagai macam barang, seperti, video download, furniture, makanan, gadget, mainan, dan sebagainya.

Mengapa Jeff memilih untuk menjual buku, pada awalnya?

Dengan penuh perhitungan tentunya. Jeff membuat daftar barang-barang yang ingin ia jual dan buku merupakan pilihan utamanya. Ia ingin memulainya dengan berjualan buku dan menguasai kategori tersebut secara online.

Juli 1995, Jeff memulai perusahaannya sebagai toko buku online. Dua bulan pertama Jeff berhasil menjual buku ke seluruh negara bagian dan lebih dari 45 negara di luar Amerika Serikat, dan menghasilkan US$ 20.000 per minggu.

Setelah sepuluh tahun lebih, barulah Jeff menuai kesuksesan bertubi-tubi.

Tidak ada yang menyangka, 26 tahun kemudian ia berhasil menjadi orang terkaya di dunia, versi majalah terkemuka Forbes, sebagai The World’s Billionaire, dengan kekayaan sekitar US$113 milliar, melampaui Bill Gates sebagai pemilik Microsoft, Bernard Arnault dan family, juga Warren Buffet yang hanya memiliki kekayaan US$67,5 milliar.

Atas kekayaannya tersebut, tentunya tidak ada salahnya, kita mengintip apa saja, sih, prinsip Mr. Jeff untuk toko online-nya, tentunya sebagai sumber inspirasi untuk diterapkan pada toko online kita sendiri.

Yuk, simak ulasannya!

1. Pahami Satu Area Dulu!

Mr. Jeff pada awalnya membuat banyak daftar barang yang akan ia jual, karena ia ingin menjual barang-barang itu secara online. Namun ia penuh perhitungan, buku merupakan pilihan utamanya, ia ingin memulai berjualan buku dan menguasai hal tersebut secara online.

Hal ini disebabkan buku bisa didapatkan dari mana saja pada tahun 1994 dan lagi hanya ada dua penerbit besar di Amerika Serikat. Apalagi terdapat banyak permintaan literatur di seluruh dunia yang besar dan harga buku saat itu termasuk rendah.

Apa yang dapat dipetik dari hal ini?

Selalu kuasai apa yang ingin Anda lakukan, dalam hal ini, bisnis online, pahami seluruh seluk beluk yang dibutuhkan untuk bisnis online Anda, mulai dari produk, kesempatan yang ada, dan mengapa Anda ingin melakukan itu. Pada umumnya jika Anda sangat menginginkan untuk melakukan sesuatu, Anda pasti akan merasa termotivasi untuk melakukannya.

Artikel terkait  Apa itu Indotrading? Definisi, Service dan Pedoman Menggunakan Terlengkap

2.  Pikirkan Segala Sesuatu untuk Jangka Panjang

Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa dalam berbisnis Anda akan selalu dihadapkan pada berbagai pilihan. Namun, Mr. Jeff bukan tipe orang yang cenderung impulsif, sebagian besar keputusannya didasarkan pada analisa matang sekaligus kesabaran demi menuai hasil di masa yang akan datang.

Sudah bukan rahasia umum lagi, banyak keputusan Jeff yang danggap tidak strategis oleh media, rekan bisnis, bahkan investor. Namun Jeff tidak terlalu memperdulikannya.

Ia mempelajari satu hal penting, kalau Anda ingin sukses di suatu bidang tertentu, Anda harus memiliki niat untuk dapat bertahan di bidang tersebut dalam jangka waktu lama.

Mungkin karena prinsip-nya itulah, Jeff akhirnya bisa menjadi orang terkaya di dunia.

3. Customer Experience adalah Segalanya!

Sebagai orang kaya terkaya di dunia pada tahun 2018, versi data Forbes, Jeff memiliki resep unik berkaitan dengan customer. Ia akan lebih memilih untuk memuaskan pelanggan dibandingkan menyingkirkan pesaingnya.

Meskipun begitu, ia tidak melulu menjadikan customer sebagai hal utama yang harus diperhatikan, tetapi ia juga memperhatikan karyawannya. Ia berpendapat bahwa cara Anda memperlakukan karyawan sama seperti cara Anda memperlakukan pelanggan. Artinya, hal itu sama pentingnya.

4. Low Margin pun Tetap Menguntungkan!

Sudah bukan rahasia umum juga, banyak pebisnis yang ingin mengecap kesuksesan dan keuntungan besar, oleh karena itu, mereka lebih suka berbisnis yang memberikan margin atau keuntungan besar. Tapi Jeff tidak berpikir begitu, menurutnya keuntungan berapapun bisa menjadi kesempatan bisnis.

Ia justru menerima keuntungan kecil dengan tangan terbuka. Harga yang rendah akan membuat customer berpaling pada Anda meskipun keuntungannya kecil. Pada umumnya, sudah bukan rahasia umum lagi, mereka lebih senang membayar lebih murah untuk barang yang berkualitas bagus, dan hal ini pula yang akan memenangkan Anda dari saingan bisnis.

5. Bottle Neck?? No!

Time is money, karena itu kondisi bottle neck adalah haram hukumnya, sebab kondisi ini merupakan ganjalan bagi para pemain bisnis.

Apa yang dimaksud dengan kondisi bottle neck?

Kondisi bottle neck adalah suatu kondisi dimana terdapat hambatan pada suatu area yang membuat proses kerja berjalan lambat, layaknya sebuah leher botol yang menyempit. Sebagai contoh, Anda memiliki ribuan karyawan namun teknologi Anda berjalan lambat, tentunya ini sangat mengganggu, bukan?

Di Amazon, hal ini tidak pernah terjadi!

Lalu, strategi jitu apa saja, sih, yang sudah Jeff Bezos lakukan untuk Amazon, dengan berdasarkan prinsip-prinsip tersebut?

Berdasarkan Prinsip Tersebut, Apa yang Jeff Lakukan pada Amazon?

amazon-2

1. Perbandingan Produk

Dalam suatu marketplace¸ tidak sedikit pelanggan yang tidak melakukan pembelian secara langsung. Mereka pasti akan membandingkan dua atau lebih produk. Perbandingan ini mencakup harga, kualitas juga merk-nya.

Sepertinya Amazon sangat memahami hal ini!

Sebagai contoh, produk yang paling sering dicari perbandingannya adalah smartphone. Untuk memudahkan hal ini, Amazon membuat sebuah fitur dimana customer dapat membandingkan beberapa produk sekaligus. Dengan fitur ini, Amazon berhasil mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian, meskipun niat awal mereka hanyalah membandingkan produk saja.

Dan pada akhirnya strategi jitu yang satu ini banyak digunakan oleh e-commerce lainnya. Luar biasa, bukan?

2. Free Shipping

Ongkos kirim alias freight charge adalah salah satu faktor yang menyebabkan pelanggan batal melakukan pembelian suatu produk.

Namun, Amazon memiliki solusi untuk hal tersebut!

Terdapat dua strategi jitu yang diterapkan, yaitu ongkos kirim gratis dan Amazon Prime.

Opsi pertama, ongkos kirim gratis, merupakan kebijakan Amazon dimana ia membebaskan biaya kirim kepada seluruh pembeli yang melakukan transaksi pembelian diatas 25 dollar, dengan tidak ada batasan jarak dan wilayah.

Amazon memanfaatkan kedatangan produk yang bisa jadi sangat lama mencapai delapan hari.

Bagi customer yang membutuhkan suatu produk tetapi tidak bersifat genting bisa memanfaatkan layanan ini.

Opsi kedua adalah Amazon Prime, suatu layanan berbayar dimana pelanggan Amazon mendapatkan beberapa keistimewaan, dan untuk mendapatkannya pelanggan Amazon hanya perlu membayar US$99 saja.

Biaya sebesar ini akan menutupi ongkos kirim selama setahun penuh dan lagi estimasi kedatangan produk kurang dari tiga hari.

Dua layanan itu merupakan contoh bahwa Amazon sangat memahami pelanggannya dan hambatan yang dirasakan pelanggan dalam membeli suatu barang.

3. E-mail Marketing

Strategi pemasaran Amazon yang dapat Anda terapkan pada bisnis online adalah penerapan e-mail marketing.

Banyak pengguna Amazon yang batal melakukan pembelian padahal sudah sampai ke tahap transaksi, untuk itu Amazon menyiasati-nya dengan   menggunakan strategi jitu e-mail marketing.

Cara kerja e-mail marketing Amazon adalah jika ada pengguna Amazon yang telah mendaftarkan diri sebagai pelanggan, maka mereka akan mendapatkan e-mail marketing yang berisikan informasi mengenai produk-produk tertentu. Konten e-mail marketing yang dikirimkan, tentunya berdasarkan minat pengguna atau produk yang hampir dibeli sebelumnya.

Dengan begitu pelanggan tersebut dapat memahami produk sebelum membelinya.

Tiga strategi jitu sebelumnya membuktikan bahwa Amazon begitu memahami pelanggannya, yang membuktikan bahwa pemilik Amazon sangat memahami kesukaran pelanggannya.

4. FOMO alias Fear of Missing Out

Strategi jitu pemasaran Amazon yang pertama adalah FOMO atau Fear of Missing Out, atau biasa dikenal juga dengan perasaan takut ketinggalan.

Amazon memahami sekali arti kelangkaan produk, kelangkaan produk adalah salah satu cara terbaik untuk menarik pelanggannya, dan Amazon menerapkannya dengan cara membatasi produk yang dijual. Atau dengan kata lain Amazon menggunakan strategi limitasi atau pembatasan produk di setiap katalog online yang mereka miliki.

Trik tersebut sangat ampuh untuk membuat orang membeli produk tanpa harus berpikir lama. Banyak orang yang cenderung takut kehilangan sesuatu yang sedang trend dan dalam dunia psikologi marketing pelanggan akan langsung membayar dikarenakan merasa takut ketinggalan. Jadi lebih baik mengeluarkan uang banyak daripada tidak pernah merasakannya sama sekali.

Ini merupakan strategi jitu yang diterapkan Jeff berdasarkan prinsip bahwa ia harus memiliki niat untuk bertahan di bidang yang ia inginkan apabila ia ingin sukses di bidang yang digelutinya dalam jangka waktu lama.

Oleh karena itu, ia harus mampu mempertahankan bisnisnya dengan menjual produk sebanyak mungkin, dengan strategi se-jitu mungkin. Semakin banyak ia menjual produk dengan strategi se-bagus mungkin, semakin ia dapat mempertahankan bisnisnya.

Artikel terkait  Cara Membuat WhatsApp Bisnis dengan Mudah

5. Customer Service Interactive, Mayday

Jeff Bezos adalah orang yang sangat mengutamakan kepuasan pelanggan. Ia menciptakan strategi jitu yang satu ini demi memuaskan pelanggannya. Sebuah terobosan khusus pelanggan Amazon bernama Mayday, dimana pelanggan mereka akan langsung terhubung dengan customer support Amazon secara live video.

Berbeda sekali dengan strategi jitu lainnya, dimana jika pelanggan mengalami kendala akan langsung melapor via forum, FAQ, dan sebagainya. Namun, respon yang didapatkan akan lama dikarenakan banyaknya orang yang menggunakan fitur tersebut.

Ada banyak sekali hal yang dilakukan Jeff terkait kepuasan pelanggannya. Atas usahanya tersebut tidak heran jika Amazon menjadi salah satu perusahaan dengan bisnis e-commerce yang berhasil memberikan pelayanan customer yang baik sekaligus konsisten kepada pelanggannya. Dan hal ini terjadi sejak pertama kali perusahaan ini didirikan.

Di tahun 2018, Amazon mendapatkan penghargaan pelayanan kepuasan pelanggan terbaik, juga perusahaan retail terbaik oleh Global Data.

Hal ini adalah bukti bahwa Jeff merupakan orang yang berusaha untuk selalu memahami pelanggannya.

6. Amazon Go!

Amazon dikenal sebagai perusahaan teknologi terbesar ke dua di dunia, banyak sekali teknologi yang digunakan oleh Amazon, dan salah satunya yang bisa kita cermati adalah Amazon Go, sebuah toko yang menggunakan kamera sekaligus sensor untuk mendeteksi barang-barang yang diambil oleh pembeli dari rak-rak dan secara otomatis akan masuk ke akun Amazon yang dimiliki oleh si pembeli.

Di toko tersebut, pelanggan memindai aplikasi Amazon Go mereka saat akan masuk, dan diharuskan memasang aplikasi Amazon Go di smartphone mereka dan akun Amazon tertaut agar dapat masuk. Teknologi ini dimaksudkan untuk menghilangkan kebutuhan pada jalur check out.

Banyak sekali teknologi yang diciptakan oleh Amazon demi mempermudah pekerjaan-pekerjaan di Amazon, dan itu merupakan bukti prinsip bahwa Jeff menghindari kondisi bottle neck.

From Zero to Hero…

Jeff memulai bisnis dari hanya sebuah toko online biasa di garasi rumahnya, hingga 26 tahun kemudian ia baru mendapatkan kejayaan, menjadi The Most Billionaire di dunia.

Ada satu hal yang menarik dari seorang Jeff, ia memiliki alamat e-mail yang dapat dihubungi oleh pelanggannya. E-mail-e-mail ini sebagian besar merupakan keluhan-keluhan pelanggan, meskipun ia tidak membalasnya, ia membacanya, bahkan meneruskannya kepada pihak eksekutif bersangkutan dengan disertai tanda tanya. Kemudian para eksekutif itu meneruskan e-mail tersebut pada para manajer untuk diinvestigasi.

Bagi para karyawan Amazon, mendapatkan e-mail ber-satu karakter ini adalah hal yang umum di perusahaan ini, tetapi sebenarnya mereka panik, karena mereka tahu bahwa mereka sedang mendapat teguran dikarenakan ada pelanggan yang mengeluh atas pelayanan Amazon.

Strategi jitu yang satu dikarenakan Jeff ingin dekat pelanggannya, dan terkadang melalui kedekatan ini ia mendapatkan ide untuk Amazon demi mengembangkan pelanggannya.

Seperti yang selalu ia katakan, apabila Anda selalu terobsesi dengan pesaing, Anda akan selalu termotivasi bila Anda berada di garis depan, tetapi jika Anda lebih memilih customer, tidak perduli seberapa jauh Anda di depan pesaing, Anda tetap berada di pelanggan.

Demikian informasi mengenai Amazon beserta prinsip-prinsip yang mendasarinya. Tidak ada salahnya untuk mengambil inspirasi, baik itu mengenai bagaimana cara Jeff berpikir, hingga strategi-strategi pemasarannya untuk diterapkan pada bisnis online Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya