Media Bisnis Online | by APPKEY

Bisnis Online Service Mengintip Strategi Bisnis "Mira Beauty" yang Memaksimalkan Loyalitas Konsumen...

Mengintip Strategi Bisnis “Mira Beauty” yang Memaksimalkan Loyalitas Konsumen dengan Bot Asisten

-

Kehadiran e-commerce mempermudah kita dalam membeli produk apapun secara online, termasuk skincare. Namun sayangnya, ada banyak kendala saat membeli skincare online. Seperti tertipu produk dan review palsu atau tidak tahu cara memilih skincare yang paling pas dengan masalah kulit.

Seringnya konsumen mengalami dua masalah di atas pun berbuah melahirkan inovasi bisnis unik. Bisnis skincare online asal San Fransisco, “Mira Beauty” menghadirkan layanan bot online pintar untuk membantu melayani kebutuhan pengunjung e-commerce.

Tidak seperti chatbot biasa, bot asisten kecantikan Mira Beauty bisa membantu memilihkan produk skincare terbaik untuk setiap pembeli. Ia juga bisa memilah review skincare palsu untuk menghindarkan konsumen dari penipuan produk abal-abal.

Seperti apa manfaat bot untuk meningkatkan layanan bisnis kecantikan online? Nah, artikel kali ini akan mengupas lengkap manfaat bot pintar untuk bisnis kecantikan online yang belum banyak digunakan di Indonesia. Yuk kita simak pembahasan lengkapnya bersama-sama!

Inovasi Robot Asisten untuk Manjakan Konsumen di E-Commerce

bot-skincare-1

Pernahkah Anda mendengar istilah bot sebelumya? Di Indonesia, pemakaian bot untuk bisnis masih terbatas untuk membalas pesan konsumen. Namun di luar negeri, pemakaian bot adalah inovasi bisnis pintar yang menjadikan usaha lebih maju dan modern.

Contohnya adalah bisnis skincare online bernama Mira Beauty. Berawal dari banyaknya review produk kecantikan palsu di internet, dua pendiri Mira Beauty yaitu Brandon Garcia dan Jay Hack berusaha mencari cara untuk mengatasinya. Dua mahasiswa ilmu komputer di Standford ini akhirnya menemukan sistem bot pintar yang memahami dunia kecantikan.

Apa Itu Bot?

Bot adalah singkatan dari “robot internet”. Sejatinya bot adalah program komputer khusus yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan tersendiri. Jadi, sebuah bot bisa melakukan banyak hal. Seperti memahami ucapan, memproses dan membalas percakapan, hingga memberi jawaban sesuai permintaan konsumen.

Namun di luar negeri, teknologi bot dikembangkan sedemikian rupa supaya bisa benar-benar melayani konsumen secara mandiri. Seperti di bisnis kecantikan online Mira Beauty. Meskipun transaksi berlangsung di website, setiap konsumen tetap akan dilayani dengan baik oleh sebuah bot online.

Di Mira Beauty, kegunaan bot adalah untuk memberikan saran produk skincare terbaik dan terpersonalisasi dengan kebutuhan setiap pembeli. Ini dikarenakan kedua pendiri Mira Beauty sama-sama menyadari bahwa selama ini banyak orang kesulitan mencari tahu skincare terbaik untuk kondisi kulit masing-masing.

Dengan adanya inovasi bisnis bot online, siapapun bisa mendapatkan rekomendasi skincare atau make up yang paling sesuai dengan kondisi kulit masing-masing. Konsultasi dilakukan semudah chatting dengan bot dan menjawab sejumlah pertanyaan.

Nantinya, bot akan memberi rekomendasi produk-produk yang bisa Anda coba. Jadi Anda tidak perlu repot membaca banyak review sendiri atau meraba-raba kualitas produk.

Selain itu, sistem bot di Mira Beauty bisa memilah seluruh review sebuah produk dalam hitungan detik. Alhasil, calon konsumen hanya akan mendapatkan review asli dari para influencer kecantikan maupun dokter. Canggih sekali, bukan? Anda bisa menggunakan layanan Mira Beauty langsung di website mereka: www.mirabeauty.com.

Artikel terkait  Panduan Lengkap Tentang Digital Marketing | Manfaatkan Sosial Media Anda Untuk Menarik Pelanggan

7 Keuntungan Memakai Bot untuk Bisnis Skincare Online Anda

bisnis-skincare-online

Anda sudah melihat seperti apa pemanfaatan bot untuk bisnis skincare online Mira Beauty. Namun tahukah Anda, bahwa inovasi bisnis bot ini bisa mendatangkan 7 keuntungan baru bagi bisnis?

Menghadirkan layanan virtual dengan bot bisa menjadi inovasi bisnis baru untuk mengungguli kompetitor. Mengingat pemakaian bot untuk bisnis online di Indonesia masih jarang dan terbatas, maka dijamin bisnis Anda akan cepat terkenal kalau bisa menghadirkan pelayanan maksimal di e-commerce dengan bot.

Berikut ini adalah 7 keuntungan dari memakai bot untuk melayani konsumen di e-commerce seperti yang dilakukan Mira Beauty:

1. Bisa Membantu Semua Kebutuhan Konsumen

Bot adalah pemberi solusi pintar sekaligus terpersonalisasi untuk setiap konsumen di e-commerce Anda. Berbekalkan kecerdasan komputer buatan yang ia punya, sistem bot dapat dengan mudah menjawab semua pertanyaan ataupun permintaan calon pembeli.

Apalagi menurut hasil studi, terbukti lebih dari 65% calon konsumen akan berpaling ke bisnis online lain jika Anda tidak mampu dengan sigap melayani mereka seperti membalas pertanyaan chat. Hal ini akan menjadi kendala kalau e-commerce Anda masih beroperasi manual memakai tenaga manusia yang tidak bisa online 24 jam penuh.

Dengan sistem bot, pertanyaan konsumen akan selalu terjawab selama 24 jam. Jika Anda memiliki sumber daya IT yang bagus, Anda bisa mengembangkan sistem bot pintar sebagai asisten personal konsumen selayaknya pada Mira Beauty. Bot asisten personal dapat diarahkan selayaknya pramuniaga yang membantu konsumen mulai dari menemukan produk hingga pembayaran atau proses check-out.

2. Memaksimalkan Lead E-Commerce

Manfaat bot selanjutnya adalah untuk memaksimalkan lead di web e-commece Anda. Lead adalah cara menghasilkan konversi atau keuntungan dari setiap orang yang mendatangi website bisnis Anda. Memaksimalkan lead adalah hal penting karena dari sinilah pengunjung website bisa memberi keuntungan uang untuk bisnis Anda.

Anda bisa memanfaatkan bot untuk mengumpulkan data-data penting pengunjung website. Misalnya nomor telepon atau alamat e-mail mereka. Selain itu, Anda juga bisa lebih mudah memetakan produk yang populer dan yang kurang diminati konsumen dengan bantuan bot.

Kesimpulannya, data-data di atas bisa mempermudah Anda untuk mengetahui pengunjung website yang berpotensi sebagai pembeli. Selanjutnya Anda cukup menawarkan rekomendasi produk atau voucher diskon supaya calon pembeli potensial itu sungguh-sungguh berbelanja.

3. Mengungguli Persaingan Bisnis di Masyarakat

Inovasi bisnis bot online bisa mempermudah usaha Anda dalam mengungguli persaingan bisnis. Pasalnya, bot dapat meningkatkan nilai bisnis di mata masyarakat.

Layanan yang praktis, cekatan dan akurat dari bot bisa meningkatkan kepuasan pelanggan secara signifikan. Semisal dengan bot, konsumen tidak perlu menunggu lama untuk mendapat jawaban atas pertanyaan atau komplain. Mereka juga bisa mendapat pelayanan selama 24 jam penuh kapanpun di manapun.

Semakin banyak konsumen yang puas dilayani di e-commerce Anda, maka akan semakin besar pula keuntungan yang Anda dapat. Otomatis, nama bisnis Anda akan jauh lebih terkenal di masyarakat mengungguli kompetitor yang lain.

4. Menjadi Alat Bantu Marketing

bisnis-skincare-online-2

Selain memanjakan pengunjung e-commerce, bot juga bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu marketing baru, lho! Anda bisa memprogram bot yang terpasang di website atau aplikasi bisnis untuk menyambut konsumen, memberikan voucher diskon, dan merekomendasikan produk-produk terbaik sesuai situasi, kondisi dan selera konsumen.

Semisal pada Mira Beauty yang sistem bot-nya bisa menyarankan produk skincare dan make-up sesuai kondisi kulit konsumen. Di industri yang berbeda seperti fashion, brand baju ternama internasional H&M juga menggunakan sistem bot di website dan aplikasinya. Bot milik H&M bisa merekomendasikan baju yang cocok dengan style, usia, ukuran tubuh dan gender dari calon konsumen. Sangat canggih, ya!

5. Lebih Murah Biaya

Salah satu alasan mengapa perusahaan tertarik menggunakan bot karena lebih murah biaya. Bahkan ketika dibandingkan dengan promosi di media sosial atau iklan online pun, pemakaian bot jauh lebih hemat biaya dan simpel.

Sebuah perusahaan yang menggunakan bot untuk pelayanan konsumen terbukti bisa menghemat budget pengeluaran hingga 30%. Angka yang cukup besar, bukan? Nantinya, budget tersebut dapat Anda alihkan untuk mendukung biaya operasional lainnya.

Anda juga bisa menekan budget admin sosial media dan customer service karena pekerjaan tersebut sudah bisa teratasi dengan bot online. Sistem bot tidak akan kewalahan meski harus menangani ratusan atau ribuan konsumen sekaligus. Jadi, Anda tidak perlu lagi mempekerjakan atau menggaji banyak karyawan customer service dan admin biasa untuk melayani konsumen.

Artikel terkait  Daftar Toko Online Terpercaya | Yuk Buat Website Toko Online Anda

6. Memuluskan Strategi Brand Engagement

Manfaat bot selanjutnya yakni dapat memuluskan strategi brand engagement Anda. Yang dimaksud dengan brand engagement adalah pendekatan dan interaksi dari bisnis dengan masyarakat.

Semisal bisnis film internasional Disney yang sering melakukan interaksi dan pendekatan dengan masyarakat melalui maskot khasnya, “Mickey Mouse”. Alhasil, masyarakat sangat mengenal apa saja film-film dan layanan nonton dari Disney.

Anda bisa membangun citra bisnis di masyarakat seperti Disney dengan mudah menggunakan bot! Cukup bentuk tampilan bot agar menyerupai ikon maskot bisnis Anda. Jadi ketika bot menyapa calon konsumen di kolom chat, maka yang dilihat oleh konsumen adalah ikon maskot bisnis Anda yang khas.

Cara ini dapat menjadi strategi pendekatan yang khas dan unik. Lama-kelamaan, masyarakat akan lebih mudah mengingat toko Anda karena mereka sudah mengenal ikon maskot brand. Pun jika masyarakat sudah puas dan betah dengan pelayanan di brand Anda, bukan tidak mungkin untuk mereka bertahan sebagai konsumen setia.

7. Meningkatkan Angka Penjualan dan Reputasi Bisnis

Layanan bot bisa meningkatkan angka penjualan sekaligus reputasi bisnis secara bersamaan. Hal ini dikarenakan tingginya kualitas pelayanan konsumen yang diberikan sehingga ada banyak konsumen yang puas. Pun semakin bagus reputasi sebuah toko, maka jumlah pembeli baru akan bertambah dari waktu ke waktu.

Selain menghemat biaya gaji karyawan, terdapat pula studi yang membuktikan bahwa pemanfaatan bot untuk bisnis online bisa mendatangkan hasil investasi hingga 305%. Meskipun pemakaian bot untuk toko online di Indonesia saat ini masih belum begitu luas, namun bukan tak mungkin teknologi bot di masa yang akan datang akan diaplikasikan di mana-mana.

Mengingat manfaat bot yang begitu beragam, jelas pemakaian bot adalah bentuk investasi jangka panjang yang menjanjikan.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar manfaat bot untuk bisnis online Anda! Intinya, bot dapat digunakan untuk bisnis apapun. Mulai dari bisnis skincare hingga fashion, teknologi, kuliner, pendidikan dan seterusnya. Anda hanya harus jeli melihat peluang inovasi dengan teknologi agar bisa meraih keuntungan bisnis yang maksimal.

Terima kasih sudah mengikuti sampai di sini. Nantikan lebih banyak pembahasan menarik maupun inspirasi baru seputar dunia bisnis online hanya dari Markey. Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya