Media Bisnis Online | by APPKEY

Blog Bisnis Kepuasan Pelanggan | Pengertian dan Indikator

Kepuasan Pelanggan | Pengertian dan Indikator

-

Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan saat memutuskan membuka usaha agar Anda dapat menjadi pengusaha handal. Salah satunya yang akan kita bahas saat ini adalah kepuasan pelanggan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena secara tidak langsung maupun langsung, sangat berdampak pada perkembangan bisnis Anda. Apakah yang dimaksud kepuasan pelanggan? Apa saja indikatornya? Yuk simak pembahasan dibawah ini, ikuti sampai akhir ya!

Apa Itu Kepuasan Pelanggan?

kepuasan-pelanggan-adalah

Kepuasan pelanggan atau disebut juga kepuasan konsumen adalah perasaan kecewa atau senang dari seseorang yang dalam hal ini konsumen yang muncul setelah ia menggunakan dan membandingkan hasil atau kinerja produk baik barang maupun jasa dari apa yang mereka harapkan atau inginkan. Sederhananya, kepuasan bagi pelanggan adalah penilain pelanggan atas produk atau jasa yang telah mereka gunakan. Dari pengertiannya, maka tentunya apabila pelanggan senang atau telah merasa puas terhadap penggunaan suatu produk, maka kemungkinan besar ia akan kembali membeli kepada Anda. Sebaliknya, jika ekspektasi pelanggan berbeda jauh dengan realita pada saat menggunakan produk, maka dapat dipastikan ia tidak akan kembali membeli produk di tempat yang sama.

Artikel terkait  Memaksimalkan Pemasaran Produk Digital dengan Teknik Fotografi yang Profesional

 

Memberikan apa yang dibutuhkan konsumen dan memberikan kepuasan kepada pelanggan merupakan apa yang diinginkan oleh setiap perusahaan. Selain sangat mempengaruhi eksistensi dan keberlangsungan perusahaan, dengan memuaskan pelanggan akan meningkatkan keunggulan perusahaan dalam persaingan bisnis.

Indikator Kepuasan Pelanggan

indikator-kepuasan-pelanggan

1. Kualitas Produk

Kualitas produk merupakan hal yang sangat berpengaruh pada indikator kepuasan bagi pelanggan terhadap suatu produk. Setiap konsumen pastinya mengharapkan kualitas produk yang baik untuk setiap pembelian. Produk yang memiliki kualitas tinggi akan memberikan nilai yang tinggi juga terhadap kepuasan bagi pelanggan.

Meski harga produk yang Anda tawarkan sedikit lebih tinggi dibandingkan pesaing, produk Anda yang berkualitas akan menutupi besarnya harga yang harus dibayarkan pelanggan. Ini akan menumbuhkan kepuasan bagi pelanggan karena nilai yang dikeluarkan sepadan. Ini menjadi alasan kuat mengapa kualitas produk sangat penting untuk mencapainya.

2. Kualitas Layanan

Kualitas produk yang baik tidak cukup untuk meningkatkan indikator kepuasan konsumen jika tidak dibarengi dengan pemberian layanan yang baik. Ketika memasuki dunia bisnis tentunya harus siap menghadapi tingkat persaingan yang tinggi, jadi tentu saja kualitas layanan sangat dipertimbangkan. Karena jika kualitas layanannya kurang baik, sudah pasti pelanggan akan mudah berpaling kepada perusahaan lain yang memberikan layanan lebih baik. Sehingga untuk mengambil hati pelanggan, berikanlah pelayanan yang lebih baik dari pesaing Anda pada produk sejenis. Jika pelayanan yang Anda berikan baik, maka tingkat kepuasan bagi pelanggan akan baik juga sehingga bisnis Anda memiliki potensi untuk berkembang pesat.

3. Harga Produk

Harga produk juga termasuk faktor yang mempengaruhi indikator kepuasan bagi pelanggan dalam memberikan penilaian. Harga yang murah tidak selalu menjadi patokan konsumen akan senang. Berikanlah harga yang pantas dan sesuai dengan kualitas produk Anda. Konsumen tidak akan keberatan membayar lebih jika kualitas produk dan layanan yang diberikan baik. Baik juga untuk melakukan penelitian terkait harga produk dari pesaing. Hitunglah dengan cermat semua biaya produksi, dan tentukan harga serta estimasi keuntungan yang wajar lalu berikan harga terbaik Anda kepada pelanggan.

Artikel terkait  Etika Adalah : Pengertian, Manfaat dan Contoh Etika Bisnis

 

4. Kemudahan dalam Mendapatkan Produk

Untuk mendapatkan sebuah produk terkadang pelanggan harus menunggu lama untuk mendapatkannya. Selain itu, sering kali untuk mendapatkan produk memerlukan proses yang rumit. Cara pelanggan mendapatkan produk ini berpengaruh pada penilaian kepuasan pelanggan. Semakin mudah produk Anda didapatkan, maka semakin tinggi tingkat kepuasan bagi pelanggan. Berlaku juga sebaliknya, jika produk Anda memerlukan usaha ekstra dari konsumen untuk mendapatkannya, maka penilaian indikator kepuasan pelanggan akan rendah.

Metode Pengukuran Indikator Kepuasan Pelanggan

pengukur-kepuasan-pelanggan

1. Metode Survei

Dengan melakukan survei, Anda dapat melakukannya dengan meminta atau memberi fasilitas konsumen untuk menjadi responden dalam survei yang dilakukan. Dari hasil wawancara dengan responden nantinya Anda akan memperoleh hasil apakah konsumen merasa puas atau tidak. Media yang dapat Anda gunakan untuk menampung keluhan maupun saran dari konsumen dapat berupa kotak saran yang dapat diletakkan di tempat strategis atau melalui media online. Dapat juga dilakukan dengan menyediakan saluran telepon bebas pulsa.

Selain Anda akan mendapat feedback berupa kritik dan saran, dengan melakukan hal ini, Anda juga telah menyediakan atau memberikan media penanganan komplain yang juga dapat menjadi indikator kepuasan pelanggan. Pelayanan dan penanganan yang tepat akan membuat konsumen merasa senang dan tidak akan berpikir untuk berhenti menggunakan produk Anda. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kualitas produk.

2. Ghost Shopping

Metode ini dilakukan dengan cara menyewa dan mempekerjakan beberapa orang untuk menjadi agen yang akan bertindak sebagai pembeli produk perusahaan Anda maupun perusahaan pesaing. Agen ini nantinya akan memberi laporan dari temuan yang didapatkan di lapangan, baik berupa kelebihan maupun kekurangan produk. Misalnya dalam hal pelayanan, apakah sudah baik atau belum. Juga laporan berupa data lapangan lainnya yang akan sangat bermanfaat untuk mengetahui indikator kepuasan pelanggan.

Selain menyewa agen, biasanya seorang manajer perusahaan melakukan sendiri pekerjaan ini, yaitu menjadi agen. Hal ini dilakukan untuk memantau bagaimana karyawannya melakukan pekerjaan, yaitu melayani konsumen. Ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki kinerja karyawan perusahaan.

3. Respon Konsumen

Perusahaan dapat mengetahuan tingkat kepuasan konsumen dengan menggunakan respon indkator konsumen yang biasanya dilakukan secara online. Dengan cara ini, informasi atau hasil yang diterima akan cukup mendetail. Misalnya, waktu pemberian respon dan tingkat pengabaian respon yang dilakukan konsumen. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, maka Anda akan mengetahui hal-hal apa saja yang perlu Anda perbaiki, terutama dalam hal komunikasi. Anda dapat mencari tahu apakah konsumen telah memahami atau belum produk dan layanan perusahaan Anda. Apalagi, komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam dunia bisnis.

4. Pengukuran Segi Volume

Dengan metode ini, Anda dapat melihat seberapa besar respon konsumen dari pesan yang Anda berikan lewat sosial media maupun pesan pribadi. Berlaku juga jika pemasaran yang Anda lakukan dengan menggunakan konten di media sosial. Perlu Anda perhatikan dan perhitungkan seberapa kuat konten bisnis Anda. Anda juga dapat mengelompokkan berbagai pertanyaan di bagian komentar media sosial, dari sini Anda dapat mengukur pertanyaan maupun pernyataan apa yang memiliki kuantitas terbesar.

5. Tingkat Sentimen Pasar

Untuk mengukur indikator dengan cara ini, Anda dapat memperhatikan feedback dari konsumen terkait produk yang Anda tawarkan. Kedua hal ini merukan acuan utama dalam bersaing di pasar online sekaligus untuk mengetahui bagaimana cara yang paling tepat untuk mengembangkan bisnis Anda.

Artikel terkait  Pekerja Keras | Contoh Bagi Kalangan Anak Milenial

Nah, itulah pembahasan terkait kepuasan pelanggan untuk Anda. Indkator kepuasan pelanggan akan suatu produk sangat mempengaruhi perkembangan bisnis. Selain mempermudah Anda mendapat dan mempertahankan pelanggan yang loyal, ini juga akan menjadi sarana informasi gratis. Ini karena pelanggan yang loyal, tidak segan akan merekomendasikan produk Anda kepada kenalannya. Oleh karena itu, sebagai pemilik usaha atau bisnis, cobalah untuk memperhatikan indikator kepuasan pelanggan di atas.

Demi mendukung peningkatan kepuasan pelanggan, Anda juga perlu melakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dengan metode di atas. Jangan lupa untuk melakukan perbaikan produk dan meningkatkan kualitas agar konsumen puas dan selalu menggunakan produk dari perusahaan Anda. Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, semoga bermanfaat!
[business-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Belakangan ini kita sering mendengar perusahaan-perusahaan gadget yang menawarkan aneka produk nirkabel untuk lebih memudahkan aneka pekerjaan masyarakat. Biasanya, kita...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya