Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

Dalam setiap transaksi jual beli, baik dalam skala kecil seperti transaksi di pasar, sampai jual beli skala besar misalnya ekspor impor yang melibatkan dua negara atau lebih, terdapat dua hal yang disebut permintaan dan penawaran. Permintaan dan penawaran sendiri adalah konsep ekonomi yang tidak terpisahkan. Dua hal ini mempengaruhi keseimbangan antara pihak-pihak yang melakukan transaksi, dalam hal ini adalah penjual dan pembeli.

Apakah Anda memahami definisi permintaan dan penawaran? Apa saja hal atau faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran suatu produk? Temukan jawabannya dalam artikel ini, berikut penjelasannya.

Pengertian Permintaan dan Penawaran

permintaan-dan-penawaran

Demand atau permintaan merupakan keinginan konsumen untuk meminta atau membeli produk baik berupa barang ataupun jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu sesuai kesepakatan bersama pihak penjual yang disertai dengan kemampuan konsumen untuk melakukan pembelian produk. Banyaknya barang yang diinginkan oleh konsumen didasarkan pada harga produk yang dijual, selera konsumen, serta pendapatan dan kemampuan seorang konsumen membeli produk.

Sementara pengertian dari Supply atau penawaran ialah keinginan seorang produsen atau seorang penjual dalam menawarkan dan menjual produknya, baik berupa barang maupun jasa yang didasarkan pada kuantitas dan kualitas produk kepada para konsumen pada tingkat harga dan waktu tertentu yang telah ditentukan oleh kedua belah pihak, yaitu antara penjaul dan pembeli.

Permintaan akan barang maupun jasa sangat dipengaruhi oleh konsumen dan juga kemudahan dalam membeli produk tersebut. Sementara penawaran akan suatu produk baik barang maupun jasa dipengaruhi oleh faktor produksi. Hal ini perlu diperhatikan dan dipahami oleh para pelaku bisnis.

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

faktor-permintaan-dan-penawaran

Ada banyak faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran suatu produk. Diantaranya ialah harga barang, harga barang substitusi, harga barang komplementer, pendapatan, selera konsumen, intensitas kebutuhan konsumen, perkiraan harga dan jumlah penduduk yang ada pada daerah tersebut, berikut ulasannya

1. Harga Barang

Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran pertama ialah harga produk baik barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen. Umumnya, konsumen akan lebih memilih melakukan pembelian untuk produk dengan harga yang relatif lebih murah. Dengan begitu, konsumen akan memperoleh keuntungan yang lebih besar saat produk tersebut dijual kembali. Pada saat harga barang mengalami kenaikan karena inflasi, maka permintaan konsumen akan turun, sementara penawaran yang dilakukan produsen akan meningkat. Sebaliknya, pada saat harga produk turun, maka permintaan akan barang tersebut akan meningkat, sedangkan penawaran akan turun.

2. Harga Barang Subtitusi

Selain harga produk itu sendiri, harga produk subtitusi juga akan mempengaruhi permintaan yang dilakukan konsumen. Barang subtitusi ini ialah barang pengganti barang utama. Misalnya nasi diganti dengan jagung atau kentang. Jika harga produk subtitusi mengalami penurunan, maka permintaan pada barang utama akan mengalami penurunan, sementara penawaran akan meningkat. Sementara jika harga barang subtitusi ini meningkat, maka dengan sendirinya permintaan terhadap barang utama akan meningkat, sementara penawaran akan turun. Sifat hubungannya ialah positif atau berbanding lurus.

3. Harga Barang Komplementer

Barang komplementer adalah barang pelengkap untuk barang utama sehingga dapat berfungsi secara maksimal. Contohnya, gas untuk kompor gas, bensin untuk kendaraan bermotor, atau tinta untuk pulpen. Jika harga barang komplementer mengalami kenaikan, maka permintaan terhadap barang utama atau barang yang dilengkapi akan menurun, sementara penawaran akan meningkat. Sebaliknya, jika barang kompelemnter mengalami penurunan, permintaan terhadap barang utama akan mengalami peningkatan, disamping itu penawaran akan meningkat.

4. Tingkat Pendapatan

Faktor yang mempengaruhi permintaan berikutnya adalah tingkat pendapatan konsumen. Tingkat pendapatan konsumen akan menunjukkan besarnya daya beli konsumen. Hal ini karena konsumen harus mampu menyesuaikan kondisi keuangannya. Semakin tinggi tingkat pendapatan konsumen, maka akan semakin meningkat permintaan akan suatu barang. Sebaliknya, permintaan akan suatu barang akan mengalami penurunan ketika tingkat pendapatan konsumen rendah.

5. Selera Konsumen

Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran konsumen berikutnya ialah selera konsumen. Faktor ini sangat berkaitan erat dengan tren yang sedang berkembang di dalam masyarakat. Pada umumnya, ada beberapa merk atau produk yang sedang menjadi trend atau booming sehingga selera konsumen akan dipengaruhi barang tersebut. Jika selera konsumen terhadap suatu barang atau jasa mengalami peningkatan, maka permintaan dengan sendirinya akan meningkat, sementara penawaran yang dilakukan produsen atau penjual menurun. Begitu juga sebaliknya.

6. Intensitas Kebutuhan Konsumen

Kurva permintaan akan suatu produk juga dipengaruhi oleh intensitas kebutuhan konsumen. Faktor yang satu ini dipengaruhi oleh mendesak atau tidaknya kebutuhan konsumen akan suatu produk baik berupa barang maupun jasa. Ini berarti, ada hubungannya dengan waktu penggunaan yang sangat mendesak atau tidak. Permintaan terhadap produk akan naik pada saat intensitas kebutuhan akan suatu produk sangat mendesak, sedangkan pada saat itu penawaran akan turun. Namun pada saat intensitas kebutuhan akan suatu barang tidak mendesak maka penawarannya akan naik, sementara permintaannya akan mengalami penurunan.

7. Perkiraan Harga

Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran berikutnya ialah perkiraan atau estimasi harga suatu produk di masa mendatang. Estimasi dilakukan untuk memperkirakan apakah harga produk akan mengalami kenaikan atau penurunan di masa mendatang, hal ini dapat dikalkulasikan dengan berbagai faktor. Bila Anda memperkirakan bahwa harga produk akan naik, maka dianjurkan untuk membeli produk tersebut sekarang juga, hal ini akan mengakibatkan permintaan akan barang tersebut naik guna menghemat keuangan di masa mendatang. Berlaku sebaliknya pada saat Anda memperkirakan harga barang diwaktu mendatang akan mengalami penurunan, maka akan lebih baik jika Anda menunda pembelian barang tersebut, pada saat ini maka permintaan turun.

8. Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk di suatu wilayah atau daerah juga berpengaruh terhadap permintaan dan penawaran suatu produk. Semakin besar jumlah penduduk maka akan semakin menambah target konsumen dan juga segmentasi pasar produk baik barang maupun jasa yang dijual. Ketika jumlah penduduk di suatu wilayah besar, maka permintaan akan suatu produk akan meningkat. Sementara jika jumlah pendudukan suatu negara atau wilayah rendah, maka permintaan konsumen akan sautu produk juga akan mengalami penurunan.

Nah, itulah berbagai faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran akan suatu produk. Sebagai seorang pelaku bisnis, Anda harus mampu memahami berbagai faktor di atas karena tidak hanya mempengaruhi titik keseimbangan harga pasar, hal ini juga harus Anda lakukan demi kelangsungan bisnis Anda. Sekian, semoga bermanfaat!

Apakah Anda khawatir terhadap perencanaan bisnis online Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol