Media Bisnis Online | by APPKEY

Bisnis Model bisnis Bagaimana Masa Depan Social Commerce dalam Dunia Bisnis?

Bagaimana Masa Depan Social Commerce dalam Dunia Bisnis?

-

Cara kita menggunakan media sosial telah berkembang selama bertahun-tahun. Awalnya, kita menggunakan media sosial untuk terhubung dengan orang-orang, tetapi kemudian platform berkembang dan juga menghubungkan kita dengan penjualan yang kini biasa disebut dengan e-commerce.

Media sosial akhirnya cukup matang untuk menjadi bagian dari dunia e-commerce yang sedang berkembang. Kita telah memasuki era perdagangan sosial di mana platform media sosial menjadi mesin pencari bagi pembeli.

Social Commerce

socialcommerce1

Sederhananya, Social commerce adalah integrasi dari seluruh proses pembelian e-niaga ke dalam media sosial. Hasilnya, pengguna dapat melakukan pembelian langsung dari media sosial mereka.

Apa perbedaan social commerce dengan social media marketing? Perbedaannya adalah social media marketing adalah strategi yang dirancang untuk mengarahkan lalu lintas berkualitas ke situs web atau toko online pihak ketiga. Di sisi lain, perdagangan sosial menyediakan seluruh pengalaman berbelanja di aplikasi media sosial – kemudahan inilah yang menjadikan perdagangan sosial sebagai solusi yang menarik.

Artikel terkait  Panduan Membangun Brand untuk Bisnis Online Anda!

Bangkitnya Social Commerce

Pembeli saat ini tidak sabar, bahkan mungkin manja. Kecanduan kita pada media sosial telah membuat kita mengharapkan kepuasan instan dari interaksi digital. Social commerce adalah jalan ke depan justru karena ia memahami dan melayani perubahan dalam preferensi konsumen ini.

Jika kita harus memilih penyebab terpenting dari kebangkitan perdagangan sosial, maka itu pasti generasi Milenial. Faktanya, kaum milenial adalah katalisator untuk peralihan menuju social commerce menurut sebuah studi oleh University of Massachusetts Dartmouth.

Ketika Anda meringkasnya, hanya ada dua faktor yang menentukan keberhasilan bisnis:

  • Produk atau layanan yang memenuhi kebutuhan nyata di pasar
  • Proses pembelian yang disederhanakan, sehingga memudahkan pelanggan untuk melakukan pembelian

Potensi social commerce terletak pada persyaratan kedua, seluruh proses pembelian disederhanakan dengan fitur-fitur seperti chatbots dan pembayaran isi-otomatis.

Facebook memahami fitur penting baru dalam berbelanja ini. Saat Facebook meluncurkan fitur Toko, platform melakukannya untuk “memberi orang tempat untuk merasakan kegembiraan berbelanja versus tugas membeli”.

Keuntungan dari Social Commerce

Salah satu ciri khas perdagangan sosial adalah sifatnya yang mulus. Apa sebenarnya arti “mulus”? Ini mengacu pada pengalaman yang dipersonalisasi untuk setiap pelanggan kapanpun dan dimanapun mereka inginkan.

Social Commerce memenuhi harapan ini, merek atau brand melakukan satu percakapan dengan pelanggan, alih-alih beralih dari telepon ke desktop dan akhirnya ke toko fisik. Dengan kata lain, pengalaman berbelanja yang disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan setiap individu pembelanja akan menjadi pilihan yang disukai.

Meskipun biaya dan kualitas itu penting, diperlakukan seperti pelanggan yang berharga adalah bagian besar dari keseluruhan pengalaman pembeli saat ini.

Secara mengejutkan, 75% konsumen kemungkinan besar akan melakukan pembelian jika merek tersebut menggunakan konten pemasaran yang menyebutkan nama mereka dan memberikan saran berdasarkan riwayat pembelian mereka.

Artikel terkait  Bisnis Digital | Pengertian, Faktor Pendukung, dan Ide Bisnis Digital di Masa Pandemi

Strategi Social Commerce

socialcommerce2

Sebagian besar keuntungan yang dihasilkan platform media sosial berasal dari layanan terkait periklanan. Meskipun platform ini pasti akan mendapatkan bagian dari setiap transaksi, tujuan sebenarnya adalah membuat pengguna tetap terlibat di platform media sosial.

Facebook

Facebook adalah jaringan media sosial terbesar di dunia dengan 2,6 miliar pengguna aktif bulanan, menjadikannya platform dengan potensi perdagangan sosial terbesar. Tanggapan Facebook terhadap pandemi COVID-19 datang dalam bentuk Toko Facebook. Fitur baru ini memberi bisnis kemampuan untuk menampilkan dan menjual produk langsung di platform.

Dengan toko fisik yang harus ditutup karena lockdown pemerintah, banyak bisnis beralih ke e-commerce untuk mengatasi badai. Selama bertahun-tahun, orang menggunakan Facebook untuk membeli dan menjual barang, awalnya memposting gambar cangkir kopi dengan tulisan “untuk dijual”, hingga menjual sepeda mereka di Marketplace. Toko adalah langkah besar lainnya dalam strategi e-commerce Facebook.

Toko

Toko Facebook adalah aplikasi halaman bisnis Facebook yang memungkinkan Anda mengiklankan dan menjual produk ke pengguna Facebook langsung dari platform. Jika Anda sudah menggunakan platform e-commerce, seperti Shopify, Anda dapat mengintegrasikannya secara mulus dengan Facebook untuk dijual ke pengikut Facebook Anda.

Facebook Messenger

Sebagian besar pemasar memikirkan pemasaran Facebook dalam istilah iklan Facebook dan sepenuhnya melupakan aplikasi perpesanan. Pengguna Facebook menghabiskan sebagian besar waktunya di Facebook Messenger – aplikasi messenger memiliki lebih banyak pengguna daripada platform media sosial. Chatbot Facebook Messenger dilengkapi dengan banyak fitur canggih termasuk:

  • Kemampuan menyapa dan membantu pelanggan untuk “Memulai”
  • Memungkinkan Anda mengirim dan menerima teks dan gambar dengan ajakan bertindak
  • Template Messenger yang memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan chatbot dengan bantuan visual interaktif

Sementara banyak merek menggunakan chatbot terutama untuk layanan pelanggan, mereka juga bagus untuk meningkatkan berand awareness dan meningkatkan keterlibatan. Namun, sebelum Anda memasukkan chatbot ke dalam pendekatan pemasaran Anda secara keseluruhan, tanyakan pada diri Anda apakah pelanggan Anda berkomunikasi dengan Anda di Facebook Messenger? Jika tidak, taktik ini mungkin tidak akan seefektif itu.

Selain itu, apakah tim Anda dapat mendukung pelanggan ketika chatbot tidak dapat lagi memberikan solusi yang memadai? Perwakilan Anda harus menyelesaikan pengalaman pelanggan menggunakan chatbot Facebook Messenger. Ini adalah beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda berkomitmen pada strategi chatbot.

Artikel terkait  Manfaat Artificial Intelligence untuk Optimalkan Startup Anda

Instagram

Instagram telah mengambil langkah strategis dan kini menjadi pusat e-commerce – lebih dari 200 juta pengguna mengunjungi setidaknya satu profil bisnis setiap hari. Terdapat beberapa fitur dari Instagram yang membantu dalam Social Commerce, yakni:

  • Instagram Checkout

Fitur ini memungkinkan pembeli untuk melihat-lihat gambar dan video produk di feed mereka. Begitu mereka menemukan barang yang ingin mereka beli, mereka mengklik postingan, memilih dimensi atau warna, lalu membayar tanpa meninggalkan Instagram.

  • Stiker Cerita Instagram yang Dapat Dibeli

Stiker ini dapat ditambahkan pada gambar dan video, dan ketika pengguna mengkliknya, mereka dapat melihat nama, harga, dan deskripsi produk dari katalog Anda. Cerita Instagram adalah real estat media sosial yang berharga, menjadikannya taktik yang efektif.

Pinterest

Pinterest memiliki lebih dari 322 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, menjadikannya saluran social commerce yang kuat. Merek dapat menggunakan Pin untuk menjual produk di platform. Pin adalah format organik yang memberikan informasi tambahan terbaru tentang Pin itu sendiri, termasuk harga dan ketersediaan. Pin yang dapat dibeli memungkinkan pelanggan membeli produk langsung di Pinterest tanpa platform mengarahkan mereka ke tempat lain.

Pin yang dapat dibeli hadir dengan tombol “Beli” biru besar di samping tombol “Pin” yang ikonik. Mereka juga memungkinkan pengguna untuk melihat harga produk, penjualnya, dan deskripsinya. Setelah pembeli mengklik tombol biru, mereka secara otomatis dibawa ke halaman checkout dalam platform. Social Commerce di Pinterest paling cocok untuk pengguna seluler.

Konten Buatan Pengguna

Taktik ini sangat efektif untuk menarik pelanggan baru dan membangun loyalitas. Konten buatan pengguna merujuk pada konten yang diposting oleh pengguna, bukan bisnis. Bisa berupa teks, gambar, atau bahkan video.

Misalnya, pelanggan yang puas menandai bisnis Anda di postingan Instagram. Dalam hal ini, hal cerdas yang harus dilakukan adalah membagikannya di cerita Anda untuk menarik lalu lintas baru.

Brand Ambasador

Artikel terkait  Sukses Berbisnis dari Rumah Bersama DANA Bisnis | Mudah dan Praktis

Ini adalah salah satu cara paling hemat biaya untuk memasukkan social commerce ke dalam bisnis Anda. Anda akan dapat menemukan Brand Ambasador (BA) yang mungkin akan Anda ajak berkolaborasi untuk waktu yang lama. Jangan abaikan potensi ini.

Untuk menyederhanakan banyak hal, buat tagar unik yang akan membantu Anda mengidentifikasi BA sejak dini. Pelanggan yang puas dapat mengunggah gambar mereka tentang produk Anda dan orang lain dapat diyakinkan dengan kualitas merek Anda.

Jadi, seperti yang Anda lihat, konten buatan pengguna juga merupakan jenis bukti sosial yang dapat mengubah prospek terlepas dari influencer.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya