Media Bisnis Online | by APPKEY

Bisnis Model bisnis Mengapa Last Mile Delivery Tumbuh Lebih Cepat dibandingkan Start...

Mengapa Last Mile Delivery Tumbuh Lebih Cepat dibandingkan Start Up Logistik Lain?

-

Menurut laporan McKinsey & Company, sebuah perusahaan konsultan manajemen terkemuka yang berpusat di New York, dengan karyawan mencapai 27.000 orang, telah terjadi efisiensi rantai pasok seiring dengan munculnya teknologi baru.

Dikarenakan adanya teknologi baru, ini mendorong pertumbuhan perusahaan start up di sektor logistik, beberapa tahun terakhir.

Meskipun terus bertumbuh, industri logistik masih memiliki berbagai tantangan, seperti rumitnya alur logistik, sistem harga yang kompleks juga kurangnya standarisasi data.

Namun, dikarenakan meningkatnya pertumbuhan start up logistik, jika digambarkan dalam bentuk diagram, maka garis kurvanya akan berbentuk vertikal, dikarenakan pertumbuhan ke atas, alias berbentuk vertikal.

Menurut laporan yang menganalisis 120 start up di bidang logistik terbesar di dunia, mencatat investasi perusahaan modal ventura (VC) yang mengalir ke vertikal ini, alias pertumbuhan start up logistik mencapai US$28 milliar, sejak tahun 2015 hingga 2019.

Dari jumlah tersebut, sebanyak sekitar US$11 milliar diberikan kepada start up logistik pengiriman express atau last mile delivery.

Last Mile Delivery Concept: Venture Capital’s Favorite

last-mile-delivery-concep

Para kapitalis Venture menemukan industri logistik di tahun 2015.

Venture Capitalist (VCs) di tahun 2020 sudah menginvestasikan hampir $28 milliar di start ups logistik, hampir menyamai jumlah itu sejak tahun 2015.

Pendanaan terbanyak, sekitar US$11,1 milliar, dinaikkan oleh start ups yang menawarkan pelayanan last mile delivery concept kepada pedagang eceran dan individual.

Dari US$11,1, sebanyak US$9,9, diperuntukkan kepada start ups yang bergantung pada mode pengantaran yang tidak biasa, seperti crowdsourced delivery, drones, kendaraan otomatis, hingga pengantaran untuk parcel locker.

Trend ini menyugestikan, investor melihat sebuah kesempatan untuk unconventional last-mile services untuk melengkapi perusahaan dengan iring-iringan pengantaran tradisional, sebagaimana perusahaan dengan iring-iringan tradisional ini mengantisipasi next normal di last-mile parcel delivery.

Salah satu start up unconventional adalah Nuro, yang mana mendesain, memproduksi dan mengoperasikan delivery robot atau robot pengantaran. Kendaraan pengantaran tanpa supir R1 miliknya dikendalikan dari Houston, Texas, dan Scottsdale, Arizona, melalui sebuah partnership dengan Kroger untuk mengantarkan barang-barang grosir untuk sejumlah uang. Perusahaan pendanaan Series B yang berbasis di California membawa $940 juta di Februari 2019 dan dipimpin oleh SoftBank’s Vision Fund.

Pemain unconventional lain, the Shenzhen-based, Hive Box, dibangun pada tahun 2015 dan sekarang mengoperasikan 150.000 parcel lockers yang berlokasi di seluruh China. Bersama, mereka menerima lebih dari sembilan juta parsel per hari.

Lima perusahaan express, termasuk SF Express, menaruh sebuah taruhan di Hive Box. Perusahaan menaikkan $323 juta di Series B round di Januari 2018 dan saat ini sudah menerima lebih dari $700 juta di pendanaan.

Pengaruh Pandemi Terhadap Logistik Start Up

Start up dan pendanaan Venture Capital untuk logistik jatuh dari $3,5 milliar di quarter pertama dari tahun 2019 menjadi $700 juta di quarter pertama di tahun 2020 dikarenakan berkembangnya corona virus di seluruh dunia.

Logistik start ups sebagai hasilnya berfokus pada pengamanan likuiditas dan cash flow dari operasi, sejak pertumbuhan pendanaan sudah mengering secara sementara.

Dampak jangka pendek dari COVID-19 bervariasi bagi subsector logistik. Kemerosotan volume untuk freight transport adalah sama dengan perusahaan logistik tradisional. Volume pengangkutan antar samudera atau ocean-freight di quarter pertama 2020 menurun 20 persen dari tahun sebelumnya.

Banyak perusahaan memiliki kesulitan mengakses kapasitas transport, terutama untuk air cargo. Secara keseluruhan 70 sampai 80 persen dari kapasitas belly cargo sudah menghilang, dikarenakan kompetisi yang tajam dan harga-harga yang melonjak naik.

E-commerce dan pedagang eceran online yang besar juga mengalami tantangan yang sama. Permintaan pengantaran ke rumah sudah meningkat secara substansial dikarenakan brick-and-mortar stores tutup. Dikarenakan serangan COVID-19 dimana semua orang dihimbau untuk terus mengutamakan social distancing.

Bisnis dalam kategori keseluruhan dari analisis logistik menghadapi permintaan yang meningkat untuk solusi berdasarkan digital supply-chain. Berdasarkan survey Ocean Insights, 67 persen dari shipping dan freight professional merencanakan untuk berinvestasi di teknologi logistik mengikuti krisis COVID-19.

Dikarenakan semua orang lebih memilih social distancing, jadi akan takut atau malas keluar rumah. Namun kebutuhan mereka tetap harus terpenuhi. Karena itu lebih memilih untuk memesan kemudian meminta untuk produk-produk kebutuhan mereka tersebut diantarkan ke lokasi mereka. Karena itulah perusahaan pengiriman barang sangat dibutuhkan.

Dikarenakan ramainya virus COVID-19 juga, tentunya para kurir atau pekerja dari perusahaan pengiriman barang memiliki rasa was-wasnya sendiri dan akhirnya memilih teknologi untuk menjalankan pekerjaan mereka. Atau dikarenakan banyaknya permintaan pengiriman barang, maka akan lebih mudah jika menggunakan teknologi untuk mengantarkan barang.

Pekerjaan terlaksana, kesehatan pun terjaga!

Krisis COVID-19 juga menampakkan kebutuhan untuk pemahaman dan kecerdasan yang hebat di supply chains, sesuatu yang hanya bisa dicapai hanya melalui proses dan pemakaian digital tools yang lebih tinggi.

Mengapa Last Mile Delivery Tumbuh Lebih Cepat Dibandingkan Start Up Logistik?

last-mile-delivery-2

Melalui informasi yang dipaparkan sebelumnya, perusahaan logistik juga memiliki ruangnya tersendiri sehingga memiliki pendanaan-nya sendiri.

Khususnya bagi perusahaan dengan tipe last mile delivery banyak diberikan perhatian tersendiri sehingga mendapatkan banyak pendanaan dari perusahaan-perusahaan ventura capital.

Selain itu dikarenakan memiliki manfaat yang jelas, terutama di musim COVID-19 seperti ini, hingga memiliki teknologi canggih yang tidak biasa dalam mengoperasikan perusahaannya.

Lalu bagaimana cara untuk menjadi perusahaan last mile delivery?

Yaitu dengan mengutamakan proses dan digital tools solution, alias teknologi, seperti drones, crowdsourced delivery, kendaraan otomatis, hingga aplikasi tracking.

Sebagaimana yang diketahui, semua orang suka sekali dengan teknologi dikarenakan kemudahan, kecanggihan, sekaligus sisi prestigious-nya.

Itulah jawaban dari pertanyaan, mengapa sebaiknya membangun perusahaan dengan tipe last mile delivery.

Last Mile Delivery Concept

last-mile-delivery-concept-1

Last mile delivery concept adalah sebuah konsep pengiriman paket tanpa perantara pihak ketiga, atau dilakukan sendiri. Apabila biasanya seseorang butuh waktu berhari-hari untuk mengirim paket melalui bisnis jasa delivery, tidak demikian dengan konsep last mile delivery.

Last mile delivery concept biasanya dijalankan oleh bisnis online yang memiliki armada-nya sendiri untuk melakukan last mile delivery. Dan biasanya bisnis online itu sudah cukup besar untuk memiliki armada-nya sendiri untuk melakukan last mile delivery.

Last mile concept diadopsi dari industri telekomunikasi yang mana menghadapi kesulitan menghubungkan seorang individu di rumah dengan jaringan telekomunikasi utama.

Dalam supply chain management, dengan cara yang sama, last mile menggambarkan kesulitan dalam memindahkan seseorang atau paket dari hubs ke tujuan akhir (final destination).

Last mile delivery adalah sebuah lahan pembelajaran yang terus meningkat sebagai salah satu bagian dari hasil pengamatan Business to Consument (B2C), tumbuh secara spesial dari perusahaan e-commerce dalam hal transportation freight, dan ride sharing company di transportasi pribadi.

Beberapa tantangan dari last mile delivery, termasuk meminimalkan biaya, memastikan transparasi, meningkatkan efisiensi dan yang terakhir perbaikan infrastruktur.

Bagaimana Cara Membangun Perusahaan Pengiriman Barang dengan Konsep Last Mile Delivery Concept?

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, Last Mile Delivery Concept adalah konsep dimana perusahaan bisnis online, e-commerce, pihak distributor atau retailer tidak memilih untuk menggunakan jasa pengiriman menggunakan pihak ketiga, namun mereka akan langsung mengirim dari logistik atau kantor mereka.

Oleh karena itu pada umumnya pengiriman barang-barang tersebut akan bergerak cepat, juga hemat, dikarenakan merupakan armada yang dimiliki oleh mereka sendiri.

Namun, jika Anda ingin memiliki perusahaan dengan tipe Last Mile Delivery Concept milik Anda sendiri, Anda harus memperhatikan beberapa aspek, seperti aspek teknologi, biaya, juga layanan.

Berikut akan dibahas beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika ingin membangun perusahaan bertipe Last Mile Delivery Concept.

Segi Biaya

Apabila Anda memutuskan untuk membangun perusahaan dengan tipe Last Mile Delivery Concept, sebaiknya fokuskan pada produk yang bergerak cepat juga dibutuhkan oleh pelanggan sesegera mungkin.

Mengapa begitu?

Seperti yang sudah dipahami sebelumnya, untuk membangun perusahaan bertipe Last Mile Delivery, Anda harus dapat mengirimkan barang-barang pelanggan Anda dengan cepat, oleh karena itu Anda harus memiliki armada sendiri, yaitu membangun armada transportasi Anda sendiri. Tentunya hanya dengan melakukan ini saja Anda sudah mengeluarkan banyak modal.

Untuk mengembalikan modal Anda, pilihlah produk yang bergerak cepat juga sangat dibutuhkan oleh pelanggan Anda sesegera mungkin. Dengan begitu modal Anda akan segera kembali!

Segi Transportasi

Konsep Last Mile Delivery Concept membutuhkan biaya yang tinggi karena Anda membutuhkan  armada transportasi Anda sendiri. Hal ini dikarenakan Anda diharuskan untuk mengirimkan barang pesanan pelanggan secepat mungkin, dan lagi hanya ke satu tujuan, oleh karena itu Anda harus memiliki armada Anda sendiri.

Biaya Fasilitas

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, Last Mile Delivery Concept erat kaitannya dengan teknologi, maka armada maupun kantor Anda pun harus diciptakan se-online-online-nya, yang berarti meningkatkan biaya fasilitas. Ciptakan kantor yang penuh dengan teknologi!

Sebagai contoh, menggunakan Trello yang berbayar, memiliki CoSchedule, menyewa Sendible dan Hootsuite, menggunakan berbagai macam aplikasi untuk social media marketing Anda, pada intinya adalah ciptakan se-online-online-nya.

Terkait dengan armada yang Anda miliki, apabila berkaitan dengan the real Last Mile Deliver Concept, Anda disarankan menggunakan drone, kendaraan-kendaraan otomatis, atau konsep armada sepeda yang dapat mendukung program go green tetapi tetap dapat membuat pengeluaran Anda menjadi murah, sekaligus membuat pekerjaan Anda lebih mudah karena dapat menghindari kemacetan.

Atau Anda juga dapat memasuki konsep Last Mile Delivery Concept dengan cara yang lebih traditional mode, seperti yang terjadi di negara-negara Asia-Pacific, terutama di India. Mereka banyak menggunakan armada-armada seperti scooter, vans, dan trucks.

Seperti Delhivery dan Xpressbees.

Konsep Last Mile Deliver Concept, juga masih dapat Anda dekati dengan menggunakan metode unconvestional last mile service, yaitu dengan menggunakan kendaraan-kendaraan yang tidak biasa, hingga alat-alat di kantor yang tidak biasa.

Seperti yang dilakukan oleh Nuro. Mereka men-desain, memproduksi, dan mengantarkan barang-barang pesanan, dengan menggunakan delivery robot atau robot pengantaran.

Atau seperti the Shenzhen-based, Hive Box, yang mengoperasikan 150.000 parcel lockers, yang disebarkan di seluruh China.

Kemudian konsep-konsep lain, seperti crowdsourced delivery, ridesharing company, hingga parcel locker.

Intinya ciptakan armada-mu dan teknologi-teknologimu sendiri!

Demikian informasi mengenai konsep perusahaan Last Mile Deliver Concept.

Semoga bermanfaat untuk Anda!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya