Media Bisnis Online | by APPKEY

Bisnis Model bisnis Jangan Sampai Gulung Tikar, Waspadai 7 Penyebab Kegagalan Bisnis...

Jangan Sampai Gulung Tikar, Waspadai 7 Penyebab Kegagalan Bisnis Online Berikut Ini!

-

Semua pebisnis pasti memimpikan mempunyai bisnis sukses dan berkembang pesat, angka penjualan yang selalu memuaskan, dan dapat profit yang melampaui target. Kurang lebih hal ini juga menjadi harapan Anda juga bukan?

Sayangnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Michael E. Gerber yang ditulis di dalam bukunya dengan judul “The E-Myth Revisited: Why Most Small Business Don’t Work and What To Do About It“, mengemukakan fakta yang cukup menyedihkan dan mengkhawatirkan.

Pasalnya, dalam buku tersebut tertulis bahwa 80% bisnis mengalami kegagalan pada tahun kedua, dan 80% dari sisanya yang bertahan akan mengalami kegagalan pada tahun ke lima. Artinya hanya ada 20% bisnis yang bisa bertahan selama tahun ke 2.

Kemudian dari 20% yang tersisa itu, hanya ada 20% nya saja yang masih mampu bertahan lebih dari lima tahun.

Mampukah perusahaan Anda menjadi kelompok 20% dan 20% itu? Salah satu cara untuk mencegah kegagalan yang menghadang ini, tentunya Anda harus mengetahui apa penyebab kegagalan bisnis online tersebut.

Oleh karena itu berikut kami rangkum 7 penyebab kegagalan bisnis online yang harus Anda ketahui agar bisnis Anda tidak mengalaman kegaalan. Simak hingga akhir, ya!

7 Penyebab Kegagalan Bisnis Online

gagal-bisnis-online-1

1. Kualitas Produk yang Kurang Baik

Seluruh konsumen di dunia pada dasarnya memiliki prinsip sama, yaitu mereka  menginginkan produk yang berkualitas bagus dengan harga yang relatif murah atau sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Namun, jangan jadikan murah sebagai patokan produk Anda akan laku. Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan juga adalah kualitas produk yang Anda jual.

Bayangkan jika tingkat persaingan sudah semakin tinggi, namun tidak dibarengi dengan kualitas produk yang baik. Pada akhirnya, produk Anda akan tersingkirkan karena produk dari pengusaha sejenis dengan kualitas yang lebih baik.

Oleh karena itu Anda harus membiasakan mengedepankan kualitas produk di atas segalanya.

Terutama jika produk yang Anda jual adalah produk makanan atau pakaian yang notabene paling terlihat jika ada sesuatu yang salah. Anda tentu mengetahui bahwa saat ini, konsumen terutama konsumen online saat ini sudah lebih cerdas dan sangat berhati-hati dalam memilih produk mana yang berkualitas.

Mereka akan meninggalkan toko yang menurut mereka tidak sesuai dengan standar. Anda tentu tidak ingin calon konsumen memutuskan untuk tidak berbelanja di toko online Anda karena pengalaman pertama yang buruk bukan?

Artikel terkait  Sedang Di Rumah Saja? Coba saja contoh usaha kecil-kecilan ini!

2. Konten atau Foto Produk Kurang Maksimal

Kesalahan fatal yang juga sangat sering dilakukan pebisnis online adalah mereka luput untuk memperhatikan kualitas foto produk. Padahal konten atau foto produk memiliki peranan yang sangat penting untuk memberi first impression dengan kesan terbaik kepada calon konsumen.

Anda harus memahami bahwa bisnis online ini adalah permainan citra, bagaimana membangun image dan bagaimana sebuah foto dapat dijadikan senjata untuk menggoda calon pembeli. Jika hal ini gagal dilakukan, maka kegagalan bisnis online tidak dapat dihindari.

Jika memang Anda tidak memiliki modal untuk menyewa jasa fotografer, Anda dapat menggunakan smartphone atau kamera profesional dengan kualitas yang baik. Sebab tidak bisa dipungkiri, jenis kamera yang Anda gunakan sangat mempengaruhi kualitas foto yang dihasilkankan. Selain itu, jangan lupa untuk terus berlatih mengasah skill Anda dalam memotret produk.

Anda dapat melihat referensi foto produk dari berbagai website seperti Pinterest atau Unsplash untuk mendapatkan inspirasi angle foto dan style yang eye catching.

Untuk membuat hasil yang lebih bagus, Anda dapat menggunakan berbagai properti pendukung seperti alas, backdrop, sampai tanaman hias untuk mendapatkan hasil foto semakin terlihat catchy. Dengan begitu, Anda telah mampu menarik perhatian pembeli dengan foto produk yang berkualitas.

3. Tidak Melakukan Promosi secara Maksimal

Meski bisnis online adalah bisnis yang mudah dan dapat dikerjakan kapan saja, bukan berarti Anda tidak melakukannya dengan maksimal. Jika hanya dikerjakan setengah-setengah maka potensi kegagalan bisnis online Anda semakin membesar.

Ingatlah bahwa bisnis online tidak berarti membuat Anda hanya duduk manis menunggu konsumen datang dengan sendirinya.

Anda tetap harus  berusaha untuk mempromosikannya produk dengan semangat tinggi, konsisten, dan berkelanjutan.

Apalagi dengan kenyataan bahwa bisnis online adalah bisnis yang diminati banyak orang, tentu setiap harinya akan muncul pesaing-pesaing baru. Di tengah persaingan yang semakin ketat tersebut, giat melakukan promosi menjadi sebuah keharusan.

Selain selalu meng-update postingan terbaru agar calon pembeli me-noticed toko Anda, Anda juga dapat mulai menggunakan media promosi seperti iklan di Google AdWords atau Instagram Ads.

Jika terkendala modal, Anda dapat menggunakan fasilitas lapak gratis yang disediakan oleh berbagai marketplace yang akan sangat membantu Anda dalam upaya memasarkan bisnis yang tengah Anda jalankan agar memiliki jangkauan lebih luas.

Artikel terkait  Petunjuk & Langkah Menulis Rencana Bisnis dengan Tepat

4. Tidak Melakukan Riset

gagal-bisnis-online-2

Penyebab kegagalan bisnis online berikutnya adalah hal umum yang banyak sekali pebisnis lakukan, yaitu kurang atau lalai melakukan riset. Riset yang dimaksud adalah mencari berbagai informasi terkait berbagai hal mengenai bisnis online.

Salah satu manfaat melakukan riset pasar adalan membantu untuk menarget dan membidik calon konsumen potensial atau leads.

Sebab faktor kegagalan bisnis online biasanya karena penjual tidak memahami apa yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen, apa yang saat ini sedang trend atau viral, apa produk yang paling banyak dicari oleh konsumen, dan juga merk atau brand apa yang tengah digandrungi banyak orang.

Mengikuti kemauan pasar adalah salah satu strategi bisnis untuk dapat bertahan dan menarik banyak konsumen.

5. Kurang Inovatif

Bisnis online adalah bisnis yang bersifat dinamis atau berubah-ubah. Sama halnya dengan persaingan yang semakin ketat dan bertambah setiap harinya. Dalam bisnis online selalu terjadi perkembangan di semua sisi.

Para pelaku usaha yang baru terjun dalam dunia bisnis online selalu mencari cara agar bisa bersaing dengan pemain lama dan bertahan dalam bisnis ini.

Dengan kenyataan itu, maka sudah sepatutnya Anda menyadari bahwa Anda harus melakukan hal yang sama. Jika sebagai seorang pebisnis online Anda tidak mau melakukan inovasi, maka sudah pasti Anda akan tertinggal dan mengalami kegagalan.

Ada berbagai macam inovasi yang dapat Anda lakukan. Contohnya Anda bisa melakukan inovasi dari sisi teknologi website yang digunakan, inovasi strategi pemasaran, hingga mengubah gaya berkomunikasi dengan konsumen agar lebih interaktif dan konsumen merasa semakin dekat dengan Anda.

6. Tidak Memiliki Website

Dengan semakin berkembangnya internet dan digitalisasi media, para pemilik bisnis online dituntut untuk mempunyai website pribadi yang nantinya digunakan sebagai media branding dan promosi bisnis.

Saat ini, pengguna internet di Indonesia terus mengalami pertumbuhan dan bahkan tingkat penjualan melalui internet telah mencapai miliaran rupiah setiap tahunnya.

Melihat hal tersebut, produk bisnis Anda dituntut untuk dapat ditemukan di internet. Jika belum memiliki website karena terbatasnya modal, maka Anda harus benar-benar mengutamakan pengelolaan media sosial yang Anda miliki.

Ini akan membantu dan memudahkan konsumen maupun calon konsumen untuk mencari tahu berbagai informasi terkait produk Anda melalui internet.

Jika bisnis Anda tidak memiliki website dan media sosial tidak dikelola dengan baik, maka tingkat kegagalan bisnis online Anda akan semakin besar.

Bisnis online Anda akan mengalami kesulitan untuk dapat bersaing dengan pengusaha lain yang lebih melek internet dan menggunakan website resmi. Oleh karena itu kami menyarankan agar Anda segera miliki website usaha, sehingga Anda dapat meningkatkan penjualan.

Keuntungan lain memiliki website adalah Anda akan mendapat tambahan penghasilan dari website Anda dengan menyediakan space iklan. Jika Anda kesulitan bagaimana membuat website yang baik dan berkualitas untuk usaha Anda, Anda dapat langsung menghubungi kami sekarang juga untuk mulai berkonsultasi mengenai website terbaik untuk usaha Anda.

Artikel terkait  Bisnis Digital | Pengertian, Faktor Pendukung, dan Ide Bisnis Digital di Masa Pandemi

7. Lemahnya Sistem Pengontrolan & Kedisiplinan yang Rendah

Penyebab kegagalan bisnis online yang terakhir adalah lemahnya sistem pengontrolan dan disiplin yang masih rendah. Seringkali sebagai pemilik bisnis, seseorang belum mampu melakukan control dan menjaga disiplin.

Hal ini dapat disebabkan karena belum ada sistem yang baik untuk mengontrol bisnis. Terutama jika sudah memiliki pekerja yang cukup banyak. Kemampuan control yang tidak baik ini dalam hal kontrol kualitas produk, kontrol keuangan, dll. Sehingga rawan terjadi kecurangan yang pada akhirnya membuka jalan kegagalan bisnis online.

Kedisiplinan umumnya berhubungan dengan keuangan. Mulai dari pelaporan hingga pengalokasian dana yang tidak terlapor dengan baik. Selain dari dua hal di atas, disiplin keuangan ini juga umumnya dalam hal pengambilan profit untuk konsumsi pribadi oleh pemilik bisnis.

Padahal, sebenarnya hal yang harus dilakukan ialah menjadwalkan pengambilan prodit, misalnya sebulan sekali pada tanggal yang telah ditetapkan. Ini akan sangat membantu Anda melihat seberapa besar perkembangan bisnis Anda setiap bulannya.

Sampai di sini bahasan menarik kali ini tentang 7 penyebab kegagalan bisnis online yang wajib Anda ketahui sehingga dapat dihindari dan tidak terjadi pada bisnis Anda. Membangun bisnis yang baik tentunya tidak dapat dilakukan tanpa usaha yang maksimal.

Sebelum memulai bisnis, buatlah tujuan bisnis yang tidak hanya menguntungkan bagi Anda secara pribadi, akan tetapi bermanfaat juga bagi konsumen atau orang-orang disekitar Anda. Mulailah menjalankan bisnis dengan semangat dan hindari 7 hal yang telah disebutkan dan dijelaskan di atas.

Dengan begitu maka kemungkinan besar bisnis Anda akan mampu bersaing dan mengalami perkembangan pesat. Terima kasih telah membaca artikel tentang 7 penyebab kegagalan bisnis hingga akhir. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, semoga bermanfaat!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya